Identitas Nasional

Posted on

Identitas Nasional – Setelah sebelumnya contohsoal co.id telah menerangkan materi tentang Demokrasi Liberal Maka dipertemuan kali ini akan kembali contohsoal co.id sampaikan materi pembahasan selanjutnya, yakni tentang identitas nasional beserta pengertian, karakteristik, fungsi dan contoh. Untuk penjelasan selengkapnya simak ulasanny sebagai berikut.

Pengertian Identitas Nasional

 Identitas Nasional
Identitas Nasional

Apa yang dimaksud dengan identitas nasional? yakni merupakan suatu karakteristik yang dimiliki oleh setiap warga negara di dunia yang melambangkan dengan kenegaraan yang dijadikan sebuah simbol kekuataan dengan cara berifikir, bertindak, serta cara berprilaku dalam kehidupan keseharian.

Pada umumnya identitas akan selalu dapat diaktualisasi oleh segenap warga negara dan dijadikan sebuah cerminan dalam membentuk kebersamaan dan dengan sikap nasionalisme serta memberikan pengaruh yang mendidik terhadap kelompok maupun individu lain agar dapat melakukan hal yang serupa.

Karakteristik Identitas Nasional

Di bawah ini terdapat beberapa ciri khas yang menggambarkan identitas nasionalis dalam kehidupan bermasyarakat yakni;

Kebudayaan

Pada umumnya dalam kehidupan bermasyarakat dimana nilai kebudayaan sangat melekat dengan perkembangan serta kelangsungan hidup masyarakat .

Maka oleh sebab itulah dalam proses pembentukan identitas nasional dapat dilakukan terhadap setiap individu dari nilai kebudayaan yang telah tertanam sejak lahir.

Suku Bangsa

Kemudian di dalam bersku bangsa yakni merupakan suatu cerminan yang ada didalam identitas nasional, dimana bagi semua masyarakat apabila mempunyai rasa primiodalisme ini akan selalu diterapkan didalam kehidupan.

Maka dengan rasa bangga yang dimilikinya terhadap suku bangsa, sehingga secara tidak langung bisa membantu dalam terciptanya identitas nasional di masyarakat.

Agama

Dimana di dalam hidup bersuku bangsa mempunyai Agama atau idiologi yang dijadikan sebagai sebuah keyakinan dan pedoman hidup. Sehingga akan dapat menciptakan identitas dengan secara universal.

Sehingga dengan demikian segala perilaku dan tindakan seseorang akan tercermin pada sikapnya dalam runitas menjalankan agama, hingga bahkan agar norma agama ini dapat dapat dianggap sebagai sebuah keyakinan yang baik dan juga bisa dipandang sebagai norma krusial yang harus diataati oleh seseorang.

Baca Juga :  Konjungsi Koordinatif

Sejarah

Dalam hal ini dimana sejarah ialah merupakan salah satu karakteristik dalam identitas nasional, sebab dengan adanya sejarah sehingga akan dapat memberikan sudut pandang yang sama akan cita-cita dan harapan yang diimpikan.

Bahasa

Lalu Karakteristik selanjutnya dalam identitas nasional yakni bahasa, yang biasanya kerap difungsikan sebagai alat komunikasi .

Kemudian dengan penggunaan bahasa sehingga dapat dijadikan sebagai sebuah dorongan dalam membentuk kesatuan dan persatuan.

Politik

Kemudian karakter yang selanjutnya yang merupakan sebagai identitas nasional ialah Politik yang biasanya dijalankan dengan melalui sistem pemerintahan, baik itu melalui parlementer maupun dalam sisitem pemerintahan demokrasi presidensial.

Namun pada umumnya pada setiap negara mempunyai suatu karakteristi berbeda-beda dalam mendapatkan serta meraih kekuasaan yang diinginkan.

Fungsi Identitas Nasional

Kemudian selanjutnya selain mempunyai suatu karakteristik, identitas nasional juga mempunyai peranan yang sangat penting dalam membentuk karakter seseorang, penjelasan selengkapnya di bawah ini:

Persatuan

Yang pertama ialah nilai dari kesatuan dan persatuan merupakan hal yang sangat penting bagi semua warga negara.

Dengan dilakukakannya hal ini dapat dijadikan sebagai sebuah simbol terciptanya suatu suasana yang damai, sejahtera, dan penuh kebahagiaan.

Hukum

Kemudian pentingnya menerapkan identitas nasional yakni bertujuan agar dapat memberikan dampak yang efektif terhadap hukum yang diberlakukan yang nantinya dapat difungsikan sebagai pengawas serta memebrikan keamanan dalam bentuk segala kecurangan dan penyimpangan dalam masyarakat.

Sehingga sangat pentingnya upaya penerapan ini agar semua lembaga masyarakat dapat menggunakan identitas nasiional sebagai cara untuk membentuk dasar-dasar hukum dalam suatu negara.

Masyarakat

Adapun peranan identitas tehadap kelangsungan hidup dimasyarakat ialah membentuk sebuah karakteristik yang nantinya dipergunakan sebagai pembeda dalam melakukan suatu tindakan.

Maka identiitas nasional dalam hal ini dapat dipergunakan sebagai pemersatu antar masyarakat yang mempunyai perberbedaan suku dan juga budaya .

Pemerintahan

Kemudian Peranan pemerintahan di dalam identitas nasiional ialah melakukan regulasi dalam peraturan serta dalam sistem pelaksanaan tugas yang diembankan terhadap setiap lembaga legistatif dan juga eksekutif. contohnya seperti tugas presiden yang diberikan pengawasan penuh oleh anggota DPR.

Baca Juga :  Nama-Nama Planet

Keseharian

Selnjutnya pernan identitas nasiional lainnya di dalam keseharian juga dapat berpengaruh secara signifikan di tengah kehidupan bermasyarakat.

Contoh Identitas Nasional

Di bawah ini terdapat beberapa contoh dalam pembentukan identitas nasiional di tengah masyarakat, terutama di Indonesia, yakni;

Pancasila

Dalam hal ini dimana pancasila ialah merupakan sebuah kunci untuk mewujudkan suatu kebersamaan masyarakat dengan melalui idiologi yang digunakan agar dapat membentuk identitas nasiional di Indonesia yang memng sudah ada sejak masa kemerdekaan diTahun 1945.

Namun adanya sejarah pancasila bukan terlahir dengan begitusaja, akan tetapi dengan lantaran serta dengan perjuangan agar dapat terbentuknya kebersamaan dalam masyarakat yang ada.

Bahasa Indonesia

Kemudian Contoh mengenai identitas selanjutnya ialah suatu bahasa yang sangat erat kaitannya dalam berinteraksi serta dipergunakan sebgai sebuah alat komunikasi legal yang telah dikembangkan oleh pemerintah.

Indonesia Raya

Selanjutnya lagu indonesia raya juga merupakan sebuah contoh identiitas dimana lagu ini merupakan suatu kebangaan bagi semua masyarakat yang menjadi bagian daripada NKRI (Negara Kesatuan Republik Indonesia).

Yang mana dalam setiap diadakannya kegiatan formal lagu ini selalu dinyanyikan dan dijadikan sebagai ciri khas.

Identitas Nasional Adalah?

yakni merupakan suatu karakteristik yang dimiliki oleh setiap warga negara di dunia yang melambangkan dengan kenegaraan yang dijadikan sebuah simbol kekuataan dengan cara berifikir, bertindak, serta cara berprilaku dalam kehidupan sehari-hari.

Fungsi identitas nasional dalam masyarakat adalah?

peranan identitas tehadap kelangsungan hidup dimasyarakat ialah membentuk sebuah karakteristik yang nantinya dipergunakan sebagai pembeda dalam melakukan suatu tindakan. Serta dapat dipergunakan sebagai pemersatu antar masyarakat yang mempunyai perberbedaan suku dan juga budaya .

Demikianlah materi pembahasan kali ini mengenai identitas nasional, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat semua.

Baca juga Artikel lainnya :