12 Fungsi Tulang Hasta Pada Tubuh Manusia

Posted on

Fungsi Tulang Hasta – Halo sobat ContohSoal.co.id semua, materi kita kali ini seputar ilmu penegetahuan biologi yakni tentang 12 fungsi tulang hasta pada tubuh manusia. Namun pada pertemuan sebelumnya ContohSoal.co.id juga telah membahas tentang  Fungsi Tulang Paha Baiklah untuk lebih lengkapnya mari kita simak ulasannya berikut ini.

Pengertian Tulang Hasta

Fungsi Tulang Hasta

Tulang hasta atau disebut juga dengan ulna ialah merupakan suatu bagian dalam dari dua tulang lengan bawah ketika dilihat dari telapak tangan menghadap ke depan. (Yang lainnya, tulang lengan bawah adalah radius).

Ujung atas tulang hasta menyajikan sebuah lekukan (noth) berukuran C yang besar bernama semilunar, atau troklear,  yang berartikulasi dengan trochlea humerus (tulang lengan atas) yang membentuk sendi siku.

Tulang hasta hadir di semua jenis vertebrata darat. Akan tetapi pada amfibi dan beberapa reptil, tulang radius dan ulna (tulang hasta) tidak dapat berartikulasi. Sambungan siku berevolusi pertama terjadi pada burung dan mamalia.

Jari-jari cenderung berbentuk ramping pada burung, tetapi ulna lebih sering berkurang pada mamalia, terutama pada mereka yang beradaptasi untuk berlari dan dalam kasus kelelawar diganti bagian untuk terbang.

Tulang hasta ialah merupakan sebuah tulang yang menyimpan banyak mineral dan menghasilkan sel – sel darah pada sum – sum tulang. Tulang hasta ini juga dikenal dengan nama ulna.

Kemudian tulang hasta atau ulna tersebut bersama dengan jari – jari tangan berfungsi dalam memungkinkan terjadinya gerakan berputar pada pergelangan tangan. Ulna atau tulang hasta ini ialah merupakan salah satu dari dua tulang yang membentuk lengan bawah.

Fungsi Tulang Hasta

Dibawah ini ialah merupakan fungsi tulang hasta antara lain:

 

NoFungsi Tulang Hasta
1Sebagai penunjang kerangka tangan manusia
2Membantu pergelangan tangan untuk memutar
3Membentuk tulang lengan bawah
4Menunjang lengan bawah untuk mampu bergerak
5Menyimpan mineral dan mneghasilkan sel – sel darah pada sum sum tulang
6Tulang hasta juga bekerja sama dengan pengumpil untuk menyusun lengan bawah pada tangan manusia
7Mendukung lengan bawah untuk pergerakan
8Sebagai tempat melatakkan otot-otot lengan.
9Sebagai penarikan otot
10Fleksibelitas sendi siku
11Untuk menstabilkan lengan Atas dan Bawah
12Sebagai tempat berkumpulnya jaringan otot atas dan bawah
Baca Juga :  Mitosis

 

Ketika anak berusia empat tahun, pertumbuhan tulang dimulai dari tengah kepala tulang. Pada umur sepuluh tahun, terjadi pertumbuhan di olecranon. Pada umur enambelas tahun, bagian superior tulang sudah benar-benar bersendi dengan humerus, dan pada bagian bawah terjadi pada usia kira-kira duapuluh tahun.

Dibawah ini terdapat gambar dari tulang hasta

Tulang Hasta

Ketika tulang hasta retak maka akan merasakan sakit pada bagian jari-jari juga, karena banyak otot-otot yang akan non aktif jika tulang hasta retak. Dalam hal ini tulang hasta sangat berpengaruh pada pergerakan hari dan lengan.

Otot Yang Terdapat Pada Tulang Hasta

Banyak sekali otot lengan yang menempel di tulang hasta berikut ini adalah otot-ototnya:

 

NoOtot Lengan
1Otot supinator
2Otot triceps brachii
3Otot extensor pollicis longus
4Otot extensor indicis
5Otot anconeus
6Otot pronator teres
7Otot flexor pollicis longus
8Otot flexor digitorum profundus
9Otot extensor carpi ulnaris
10Otot flexor carpi ulnaris
11Otot abductor pollicis longus
12Otot brachialis
13Otot pronator quadratus

Jari-jemari yang setiap saat kita gerakkan merupakan control dari tulang hasta. Selain itu tulang hasta juga sebagai penguat lengan, bayangkan jika tidak ada tulang hasta maka tangan akan mengalami kelumpuhan.

Bukan hanya banyak otot yang melekat pada tulang hasta, namun tulang hasta juga sebagai penyeimbang lengan dan tangan serta jari pada menusia. Tulang hasta juga sebagai pengendali pergerakan jari dan lengan.

Dan bentuk tangan akan cenderung kecil dan lemas. Proses olecranon (kepala proksimal dari ulna) berartikulasi dengan kepala distal humerus untuk memberikan gerakan terkontrol dan stabilisasi sendi siku.

 

Demikianlah meteri pembahasan 12 Fungsi Tulang Hasta Pada Tubuh Manusia kali ini, semoga artikel ini memberi manfaat untuk kita semua.

Artikel Lainnya: