Tahapan Glikolisis

Posted on

Tahapan Glikolisis – Materi makalah pembahsan kali ini mengenai glikolisis beerta pengertian, proses dan tahapannya, Namun dipertemuan sebelumnya kami sudah membahas mengenai Respirasi. Baiklah langsung aja mari kita simak ulasannya dibawah ini.

Pengertian Glikolisis

Glikolisis
Glikolisis

Glikolisis ialah merupakan suatu proses pemecahan glukosa (gula) pada tingkat sel . Pemecahan glukosa pada saat proses berlangsung secara sistematis menjadi asam piruvat dan energi dalam bentuk NADH dan ATP.
Lalu kemudian dengan energi yang sudah didapatkan maka akan pakai ketika proses respirasi seluler selanjutnya.

gambar
gambar

 

Proses Glikolisis

Pemecahan glukosa menjadi piruvat akan menghasilkan pelepasan energi dalam bentuk ATP atau adenosin trifosfat.ATP dianggap sebagai sumber energi yang paling penting bagi sel-sel untuk tujuan metabolik. Melalui ATP, berbagai proses seluler akan didukung. Salah satu proses ini adalah pembelahan sel atau kelipatannya. Sel membutuhkan energi untuk dapat menjalani pertumbuhan dan perkembangan.

Maka dalam proses ini yang mana sel akan masuk dan diproses hal ini disebut juga dengan mitosis lalu melibatkan beberapa tahap. Yang mana pada Semua tahapan ini juga sangat membutuhkan energi dalam bentuk ATP, yang didapat lalu diciptakan melalui glikolisis. Apabila makin banyak glukosa yang berada dalam tubuh, maka makin banyak juga ATP atau energi yang dapat dihasilkan untuk mendukung metabolisme dan juga proses seluler.

Tahap Fosforilasi Glukosa Oleh ATP

Fosforilasi glukosa atau penambahan gugus fosfat pada glukosa merupakan tahap awal. Reaksi ini dibantu oleh enzim heksokinase yang memisahkan satu kelompok fosfat dari ATP dan menambahkannya ke glukosa, mengubahnya menjadi glukosa 6-fosfat.

Yang mana dalam proses glikolisis ini membutuhkan satu molekul ATP lalu diubah menjadi ADP karena pemisahan satu kelompok fosfat. Reaksi keseluruhan dapat diringkas sebagai berikut:

heksokinase + ATP + C6H12O6→ C6H11O6P1 + ADP

Baca Juga :  Bagian Telinga

Tahap Produksi Fruktosa 6 Fosfat

Tahap kedua adalah pembuatan fruktosa 6-fosfat. Dalam Proses yang mana glikolisis  dibantu oleh enzim fosfoglukosaisomerase. Tahap ini mengubah produk dari tahap sebelumnya, yaitu glukosa 6-fosfat yang diubah menjadi fruktosa 6-fosfat.

Fruktosa 6-fosfat merupakan isomer (Isomer adalah molekul yang berbeda dengan rumus molekul yang sama tetapi susunan atomnya berbeda. Reaksi kimia tahap ini sebagai berikut:

C6H11O6P1 + Enzim Phosphoglucoisomerase → C6H11O6P1

Tahap Produksi Fruktosa 1, 6-difosfat

Pada tahap berikutnya, Fruktosa isomer 6-fosfat diubah menjadi fruktosa 1, 6-difosfat dengan penambahan kelompok fosfat. Lalu kemudian pada konversi ini diproses dan dibantu oleh enzim fosfofruktokinase dengan memanfaatkan satu molekul ATP. Reaksi ini diringkas sebagai berikut:

C6H11O6P1 + enzim fosfofruktokinase + ATP → C6H10O6P2

Tahap Pemecahan Fruktosa 1, 6-difosfat

Pada tahap keempat, enzim aldolase memisahkan Fruktosa 1, 6-difosfat menjadi dua molekul gula yang berbeda, keduanya isomer satu sama lain.  gliseraldehida fosfat dan fosfat dihidroksiaseton merupakan hasil dari prmbrntukan gula. Reaksinya sebagai berikut:

C6H10O6P2 +  Enzim aldolase → C3H5O3P1 + C3H5O3P1

Tahap Interkonversi Dua Glukosa

Fosfat dihidroksiaseton adalah molekul hidup pendek. Yang dibentuk dan diproses dengan cepat, kemudian diubah menjadi fosfat gliseraldehida oleh enzim fosfat triose. Jadi dalam totalitas, tahap keempat dan kelima dari glikolisis menghasilkan dua molekul fosfat gliseraldehida.

C3H5O3P1 +  enzim fosfat triose → C3H5O3P1

Tahap Pembentukan NADH & 1,3-Bifosfogliserat

Tahap keenam melibatkan dua reaksi penting. Pertama adalah pembentukan NADH dari NAD + dengan menggunakan enzim fosfat dehidrogenase triose dan kedua adalah penciptaan 1,3- asam  bifosfogliserat dari dua molekul fosfat gliseraldehida yang dihasilkan pada tahap sebelumnya. Reaksi keduanya adalah sebagai berikut:

Enzim Fosfat dehidrogenase Triose + 2 NAD + + 2 H-→ 2NADH + 2 H + Enzim fosfat dehidrogenasi Triose + fosfat gliseraldehida + 2 (C3H5O3P1) + 2P → 2 molekul asam 1,3- Bifosfogliserat (C3H4O4P2)

Tahap Produksi ATP & 3-fosfogliserat Asam

Pada Tahapan yang mana melibatkan 2 molekul ATP bersama dengan dua molekul asam 3-fosfogliserat dari reaksi fosfogliserokinase pada dua molekul asam 1,3-diphoshoglyceric yang dihasilkan dari tahap sebelumnya. C3H4O4P2 + 2ADP phosphoglycerokinase → C3H5O4P1 + 2ATP

Tahap Relokasi Atom Fosfor

Lalu kemudian dalam tahap ini yang mana reaksi ketika saat penataan ulang yang melibatkan relokasi dari atom fosfor dalam asam 3-fosfogliserat dari karbon ketiga dalam rantai untuk karbon kedua dan menciptakan asam 2 – fosfogliserat. Reaksi seluruh diringkas sebagai berikut:

Baca Juga :  Fungsi Mitokondria

dengan dua molekul C3H5O4P1 kemudian + enzim fosfoogliseromutase → dua molekul C3H5O4P1

Tahap Menghilangkan Molekul Air

Kemudian pada tahapan ini yang mana ketika Enzim enolase masuk agarv dapat menghilangkan sebuah molekul air dari asam 2-fosfogliserat untuk membentuk asam yang lain yaitu asam fosfoenolpirupat (PEP). Reaksi ini mengubah kedua molekul asam 2-fosfogliserat yang terbentuk pada tahap sebelumnya.

2 molekul C3H5O4P1 + enzim enolase  -> 2 molekul (PEP (C3H3O3P1) + H2O 2

Tahap Pembentukan Asam Piruvat dan ATP

Tahap ini menghasilkan dua molekul ATP dan dua molekul asam piruvat dengan bantuan enzim piruvatkinase pada dua molekul asam fosfoenolpiruvat dihasilkan pada tahap sebelumnya. Hal ini dimungkinkan setelah terjadi transfer dari atom fosfor dari asam fosfoenolpiruvat (PEP) untuk ADP.

2 molekul PEP (C3H3O3P1) + + 2ADP + enzim piruvatkinase → 2ATP + 2 molekul asam piruvat

Ringkasan Proses Glikolisis

Singkatnya, seluruh proses glikolisis melibatkan pemecahan satu molekul glukosa dan menghasilkan 2 molekul NADH, 2 molekul ATP, 2 molekul air dan 2 molekul asam piruvat.

C6H12O6 + 2 NAD + + 2 ADP  + 2 P i —> 2 C3H3O3 – Piruvat + 2 NADH + 2H + + 2 ATP + 2 H2O

Setiap tahap dihasilkan energi kecil yang terjadi atas bantuan berbagai enzim dalam sitoplasma yang bekerja dalam koordinasi.

Hasil Glikolisis

Pada proses glikolisis, satu molekul glukosa akan dipecah untuk menghasilkan dua molekul asam piruvat, dua molekul ATP dan dua NADH (Reduced nikotinamida adenin dinukleotida) yang membawa elektron.

Maka kesimpulan dari hasil glikolisis ialah 2 molekul ATP dan 2 molekul piruvat. Akan tetapi, perlu diingat bahwa proses awal glikolisis (tahap pertama) berbeda dengan tahapan ini yang mana memerlukan 2 molekul ATP.
Maka karena sebab itudari hasil proses glikolisis hanya dapat menghasilkan 2 molekul asam piruvat karena sebelumnya butuh (modal) 2 ATP.
Lebih lengkapnya sialakan lihat gambar dibawah!

gambar
gambar

 

Demikianlah materi glikolisis beerta pengertian, proses dan tahapannya kali ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat serta dapat menamah ilmu pengetahuan kita semua,

Artikel ContohSoal.co.id Lainnya: