Fungsi Mulut

Posted on

Fungsi Mulut – Setelah sebelumnya contohsoal.co.id telah membahas materi tentang Fungsi Diafragma Maka dipertemuan kali ini akan contohsoal.co.id paparkan materi tentang funsi mulut secara lengkap, mulai dari pengetian, kelenjar ludah, gambar dan bagiannya. Nah untuk lebih jelasnya, maka simak ulasannya dibawah ini.

Pengertian Mulut

Fungsi Mulut

Apa yang dimaksud dengan Mulut? yakni merupakan suatu organ utama yang secara langsung bekerja dalam suatu sistem pencernaan dan terhubung juga pada daerah terluar tubuh.

Adapun kegunaan dari mulut sendiri yakni untuk suatu wadah dalam berlangsungnya proses masuknya makanan dan udara.

Maka pada saat makanan yang kita konsumsi masuk ke dalam mulut dan akan melalui alat pencernaan lain, kemudian ia akan dicerna dan diserap kedalam usus selanjutnya dari sisa makanannya akan dikeluarkan kembali dengan melewati anus.

Bagian -Bagian Mulut

Dibawah ini terdapat beberapa bagian yang masih berhubungan dengan mulut yakni sebagai berikut :

1. Mulut

Apa itu mulut? dengan katai lain yaki merupakan dua struktur seluler dengan otot yang mempunyai bentuk seperti sebuah pintu masuk ke mulut.

2. Gigi

Adapun berbagai kegunaan dari Gigi salah satunya berfungsi agar dapat menghancurkan makanan ketika makanan tersebut masuk.

Berdasarkan teori yang ada Penghalusannya tersebut dilakukan dengan mengunyah hingga 21 kali .

Namun jika pada makanan tersebut mempunyai tekstur yang sedikit lembek maka tentunya akan mempercepat proses penghalusan.

Pada gigi juga masih termasuk suatu alat pencernaan secara mekanik, dalam hal ini disebabkan oleh bermanfaat dalam memotong, merobek, dan mengunyah makanan sebelum ia masuk kedalam mulut dan turun kebagian alat pencernaan selanjutnya.

Pada gigi mempunyai suatu penyusunan yang bersifat padat dan keras yang berguna untuk menggerakkan sleuruh rangkaiannya dengan baik.

Dalam penyususnan gigi terdiri dari 3 bagian utama, yakni :

  • Mahkota Gigi (Puncak)
    Apa itu mahkota gigi? yakni merupakan suatu bagian yang nampak dari luar. Dimana pada lapisan akan nampak terlihat dengan berwarna putih hal ini disebabkan oleh gigi dilapsi dengan susunan yang dikenal dengan sebutan e mail gigi. Dari tiap-tiap gigi memeiliki bentuk yang beragam.
  • Leher Gigi (Colum)
    Apa yang dimaksud dengan Leher atau dikenal juga dengan sebutan colum gigi? yang merupakan bagian yang sudah tertanam ke di dalam gusi. Bagian ini merupakan suatu pagar pembatas antara akar gigi dengan mahkota.
  •  Akar Gigi
    Apa yang dimaksud dengan Akar gigi? yakni merupakan suatu bagian yang terpendam didalam rahang. Nah untu lebih jelasnya sobat bisa perhatikan gambar dibawah. Setiap manusia memiliki bermacam jenis gigi, nah dari masing-masing gigi tersebut mempunyai jumlah akar tidak sama dengan satu dengan yang lainya , Ada sebagian yang hanya memiliki 2 akar saja, namun ada juga yang mempunyai 3 akar.
    1. Dengan menurut kegunaannya, pada bagian gigi makhluk dapat mterbagi menjadi 4 ,yakni gigi taring, seri, molar dan premolar.
    2. Berdasarkan usia, gigi terbagi jadi 2 jenis, yakni : gigi susu dan gigi permanen.

3. Lidah

Apa itu Lidah ? yakni merupakan salah satu bagian yang berfungsi dalam melumat makanan yang masuk dan merupakan suatu alat indra perasa yang baik.

Baca Juga :  Fungsi Diafragma

Sebab jika tanpa peranan lidah maka tentunya kita tidak akan dapat merespos suatu jenis rasa baik asin, asam, manis, maupun pahit.

Defini lainnya dimana lidah juga merupakan salah satu bagian organ yang masih digolongkan ke di dalam pancaindera dan juga sebagai organ yang menunjang proses pencernaan.

Adapun fungsi dari indera ini sendiri yakni berguna untuk memberi tambahan rasa kepada tiap-tiap objek yang masuk ke di dalam mulut kita.

Namun bukan hanya itu saja lidahmempunyai fungsi untuk suatu alat penunjang sebuah proses mengunyah dan menelan.

Menurut istilah dari bahasa latinnya kata Lidah disebut dengan glossal Namun sedangkan (istilah dalam bahasa Yunani).  Lidah ialah merupakan suatu jaringan otot lurik (otot rangka) yang mempunyai suatu lapisan yang disebut dengan membran mukosa.

Dibawah ini terdapat 3 fungsi lidah yakni :

  • Digunakan untuk indera perasa
  • Digunakan dalam mencerna dan menelan makanan
  • Suatu organ yangmempunyai peranan di dalam proses berbicara

Berdasarkan penyusunannya dalam anatominya lidah tersusun oleh otot rangka, Didalam lidah ini ada 2 susunan otot yakni otot intrinsik lidah dan ekstrinsik . Dengan menggunakan otot tersebut sehingga membuat Lidah dpat menggerakan tubuhnya kesetiap arah.

Kemudian terdapat suatu saraf yang mempunyai tanggung jawab terhadap lidah yang disebut dengan Nervus Hypoglossus.

Selanjutnya peranan Otot Intrinsik terhadap lidah , yakni berguna agar dapat membuat suatu perubahan terhadap ukuran lidah yakni guna memeperpanajng atau merendahkan lidah.

Namun sedangkan pada otot ekstrinsik yang terdapat pada lidah berperan dalam menyesuaikan suatu pergerakan lidah di dalam rongga mulut.

4. Gusi

Pada bagian yang satu ni terdiri atas suatu jaringan fibrosa bersifat padat yang melapisi lengkungan alveolar dan pelukan gigi. Gusi ialah langit-langit mulut tempat wadahnya makanan.

5. Langit-langit Mulut

Apa yang dimaksud dengan Langit-langit mulut Yakni merupakan suatu langit myang membentuk terdapat didalam ruang mulut dan merupakan suatu dinding pemisah antara mulut dan rongga hidung.

Pada langit ini dapat dibagi menjadi dua bagian yang sangat berbeda. Kemudian pada saat berlangsungnya proses menelan makanan, maka pada langit-langit tersebut akan menjadi lunak dan uvula akan bergerak ke atas agar makanan tersebut tidak langsung masuk kedalam rongga hidung dan ke orofaring.

6. Uvula

Apa yang dimaksud dengan Uvula? ialah merupakan suatu jaringan yang sangat lunak yang dapat terlihat tergantung di atas dalam rongga mulut.

Istilah kata “Uvula” berasal dari kata “uva” yang artinya yakni anggur. Dimana pada Uvula terdapat sebuah otot kecil yang dikenal dengan sebutan musculus uvuae yang membantunya berkontraksi sehingga mampu isi ruangan dibagian belakang tenggorokkan. 

7. Kelenjar Ludah

Apa yang dimaksud dengan Kelenjar ludah? yakni merupakan suatu bagi organ yang sangat kecil, yang dapat ditemukan pada bagian mulut dan dapat menghasilkan cairan air liur.

Baca Juga :  Alat Pernapasan Burung

Pada kelenjar ini berada atau bertempat percis dibawah selaput lendir. Adapaun didalam organ, untuk Kelenjar yang paling besar yakni suatu kelenjar yang disebut dengan parotid dan berada dibagian sisi, hanya di depan telinga.

Dari kelenjar ini akan dapat memeperoleh air liur (saliva) atau ludah. Didalam rongga mulut terdapat tiga pasang kelenjar ludah yakni?

  • Letak Kelenjar parotis, terdapat di bawah telinga
  • Kemudian letak kelenjar submandibularis, berada pada rahang bawah
  • Lalu letak sublingualis, terletak di bawah lidah.

Pada kelenjar parotis ini akan dapat memperoleh suatu ludah yang berbentuk cair.

Kemudian dengan Kelenjar submandibularis serta kelenjar sublingualis dapat memperoleh suatu getah yang didalanya terkandung air dan lendir.

Adapun peranan Ludah sendiri yakni berguna agar dapat mempermudah pada saat makanan sedang ditelan . Selnjutnya, ludah berguna untuk melumasi makanan agar lebih gampang pada saat akan ditelan. Namun selain itu , ia juga berperan dalam menjaga selaput mulut terhadap panas, dingin, asam dan basa.

Didala ludah mengandung suatu enzim yang disebut dengan ptialin (amilase).

Yang mana pada Enzim ini berguna untuk dapat merubah sebuah makanan didalam mulut yang didalamnya terkandung suatu yang disebut juga dengan zat karbohidrat (amilum) lalu dirubah menjadi gula sederhana (maltosa).

Dari keterangan sebelumnya, maka bisa disimpulkan mengenai kegunaan atas kelenjar Berdasarkan ulasan diatas dapat dikatakan bahwa fungsi kelenjarialah merupakan suatu tempat diperolehnya sebuah enzim, air , nah nantinya pada cairan yang berbentuk lendir ini yang dapat membantu dalam melumasi proses sistem pencernaan dasar setelah selesai tahapan dimana makanan dikunyahnya dengan menggunakan organ mulut.

Fungsi Mulut

Berikut ini adalah fungsi mulut manusia antara lain:

  • Suatu sarana alat berbicara.
  • Merupakan salah satu organ bagian dari sistem pencernaan
  • Menjadi tempat keluarnya nafas selain hidung.
  • Sebagai tempat mengunyah dan menggiling makanan
  • Merasakan makanan
  • Menelan makanan
  • Sebagai tempat pertama untuk makanan masuk pada pencernaan

Gangguan Mulut

Dibawah ini terdapat beberapa keterangan mengenai gangguan/ penyakit yang kerap terjadi pada, yakni:

  • Terjadinya suatu Infeksi misalnya dalam bentuk sariawan, herpes (sakit sariawan) atau tonsilitis
  • ulkus mulut
  • kanker mulut
  • Bibir sumbing
  • Bau mulut atau disebut Halitosis
  • Trauma
  • Sindrom mulut kering
  • Masalah Tongue seperti permukaan retak atau dilapisi
  • Masalah gigi seperti karies gigi (gigi berlubang) atau dampak gigi bungsu
  • Masalah bicara seperti lisping.
Sebutkan salah satu kelenjar yang paling besar yang terdapat di rongga mulut?

Yakni Kelanjar Parotid

Sebutkan salah satu fungsi Mulut?

Suatu sarana alat berbicara

Salah satu penyakit yang biasa menganggu mulut adalah?

Terjadinya suatu Infeksi misalnya dalam bentuk sariawan, herpes (sakit sariawan) atau tonsilitis

Demikianlah materi pembahasan kali ini mengenai fungsi mulut, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat semua.

Artikel Lainnya :