Fungsi Lambung

Fungsi Lambung

Posted on

Fungsi Lambung – setelah sebelumnya ContohSoal.co.id telah menerngkan materi tentang Simbiosis Komensalisme Maka dipertemuan kali ini akan contohsoal.co.id jabarkan materi tentang fungsi lambung secara lengkap, mulai dari Pengertian, Bagian, dan Gangguannya. Nah penasaran bukan.! Baiklah langsung aja mari kita simak ulasan dibawah ini.

Pengertian Fungsi Lambung

Dalam tubuh manusia pada umunya lambung menjadi suatu organ yang sangat penting dalam sistem.

Mengenai pengertian lambung sendiri yakni menjadi sebuah bagian organ yang terdapat dalam tubuh manusia .

Adapun bentuk lambung sendiri yakni menyerupai seperti sebuah kantong yang berada didasar sekatan rongga didalam tubuh manusia.

Fungsi Lambung

Apabila telah berlangsung sebuah proses pencernaan yang didapat dari apa yang telah di konsumsi melalui mulut, maka berikutnya akan terjadi sebuah proses didalam lambung dari hasil apa yang telah dimakan.

Maka dalam kelangsungan proses tersebutlah fungsi lambung akan mulai bekerja. Dibawah ini terdapat beberapa yang menjadi fungsi lambung.

1. Penyimpanan makanan

Pada fase ini menjadi langkah awal dimana berlangsungnya sebuah proses dari kantung pennyimpanan akan bergerak kearah pencernaan yang berikutnya.

Dalam hal ini pada lambung sendiri mempunyai suatu tekstur yang sangat lentur atau fleksibel, maka dengan demikian ia mampu menerima atau memproses makan dalam jumlah volume yang cukup banyak yakni 4liter.

Sedangkan pada umunya jika dalam keadaan kosong, volume yang dimilikinya secara internal sebesar 50 ml.

Adapun jumlah dari keseluruhan makanan yang dapat dimuat didalam lambung yakni hanya sekitar 2 sampai 3jam saja.

Akan tetapi secara umumnya waktu yang diperlukan dalam lambung untuk menahan makanan yakni tidak dapat dipastikan, sebab disesuaikan dengan jenis atau macam makanan yang dikomsumsi yang kemudia diolah didalam lambung.

2. Percenaan Makanan Mekanik dan Kimiawi

Selanjutnya menjadi tempat penghancuran pada saat berbagai jenis makanan dikomsumsi dan diproses didalam lambung.

Yang mana dengan berdasarkan fungsinya setelah makanan dileburkan didalam lambung maka akan dirubah menjadi suatu partikel yang sangat kecil dan menjadi bagian didalam fungsi lambung yang sangat penting.

Dalam berlangsungnya mekanisme tersebut baik itu secara kimiawi ataupun mekanik. Untuk lebih jelasnya berikut keterangannya:

  • Pencernaan mekanik lambung

Dalam fase pencernaan ini berlangsungnya proses mekanik meliputi lambung dan bukan hanya berlangsung didalam mulut saja akan tetapi diperlukan juga bantuan gigi.

Maka dengan dibantu oleh sistem otot-otot yang terdapat pada dinding lambung.

  • Pencernaan kimiawi lambung

Seperti yang kita ketahui bahwa dari Lambung akan memperoleh suatu enzim dan dapat menunjang proses pencernaan dengan secara kimiawi.

Adapun peranan enzim didalam lambung yakni bekerja agar dapat menghancurkan protein.

Maka yang mesti dipahami yakni enzim terdiri atas 2 jenis yang didapat kinerja lambung tersebut, seperti pepsin yang mengubah protein menjadi pepton dan renin yang mengubah kaseinogen menjadi kasein.

3. Membasmi Mikroorganisme Berbahaya

Selanjutnya hasil yang dapat diperoleh dari Lambung sendiri misalnya seperti asam lambung (HCl) yang kegunaannya yang begitu beragam.

Adapun kegunaan pada asam lambung yakni guna menghdupkan enzim pepsin.

Namun selain itu, peranan lainnya adalah agar dapat membunuh mikroorganisme berbahaya.

Baca Juga :  Fungsi Usus Buntu

Yang mana pada umumnya Mikroorganisme berbahaya ini dapat menyerang tubuh dari berbagai arah, salah satunya dengan melalui makanan yang kita konsumsi.

Maka untuk mencegah penyakit yang dapat disebakannya, jadi terlebih daghulu kita harus membasmi mikroorganisme ini dengan menggunakan asam lambung yang diperoleh aro sel-sel parietal yang ada didalam lambung.

4. Mengontrol hormon

Bukan hanya mengelola enzim, dalam proses pencernaan juga diperoleh suatu hormon berfungsi dalam rangkaian pencernaan.

Maka disinilah peranan lambung dapat bekerja yakni guna menjaga hormon gastrin dan ghrelin.

Adapun fungsi dari Hormon gastrin sendiri yakni berfungsi dalam merangsang sekresi getah lambung yang berlangsung dengan secara terus-menerus.

Selanjutnya fungsi hormon ghrelin sendiri yakni berguna dalam menjaga dan merangsang nafsu makan.

5. Menyerap nutrisi makanan

Proses selanjutnya pada makanan yang berlangsung kearah pencernaan yang mana kandungan nutrisinya akan diserap dan difungsikan guna keperluan tubuh.

Berlangsungnya proses dalam pengambilan nutrisi tersebut berlangsung di beberapa bagian sistem pencernaan, salah satunya adalah di lambung. Fungsi lambung adalah untuk menyerap vitamin B12.

Tentunya kegunaan vitamin B12 pada tubuh manusia berfungsi dalam pembentukan sel darah merah, membantu proses pembentukan DNA, hingga memelihara sistem saraf.

Sedangkan Kekurangan dari vitamin B12 sendiri yakni dapat menimbulkan beragam masalah dalam tubuh.

6. Melindungi diri dari asam lambung

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, lambung memproduksi asam lambung yang membantu proses pencernaan. 

Walaupun dikelola dan diproses dilambung namun hal tersebut sangatpenting dalam prose sistem pencernaan, akan tetapi terkadang asam lambung dapat membahayakan bagi lambung sendiri.

Maka dalam hal ini untuk menjaga lambung selalu terjaga, sel goblet dalam lambung memproduksi lendir bersifat basa yaitu lendir bikarbonat.

Adapun kegunaan dari pada lendir tersebut yakni guna menjaga lapisan lambung dari asam lambung.

Gangguan Fungsi Lambung

Pada saat kita merasakan beberapa gejala misalnya terjadi nyeri pada lambung, perut kembung, mual, hingga muntah, dalam hal ini ada kemungkinan terdapat bagian lambung yang terganggu.

Adapun jenis penyakit yang biasanya kerap terjangkit serta menggangu lambung yakni dibawah ini.

1. Gastritis

Yang pertama adalah gejala maag yang merupakan jenis gangguan fungsi lambung yang sangat umum ditemui.

Penyakit ini bisa menjadi kronis maupun akut. Penyebab gastritis bermacam-macam mulai dari makan, alkohol, obat, maupun infeksi bakteri.

2. Dispepsia

Selanjutnya yakni penyakit yang disebut dengan Dispepsia yang merupakan suatu keadaan yang memnggambarkan sebuah tanda adanya ketidaknyamanan pada bagian perut.

Kemudian Gejala dispepsia biasanya sering ditandai dengan mudah kenyang, sakit hulu hati, perut tidak nyaman, mual, kembung, hingga perut terasa perih.

Pada umumnya gejala Dispepsia karenakan oleh beragam gejala pada saluran pencernaan.

3. GERD (Gastroesophageal reflux disease)

Apa yang dimaksud dengan GERD /refluks atau sering dikenal juga dengan sebuah penyakit asam lambung.

Pada dasarnya penyakit GERD ialah sebua keadaan di mana berlangsungnya asam lambung naik ke esofagus atau kerongkongan hingga dapat terjadi adanya suatu infeksi pada esofagus.

Adapun gejala yang sering ditimbulkan misalnya seperti nyeri dada, sendawa, mual, rasa asam atau pahit di mulut, batuk kering.

4. Gastroenteritis

Apa yang dimaksud dengan Gastroenteritis / flu perut? yakni suatu infeksi yang terjadi pada lambung dan juga usus yang disebabkan oleh bakteri dan virus.

Pada umumnya sering kali pada penyakit ini ditandai oleh adanya sebuah gejala kram perut, mual, muntah, diare, dan demam.

Baca Juga :  Otot Jantung

Adapun penyakit Flu perut ini dapat menyebar dan menularkan virus dengan perantara makanan atau kontak fisik secara langsung dengan yang terinfeksi.

5. Tukak lambung

Sering kali ada sebagian orang berpendapat dan mengaitkan bahwa tukak lambung adalah sebuah penyakit maag, padahal dari 2 keadaan ini justru berbeda.

Pada Tukak lambung atau ulkus peptikum adalah suatu keadaan dimana dengan adanya luka berdiameter hingga melebihi 5 mm yang timbul pada dinding lambung.

Jika sudah parah tukak lambung tidak hanya menyebabkan nyeri tetapi juga bisa menyebabkan pendarahan di perut.

6. Kanker lambung

Kemudian selanjutnya secara umum biasanya penyakit Kanker dapat meluas dan tumbuh disetiap organ tubuh manusia, dan lambung pun tentunya dapat terkena olehnya.

Adapun hal yangb dapat memicu penyakit ini yakni pada saat muncul suatu polip lambung . Namun hal dapat memicunya berikutnya yaknin adanya infeksi Helicobacter Pylori.

Bagian-Bagian Lambung

Dalam pembagian anatomi lambung terdiri atas lima bagian, di antaranya adalah:

Kardiak

Apa yang dimaksu dengan Kardiak? yakni merupakan suatu daerah pucuk tertinggi lambung yang berkaitan langsung dengan esofagus.

Setelah kerongkong, pada kardiak juga menjadi sebuah wadah pada mulanya ketika makanan masuk.

Dimana ada sebuah sfingter kardiak dipucuk lambung, dan untuk bulatan otot yang membentuk sebuah cincin berguna untuk klep guna mencegah makanan yang sudah masuk ke lambung kembali naik ke kerongkongan.

Fundus

Selanjutnya apabila sudah melalui kardiak, maka makanan tersebut diserahkan ke bagian fundus.

Makna dari Fundus sendiri ialah merupakan sebuah area dengan membentuk seperti bengkokan pada arah atas lambung dan terletak di bawah diafragma.

Nah pada bagian inilah yang merupakan sebuah wadah makanan mulai mengalami proses pencernaan.

Badan lambung

Apa yang dimaksu dengan Badan lambung? yakni merupakan suatu bagian dari anatomi lambung yang paling penting.

Antrum

Kemudia apa itu Antrum? yakni merupakan suatu bagian terbawah dari lambung, terkadang disebut juga dengan antrum pilorus.

Dimana bisanya pada Antrum ini berfungsi untuk sebuah wadah guna menyimpan berbagai jenis makanan dan kemudian diproses pada saat makanan masih belum masuk tahapan selanjutnya yakni mengarah ke usus halus.

Pilorus

Selanjut apa yang dimaksud dengan Pilorus? yakni merupakan suatu susunan dari anatomi lambung yang terakhir dan secara langsung bersambungan pada usus halus.

Pada umumnya dipilorus kerap ada sebuah sfingter pilorus, yakni merupakan suatu lingkaran yang membentuk seperti cincin otot tebal yang berguna untuk menjadi sebuah katup dan mengelola keluarnya makanan dari lambung menuju duodenum.

Dan seringkali pada Sfingter pilorus biasa dipakai guna menahan makanan yang sudah tersalurkan ke duodenum agar tidak kembali ke lambung.

Apa itu Bagian Kardiak?

yakni merupakan suatu bagian /daerah atas lambung yang berkaitan langsung dengan esofagus

Apa yang dimaksud dengan Gastroenteritis?

yakni merupakan suatu infeksi yang terjadi pada lambung dan juga usus yang disebabkan oleh bakteri dan virus.

Apa yang dimaksud dengan Badan Lambung?

yakni merupakan suatu bagian dari anatomi lambung yang paling penting.

Demikianlah materi pembahasan kali ini mengenai fungsi lambung, semoga artikel kali ini dapat bermanfaat bagi sobat semua.

Artikel Lainnya :