Jaringan Tumbuhan

Posted on

Jaringan Tumbuhan – Materi pembahasan kita kali tentang jaringan tumbuahan setelah sebelumnya ContohSoal.co.id menerangkan materi tentang Hormon Auskin. Baiklah untuk lebih jelasnnya mari simak penjelasannya dibawah ini.

Pengertian Jaringan Tumbuhan

Jaringan Tumbuhan

Apa itu jaringan tumbuhan? ialah merupaka sebuah sel-sel yang memiliki tujuan yang sama untuk membentuk suatu energi pada tumbuhan. Jaringan tumbuhan berbeda dengan jaringan hewan, jaringan initerdiri dari sel-sel meristem, suatu analog dari sel-sel punca (stem cells) hewan.

Jaringan ialah merupakan kumpulan beberapa sel yang sama, dalam hal ini sel tersebut akan saling bekerja sama untuk tujuan tertentu. Pada sebuah jaringan terdapat fungsi dan tugas sendiri dari tiap-tiap jaringan bersamaan dengan sel tersebut.

Selanjutnya pada tumbuhan yang mempunyai organisme bertalus yakni, misalnya seperti alga (ganggang) dan fungi (jamur), tidak mempunyai perbedaan jaringan, meskipun mereka dapat membentuk struktur-struktur khas mirip organ, seperti tubuh buah dan sporofor.

Namun berbeda dengan tumbuhan lumut, yang mana pada tumbuhan ini dapat dikatakan telah memiliki jaringan tetapi lumut belum mempunyai jaringan pembuluh yang jelas.

Struktur Jaringan Tumbuhan

Jaringan yang menyusun tumbuhan terdiri dari dua yakni jaringan meristem dan jaringan dewasa. Berikut ini ialah struktur dan ciri jaringan meristem dan jaringan dewasa:

Jaringan Miristem

Jaringan Maristem

 

Jaringan meristem ialah merupakan sebuah jaringan yang aktif membelah. Yang mana jaringan ini terdapat di ujung akar yang biasanya di sebut meristem apikal. Kemudia pada sel penyusunnya berdinding tipis, serta penuh dengan protoplasma, dan vakuola relatif kecil.

Dengan berdasarkan asalnya, jaringan meristem dibedakan menjadi meristem primer, sekunder dan promeristem. Yang mana pada sel jaringan ini terdapat sitoplasma yang berukuran besar dan dinding sel yang tipis.

Pada saat perkembangan jaringan ini maka ia akan menghasilkan ranting  baru, perpanjangan akar, pembentukan bunga.

Meristem Primer

Jaringan meristem primer ialah merupakan kumpulan sel yang berkembang langsung dari sel embrionik. Sel ini berada di ujung tumbuhan, misalnya ujung akar, ujung batang atau ujung daun. Berpengaruhnya jaringan ini dalam sistem pertumbuhan bagi tumbuhan.

Baca Juga :  Fungsi Tulang Belakang dan Sumsum Tulang Belakang

Meristem sekunder

Jaringan sistem skunder ialah merupakan sebuah jaringan dewasa yang telah mengalami diferensiasi. Maka dalam penyebutannya jaringan ini dikenal juga jaringan meristem lateral karena terletak pada samping organ tumbuhan.

Jika meristem primer mengalami pertumbuhan ke atas atau kebawah, sedangkan jaringan skunder ini mengalami pertumbuhan kesamping dan membesar.

Promeristem

Promeristem ialah merupakan sebuah jaringan meristem yang telah ada ketika tumbuhan masih dalam tingkat embrio. Contohnya pada lembaga biji tumbuhan.

Sifat Jaringan Meristem

  • Mempunyai bentuk pada sel yang bulat, lonjong, atau poligonal dan dinding sel yang tipis.
  • Dari tiap- tiap selnya mengandung sitoplasma dan lebih dari satu inti sel.
  • Terkandung akan sel-sel muda dalam fase pembelahan dan pertumbuhan.
  • Vakuola sel sangat kecil atau mungkin tidak ada.
  • Tidak terdapat ruang antarsel pada sel-selmeristem

Jaringan Dewasa

Yang mana Jaringan dapat diartikan yakni merupakan suatu jaringan yang tidak lagi aktif. Dalam hal ini jaringan ini mengalami diferensi. Pada jaringan ini merupakan hasil pembentukan dari proses diferensiasi sel-sel meristem, baik meristem primer maupun meristem sekunder.

Pada jaringan ini terbagi atas beberapa macam, yakni jaringan parenkim, epidermis, penyokong, (terdiri atas jaringan kolenkim dan ,sklerenkim), kemudian jaringan pengangkut (terdiri atas xilem dan floem).

Jaringan Parenkim

jaringan Parenkim

Jaringan parenkim atau jaringan dasar ialah merupakan sebuah jaringan dasar yang dimiliki semua tumbuhan. Adapun letak pada jaringan ini ini yakni, terdapat pada akar, batang, daun dan xylem floem.

Namun apabila terdapat bagian dari organ mengalami yang kerusakan, maka jaringan yang rusak tadi akan diganti dengan jaringan yang baru. Secara umum, sel parenkim berfungsi dalam fotosintesis, sekresi, respirasi serta dalam penyimpanan cadangan makanan dan air

Jaringan Kolenkim

gambar

 

Jaringan kolenkim atau jaringan penguat ialah merupakan suatu jaringan dari bagian sudut dinding sel dan selusonya akan menebal. Kolenkim tidak memiliki protoplas dan dinding sekunder tetapi dinding primernya mengalami penebalan.

Jaringan ini mempunyai dinding sel primer yang tidak berlignin. Sehingga jaringan ini menjadi penopang bagi organ-organ muda.

Baca Juga :  Fungsi Mikrotubulus

Jaringan Sklerenkim

gambar

 

Jaringan sklerenkim berfungsi menopang organ-organ tua. Dengan menurut bentuknya  jaringan ini terbagi menjadi dua macam yakni ,fiber dan sklereid.

Fiber mempunyai bentuk seperti pita panjang yang kuat sehingga dapat kita manfaatkan sebagai tali. Sedangkan sklereid bentuknya tidak beraturan. Untuk melihat jaringan sklereid ini yakni terdapat pada bagian kulit yang melindungi biji.

Jaringan Xilem

gambar

 

Jaringan xilem merupakan jaringan yang mengangkut air dan mineral dari dalam tanah menuju daun untuk diolah menjadi makanan melalui proses fotosintesis.

Terdapat dua jenis jaringan xylem yakni xilem primer dan xilem sekunder. Xilem primer dibentuk oleh jaringan meristem primer pada saat pertumbuhan awal sedangan xilem sekunder dibentuk oleh jaringan meristem sekunder.

Jaringan Floem

gambar

 

Floem ialah merupakan suatu jaringan yang mengangkut hasil fotosintesis yang berupa karbohidrat untuk diedarkan ke seluruh tubuh tumbuhan. Jaringan ini terdiri dua jenis yakni floem primer dan sekunder. Hal ini sama seperti pada jaringan xilem.

 

Demikianlah materi pembahasan kali ini mengenai jaringan tumbuhan, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat semua.

Artikel Lainnya: