Fungsi Trakea

Posted on

Fungsi Trakea – Setelah sebelumnya contohsoal.co.id telah menerangkan materi tentang Fungsi Laring Maka dipertemuan kali ini contohsoal.co.id akan memaparkan materi tentang fungsi trakea secara lengkap, mulai dari Pengertian, Ciri, Struktur, dan Gambarnya. Nah penasaran buka.! Untuk itu, yuk simak ulasan dibawah ini.

Pengertian Trakea

Apa yang dimaksud dengan Trakea yakni merupakan suatu jaringan yang terdapat sistem pernapasan dengan mempunyai wujud seperti pipa tabung dengan panjang 10 – 16 cm  lalu berdiameter berkisar 20 – 25 mm.

Adapun keberadaan Trakea sendiri yakni terdapat setelah laring dan sebelum bronkus yang tepat berdekatan pada esofagus.

Adapun Trakea termasuk sebuah organ dengan kegunaan dalam menyampaikan masuknya suatu udara ke bronkus dan alveolus lalu sekaligus kotoran halus seperti debu dan kotoran yang terkandung di dalam udara tersebut.

Dalam istilah bahasa indonesia pada Trakea kerap dijuluki dengan sebutan Batang Tenggorokkan.

Seperti yang telah kita ketahui bahwa trakea didalam organ makhluk hidup sangat beragam bentuknya.

Fungsi Trakea (Batang Tenggorokan)

  • Sebagai Sistem Pernapasan

Seperti yang telah dijelaskan diatas definisi Trakea sendiri ialah merupakan suatu alat pernapasan berbentu tabung dan terletak sesudah susunan laring.

Selanjutnya pada saat udara melewati trakea maka ia akan berlangsung mengarah ke bronkus, dan ke alveolus lalu baru setelahnya keparu.

Adapun debu halus yang terdapat didalam udara yang dibawanya, akan terjadi sebuah penyaringan pada ketika masuk kedalam trakea.

Namun dalam Trakea juga dapat melindungi kelembaban udara serta mempunyai peranan dalam menjaga temperatur suhu udara sebab ia mempunyai sebuah mukus atau kerap dikenal dengan sebutan lendir pada mukosanya.

  • Berperan Dalam Proses Pencernaan

Selanjutnya pada dinding trakea yang saling terkait satu sama lainnya dengan dinding organ pencernaan yakni esofagus

Maka dalam hal ini adanya terkea juga mempunyai perasnan yang sangat penting dalam sistem berlangsungnya sebuah proses pencernaan manusia Secara.

Dalam hal ini jika pada trakea ada sebuah sumbatan maka akan menjadi masalah pada esofagus dan yang masih ada kaitan dengannya.

Baca Juga :  Fungsi Ovarium

Dengan kata lain misalnya jika ada yang menyumbat pada alat pernapasan maka tentunya kita akan merasa tersedak dan kemudian kita akan mengalami refleks batuk sehingga saluran trakea dan juga esofagus kembali bersih dari benda asing yang menyumbat tadi.

  • Mencegah Benda Berbahaya Masuk ke Dalam Paru-paru

Apabila alat pernapasan dimasuki oleh benda yang tidak semestinya masuk pada manusia hingga ke trakea, maka benda itu akan terjebak dan melekat pada lendir trakea yang lengket dan kemudian benda atau kotoran tersebut akan segera dikeluarkan dari tubuh dengan membentuk seperti cairan dahak (karena bercampur dengan mukus trakea).

Struktur Trakea (Batang Tenggorokan)

Seperti yang telah dibahas seblumnya bahwa mengenai bentuk dari Trakea yang mana ia menyerupai seperti tabung dan merupakan hasil pembentukan dari 16 sampai 20 cincin tulang rawan yang kemudian membentuk seperti sebuah huruf C.

Akan tetapi lingkaran pada cincin tersebut tidak membentuk secara sempurna, sebab pada bagian ujungnya tak saling menempel karena ia melekat pada esofagus pada dinding trakea.

Dalam kasus ini bertujuan agar trakea dapat selalu terbuka dan melakukan sebuah perubahan diameternya saat diperlukan sehingga udara yang masuk dan yang keluar tetap lancar. Dimana pada lingkaran yang membentuk seperti cincin itu akan dikaitkan bersama dengan jaringan fribrosa.

Kemudian pada dasarnya sifat Trakea sangat kuat, akan tetapi mempunyai tekstur yang sangat lentur atau fleksibel.

Dalam penyusunan Trakea dilakukan oleh jaringan epitel bersilia dan memiliki sel goblet, dimana nantinya pada sel ini akan dapat diperoleh suatu zat cairan yang kental/lendir (mukus) yang berfungsi untuk melindungi dinding trakea.

Kemudian pada ketika sudah hampir mendekati paru-paru, maka dari struktur trakea akan membentuk dua cabang yakni kiri dan kanan dan akan saling berkesinambungan secara langsung dengan nalveolus bronkus dan paru-paru.

Selanjutnya dalam pembagian dinding trakea yang terbagi atas tiga lapisan yakni lapisan dalam (jaringan mukosa), lapisan tengah (jaringan otot dan tulang rawan) kemudian yang terakhir lapisan luar (jaringan ikat).

  • Lapisan Dalam (Jaringan Mukosa)

Pada lapisan dalam merupakan sebuah hasil dari penyusunan sel epitel silindris bersilia dengan sel goblet.

Baca Juga :  Hewan Omnivora

Dimana fungsi dari lapisan ini yakni untuk dapat menghasilkan lendir atau cairan kental (Mukus) yang akan melindungi dinding trakea dan melindungi saluran pernapasan dari bakteri, kotoran dan debu.

  • Lapisan Tengah (Jaringan Otot dan Tulang Rawan)

Selanjutnya pada Lapisan tengah atau disebut juga tulang rawan yakni merupakan sebuah lapisan guna meletakan tulang rawan dan mempunyai bentuk seperti huruf C.

Adapun bagian pada tulang rawan ini yakni terletak di posterior atau belakangnya yang merupakan tempat bertemunya trakea dengan esofagus.

Disekeliling tulang dengan bentuk seperti cincin tersebut terdapat sebuah jaringan dengan berupa otot polos, dan berfungsi dalam melancarkan pernapasan, mengontrol refleks batuk dan tesedak.

Dan dibagian lapisan itupun, ada sebuah struktur yang saling mengubungkan antara cincin tulang rawan trakea dan melindungi kedua ujung cincin agar tetap dalam keadaan optimalnya.

  • Lapisan Terluar Adventitia (Jaringan Ikat)

Kemudian selanjutnya pada Lapisan terluar ini yng merupakan sebuah hasil penyusunan jaringan ikat.

Dan dilapisan inipun bisa dijumpai sebuah jaringan saraf, pembuluh darah dan juga jaringan lemak.

Namun ada juga sebagian kalayak mengatakan bahwa dinding trakea terdiri dari empat lapisan, maka apabila demikian yang dimaksud lapisan ke 4 yakni lapisan submukosa yang terletak setelah lapisan mukosa. Lapisan submukosa ini tersusun oleh jaringan ikat yang terpisah dari epitel pada lapisan mukosa.

Apa yang dimaksud dengan Trekea?

yakni merupakan suatu jaringan yang terdapat sistem pernapasan dengan mempunyai wujud seperti pipa tabung.

Sebutkan apa fungsi trekea?

Sebagai sistem Pernapasan
Berperan dalam proses pencernaan

Disebut apakah trakea dalam bahasa indonesia ?

Dalam istilah bahasa indonesia pada Trakea kerap dijuluki dengan sebutan Batang Tenggorokkan.

Demikianlah materi pembahasan kali ini mengenai fungsi trekea, semoga artikel kali ini dapat bermanfaat bagi sobat semua.

Artikel Lainnya :