Hewan Omnivora

Posted on

Hewan Omnivora – Kembali lagi sobat, sebelumnya contohsoal.co.id telah menerangkan materi tentang hewan melata. Maka kali ini, kembali akan contohsoal.co.id paparkan materi tentang Hewan Omnivora secara lengkap di mulai dari Pengertian, Ciri, Jenis, Gambar dan Contoh. Nah untuk lebih jelasnya sobat bisa simak ulasannya di bawah ini.

hewan omnivora
Hewan Omnivora

Pengertian Hewan Omnivora

Hewan yang termasuk memakan tumbuhan, buah-buahan dan memakan apa saja. Omnivora tidak memiliki gigi seperti herbivora dan karnivora.

Hewan ini mempunyai gigi tajam pada bagian depan agar mudah merobek makanan berupa daging dan pada bagian gigi belakang lurus, agar dapat mudah mengunyah makanan yang berupa daging supaya makanan yang masuk sudah halus.

Jenis Hewan Omnivora

Salah satu jenis hewan omnivora yang dimaksud ialah hewan yang memakan apa saja, baik yang berhabitat di air maupun darat. Berikut Ciri-ciri, contohdan penjelasan hewan omnivora dibawah ini:

Ciri-ciri Hewan Omnivora

Hewan omnivora memiliki ciri ciri sebagai berikut:

  • Memiliki gigi yang datar dibagian belakang, yang digunakan untuk.
  • memperhalus makanan saat mengunyah makanan berupa tumbuhan maupun daging.
  • Memiliki gigi depan yang tajam, yang berguna untuk menyobek makanan
  • Pencernaan yang kompleks atau sempurna,
  • Memakan apa saja berupa baik itu daging maupun tumbuhan.

Contoh Hewan Omnivora

Berikut ini gambar hewan omnivora beserta penjelasannya :

Beruang

Beruang
Beruang

Beruang mempunyai indra pendengaran yang sangat baik dan indra penciuman yang sangat tajam, memiliki cakar tajam, berbulu lebat, dan memiliki daun telinga yang bundar. Beruang sendiri ada dua yaitu beruang kutub yang ada hanya di benua antartika dimana bersuhu dingin dan beruang teropis yang hidup di suhu sedang (panas). Beruang termasuk golongan hewan omnivora.

Paus

Ikan Paus
Ikan Paus

Paus ialah merupakan golongan omnivora yang hidup di perairan air laut atau samudra dan paus merupakan jenis ikan mamalia terbesar di bumi saat ini. Paus memiliki gigi khusus dan tidak berukuran kecil, dengan memliki fisik yang besar bukan berarti paus lebih suka memangsa binatang yang besar. Justru paus lebih suka memangsa seperti plangton, crustacea dan cumi-cumi dalam jumlah yang kecil.

Baca Juga :  Fungsi Endometrium

Musang

Musang
Musang

Musang merupakan termasuk hewan omnivora yang memakan apa saja, yang aktif mencari makan di waktu malam atau di saat matahari terbenam. Penyebaran musang saat ini berada di sebagian besar wilayah Indonesia yaitu terdapat di daerah sulawesi, jawa, riau, kepulauan riau, kalimantan, ntt, dan maluku.

Landak

Landak
Landak

Landak ialah jenis hewan yang memakan apa saja, baik berupa serangga, semut, buah dan sayuran. Landak termasuk hewan yang memiliki bulu lebat dan berduri tajam, yang menjadikan sebagai senjata perlindungan saat mendapatkan ancaman dari pemangsa.

Ayam

Ayam
Ayam

Ayam ialah merupakan jenis hewan unggas yang termasuk hewan . Karna ayam sebagian besarnya mencari makan berupa serangga, ulat daging, cacing, kacang-kacangan, gandum dan sebagainya.

Flamingo

Flamingo
Flamingo

Flamingo ialah burung berkaki panjang dan warna merah muda. Flamingo termasuk kelompok yang makanan utamanya ialah ganggang biru atau hijau dan udang. Flamingo termasuk burung omnivora yang penyebarannya berada di bumi timur dan barat, tetapi flamingo sebagian besar dapat di temukan di belahan bumi timur.

Gorila

Gorila
Gorila

Gorila sangat mirip dengan DNA manusia, gorila ialah spesies DNA-nya lebih dekat dengan manusia setelah simpanse. Ada dua spesies dalam gorila, yaitu gorila timur dan gorila barat.

Gorila salah satu primata terbesar di dunia. Makanan gorila berasal dari sayuran, meskipun terkadang juga memakan serangga. Inilah sebabnya mengapa gorila dapat digolongkan sebagai hewan. Gorila itu sendiri berasal dari hutan tropis Afrika.

Orangutan

Orangutan
Orangutan

Orangutan hidup di hutan tropis seperti Indonesia dan Malaysia, terutama di pulau sumatera dan kalimantan. Orangutan contoh hewan kera omnivora dengan lengan panjang dan rambut merah. Selain itu, orangutan juga memakan madu, dan jamur. Mereka juga suka makan durian, meski rasanya durian kuat, tapi mereka tetap menyukainya. Makanan orangutan termasuk kulit pohon, bunga, daun, berbagai jenis serangga dan sekitar 300 jenis buah-buahan. Meskipun orangutan termasuk dalam kelompok omnivora, sebagian besar hanya memakan tanaman.

Burung Jalak

Burung Jalak
Burung Jalak

Burung jalak selalu bernyanyi dan kadang-kadang meniru burung lain. Di alam, jalak biasanya bersarang di lubang pohon. Burung jalak relatif mudah jinak. Di kandang burung, burung ini bergerak sangat aktif dan bernyanyi. Akibatnya, banyak penggemar burung berkicau ini.

Baca Juga :  Metagenesis Tumbuhan Paku

Burung jalak contoh hewan pemakan semua dengan memiliki paruh yang kuat, runcing dan lurus. Burung Jalak memiliki kaki sepanjang tubuhnya. Makanan utama utama burung jalak sendiri biasanya Kroto, pisang, voer dan serangga kecil.

Kura-kura

Kura-kura
Kura-kura

Kura-kura termasuk hewan, yang memakan sayuran,buah-buahan,daging dan serangga kecil lainnya. Kura-kuramemiliki tempurung keras dan hewan berkaki empat. Kura-kura sendiri memiliki sisik di setiap tubuhnya, dan hewan ini termasuk kategori sepesies reptile.

Burung Kasuari

Burung kasuari
Burung kasuari

Burung kasuari termasuk burung yang memiliki kaki panjang dan leher panjang. Burung kasuari merupakan yang berhabitat di wilayah indonesia bagian timur dan australia. Burung kasuari biasanya memakan binatang-binatang kecil seperti serangga dan buah-buahan, disinilah maka burung kasuari di sebut juga hewan yang memakan segalanya.

Lumba-Lumba

Lumba-lumba
Lumba-lumba

Lumba-lumba ialah jenis hewan yang berhabitat di perairan air laut. Lumba-lumba juga salah satu mamalia laut yang cerdas, dan lumba-lumba biasanya memakan hewan laut seperti plangton, cumi-cumi, ikan-ikan kecil dan semacamnnya.

Babi

Babi
Babi

Babi ialah hewan yang memiliki hidung pesek dan sedikit maju, babi juga termasuk hewan yang cerdas sehingga banyak mengatakan lebih mudah memelihara babi dibandingkan kuncing dan ajing.

Coba jelaskan ciri-ciri burung flamingo ?

burung berkaki panjang dan warna merah muda

Di negara mana sajakah orangutan berhabitat ?

Orangutan hidup di hutan tropis seperti Indonesia dan Malaysia

Apa itu yang disebut dengan hewan omnivora ?

Hewan omnivora ialaha hewan yang termasuk memakan tumbuhan, buah-buahan dan memakan apa saja. Omnivora tidak memiliki gigi seperti herbivora dan karnivora.

Baca juga artikel di bawah ini:

bagian bagian bunga

fauna asiatis

daur hidup lalat