Fungsi Sentrosom

Posted on

Fungsi Sentrosom – Setelah sebelumnya contohsoal.co.id telah menerangkan materi tentang Fungsi Membran Plasma Maka pada kesempatan kali ini contohsoal.co.id akan membahas materi tentang fungsi sentrosom, yang akan contohsoal.co.id jabarkan dengan detail, mulai dari pengertian, pembelahan, struktur dan gambar. Nah untuk lebih jelasnya , yuk kita simak ulasan berikut ini.

Pengertian Sentrosom

Fungsi Sentrosom
Fungsi Sentrosom

Apa yang dimaksud dengan Sentrosom? yakni merupakan suatu organel sel yang terdiri dari dua sentriol yang disekelilingnya terdapat sebuah bahan pericentriolar dan terlibat dalam proses seluler yang beragam termasuk penerimaan sensorik, penggerak, dan embriogenesis

Pada mikrotubulus ini timnbul dari pusat pengorganisasian mikrotubulus (MTOC), dan termasuk dari salah satu bagian integral dari sejumlah fungsi dan proses sel eukariotik sepanjang masa hidup sel.

Pada organisasi ini sangat dikenal oleh sebab peranannya yang penting dalam suatu proses pembelahan sel, yang meliputi mitosis (yakni sebuah pembelahan bahan inti sel menjadi nuklei anak) dan diikuti dalam waktu singkat oleh sitokinesis (yakni pembelahan seluruh sel menjadi sel anak). Proses pembagian ini dimediasi oleh sentriol dari sentrosom.

Struktur sentrosom

Struktur sentrosom
Struktur sentrosom

Kemudian bentuk dari sentrosom sendiri ialah merupakan sebuah struktur yang yang didalamnya terkandung sentriol, yang dapat membuat mikrotubulus muncul dan kerap di fungsikan sebagai gelendong mitosis. Itu banyak yang harus dibayangkan.

Maka dari peninjauan masing-masing dalam istilah ini memberikan ide yang lebih jelas mengenai pengaturan fisik sentrosom.

Kemudian selama interfase berlangsung, yakni merupakan suatu periode di mana sel yang sudah tidak aktif akan membelah, dan dari masing-masing sel terkandung di dalamnya satu sentrosom yang meliputi sepasang sentriol.

Maka dari tiap-tiap sentriol ini penyusunannya terdiri atas sembilan triplet mikrotubulus dalam pengaturan silindris; dalam istilah lain, dari satu sentriol dapat mencakup hingga mencapai 27 mikrotubulus yang berjalan dari ujung ke ujung.

Kemudian dari kedua sentriol tersebut akan berorientasi pada sudut yang tepat antara satu sama lainnya.

Selanjutnya pada si kembar tiga sendiri menyerupai pipa paralel kecil yang terdapat di bagian garis.

Baca Juga :  Daur Hidup Lalat

Fungsi sentrosom

  • Peranannya sangat penting dalam proses pembentukan spindle (gelondong) selama pembelahan sel berlangsung.
  • Pada posisi sentrosom bisa menetukan titik di mana nantinya akson akan tumbuh pada saat perkembangan neuron berlangsung.
  • Dalam pembentukan sebuah jaringan mikrotubulus yang ikut terlibat dalam pembuatan sitoskeleton.
  • Dan pada Sentrosom berperan dalam inisiasi sitokinesis
  • Dapat menyisihkan molekul sinyal (misalnya, mRNA) sehingga nantinya mereka akan masuk dan hanya ke salah satu atas dua sel anak yang telah diperoleh oleh mitosis.

Peranan sentrosom pada pembelahan Sel

Pada pembelahan sel ialah merupakan suatu komponen yang sangat diperlukan dalam biologi sel. Serta sentrosom juga akan memainkan peranannya dalam proses ini.

Hal yang perlu sobat pahami bahwa dua sentriol dari satu sentrosom dapat berorientasi pada sudut yang tepat satu sama lain, yang artinya bahwa mikrotubulus dalam sentriol ini nantinya akan tersusun dalam salah satu dari dua arah yang saling tegak lurus.

Dan ingat juga bahwa dua sentrosom dalam sel yang belum terbelah terletak di ujung sel interfase yang berseberangan.

Dalam Implikasi dari geometri ini ialah pada saat serat spindel mitosis mulai terbentuk, maka mereka semua akan memanjang dari setiap sisi (atau “kutub”) dan sel tersebut akan menuju pusatnya, di mana pembelahan sel pada akhirnya dapat nampak jelas, dan kemudian pada anggota mereka juga memperpanjang atau “mengipasi” ”Keluar dalam berbagai arah dari setiap sentrosom itu sendiri.

Evolusi Sentrosom

Kemudian sejarah evolusioner dari sentrosom dan sentriol telah dilacak hanya untuk beberapa gen tanda tangan, misalnya yang centrins.

Centrins berpartisipasi dalam pensinyalan kalsium dan diperlukan untuk sentriol duplikasi.

Dan terdapat dua subfamilies utama centrins, yang keduanya hadir dalam intestinalis awal percabangan Giardia eukariota.

Pada Centrins ini telah hadir dalam nenek moyang dari eukariota. Begitupun sebaliknya, pada kelompok ini juga tidak mempunyai homolognya yang sangat dikenal di archea dan bakteri dan dengan demikian merupakan salah satu bagian dari “tanda tangan gen eukariotik.”

Namun walaupun ada studi membahas mengenai evolusi centrins dan sentriol, tapi tetap saja belum ada penelitian yang telah dipublikasikan pada evolusi materi pericentriolar.

Baca Juga :  Fungsi Peroksisom

Dengan demikian sangat Jelas bahwa beberapa bagian dari Sentrosom yang sangat menyimpang dalam Model spesies Drosophila melanogaster dan Caenorhabditis elegans.

Sebagai contoh, dari kedua spesies ini telah kehilangan salah satu subfamilies centrin yang pada umumnya saling berhubungan dengan sentriol duplikasi.

Kemudian pada drosophila melanogaster dengan mutan yang kekurangan centrosomes bahkan dapat mengembangkan untuk lalat dewasa morfologis normal, dan kemudian pada akhirnya mati dengan segera setelah lahir.

Hal ini disebabkan oleh kurangnya neuron sensorik mereka silia. Dengan demikian, lalat telah berevolusi mesin fungsional berlebihan, yang independen dari centrosomes.

Letak Sentrosom

Pada umumnya keberadaan sentrosom ini terletak di sebelah inti sel dan menempel padanya.

Di dalam Sentrosom terkandung sepasang organel yang disebut sentriol. dari kedua sentriol tersebut terletak tegak lurus satu sama lain.

Dari masing-masing sentriol terdiri dari sembilan kelompok tiga mikrotubulus yang menjadi menyatu, dan disusun dalam formasi cincin.

Mikrotubulus juga ialah merupakan sebuah struktur silinder yang terlibat dalam banyak proses seluler dan juga terhadap gerakan dan transportasi dalam sel.

Pada sentrosom ini dapat membantu serta mengatur mitosis, yakni proses dimana satu sel memisahkan menjadi dua salinan identik dari aslinya.

Sentrosom Adalah?

Yakni merupakan suatu organel sel yang terdiri dari dua sentriol yang disekelilingnya terdapat sebuah bahan pericentriolar dan terlibat dalam proses seluler yang beragam termasuk penerimaan sensorik, penggerak, dan embriogenesis

Sebutkan salah satu Fungsi Sentrosom?

Dalam pembentukan sebuah jaringan mikrotubulus yang ikut terlibat dalam pembuatan sitoskeleton

Di dalam Sentrosom terkandung sepasang organel yang disebut?

Yakni sentriol

Demikianlah materi pembahasan kali ini mengenai fungsi sentrosom, semogat tulisan kali ini dapat memberikan banyak manfaat bagi sobat dimanapun berada.

Artikel Lainnya :