10 Fungsi Tulang Kering Pada Tubuh Manusia

Posted on

10 Fungsi Tulang Kering – Halo sobat ContohSoal.co.id semua, Nah setelah sebelumnya Contohsoal.co.id membahas tentang 10 Fungsi Tulang Pergelangan Tangan Pada Tubuh Manusia Namun materi kali ini masih seputar pembahasan mengenai ilmu biologi, yakni tentang, 10 fungsi tulang kering pada tubuh manusia. Baiklah untuk lebih lengkapnya sobat dapat simak penjelasan berikut ini.

Pengertian Tulang Kering

Fungsi Tulang Kering

Apa itu Tulang kering ? Terjemahan dalam bahasa inggris adalah : shinbone, shankbone atau disebut juga tibia, ialah merupakan satu dari dua tulang yang lebih besar dan lebih kuat yang berada di bawah lutut pada vertebrata (tulang yang satunya lagi ialah fibula), yang menghubungkan lutut dengan tulang pergelangan kaki.

Secara umum dikenal sebagai tulang yang paling kuat dalam memikul beban berat, tibia dapat ditemukan di sebelah fibula. Merupakan tulang terbesar kedua dalam tubuh manusia, yang terbesar ialah femur.

Bernama tibia sebab seorang pemain flute Yunani, bernama Aulos yang juga dikenal sebagai Tibia. Tulang ini juga mempunyai kegunaan sebagai penyambung lengan dan tulang ini berisi sumsum merah yang kaya akan darah merah.

Fungsi Tulang Kering

NoFungsi Tulang Kering
1Menstabilkan tubuh ketika berdiri
2Menyangga Otot-otot pada tungkai bawah
3Menopang berat badan
4Menggerakan Pergelangan kaki
5Untuk melindungi jaringan yang ada pada bagian tulang kering
6Sebagai tulang yang berfungsi untuk menyambung lengan.
7Sebagai tulang yang berfungsi untuk penghubung lutut ke pergelangan kaki.
8Sebagai tulang yang berfungsi untuk membentuk bagian dari kerangka pada kaki bagian bawah
9Berfungsi untuk menyambungkan lengan
10Sebagai tulang penyangga bagian tubuh atas

Sendi-Sendi Yang Menempel Pada Tulang Kering

  • Sendi tibiofibular
  • Sendi pada pergelangan kaki
  • sendi pada lutut dan interior lutut

Bagian – Bagian Tulang Kering

Adapun yang dimaksud dengan tulang kering ialah jenis tulang besar dan memiliki struktur kuat yang bisa kita lihat di bagian kaki bagian bawah yang menghubungkan pergelangan kaki dan lutut.

Baca Juga :  Kloroplas

Tulang ini mempunyai bentuk seperti pipa yang didalamnya berisi sumsum merah yang kaya akan darah merah. Disebut dengan tulang kering ialah tulang yang berukuran lebih besar dan memiliki tekstur yang lebih kuat.

Sedangkan tulang  yang kecil disebut dengan tulang betis atau fibula seperti yang sudah kita bahas dalam artikel sebelumnya.

Tulang kering atau tibia berasal dari Kata/Bahasa Latin yang berarti “seruling”. Tulang ini juga merupakan tulang kedua terbesar yang ada di dalam tubuh manusia.

 Kondisi Yang Menurunkan Fungsi Tulang Kering

  • Cedera tulang kering atau shin splints
  • Patah tulang kering
  • Infeksi tulang atau osteomielitis
  • Pelemahan tulang atau osteomalacia
  • Osteoporosis
  • Kanker osteosarcoma

Cara Mencegah Risiko Cedera Tulang Kering

Apabila Anda belum pernah mengalami cedera tulang kering atau pun terserang penyakit tulang yang telah disebutkan di atas, akan sangat baik jika mencegahnya dan menjaga kesehatan tulang dengan mengikuti tips-tips berikut.

Dibawah ini terdapat Panduan yang juga bisa diterapkan untuk mencegah cedera tulang kering kembali terjadi di kemudian hari:

  • Lakukan peregangan atau pemanasan sebelum dan sesudah berolahraga.
  • Berlarilah di permukaan yang rata.
  • Pilihlah sepatu lari yang tepat. Sepatu olahraga yang baik memiliki bantalan dan bentuk
  • Penggunaan sepatu yang tepat dapat menghindari Anda dari berbagai macam cedera.
  • Lakukan olahraga secara fisik yang berat dan ringan, seperti berlari dan berenang.
  • Turunkan berat badan jika Anda mengalami kegemukan atau obesitas.

Selain itu, Anda pun dapat merawat kesehatan tulang secara umum dengan banyak mengonsumsi makanan yang mengandung kalsium dan vitamin D.

Jika akan meningkatkan latihan fisik, disarankan melakukannya secara bertahap untuk menghindari cedera yang akan mengganggu fungsi tulang kering.

Apabila terjadi cedera pada tulang kering, maka jangan tunda untuk berkonsultasi ke dokter guna mendapat pemeriksaan dan penanganan lebih lanjut.

 

Nah itulah materi pembahasan kita kali ini mengenai 10 fungsi tulang kering, semoga artikel ini dapat bermanfaat serta menjadi sumber referensi untuk sobat ContohSoal.co.id semua.

Daftar Pilihan Artikel Lainnya: