Fungsi Tulang Belakang dan Sumsum Tulang Belakang

Posted on

Fungsi Tulang Belakang dan Sumsum Tulang Belakang – Materi pembahasan kali ini yakni tentang fungsi tulang belakang dan sumsum tulang belakang. Setelah sebelumnya ContohSoal.co.id telah menerangkan materi tentang Bagian Mata Baiklah mari langsung aja kita simak bersama penjelasannya dibawah ini.

Pengertian Tulang Belakang

Fungsi Tulang Belakang dan Sumsum Tulang Belakang

Tulang belakang adalah tulang-tulang yang memiliki berbagai ukuran dengan bentuk yang mirip satu sama lain, tersusun membentang dari bawah tengkorak hingga ke tulang ekor.

Tulang-tulang ini saling tersusun satu dengan yang lainnya membentuk kurva atau lengkungan tertentu, sehingga apabila dilihat dari samping bentuknya menyerupai huruf “S”.

Bentuk tersebut mengoptimalkan pendistribusian tekanan mekanis saat tubuh bergerak dan beristirahat. Tulang belakang menjadi sangat spesial sebab tulang ini tidak hanya disusun oleh satu atau dua tulang saja, melainkan tersusun atas 33 tulang yang ditopang oleh ligamen dan otot.

Pengertian Sumsum Tulang Belakang (Medula Spinalis)

Sumsum tulang belakang (Medula Spinalis) ialah merupakan suatu saraf tipis yang merupakan perpanjangan dari sistem saraf pusat dari otak serta melengkungi serta dilindungi oleh tulang belakang.

Bentuk sumsum tulang belakang memanjang yang terdapat didalam rongga belakang, mulai dari ruas tulang leher hingga sampai pada ruas tulang pinggang ke dua.

Dibungkus sumsum tulang belakang ini juga yakni oleh selaput meninges. Pada sumsum luar akan tampak berwarna putih apabila dilihat secara melintang (substansi alba) dan juga bagian dalam yang berbentuk seperti kupu-kupu itu, berwarna kelabu (substansi grissea).

Akson(neurit) terkandung dalam bagian yang berwarna putih yang diselimuti myelin. Pada bagian ini berfungsi guna menghantarkan impuls menuju ke otak serta kemudian dari otak mengarah ke efektor.

Serabut saraf yang tidak ada myelinnya terdapat pada bagian yang berwarna kelabu . Yang mana pada bagian ini dibedakan dua yakni akar dorsal (akar posterior) dan akar ventral (akar anterior). Neuron sensori yang terkandung didalamnya sedangkan akar ventral mengandung neuron motorik.

Baca Juga :  10 Fungsi Tulang Pergelangan Tangan Pada Tubuh Manusia

Fungsi Tulang Belakang dan Sumsum Tulang Belakang

Fungsi Tulang Belakang

Sama halnya dengan tulang lainnya, fungsi tulang belakang juga sangat penting bagi pertumbuhan dan pergerakan tubuh manusia.

Adapun beberapa fungsi tulang belakang yang paling utama ialah sebagai berikut :

  • Sebagai Penopang Tubuh
  • Membuat Tubuh Lentur dan Fleksibel dalam Bergerak
  • Melindungi Saraf
  • Menghasilkan Sel Darah Merah
  • Pelindung Organ Utama
  • Peredam Getaran

Selain fungsi tulang belakang tersebut, ternyata tulang belakang juga merupakan perantara yang menghubungkan tubuh bagian atas dan bawah melalui sakrum yang menghubungkan tulang belakang ke bagian panggul.

Setelah mengetahui berbagai fungsi tulang belakang di atas, maka penting sekali untuk kita menjaga kesehatan tulang

Fungsi Sumsum Tulang Belakang

Dibawah ini merupakan fungsi sumsum tulang belakang(Medula Spinalis), antara lain sebagai berikut :

  • Menghantarkan impuls dari reseptor (indera) ke otak,
  • Menghantarkan impuls dari otak ke reseptor (indra),
  • Menghubungkan otak dengan seluruh tubuh,
  • Sebagai pusat untuk gerak refleks dan juga memberi kemungkinan jalan terpendek gerak refleks.

Struktur Bagian Sumsum Tulang Belakang

Sumsum tulang belakang ialah merupakan suatu kumpulan saraf berbentuk silinder yang dimulai dari otak bagian bawah kemudian memanjang menyusuri kanal tulang belakang.

Pada sumsum tersebut yang mana diketahui terbagi menjadi beberapa segmen, yang dari tiap segmen mempunyai sepasang akar saraf di kanan dan kiri.

Yang bertindak sebagai motorik ialah Akar saraf depan (ventral) atau saraf eferen, sedangkan pada akar saraf belakang (dorsal) atau juga saraf aferen itu bertindak ialah sebagai sensorik.

Segmen pada sumsum tulang belakang tersebut dikelompokkan menjadi beberapa area, dengan urutan dari atas ke bawah antara lain:

  • Servikal (leher), terdiri dari 8 akar saraf.
  • Torak (dada), terdiri dari 12 akar saraf.
  • Lumbar (perut), terdiri dari 5 akar saraf.
  • Sakrum (pelvis), terdiri dari 5 akar saraf.
  • Koksigeus (tulang ekor), terdiri dari 1 akar saraf.

Dari tiap level area tersebut, maka serabut saraf akan menyebar di bagian tubuh dan juga organ tertentu sesuai dengan levelnya.

Sebagai contohnya, saraf torak berarti mempersarafi pada bagian dada, kulit, otot pernafasan, serta organ di dalamnya. Begitu untuk seterusnya sampai pada mempersarafi kaki.

Baca Juga :  Metafase

Struktur Tulang Belakang

Fungsi yang baik, tentu tercipta oleh sebab struktur yang sempurna, itulah tulang belakang manusia. Tulang belakang terdiri atas dua bagian, yaitu bagian anterior dan posterior.

Bagian anterior terdiri atas corpus vertebrae (badan tulang), sedangkan bagian posterior terdiri atas arcus vertebrae. Nah, bagian arcus vertebrae dibentuk oleh dua “kaki” pediculus dan dua lamina (bagian rata dari lengkungan tulang belakang).

Selain itu, tulang belakang didukung oleh penonjolan (procesus), yakni procesus articularis, procesus transversus, dan procesus spinosus.

Struktur tulang belakang yang menunjang fungsinya Penonjolan-penonjolan tersebut saling terhubung dibagian pangkalnya dan membentuk lubang ‘terowongan’ yang disebut foramen vertebrale.

Foramen-foramen terhubung antara satu dengan lainnya dan membentuk saluran terowongan panjang sebagai tempat sumsum tulang belakang atau medulla spinalis.

Di antara dua tulang belakang yang tersusun dapat ditemui celah yang disebut foramen intervertebralis. Lubang inilah yang dilewati oleh serabut saraf yang keluar dari medula spinalis (sumsum tulang belakang).

Seperti yang telah disinggung sebelumnya bahwa tulang belakang terdiri atas 33 tulang yang saling tersusun dengan berbagai ukuran.

Tulang-tulang tersebut dibagi menjadi 5 jenis dengan rincian sebagai berikut :

  • Tulang Belakang Cervical (7 buah)
  • Tulang Belakang Thorax (12 buah)
  • Tulang Belakang Lumbal (5 buah)
  • Tulang Belakang Sacral (5 buah)
  • Tulang Belakang Coccygeal (3-5 buah)

Beberapa gangguan struktur yang dapat mempengaruhi fungsi tulang belakang diantaranya: Kifosis Skoliosis Lordosis Nah, setelah kita memahami struktur dan jenis-jenis tulang belakang, barulah kita memahami fungsi tulang belakang bagi tubuh kita.

 

 

 

Demikianlah materi pembahasan kali mengenai fungsi tulang belakang dan sumsum tulang belakang, semoga artikel kali ini bermanfaat bagi sobat semua.

Artikel Lainnya :