HCO3 (Bikarbonat)

Posted on

HCO3 (Bikarbonat) – Halo sobat semua, setelah sebelumnya contohsoal.co.id telah membahan materi tentang Nitrit Maka pada kesempatan kali ini akan contohsoal.co.id sampaikan juga materi tentang HCO3 (Bikarbonat) secara lengkap, mulai dari pengertian, rumus, massa molar dan kegunaanya. Nah penasaran bukan.! Baiklah untuk lebih jelasnya sobat bisa simak ulasan dibawah ini.

Pengertian

Bikarbonat
Bikarbonat

Apa yang dimaksud dengan Bikarbonat? ialah merupakan suatu senyawa kimia dengan rumus NaHCO3. Dalam penyebutannya kerapa disingkat menjadi bicnat.

Senyawa ini termasuk kelompok garam dan telah digunakan sejaklama. Senyawadikenal juga dengan sebutan baking soda.

Senyawa ini juga merupakaqn suatu kristal yang sering terdapat dalam bentuk serbuk. Natrium bikarbonat larut dalam air.

Dan biasanya dipakai pada pembuatan roti atau kue oleh sebab ia dapat bereaksi dengan bahan lain dan mampu membentuk gas karbon dioksida, yang menyebabkan roti menjadi mengembang.

Diimpor dari inggris, baking soda ppertama kali digunakan diamerika selama masa colonial.

Namun, itu tidak diproduksi diamerika serikat sampai 1839. Pada tahun 1846, Austin churh, seorang dokter conecticut dan john dwight, seorang petani dari massachusetts mendirikan sebuah pabrik di New York untuk memproduksi baking soda.

Anak Dr.churh,john, memiliki sebuah pabrik yang disebut dengan Mills Spice vulcan. Saat ini, Arm dan Hammer adalah salah satu merek baking soda yang paling diakui secara luas.

Didalam suatu kimia anorganik, pada bikarbonat (penataan namanyadirekomendasikan oleh IUPAC: hidrogen karbonat ialah merupakan suatu bentuk antara dari deprotonasi asam karbonat.

Kemudian peranan penting bikarbonat terhadap biokimia didalam sistem pendaparanpH fisiologis.

Istilah “bikarbonat” diberikan pada tahun 1814 oleh kimiawan Inggris William Hyde Wollaston.

Dimana pada kata awalnya”bi” berasal dari sistem tatabahasa kunodan dengan berdasarkan pengamatan bahwa terdapat dua karbonat (CO2−3) dari masing masing ion natrium tersebut misalnya seperti dalam bikarbonat (NaHCO3) serta (Na2CO3) . Nama tersebut masih lestari sebagai nama trivial.

HCO3 Bikarbonat
HCO3 Bikarbonat

Pengertian massa molar

Apa yang dimaksud dengan Massa molar? yakni merupakan suatu massa zat yang sama dengan massa atom atau massa rumus zat tersebut dinyatakan dalam gram.

Baca Juga :  NH4Cl (Amonium Klorida)

Massa molar ini sama dengan massa yang dimiliki oleh 1 mol zat yang besarnya sama dengan massa atom relatif (Ar) atau massa molekul relatif (Mr).

Rumus massa molar

Massa molar = massa mol zat = Mr atau Ar (dalam gram/mol)

Sehingga Massa 1 mol zat dinyatakan dalam satuan gram. Massa zat = (n x Mr) gram, dengan n = mol.

Sifat Fisis

Ion bikarbonat (ion hidrogenkarbonat) adalah suatu anion dengan rumus empiris HCO−3
dan massa molekul 61,01 dalton; ia terdiri dari satu atom karbon sebagai pusat yang dikelilingi oleh 3atom-oksigen dalam tataan trigioonalplanar ; dan juga atom-hidrogen melekat atas atom oksigen.

Kemudian pada isoelektronik dengan asam nitrat HNO3. Dimana Ion tersebut akan mengantarkan muatan formal negatif satu dan juga merupakan suatu basa konjugat dari asam karbonat H2CO3; serta sekaligus, merupakan asam konjugat dari CO2−3, misalnya sperti pada reaksi  kesetimbangan berikut ini

Garam bikarbonat terbentuk ketika ion bermuatan positif saling terikat satu sama lain dengan atom oksigen yang mempunyai muatan negatif atas bikarbonat, hingga ia akan berubah menjadi ionik.

Pada umumnya bikarbonat mempunyai bentuk yang dapat mencair apabila dilarutkan kedalam air dengan suhu dan tekanan standar; secara khusus, natrium bikarbonat memberi kontribusi pada padatan terlarut total [en], sebuah parameter umum untuk menguji kualitas air.

Manfaat

Gambar Baking Soda

Kemudian istilah bikarbonat / natrium karbonat atau disebit juga dengan asam karbonat yang mempunyai rumus kimia NaHCO3, yakni merupakan suatu bahan kimia yang mempunyai bentuk seperti kristal putih yang dapat larut dalam air, dan biasanya kerap dipergunakan di dalam industri makanan/biskuit (sebagai baking powder), pengolahan kulit, farmasi, tekstil, kosmetika, pembuatan pasta gigi, pembuatan permet (candy) dan industri pembuatan batik.

Selanjutnya denganskala industri, pada umumnya natrium bikarbonat bisa diolah dengan melalui suatu reaksi antara , gas karbodioksida dengan:

Na2CO3+H2O+CO2–>2NaHCO3

Selain itu, natrium bikarbonat dapat pula dihasilkan dari reaksi antara natrium klorida (NaCl), ammonia (NH3) dan karbon dioksida (CO2).

Namun, pada umumnya produsen kerap memakai reaksi yang pertama dalam memperoleh natrium bikarbonat.

Baca Juga :  NH4NO3 (Amonium Nitrat)

Maka engan menggunakan sebuah proses ini, agar dapat menghasilkan 1 ton natrium bikarbonat dibutuhkan sekitar 690 kg natrium karbonat, 300 kg karbon dioksida dan air secukupnya.

Rumus

HCO3 (Bikarbonat)
HCO3 (Bikarbonat)
Nama IUPAC (sistematis)
Hydroxidodioxidocarbonate(1−)[1]
Nama Lain :
Hydrogencarbonate[1]
Rumus KImia HCO−3
Massa Molar 61,0168 g mol−1
Log p −0,82
Keasaman (pka) 10,3 (Asam konjugat dari karbonat)
Kebasaan (Pkb) 7,7 (Basa konjugat dari asam karbonat)
Bikarbonat Adalah?

Yakni merupakan suatu senyawa kimia dengan rumus NaHCO3. Dalam penyebutannya kerapa disingkat menjadi bicnat.

Apa itu massa molar?

yakni merupakan suatu massa zat yang sama dengan massa atom atau massa rumus zat tersebut dinyatakan dalam gram.

Hidrogen Karbonat Adalah?

Yakni merupakan bentuk antara dari deprotonasi asam karbonat. Ia merupakan anion poliatomik dengan rumus kimia HCO−3.

Demikianlah materi pembahasan kali ini mengenai hco3 bikarbonat, semoga artikel ini dapa menjadi sumber referensi serta dapat menambah ilmu pengetahuan dan wawasan sobat semua.

Artikel Lainnya :