Fungsi Nukleus

Posted on

Fungsi Nukleus – Materi tentang nukleus ini kami sajikan untuk melengkapi uraian materi sebelumnya yakni tentang Badan Golgi.

Dengan melalui pembahasan ini, contohsoal.co.id akan mengajak sobat semua untuk mengetahui lebih jauh tentang apa itu nukleus dan apa fungsinya.

Sederhananya , contohsoal.co.id juga akan menyampaikan bagian penyusun nukleus dengan lengkap.

Untuk lebih lengkapnya maka, sobat bisa simak ulasannya sebagai berikut ini.

Pengertian

Fungsi-Nukleus
Fungsi-Nukleus

Apa yang dimaksud dengan Nukleus? yakni merupakan suatu bagian sel yang difungsikan sebagai tempat ataupun pusat perintah atau suatu pengendali bagi aktivitas sel sebab terdapat suatu benang kromosom .

Yang mana umumnya pada nukleus ini , sel-sel mempunyai satu nukleus inti. Namun, sesuai dengan fungsinya, ada juga sel yang mempunyai dua atau lebih inti.

Dengan berdaasarkan definisnya sehingga Nukleus bisa diartikan sebagai bagian sel dengan mempunyai ukuran yang jauh lebih besar jika dibandingkan dengan organel sel pada umumnya, yakni berukuran antara 10 hingga 20 nm.

Dan pada umumnya keberadaan nukleas ini terletak terkadang ada di tengah atau di bagian tepi, dengan membentuk seperti bulat atau lonjong dan menyerupai cakram.

Pembatas dari Nukleus yakni selaput inti yang mengatur sesuatu yang bisa masuk dan keluar nukleus.

Peranan Nukleus juga dapat berfungsi untuk mengatur reaksi-reaksi kimia, pertumbuhan maupun pembelahan sel.

Kemudian selanjutnya tugas Nukleus juga dalam membawa perintah sintesis di inti DNA sebab didalamnya mengandung sebuah sandi DNA (DNA code) untuk menentukan urutan asam amino protein.

Fungsi Nukleus

Fungsi Nukleus
Fungsi Nukleus
  • Berfungsi sebagai pusat perintah atau mendalangi semua kegiatan sel.
  • Berfungsi dalam mengatur pembelahan sel.
  • Selanjutnya berfungsi untuk mengantarkan suatu informasi genetk (DNA) dengan melalui pembelahan sel dan nantinya akan mewariskan sifat-sifanya.

Struktur Nukleus

Apa itu Nukleus? yakni merupakan suatu organel yang paling besar yang terdapat di dalam sel.

Umumnya pada Mamalia nukleus ini diperkirakan berdiameter 10% dari volume sel. Secara umum terdapat 3 bagian utama dari Inti Sel (Nukleus), yakni:

Baca Juga :  Respirasi Anaerob

1. Membran Inti

Apa itu Membran inti? yakni merupakan suatu jenis membran ganda yang terdapat pada fosfolipid yang melingkar dan menyelimuti bagian semuan bagian intin sel dan kerap dugunakan untuk memisahkan inti sell dengan sitoplasma sel.

Begitu juga dengan, membran inti berguna dalam membantu suatu proses pertukaran zat di dalam inti sel serta di luar inti sel. Pada Membran ini terdiri atas tiga bagian utama yakni?

  • Membran luar, pada bagian ini pada umumnya mempunyai keterkaitan secara langsung dengan organel retikulum endoplasma kasar yang bertaburan dengan ribosom.
  • Ruang perinuklear, Merupakan suatu ruangan yang membatasi antara membran luar dan membran dalam.  

Kemudian di dalam membran ini juga terdapat sebuah nukleus dengan berdiameter 100 nm, dan juga berguna untuk dijadikan pintu masuk keluarnya RNA dan protein

  • Yang pertama yakni Subunit kolom, yang berperan alngsung dalam pembentukan dinding pori nukleus.
  • Dan yang kedua yakni Subuni anular, yang berguna untuk membentuk spoke yang mengarah ke tengah pori nukleus.
  • Kemudian yang ketiga yakni Subunit lumenal, yang mana pada bagian ini terdiri dari protein transmembran yang menempelkan kompleks pori nukleus dengan membran nukleus.
  • Selanjutnya yang keempat yakni Subunit Ring, yang membantu dalam membentuk suatu permukaan sitosolik (menghadap ke arah sitoplasma) dan nuklear (menghadap ke arah nukleoplasma) pada kompleks pori nukleus.

Fungsi membran nukleus

membran nukleus
membran nukleus

Dari penjelasan diatas sehingga Fungsi membran nukleus ialah untuk membantu memisahkan inti sel dari sitoplasma yang mengelilinginya.

Amplop atau selubung nukleus terdiri dari fosfolipid dan mengelilingi inti sel dengan membran berlapis ganda terdiri dari beberapa pori-pori.

Pori-pori ini mengontrol bagaimana RNA dan protein melewati membran ke dalam inti tetapi memungkinkan air, ion dan molekul kecil lainnya untuk secara bebas melewati.

Mengenai jompleks pori nukleus ialah merupakan satu-satunya cara molekul dapat bergerak masuk dan keluar dari inti sel.

Bagian-Bagian Nukleus

Setelah kita mengetahui pengertian dan fungsinya, maka berikut ini merupakan bagian-bagian yang harus sobat ketahui

  • Penyususnan Nukleus ini terdiri atas cairan Inti atau disebut juga “Nukleoplasma” yakni, merupakan suatu zat yang tersusun atas protein.
  • Pada Nukleus ini mempunyai anak inti atau yang disebut juga “Nukleolus”,kemudian fungsi dari anak ini yakni untuk menyintesis semua jenis molekul asam ribonukleat atau dapat disingkat “RNA” yang mana RNA ini dapat dipakai di dalan penyusunan sebuah “Ribosom”.
  • Nukleus terdiri dari butiran “Komatin” yang berada di Nukleoplasma dan akan dapat terlihat jelas pada saat sel tersebut membelah. Maka apabila proses pembelahan tersebut telah berlangsung, maka butiran pada komatin akan menjadi lebih tebal dengan membentuk struktur seperti benang yang disebut sebagai Kromosom.
  • Kemudian pada bagian nukleus yang merupakan sebuah kromatin dan mempunyai bentuk yang kurang padat disebut dengan “eukromatin”, namun sedangkan krimatin yang padat disebut “heterokromatin”. Benang halus yang terdapat pada kromatin akan memadat dan berkumpul membentuk struktur yang lebih besar ketika sel akan membelah diri. Gen-gen penentu pada sifat makhluk hidup pada tempat khusus di kromosom yang disebut “Lokus Gen”. Setiap makhluk hidup sejatinya memiliki jumlah kromosom yang khas dengan gen-gen yang berbeda-beda.

Demikianlah materi pembahasan ali ini mengenai fungsi nukleus, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat semua.

Artikel Lainnya :