Fungsi Kerongkongan Pada Manusia

Posted on

Fungsi Kerongkongan Pada Manusia – Setelah sebelumnya contohsoal.co.id telah menyampaikan pembahasan tentang Fungsi Mulut Maka dipertemuan kali ini akan contohsoal.co.id paparkan materi tentang fungsi kerongkongan pada manusia lengkap beserta pengertian, penjelasan dan gambarnya. Nah untuk melengkapi pembahasan kita pada kali ini, maka, mari simak ulasan dibawah ini.

Fungsi Kerongkongan Pada Manusia

Apa yang dimaksud dengan Kerongkongan? yakni merupakan suatu tabung yang saling terhubung antara faring dan lambung.

Letak pada kerongkongan ini terdapat diantara trakea (batang tenggorokan) dan tulang belakang.

Dimana kerongkongan melalui pada organ yang berada dibawah leher, hingga tembus ke diafragma.

Kemudian Panjang dari kerongkongan (esofagus) pada orang dewasa yakni berkisar 23-25 cm dengan lebar 2 cm.

Definisi Mmenelan sendiri yakni merupakan suatu proses masuknya makanan kemulut dan akan dibawa menuju lambung dengan perpaduan antara gerakan otot dan refleks dari 3 (tiga) organ sistem pencernaan termasuk juga dengan kerongkongan (esofagus).

Dalam berlangsungnya proses ini yakni terdapat 3 fase atau tahapan dalam menelan makanan pada manusia, sebagai berikut ini:

  • Yang Pertama Fase Oral, yakni merupakan suatu tahapan dimana pada saat mengunyah makanan didalam mulut dan kemudian akan didorong menuju kebagian belakang faring yang dilakukan oleh gerakan otot lidah.
  • Fase yang kedua Faringeal, yakni merupakan suatu tahapan dimana pada saat makanan masuk kedalam mulut maka dapat akaterjadi suatu rangsangan terhadap uvula dan berfungsi agar dapat menutup rongga hidung dan epiglotis dalam sambungan alat pernapasan agar makanan tersebut tidak masuk ke faring bagian bawah dan menuju esofagus.
  • Kemudian Fase yang ketiga Esofagus, yakni merupakan suatu tahapan dimana pada saat makanan masuk keesofagus maka dapat merangsang terjadinya sebuah gerakan yang disebut dengan peristaltik dan ia berperan dalam mengantarkan makanan masuk ke sfingter lalu menuju lambung. Setelah proses tersebut, maka kemudian makanan akan dicerna dan disimpan sementara dalam lambung.

Fungsi Kerongkongan

Pada umumnya kegunaan pada kerongkongan yakni kerap difungsikan sebagai salah satu alat dalam penyusunan proses pencernaan manusia. Dibawah terdapat beberapa fungsi dari kerongkongan yang terdapat didalam tubuh manusia.

  • Melancarkan proses masuknya Makanan Dari Mulut menuju ke Lambung
  • Dapat memperoleh suatu gerak peristaltik
  • Melindungi laju isi dan cairan lambung
  • Melindungi dari adanya difusi pasif dari zat makanan ke dalam darah
Baca Juga :  Bioma Tundra

Bagian-Bagian Kerongkongan Manusia

Dengan Berdasarkan pada penjelasan di atas, maka ada suatu hal yang harus dipahami yakni mengenai kerongkongan yang mempunyai bermacam-macam bagian, yang akan dijelaskan berikut ini:

Fungsi Kerongkongan Pada manusia

1. Faring

Apa yang dimaksud dengan Faring yakni merupakan suatu organ bagian yang terdapat pada kerongkongan dan mempunyai sebuah tabung otot yang berada di bagian belakang rongga hidung dan mulut.

Pada Faring ini juga berperan didalam pengambilan udara yang dilakukan oleh hidung dan akan berlangsung menuju ke laring serta ia juga berperan dalam mengolah makanan yang dari mulut dan akan dimasukan melalui kekerongkongan.

2. Epiglotis

Apa yang dimaksud dengan Epiglotis? yakni merupakan suatu jaringan otot dengan membentu suatu lipatan dan mempunyai tanggung jawab sebagai penutup pada saat akan memasukan atau menelan makanan serta mengantisipasi makanan tersebut tidak masuk menuju paru-paru.

3. Laring (kotak suara)

Apa yang dimaksud dengan Laring atau yang disebut sebagai kotak suara?yaakni merupakan suatu organ yang terdapat pada leher berguna dalam melindungi trakea masih termasuk suatu organ yang terlibat dalam berlangsungnya suatu proses mengolah suara.

Pada laring ini juga kerap dikenal sebagai sebuah tabung yang tersusun atas jaringan otot dan tulang rawan dan dapat digunakan dalam menghisap udara melalui dari lobang hidung yang kemudian akan dikirim mennuju trakea.

4. Trakea

Apa itu trakea? seperti yang sudah jelaskan dimateri sebelumnya, bahwa trakea ialah merupakan suatu bagian organ yang masih mempunyai keterkaitan dengan kerongkongan.

Peranan trakea inilah dalam melanjutkan tugas dari laring yang nantinya ia akan mengambil udara lalu dibawanya menuju ke bronkus.

Struktur Kerongkongan (Esofagus)

Pada Krongkongan atau disebut juga Esofagus mempunyai sebuah struktur yang sama dengan organ pencernaan lainnya misalnya seperti usus dan lambung. Dalam penyusunan struktur esofagus ini terdiri atas 4 dinding sebagai berikut (Dari luar ke dalam)

Lapisan Serosa

Apa yang dimaksud dengan serosa? yakni merupakan suatu lapisan yang berada diluar dan tersusun dari pembuluh darah, limfe dan saraf.

Baca Juga :  Simbiosis Komensalisme

Pada lapisan ini berada pada esofagus dengan membentuk seperti sebuah jaringan ikat. Kemudian pada lapisan ini juga mempunyai suatu rongga yang sangat kecil yang merupakan suatu tempat keluarnya cairan serosa yang kerapa dijadikan untuk melumasi gerakan otot.

Lapisan Otot

Apa yang dimaksud dengan Lapisan otot pada esofagus? yakni merupakan suatu lapisan otot polos yang bekerja tanpa kita sadari.

Pada jaringan ini terdapat dua jenis serabut?, yakni serabut yang disebut dengan longitudinal yang mempunyai bentuk (memanjang) lalu kemudian serabut otot yang disebut juga dengan sirkuler (melingkar).

Pada perpaduan dari kontraksi terhadap 2jenis otot ini akan dapat memperoleh suatu gerakan yang disebut peristaltik usus dan berguna dalam menghancurkan makanan lalu mengantarkannya ke organ pencernaan berikutnya.

Lapisan Submukosa

Pada jenis jaringan membentuk sebuah lapisan ikat longgar yang berisikan suatu pembuluh darah, limfe, saraf dan kelenjar lendir.

Adapun fungsi dari pembuluh darah di yang diperoleh dari lapisan submukosa esofagus yakni untuk mengedarkan makanan yang diserap.

Apa yang dimaksud dengan Laring?

yakni merupakan suatu organ yang terdapat pada leher berguna dalam melindungi trakea

Sebutkan salah satu fungsi kerongkongan?

Berfungsi dalam melancarkan proses masuknya makanan dari mulut menuju ke lambung

Fase Oral dalam fungsi kerongkongan Adalah?

yakni merupakan suatu tahapan dimana pada saat mengunyah makanan didalam mulut dan kemudian akan didorong menuju kebagian belakang faring yang dilakukan oleh gerakan otot lidah

Demikianlah materi pembahasan kali ini mengenai fungsi kerongkongan pada manusia, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat semua.

Artikel Lainnya :