Fungsi Tulang Jari Kaki

Posted on

Fungsi Tulang Jari Kaki – Pada pertemuan sebelumnya dimana contohsoal.co.id telah menerangkan sebuah ringkasan materi tentang Fungsi Tulang Telapak Tangan Maka dipertemuan kali ini akan kembali contohsoal.co.id sampaikan materi pembahasan tentang fungsi tulang jari kaki beserta pengertian, Struktur dan Gambarnya. Nah untuk lebih jelasnya bisa sobat simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Tulang Jari Kaki?

Fungsi Tulang Jari Kaki
Fungsi Tulang Jari Kaki

Apa yang dimaksud dengan Tulang Jari kaki? yakni merupakan bebrapa jenis tulang yang letaknya terdapat pada kaki dan saling terhubung dengan Aspek Plantar atau (Telapak Kaki), yang secara umum berfungsi sebagai penyangga beban tubuh pada saat melakukan segala aktifitas tubuh, baik berdiri lalu berjalan dan lain sebagainya..

Struktur Tulang Jari Kaki

Fungsi Tulang Jari Kaki
Fungsi Tulang Jari Kaki

Di bawah ini merupakan penyusun tualng jari-jari kaki yakni sebagai berikut:

  • Pada bagian Jari yang utama / biasa disebut“hallux” yakni merupakan salah satu bagian dari jari kaki yang berukuran besar dari pada jari yang lainya yang biasa dikenal sebagai jempol kaki atau ibu jari kaki.
  • Pada bagian jari yang kedua yakni merupakan bagian dari jari kaki yang berukuran sangat panjang jika dibandingkan dengan jari lainnya dan biasa dikenal dengan jari telunjuk kaki.
  • Pada bagian Jari yang ketiga ialah merupakan salah satu dari bagian jari kaki yang mempunyai ukuran terpendek dari pada jari telunjuk kaki.
  • Pada bagian Tulang jari yang keempat yakni jari manis merupakan salah satu bagian dari tulang kaki yang berukuran kecil yang letaknya dibagian bawah jari tengah kaki yang dikenal juga dengan jari cincin atau jari manis kaki.
  • Pada bagian Jari yang kelima yakni merupakan bagian jari kaki yang mempunyai ukuran sangat kecil dari pada jari-jari yang lainnya yang biasa dikenal dengan jari kelingking kaki.

Fungsi Tulang Jari Kaki

Berikut ini terdapat beberapa penjelasan mengenai fungsi dari tulang jari kaki:

  • Melindungi serta menyeimbangkan tubuh ketika sedang berlari atau berupaya dalam menghentikannya.
  • Sebagai tulang yang menopang berbagai tumpuan ketika berjinjit atau ketika berolah raga.
  • Membantu menonjolkan bentuk pada kaki.
  • Sebagai sebuah tempat menempelnya berbagai otot-otot yang ada pada jari kaki.
  • Membantu pada bagian tulang lainnya dalam menyokong beberapa anggota pada tubuh Manusia.
  • Membantu dalam segala aktifitas manusia misalnya sedang melakukan lompatan-lompatan.
  • Berfungsi untuk menopang berat atau beban tubuh pada saat sedang melaksankan segala aktivitas daerah bagian atas.
Baca Juga :  Jaringan Gabus

Gangguan pada Tulang Jari Kaki

Berbagai macam hal yang biaanya kerap merusak serta mengganggu sistem dari Tulang Jari Kaki kita misalnya saja seperti sedang melakukan segala aktifitas yakni berolahraga, lalu tersandung, atau bisa juga karena diakibatkan ketyika kita sedang menggunakan sepatu yang longgar atau terlalu sempit sehingga mengakibatkan terjadinya cedera pada jari kaki.

di bawah ini terdapat beberapa faktor penyebab atau gangguan yang biasa menimpah Tulang Jari Kaki, berikut penjelasannya:

1. Jari kaki patah

Biasanya gejala atau gangguan pada Tulang Jari kaki bisa mengalami patah ini juga dapat disebabkan oleh apa yang terjatuh hingga menimpah pada bagian kaki atau juga bisa akibat tersandung.

2. Hammertoe

Apa yang dimkasud dengan Hammer toe ? yakni merupakan sebuah keadaan yang biasanya selalu diawali dengan adanya Deformitas sendi yang letaknya berada sangat dekat pad bagian ibu jari kaki.

Dimana pada Sendi yang mengalmi gejal Hammer toe ini akan berakibat terjadi kekakuan dengan seiring bertambahnya keadaan lainnya .

3. Bunion

Apa yang dimaksud dengan Bunion ? yakni merupakan salah suatu keadaan yang dapat berlangsung pada saat jempol kaki kita melkukan pendorongan terhadap jari-jari yang lainnya, sehingga dengan demikian mengakibatkan sendi yang terdapat pada jempol kaki mengalmi pengecilan dan berkerut dalam hal ini biasa dikenal dengan sebutan Bunionettes.

Cara Mencegah Gangguan Pada Jari Kaki

Di bawah ini terdapat berbagai metode atau cara yang bisa segera dikondisikan dalam upaya memberi perlindungan atau mencegah agar tidak mengalmi hal-hal atau gangguan yang bisa menimpah pada Jari Kaki kita yakni, berikut penjelasannya:

  • Uapayakn dalam pemilihan dalam pembelian sepatu yang sesuai dengan ukuran yang biasa kita pakai atau cocok sehingga membuat kita nyaman pada ketika menggunakannya.
  • Selalu kondisikan terhadap setiap sepatu yang dianggap sudah tidak layak lagi untuk dikenakan atau bisa dengan membuang sepatu yang sudah jelek sebab itu sudah tidak lagi berfungsi dengan baik sebab tidak akan dapat memberi perlindungan terhadap jari kaki kita dari benturan yang bisa mengancam kaki.
  • Kemudian selalu pergunakanlah kaus kaki pada ketika hendak mengenakan atau memakai sepatu agar dapat memberi perlindungan terhadap jari kaki dari lecet.
  • Upayakan untuk selalu melakukan peregangan terlebih dahulu pada saat akan hendak melkukan segala yang berkaitan dengan olahraga hal tersebut dapat dilakukan baik sebelum maupun sesudah berolah raga, dalam hal ini agar dapat mengantisipasi atau bisa mencegah terjadinya gangguan berupa cedera yang bisa dialami oleh anggota tubuh.
  • Kemudia Pada ketika hendak melaksankan atau melakukan suatu olahraga misalnya seprti lari atau meraton, maka terlebih dahulu selalu pastikan agar Anda dapat selalu melihat disekililing atau sekitar anda, supaya bisa mencegah terjadinya cedera pada kaki.
Sebutkan Sebuah persendian yang merupakan penghubung antara jari-jari kaki?

Yakni biasa disebut juga dengan sendi metatarsophalangeal yang letaknya berada pada bagian tulang metatarsal

Apa yang dimaksud dengan Bunion?

yakni merupakan salah suatu keadaan yang dapat berlangsung pada saat jempol kaki kita melkukan pendorongan terhadap jari-jari yang lainnya, sehingga dengan demikian mengakibatkan sendi yang terdapat pada jempol kaki mengalmi pengecilan dan berkerut dalam hal ini biasa dikenal dengan sebutan Bunionettes.

Apa yang dimkasud dengan Hammer toe ?

yakni merupakan sebuah keadaan yang biasanya selalu diawali dengan adanya Deformitas sendi yang letaknya berada sangat dekat pad bagian ibu jari kaki.

Demikianlah materi pembahasan kali ini mengenai fungsi tulang jari kaki, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat semua.

Artikel Lainnya :