Interaksi Antar Ruang

Posted on

Interaksi Antar Ruang – Setelah sebelumnya contohsoal.co.id telah menerangkan materi tentang Pengendalian Sosial Maka pada pertemuan kali ini akan kembali contohsoal.co.id sampaikan materi tentang Interaksi Antar Ruang – Pengertian, Dampak, Faktor dan Contoh. Nah untuk lebih jelasnya bisa sobat simak ulasan selengkepnya di bawah ini.

Pengertian Interaksi Antar Ruang

Interaksi Antar Ruang
Interaksi Antar Ruang

Apa yang dimaksud dengan Interaksi antar ruang ? yakni merupakan suatu cara untuk mengatur berbagai ruang dengan berdasarkan potensi dan masalahnya yang masih mempunyai hubungan dengan sejumlah ruang yang ada disekitarnya.

Maka dengan berdasarkan dari sudut pandangnya , pada interaksi antar ruang bisa dibedakan menjadi 2 jenis yakni fisik dan juga non fisik.

Apabila dlihat dengan berdasarkan secara fisik, dimana setiap ruang tentunya memiliki ciri fisik tersendiri yang sesuai dengan perannya pada wilayah tertentu.

Contohnya saja seperti pada tempat pada suatu pusat perdagangan. Kemudian apabila secara non fisik, dimana cara untuk melihat interaksi antar ruang yakni dari adanya sebuah kesenjangan sosial dan ekonomi.

Dimana dengan adanya perkembangan ekonomi dan aktifitas sosial, akan selalu terfokus pada lokasi yang didlaamnya terdapat sebuah pelayanan publik yang dianggap cukup baik.

Sehingga dalam hal inilah yang menjadi faktor yang mempengaruhi pada pertumbuhan dilokasi tertentu.

Bentuk-Bentuk Interaksi Antar Ruang

Di bawah ini terdapat sejumlah bentuk dari suatu interaksi antar ruang, yang diantaranya ialah:

Mobilitas Penduduk

Apa yang dimaksud dengan Mobilitas penduduk? yakni merupakan salah satu jenis interaksi dalam bentuk pergerakan atau perpindahan manusia, Misalnya seperti adanya emigrasi, lalu imigrasi, kemudian transmigrasi, dan juga urbanisasi.

Komunikasi

Apa yang dimaksud dengan Komunikasi? yakni merupakan salah satu bentuk dari interaksi dengan melalui adanya perpindahan suatu ide atau gagasan dan juga informasi,

Misalnya saja seperti mengirim sebuah informasi yang mana hal tesebut dapat dilakukan baik secara langsung ataupun tidak langsung seperti dengan membaca berita, menyaksikan sbebuah tayangan televisi, internet dan lain sebagainya.

Transportasi

Apa yang dimaksud dengan Transportasi ? yakni merupakan suatu interaksi yang menyampaikannya dengan melalui sebuah perpindahan barang atau dalam benntuk energi, misalnya seperti pengakutan barang dan juga pergadangan dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Contoh Teks Prosedur

Syarat-Syarat Interaksi Antar Ruang

Ada beberapa syarat-syarat terjadinya interraksi antar ruang, antara lain adalah :

  • Yang pertama Saling melengkapi (complementarity)
    Salah satu syarat berlangsungnya sebuah interaksi ruang yakni dengan saling melengkapi antara satu sama lainnya. Maka dengan adanya keadaan saling melengkapi dapat terjadi jika ada suatu wilayah yang mempunyai sebuah perbedaan dalam komoditas yang diperolehnya.
  • Yang kedua Kesempatan antara (intervening opportunity)
    Dalam hal ini merupakan sebuah tempat atau wilayah yang menawarkan suatu alternatif lebih baik untuk dijadikan sebagai sebuah wadah asal atau tempat dari tujuannya.
  • Yang ketiga ialah keadaan bisa diserahkan (transferability)
    Dalam hal ini menjadi suatu kemudahan pada saat melakukan sebuah bertransaksi dan merpakan sebuah hal yang sangat penting supaya terbentukl interaksi antar ruang. Contohnya seperti pemindahan sebuah barang atau bahkan terhadap seseorang membutuhkan biaya yang harus lebih rendah dari pada keuntungan yang diperoleh.

Dampak Interaksi Antar Ruang

Adapun dampak yang dapat disebabkan adanya innteraksi antar ruang ialah sebagai berikut ini.

Berkembangnya Pusat-pusat Pertumbuhan

Pada umumnya di berbagai kota besar akan selalu berlangsung pemusatan aktivitas yang mana hal ini dipicu oleh banyaknya pergerakan orang yang terjadi, dan selain itu juga dengan banyaknya pergerakan pada barang, dan jasa yang ada di kota tersebut.

Sehingga dengan berbagai gerakan tersenut sangat berdampak terhadap keadaan perkotaan menjadi pusat pertumbuhan.

Perubahan Penggunaan Lahan

Dengan berlangsungnya sebuah interaksi yang juga dianggap bisa sangat berdampak terhadap perubahan dalam menggunakan sebuah lahan.

Misalnya seperti adanya perubahan terhadap suatu lahan yang mana pada mulanya berupa tanah kosong, lalu kebun, atau persawahan yang kemudian berubah fungsinya menjadi supermarket, lalu pabrik, atau bahkan perumahan.

Dalam hal ini biasa dikenal dengan sebutan sebagai alih fungsi lahan, yakni dengan bergantinya fungsi pada sebuah lahan yang nantinya akan digunakan untuk menampung segala kegiatan manusia.

Perubahan Orientasi Mata Pencaharian

Dalam kasus ini merupakan sebuah Orientasi yang menjadi mata pencaharian yang masih berhubungan dengan pekerjaan.

Dimana biasanya di dlaam kota-kota yang sangat maju dan besar orang-orang pasti mempunyai pekerjaan ataupun berbagai aktifitas yang sangat beragam dari pada pada sebuah pedesaan.

Dimana seperti yang kita ketahui bahwa hampir dari sebagain orang yang hidup di pedesaan yang diantarnya bermatapencaharian sebagai seorang petani, lalu nelayan, dan juga peternak.

Baca Juga :  Gerak Harmonik Sederhana

Berkembangnya Sarana dan Prasarana

Dengan adanya suatu Interaksi yang juga bisa sangat berdampak dalam kemajuan sarana dan prasarana.

Kemudian dimana kemajuan sarana dan prasarana akan membantu dalam meningkatkan pergerakan antarruang.

Contohnya seperti pertumbuhan dalam jumlah transportasi, lalu fasilitas umum, kemudian pusat perdagangan yang mengikuti arus perubahan tersebut.

Perubahan Sosial Budaya

Dalam perubahan sosial budaya yang berlangsung pada saat ini tidak hanya terfokus adanya mobilitas yakni dalam pengertian penduduk saja, namun dengan adanya informasi dari luar negeri yang saat sangat mudah diakses kapan saja.

Contoh Interaksi Antar Ruang

Di bawah ini terdapat beberapa contoh dari interaksi, yang diantaranya ialah sebagai berikut:

  • Dimana pada saat ini dinegara kita yakni Indonesia sangat berperan di dalam jalur perdagangan yang menyatukan antara Australia dengan berbagai negara lainnya yang ada di dalam kawasan ASEAN. Yang mana dalam kasus ini juga merupakan salah satu bentuk dari aktifitas interaksi antar ruang dimana pada saat ini negara Australia dan juga berbagai negara yang meliputi di dalam kawasan ASEAN saling melakukan tukar menukar berbagai barang demi kepentingan bersama dan menempatkan Indonesia menjadi sebagai media penguhubung.
  • Kemudian Interaksi yang selanjutnya yang berlangsung dalam bentuk dari sebuah perubahan iklim, yakni merupakan suatu perubahan iklim yang terjadi di dalam suatu wilayah yang menyebabkan perubahan iklim di wilayah lainnya, Misalnya seperti hujan di Indonesia yang diakibatkan oleh angin muson barat yang berlangsung pada samudera pasifik.
  • Kemudian terhadap semua masyarakat yang berdiam dan menetap di daerah pegunungan yang memiliki hasil bumi yang berbentuk sayuran yang kemudian melakukan suatu pertukaran dari hasil yang diperolehnya kepada masyarakat yang menetap dan bermukim di didaerah laut yang mana hasil bumi yang diperolehnya ialah ikan dan hasil laut lainnya.
Apa yang dimaksud dengan Interaksi antar ruang ?

yakni merupakan suatu cara untuk mengatur berbagai ruang dengan berdasarkan potensi dan masalahnya yang masih mempunyai hubungan dengan sejumlah ruang yang ada disekitarnya.

Demikianlah materi pembahasan kali ini mengenai interaksi antar ruang, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat semua.

Baca Juga Artikel Ini :