Hutan Lindung

Posted on

Hutan Lindung – Kawasan hutan yang ditetapkan sebagai kawasan hutan lindung memainkan peran sebagai pemasok cadangan air bersih, pencegahan banjir, perlindungan erosi, paru-paru kota dan banyak dari mereka.

Kali ini contohsoal.co.id akan meberikan pelajaran mengenai Hutan Lindung. Dimana pelajaran ini akan dikupas secara jelas, dengan berdasarkan Pengertian, Fungsi, Ciri, Manfaat dan Contoh.

Pengertian

Mendengar kata hutan lindung menyiratkan bahwa hutan lindung dapat ditentukan di dataran tinggi sebagai cekungan hidrografi, di sepanjang sungai atau di tepian (UU RI n. 41/1999).

Hutan Lindung

Sumber daya utama hutan lindung ini adalah pohon-pohon yang mewakili penghalang untuk mengurangi pergerakan massa seperti batu, erosi, tanah longsor, aliran puing-puing dan banjir.

Efek perlindungan dari hutan lindung ini hanya dapat dijamin jika tata kelola sistem kehutanan yang digunakan untuk ketahanannya tidak memiliki dampak negatif yang signifikan terhadap lingkungan sekitarnya.

Dokumen ini menyajikan gambaran tentang makna, keuntungan, contoh, dasar hukum, peraturan dan masalah hutan lindung yang terjadi di Indonesia (Dorren 2004).

Hutan lindung adalah hutan atau area luas yang berisi koleksi flora dan fauna yang terbentuk secara alami atau tidak.

Hutan lindung juga merupakan istilah hutan lindung yang dilindungi untuk mencegah kerusakan yang disebabkan oleh manusia, masih berfungsi sesuai dengan fungsi ekologisnya dan dapat digunakan untuk kebaikan bersama.

Fungsi Dari Hutan Lindung

Sebagaimana dijelaskan dalam subtitle di atas, fungsi dan manfaat nyata yang diberikan oleh hutan lindung adalah area spesifik dan dapat memberikan perlindungan pada area sekitarnya sebagai area pengelolaan air, area pencegahan banjir dan erosi, serta untuk mempertahankan area spesifik dalam menjaga kesuburan tanah.

Ciri Khas Dari Hutan Lindung

  • Wilayah hutan adalah sebuah lembah sungai.
  • Kawasan hutan adalah kawasan perlindungan pantai.
  • Ia memiliki struktur tanah yang peka terhadap erosi.
  • Terletak di ketinggian 2000 meter di atas permukaan laut atau lebih.
  • Ini memiliki kemiringan 40% atau lebih.
  • Memiliki faktor kemiringan, jenis medan dan intensitas curah hujan akan mendapatkan skor tertentu.

Penjelasannya:

hutan ini merupakan daerah yang keberadaannya dilindungi oleh pemerintah. karena hutan lindung memainkan peran penting dalam menjaga keseimbangan ekosistem

Manfaat Dari Hutan Lindung

Berikut ini ialah manfaat atau keutungan yang diberikan dari hutan ini, salah satunya ilah:

  • Mencegah Kepunahan Binatang dan Tumbuh- Tumbuhan

Manfaat yang pertama ini, seperti yang kita ketahui sebelumnya bahwa ada berbagai jenis tanaman dan hewan yang harus dilestarikan.

Salah satu alasannya adalah hewan dan tumbuhan ini bermanfaat atau memiliki nilai ekonomi tinggi. Jadi dari ini kita sering menemukan bahwa sangat mudah untuk punah. Dan untuk mencegah kepunahan, kita dapat melindunginya dengan menempatkannya di area tertentu, yang merupakan hutan lindung.

  • Menjadi Tempat Wisata

Keuntungan selanjutnya dari hutan lindung ini ialah menjadi tempat wisata. Dibandingkan dengan fungsi yang disebutkan di atas, fungsi hutan lindung sebagai tujuan wisata adalah fungsi dari darau eksternal.

Ini karena fungsi ini adalah tindakan eksploitasi manusia yang sama di hutan. Tapi ini jelas akan bermanfaat bagi manusia. Sehingga kita bisa menghabiskan waktu liburan di alam dan lebih dekat dengan alam. Selain itu, wisata hutan juga lebih murah dan juga dapat mengajarkan anak-anak bagaimana mencintai lingkungan dan alam.

  • Mencegah Erosi Tanah
Baca Juga :  Fungsi Usus Besar

Keuntungan selanjutnya ialah mencegah erosi tanah. Erosi tanah adalah peristiwa erosi tanah yang dapat terjadi karena berbagai hal seperti aliran air dan angin. Erosi tanah ini akan menyebabkan erosi tanah dan bisa hilang karena erosi yang panjang. Karena hutan ini memiliki sejumlah besar pohon yang berakar, akar ini akan melindungi tanah dari erosi.

Akar tanah dapat menjadi benteng sehingga tanah dilindungi oleh beratnya aliran air atau oleh angin. Inilah sebabnya mengapa kita lebih sering menemukan bahwa tanah lebih rentan terhadap erosi daripada tanah yang ditutupi oleh berbagai pohon.

  • Mangatur Sistem Tata Air

Keuntungan selanjutnya dari hutan lindung adalah pengaturan sistem air. Ini masih terkait dengan fungsi akar pohon di hutan. Akar pohon mampu menyerap banyak air hujan dan kemudian disimpan dan dikunci di tanah dan digunakan kemudian. Ini akan sangat mengatur sistem air, sehingga ketika kelebihan air datang dalam bentuk hujan lebat dan juga membutuhkan waktu lama, air akan diserap oleh akar dan tidak akan ada banjir.

Sebaliknya, jika musim kemarau tiba di mana airnya sangat sulit didapat, maka pada saat itu air yang telah disimpan di tanah dapat digunakan seluruh makhluk hidup. Ini jelas akan menjadi hal yang sangat seimbang dan diperlukan bagi makhluk hidup.

  • Mencegah Terjadinya Banjir

Keuntungan selanjutnya adalah mencegah banjir. Manfaat-manfaat ini terkait erat dengan fungsi hutan untuk menyerap air hujan. Selama ini kita telah mengetahui bersama bahwa penyebab banjir umumnya berasal dari hujan yang turun terus menerus dan juga deras. Dan kemudian air dari hujan lebat memasuki tanah karena diserap oleh akar pohon.

Hal-hal seperti itu akan mencegah mengurangi banjir, karena banyak air akan masuk kedalam tanah agar disimpan dan kemudian digunakan untuk masa depan ketika Anda benar-benar membutuhkan air. Maka dari ini kita menemukan sangat jarang terjadinya banjir di daerah hutan dan di daerah sekitar hutan.

  • Menyimpan Cadangan Air Tanah

Keuntungan selanjutnya ialah konservasi air tanah. Pada kenyataannya, fungsi ini adalah fungsi hutan pada umumnya. Tetapi ini juga merupakan fungsi hutan lindung. Hutan lindung adalah hutan yang memiliki atau terdiri dari banyak pohon. Sejumlah besar pohon ini akan memiliki fungsi untuk lingkungan. Salah satu fungsi pohon adalah menyerap air.

Ada berbagai jenis air yang diserap dan salah satunya adalah air hujan. Air hujan yang jatuh ke kawasan hutan akan terserap dengan baik oleh akar pohon. Kemudian air hujan yang diserap oleh akar pohon akan disimpan dan tersumbat di tanah.

Dan air tanah yang tersimpan di tanah nantinya bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan saat musim kemarau tiba. Karena itu manusia tidak akan mengalami kekurangan air ketika mereka membutuhkan.

  • Untuk Melindungi Binatang atau Hewan yang Langka
Baca Juga :  Sistem Pencernaan Manusia dan Fungsinya

Keuntungan selanjutnya adalah bahwa melindungi flora atau tanaman juga akan melindungi satwa liar atau hewan di hutan. Kita semua tahu bahwa hutan adalah rumah bagi hewan dan tumbuhan. Dan kita juga tahu bahwa tumbuhan atau hewan adalah makhluk hidup yang memiliki banyak jenis. Di antara banyak jenis hewan dan tumbuhan, ada beberapa yang mengalami kelangkaan.

Keuntungan ini juga untuk menjasga macam-macam flora dan fauna yang sudah langka ini. Berbicara tentang kelangkaan, hewan dan tumbuhan, mungkin yang sering kita dengar adalah kelangkaan hewan. Dan hewan juga sering diburu oleh manusia sehingga keberadaan mereka terancam punah.

Oleh karena itu, hutan lindung ini memiliki fungsi untuk melindungi hewan yang sebagian besar diburu oleh manusia dan juga hewan yang menjadi langka untuk dijauhkan dari kelangkaan sejati.

  • Untuk Melindungi Tumbuhan Tertentu

Keuntungan selanjutnya ialah melindungi beberapa tanaman. Biasanya, di setiap hutan kita akan menemukan tanaman khas hutan. Ada juga banyak jenis tanaman di Indonesia yang masuk dalam kategori tanaman yang perlu dilindungi. Manfaat kemudian ialah untuk melindungi jenis-jenis tanaman yang perlu dilindungi agar kerusakan tidak terjadi dan di atas semua kepunahan. Ada berbagai alasan mengapa tanaman perlu dilindungi.

Salah satu alasannya ialah bahwa tanaman ini adalah tanaman yang bermanfaat atau memiliki manfaat sangat begitu penting. Sehingga tumbuhan merupakan bagian dari makhluk hidup terpenting dan juga harus dilindungi. Manfaat tanaman sangat berbeda, tanaman dapat bermanfaat sebagai obat, tetapi bisa juga karena tanaman memiliki nilai ekonomi yang tinggi.

Contoh Dari Hutan Lindung

Berikut inilah ada tiga contoh dari hutan ini yang berada di Indonesia, salah satunya ialah:

  • Wehea

Hutan ini terletak di Kabupaten Kutai Timur, di provinsi Kalimantan Timur. Luas hutan itu sendiri sekitar 38.000 hektar yang masih sering ditemukan di daerah ini, yaitu suku Dayak.

Hal luar biasa tentang hutan lindung Wehea terjadi pada tahun 2009, ketika pemerintah Republik Indonesia memberikan hadiah Kalpataru untuk hutan ini. Hadiah itu diberikan karena pada tahun itu diadakan upaya konservasi luar biasa untuk hutan lindung.

  • Alas Kethu

Hutan ini terletak di Kabupaten Wonogiri, di provinsi Jawa Tengah. Hutan ini didominasi oleh mahoni, jati, kayu putih, dan akasia. Luas hutan itu sendiri sebenarnya relatif relatif kecil karena hanya memiliki luas sekitar 40 hektar. Namun, hutan ini sangat layak untuk daerah di sekitar Kabupaten Wonogiri.

  • Sungai Wain

Luas untuk hutan sekitar 9.772,8 serta juga terletak pad provinsi kalimantan tepatnya di Balikpapan. Meskipun ia merupakan rumah untuk berbagai hewan liar yang dilindungi semacam Bekatan dan Orang Utan serta berbagai tanaman endemik.

Dengan kelebihan jasa lingkungan dalam bentuk pariwisata, ini dipahami sedemikian rupa sehingga masyarakat tahu bahwa sangat penting untuk memelihara hutan untuk menjaga manfaat jasa lingkungan.

Demikianlah sobat yang dapat kami sampaikan materi pelajaran ini. Semoga dengan apa yang telah kami sampaikan dalam artikel ini, dapat memberikan pemahaman serta bermanfaat untuk sobat semua.

Baca Juga: