Fungsi Laring

Fungsi Laring

Posted on

Fungsi Laring – setelah sebelumnya kita membahas materi tentang Fungsi Lambung Maka dipertemuan kali ini akan contohsoal.co.id paparkan materi tentang fungsi laring secara lengkap, mulai dari Pengertian, Ciri, Struktur, dan Gambarnya. Baiklah untuk melengkapi isi dari tema pada pembahasan kita kali ini, maka yuk langsung simak ulasan dibawah ini.

Pengertian Fungsi Laring

Apa yang dimaksud dengan Laring / kerapa disebut kotak suara (voicebox) yakni merupakan suatu susunan dari bagian organ yang terletak dileher guna menjaga atau melindungi trakea dan di katagorikan sebagai sebuah organ yang masih ada kaitannya pada proses produksi suara.

Selanjutnya Laring juga termasuk dalam susunan organ mansuia sebagi sistem pernapasan manusia.

Adapun keterlibatan laring dalam rangkaian pernapasan sendiri yakni berfungsi guna menjaga organ setelahnya serta menyaring udara yang masuk kedalam trakea.

Dalam hal ini disebabkan oleh letak pada trakea berdampingan dengan esofagus (organ sistem pencernaan) jadi dapat disimpulkan yang mana laring mempunyai suatu peranan yang sangat penting yakni guna melindungi keamanan sistem pencernaan.

Struktur dan Bagian-Bagian Laring

1. Jaringan Epitel

Pada jaringan ini merupakan suatu rangkaian dalam menyusun laring, akan tetapi secara umum hampir seluruh menjadi sebagian dari serangkai dalam hasil penyususnan jaringan epitel silindris berilia tau dengan kata lainnya yakni jaringan epitel pipih dan telah menyusun epiglotis.


2. Jaringan Ikat

Berikut ada dua Jenis jaring yang terdapat pada laring yakni:

  • Lamina Propia

Pada kelompok jaringan ini masih terkait dengan jaringan ikat dan merupakan suatu bagian membran basal yang terdapat didalam lapisan epitel dan bekerja guna menyatukan lapisan epidermis dengan jaringan lainnya.

Kemudian pada kelompok popria ini juga ada suatu tulang rawan yang disebut dengan laringeal dan dapat mengkapur dengan bertambahnya usia.

  • Ligamen
Baca Juga :  Stomata Adalah

Apa yang dimaksud dengan Ligamen yakni suatu kelompok jaringan ikat yang bersifat padat dan merupakan sebuah penghubung otot ke tulang.

Adapun berkas ligamen memiliki wujud seperti pita suara yang memperoleh sebuah nada bunyi.


3. Tulang Rawan (Kartilago)

Kemudian mengenai tulang rawan membuat tersusunnya laring pada dasarnya dikatagorikan sebagi tulang rawan hialin.

Adapun kegunaan dari Tulang rawan tersebut adalah guna penyokong struktural dan fungsional laring.

Untuk memehami mengenai tulang rawan, maka diabwah ini terdapat suatu tulang yang menyusun laring tidak berpasangan yakni sebagai berikut.

  • Cricoid
  • Thyroid
  • Epiglottis

Sedangkan pada tulang rawan yag saling berpasangan

  • Arytenoids
  • Corniculate
  • Cuneiform

4. Jaringan Otot

Selanjut sebuah otot yang dapat mengatur laring ialah disebut dengan otot rangka (otot lurik), yakni merupakan suatu otot yang dapat difungsikan dengan sesukanya.

Beriringan dengan ligamen, pada otot ini dikatagorikan sebagai penyusun pita suara.

Dalam mengelolah suara biasanya terjadi sebuah getaran dalam hal ini disebakan oleh suara yakni merupakan suatu yang diperoleh dari adanya gesekan pita suara dengan otot dan ligamen ini dengan udara yang masuk.


5. Jakun

Apa yang dimaksu dengan Jakun ? yakni merupakan suatu kelenjar tiroid yang biasanya akan nampak seperti tojolan yang terdapat dileher pria.

Sedangkan untuk kaum wanita pada dasarnya ia juga mempunyai benjolan tersebut namun, hanya saja ia tidak begitu terlihat.

Adapun letak Jakun sendiri yakni berada dibagian tulang rawan thyroid dan menjadi sebuah tempat pertemuan 2 kartilago hyalin.


6. Epiglotis

Apa yang dimaksud dengan Epiglotis? yakni suatu rangkaian dalam penyusunan tulang rawan dan berda pada bagian belakang lidah dan didepan laring.

Kemudian secara umum biasanya Epiglotis memiliki suatu konformasi yang mengarah ke atas dengan tujuan agar udara dapat masuk ke dalam jalur pernapasan selanjutnya.

Dengan begitu apabila berlangsung sebuah proses menelan makanan, maka pada epiglotis akan berubah arah yakni ke bawah guna menutup jalur pernapasan dan membawa makanan menuju esofagus.

Fungsi Laring

Fungsi Laring

Untuk selanjutnya dalam memahami fungsi laring yakni sebagai berikut ini:

Baca Juga :  Tulang Tengkorak

Untuk Melindungi Pernapasan Dari Makanan

Dengan berdasarkan penjelasan diatas bahwa Laring ialah merupakan suatu alat pernapasan yang berda sebelum trakea.

Adapun letak pada Epiglotis sendiri yakni berada atas bagian pangkal laring dan berguna guna menjaga dan mengolah merawat makanan dan air masuk ke saluran pernapasan.

Kemudian pada Epiglotis tersebut akan dapat menutup trakea agar pas kami makan saluran pernapasan tetap aman.

Mengarahkan Makanan ke Esofagus

Dalam tahapan ini yang mana pada saat kite menyantap makanan, maka nantinya epiglotis yang terdapat pada laring akan membuka esofagus guna menujukan arah makanan dan air menuju ke alat pencernaan, namun bukan ke alat pernapasan.

Namu pada saat kita mengobrol pada saat sedang menyantap makanan, maka nantinya pasti akan ada sebagian dari makanan atau air masuk ke saluran pernapasan, dengan demikian menjadi penyebab terjadinya suatu refleks batuk atau bersin.

Menghasilkan Nada Suara

Tulang laring yang melebar membentuk pita nada tersusun dari ligamen dan otot rangka. Suara yang dikeluarkan bakal tergantung kepada pembukaan laring.

Getaran dari interaksi otot dan ligamen terbentuk dari gesekannya dengan udara yang masuk. Karena itu laring berperan penting di dalam sesuaikan nada nada kita.

Apa yang dimaksud dengan Laring?

yakni merupakan suatu susunan dari bagian organ yang terletak dileher guna menjaga atau melindungi trakea

Apa yang dimaksud dengan Jakun ?

yakni merupakan suatu kelenjar tiroid yang biasanya akan nampak seperti tojolan yang terdapat dileher pria

Apa itu Epiglotis?

yakni suatu rangkaian dalam penyusunan tulang rawan dan berda pada bagian belakang lidah dan didepan laring.

Demikianlah materi pembahasan kali ini mengenai fungsi laring, semoga artikel kali ini dapat bermanfaat bagi sobat semua.

Artikel Lainnya :