Fungsi Produksi

Posted on

Fungsi Produksi – Pada perjumpaan kali ini dimana akan kembali contohsoal.co.id paparkan materi tentang Fungsi Produksi, beserta Pengertian, Tujuan dan Contoh Soal. Namun dipertemuan sebelumnya contohsoal.co.id juga telah menerangkan materi tentang Bunga Majemuk Nah untuk lebih jelasnya bisa sobat simak ulasannya berikut ini.

Pengertian Produksi

Fungsi Produksi
Fungsi Produksi

Apa yang dimaksud dengan Produksi ? yakni merupakan suatu proses dalam perubahan terhadap bahan baku menjadi barang yang sudah siap saji atau juga sebagai penambah atas nilai dari suatu produk berbentuk (barang dan jasa) supaya dapat mengisi serta memenuhi segala yang menjadi keperluan masyarakat banyak.

Kemudian bagi Masyarakat yang menjalankan segala aktifitas di dalam produksi dikenal juga sebutan produsen hal tersebut (baik secara individu atau organisasi), Nah untuk barang yang diproduksi dikenal juga dengan sebutan produk berbentuk (barang maupun jasa).

Maka dengan berdasarkan etimologis dimana istilah“Produksi” berawal dari bahasa asing, yang maknanya To Produce atau (Memperoleh/Penghasil).

Sehingga dengan istilah tersebut kata produksi dapat didefinisikan ialah merupakan suatu aktifitas yang bisa mendpatkan hasil atau meningkatkan nilai terhadap suatu barang atau jasa yang dikerjakan dengan melalui proses tertentu.

Fungsi Produksi

Kemudian diantara faktor dari produksi (input) dengan hasil dari produksi yakni (output) dimana dalam hal ini mempunyai keterkaitan secara teknik yang dikenal dengan fungsi produksi.

Kemudian mengenai pengetian Fungsi produksi secara matematis ialah merupakan suatu rumusan yang menjelaskan sebuah jumlah dari barang yang telah diproduksi yang mana pada hal tersebut sangat bergantung dengan jumlah faktor produksi yang dipakai.

Maka dengan istilah lainnya, pada fungsi produksi ini menerangkan adanya sautu keterkaitan di antara input dan output yang bisa diperoleh dengan berdasarkan dari kombinasi input tersebut.

Sehingga dengan adanya penjelasanini, dapat di dapatkan sebuah rumus faktor produksi. berikut ini ialah Rumus dari faktor produksi tersebut:

Q = f (R, L, C, T)

Keterangan :

  • Q = Quantity / jumlah barang yang dihasilkan
  • f = function / simbol persamaan
  • R = Resources / kekayaan alam
  • L = Labour / tenaga kerja
  • C = Capital / modal
  • T = Technology / teknologi
Baca Juga :  Contoh Soal UNBK SMP 2019

Maka dengan adanya Rumus ini bisa daiartikan kedalam sebuah contoh produksi tas.

Dimana pada Proses produksi tas dapat dikerjakan dengan berbagai cara, namun masih harus dengan menggunakan sebuah kombinasi input yang sama.

Sebab apabila pada kombinasi input tersebut dilakukan perubahan, maka dengan secara otomatis pada hasil yang telah didapat juga akan mengalami perubahan.

Dalam hal ini tidak sama jika kombinasi inputnya yag harus diganti dan dirubah dengan menerapkan kombinasi input yang lainnya. Maka apabila demikian kasusnya, pada outputnya dapat tetap sama. Contohnya saja seperti adanya, pemberian tenaga kerja dan juga dengan adanya pengurangan mesin atau lain sebagainya.

Nah supaya sobat semua dapat lebih jelas memahaminya, berikut terdapat tabel kombinasi input yang bisa sobat lihat agar dapat memperoleh 100 unit pada produk tas.

KombinasiOutputMesinTenaga kerja
A10063
B100104
C10046
D100310

Maka dengan berdasarkan dari persamaan fungsi produksi di atas, bisa disimpulkan bahwa intinya atau secara garis besar mampun kecilnya sebuah tingkat produksi terhadap suatu barang sangat bergantung dari jumlah modal yang dikeluarkan, dengan memanfaatkan tenaga kerja, lalu kekayaan alam serta berbagai teknologi.

Tujuan Produksi

Biasanya dalam setiap aktifitas produksi yang dikerjakan oleh para produsen yakni mempunyai tujuan supaya dapat mencukupi serta memenuhi segal yang menjadi kebutuhan berbagai masyarakat agar dapat mengsilkan suatu keuntungan dengan diselenggarakannya aktifitas tersebut. di bawah ini terdapat beberapa penjelasan mengenai tujuan dari produksi tersebut, yakni sebagai berikut:

1. Memenuhi Kebutuhan Masyarakat

Dari berbagai lapisan masyarakat baik itu secara kelompok maupun individu dimana biasanya mereka semua mempunyai bemacam macam kebutuhan dalam melngsungkan kehidupannya.

Maka dengan alasan ini sehingga akhirnya Produsen melakukan suatu aktifitas dibidang produksi dalam upaya memperoleh hasil dari sebuah produk atau dengan kata lain meningkatkan nilai terhadap suatu produk yang mana hal tersebut merupakan kebutuhan masyarakat yang biasanya agar dapat terpenuhi secara maksimal.

2. Memperoleh Keuntungan

Hampir semua produsen pasti mengharapkan untuk dapat memperoleh keuntungan dari setiap kegiatan produksi yang dikerjakanya. Namun untuk menjalankan kegiatan produksi ini pasti akan memerlukan modal pada awalnya.

Maka ketika semua produk yang telah didapatkan kemudian dipasarkan ditengah masyarakat melalui proses jual-beli, maka sudah sangat jelas produsen ingin merauk keuntungan dari produk yang telah dihasilkan tersebut.

Baca Juga :  Cerita Fabel

Faktor Produksi

Di bawah ini terdapat berbagai faktor produksiberikut ini penjelasannya:

Sumber Daya Alam

Apa yang diamksud dengan Sumber daya alam? yakni merupakan segala sesuatu yang telah tersedia dialam ini yang bisa digunakan terutama pad manusia dalam mengembangkan suatu usaha demi mencapai kemajuan.

Sumber Daya Manusia

Apa yang dimaksud dengan Sumber daya manusia ? yakni merupakan suatu keahlian atau suatu upaya manusia yang berbentuk jasmani atau rohani yang digunakan dalam meningkatkan fungsi dari suatu barang.

Sumber Daya Modal

Apa yang dimaksud dengan Sumber daya modal? yakni merupakan sebuah alat atau barang yang telah diproduksi supaya bisa di pakai untuk dijadikan suatu sarana dalam memperoleh barang.

Kemudian pada Barang tersebut dibeli bukan oleh konsumen namun oleh produsen.

Kemudian dalamn hal ini juga biasanya Modal tidak musti berbentuk uang. Namun dapat juga berbentuk suatu barang yang nantinya bisa memperoleh uang.

Keahlian

Apa yang dimkasud dengan Keahlian atau kemampuan? yakni merupakan suatu faktor yang sangat penting di dalam melaksanakan sebuah proses produksi.

Kemudian dengan Keahlian atau keterampilan tersebut yang mana hampir setiap individu menjadi bagian yang terpenting didalam mengkordinasikan dan mengatur faktor produksi supay dapat memperoleh suatu barang dan jasa yang mempunyai kualitas yang sangat baik.

Contoh Soal Fungsi Produk

Fungsi produksi yang dihadapi oleh seorang produsen ditunjukan oleh P=9X² – X³.

Tentukanklah pada persamaan produk rata-ratanya kemudian hitunglah berapa dari produk total dan produk rata-ratanya apabila menggunakan masukan dengan sebanyak 6 unit. Maka Berapakah produk marjinalnya apabila pada masukan yang pakai tersebut ditambahkan lagi dengan 1 unit ?

  • Jawab : P=9X² – X³ →AP=P/X= 9X – X²              
  • Untuk x = 6
  • P=9(6)^2-(6)^3=108
  • AP= 9(6)–(6)^2=108/6=18

Jika X = 7P=9(7)^2-(7)^3=98

MP=∆P/∆Q=(98-108)/(7-8)=-10 

Catatan : Produk marjinal negatif berarti masukan tambahan yang digunakan justru mengurangi hasil produksi.

Demikianlah materi pembahasan kita kali ini mengenai fungsi produk, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat semua.

Artikel Lainnya :