Fungsi Tulang Telapak Tangan

Posted on

Fungsi Tulang Telapak Tangan – Pada pertemuan sebelumnya contohsoal.co.id telah menerangkan materi tentang Fungsi Tulang Pergelangan Tangan Maka dipertemuan kali ini akan kembali contohsoal.co.id sampaikan tentang fungsi tulang telapak tangan beserta penjelasan dan gambarnya. Nah untuk lebih jelasnya bisa sobat simak ulasannya sebagai berikut ini.

Pengertian Tulang Telapak Tangan

Fungsi Tulang Telapak Tangan
Fungsi Tulang Telapak Tangan

Apa yang dimaksud dengan Tulang telapak tangan? yakni merupakan salah satu struktur kerangka bagian tengah tangan yang menghubungkan tulang karpal atau (pergelangan tangan) dengan falang atau (jari).

Terdapat lima tulang metakarpal dimana dari semua tulang pada telapak tangan saling terhubung ke falang proksimal atas semua jari yang masin berkaitan.

Bagian Tulang Telapak Tangan

Di bawah ini terdapat 2 bagian utama tulang telapak tangan, berikut penjelasannya:

Bagian Keras

Pada bagian keras ini dimana ada sejumlah bagian tulang yang keras yakni tulang yang menghubngkan carpal yakni merupakan salah satu bagian tulang yang mempunyai bentuk melingkar dan juga pendek serta mempunyai jumlah 8 buah, kemudian salaing terhubung dengan bagian ujung tulang distal dan radius.

Bagian Lunak

Kemudian pada bagian lunak terdapat berbagai macam tulang yang mempunyai peranannya masing-masing, dan tersusun atas beberapa bagian yang saling berurutan , dimana pada bagian telapak tangan juga ada sebuah tulang yang lunak sehingga sangat rentan mengalami kerusakan misalnya seperti patah tulang.

Struktur Tulang telapak tangan

Pada Tulang telapak tangan mempunyai fungsi agar tangan dapat membentuk suatu cekungan.

Dimana pada dua metakarpal sisi, yakni terdapat melekat pada bagian ibu jari dan juga dengan jari kelingking, agar bisa saling berinteraksi.

Kemudian secara anatomi pada tulang ini dapat melakukan gerakan secara independen sehingga pad kelima tulang metacarpal bisa melakukan pergerakan yang berbeda.

Dalam hal ini urutan atas fiksasi tulang sangat bergantung pada metakarpal yang masih berkaitan dan dapat dijelaskan sebagai berikut:

Baca Juga :  Jaringan Epitel - 8 Ciri dan 8 Fungsi Jaringan Epitel dan Pengertiannya

Pada bagian ini saya akan menjabarkan urutan tulang yang menyusun Telapak Tangan manusia, yaitu sebagai berikut :

  • Yang pertama Metakarpal I : Yakni merupakan penghubung ibu jari) bisa dikatakan sebagai tulang yang paling pendek, lalu terluas dan juga sangat kuat jika dibandingkan dengan metrakapal yang lainnya.
  • Yang kedua Metakarpal II : Yakni merupakan tulang yang menghubungkan jari telunjuk) dan mempunyai ukuran yang lebih panjang jika dibandingkan dengan kelima jari yang ada (jari kelingking)
  • Yang ketiga Metakarpal III : Yakni merupakan tulang yang menghubungkan jari tengah) yang letaknya berada dibagian pangkal jari tengah dan bisa dikatagorikan sebagai metacarpal tertajam jika dibandingkan dengan jari yang lainnya, yang dikenal juga sebagai styloid, dalam basis distalnya.
  • Yang keempat Metakarpal IV : Yakni merupakan tulang yang menghubungkan jari manis) ukurannyasangat pendek dan lebih gracile daripada MC 2 atau MC 3 kemudian berbasis persegi dengan 3 atau 4 sisi.
  • Yang kelima Metakarpal V : Yakni merupakan tulang yang menghubungkan jari kelingking) dan termasuk Metakarpal yang sangat tipis dan juga pendek jika dibandingkan dengan metakarpals non-pollical (yakni merupakn bagian utama atau MC 1).

Hampir dari semua tulang yang ada pada telapak tangan mempunyai struktur yang sama:

Fungsi Tulang Telapak Tangan
Fungsi Tulang Telapak Tangan

Pada Ekstremitas distal biasa dikenal sebagai sebuah kepala dan dapat diartikan juga sebagai tulang falang proksimal dari jari.

Kemudian pada bagian sendi kenal juga dengan sebutan sendi metakarpofalangeal. Yang mana pada bagian dari poros tengah ini biasa dikenal juga sebagai tubuh.

Kemudian pada bagaian tubuh atau batangnya mempunyai bentuk seperti prismoid. Dan Kurva poros ialah merupakan salah satu bagian agar dapat mengenalkan keringkungan dari telapak tangan. Dengan berdasarkan kemiripannya dengan prisma, sehingga ia mempunyai tiga permukaan: Yakni medial, lalu dorsal dan lateral.

Karakteristik Tulang Telapak Tangan

Di bawah ini terdapat beberapa karakteristik dari tulang telapak tangan yakni sebagai berikut.

  • Terdapat tulang kecil atau (short bone).
  • Ada berbagai macam artikulasi pada tulang yang menysun telapak tangan.
  • Tidak terdapat otot, namun hanya pada bagian ujung saja terdapat otot yang panjang yang letaknya berada pada lengan bawah.
  • Pada gerakannya terbatas sama halnya dengan persendian lainnya.
  • Mempunyai berbagai jaringan ikat atau biasa dikenal dengan ligamen yang merupakan penghubung antar tulang tersebut.
  • Pada pergerakannya di dukung oelh berbagai otot
  • Biasanya kerap dijumpai berbagai tulang aksesoris yang mempunyai bentuk seperti bongkahan tulang sehingga dalam hal ini sering menyebabkan terjadi kesalahan diagnosa sebab sering dianggap sebagai patahan (fracture) namun ternyat bukan.
Baca Juga :  Hewan Omnivora

Fungsi Tulang Telapak Tangan

Tahukah anda tulang telapak tangan ini memiliki beberapa fungsi, yaitu sebagai berikut ini :

1 Membentuk Sebuah Alat Gerak
2 Memberikan Bentuk Telapak Tangan
3 Penghubung Antara Tulang Jari Dengan Tulang Pergelangan
4 Membentuk Seperti Buku Buku Jari
5 Tempat Melekatnya Otot
Apa itu Tulang telapak tangan?

yakni merupakan salah satu struktur kerangka bagian tengah tangan yang menghubungkan tulang karpal atau (pergelangan tangan) dengan falang atau (jari).

Demikianlah materi pembahasan kali ini mengenai fungsi tulang telapak tangan, semoga artikel ini bisa bermanfaat bagi sobat semua.

Artikel Lainnya :