Jenis Daun

Posted on

Jenis daun – Kembali lagi sobat, sebelumnya contohsoal.co.id telah menerangkan materi tentang hewan omnivora. Maka kali ini, kembali akan contohsoal.co.id paparkan materi tentang jenis daun secara lengkap di mulai dari Macam, Bentuk, Contoh dan Fungsinya. Nah untuk lebih jelasnya sobat bisa simak ulasannya di bawah ini.

daun
jenis daun

Pengertian Daun

Daun ialah bagian dari cabang daunnya berwarna hijau dan menyerap energi.

Fungsi Daun

Berikut penjelasan fungsi daun secara jelas di bawah ini:

gambar daun
daun hijau

Sebagai Alat Bantu Reproduksi Vegetatif

Daun sebagai alat reproduksi vegetatif dapat ditemukan, misalnya, di tanaman kelapa, yang membentuk pucuk daun. Daunnya berguna untuk memperbanyak tanaman.

Posisi pembentukan

Fungsi daun sebagai tempat pembentukan,ialah perawatan atau produksi air dalam energi cahaya menjadi zat.

Sebagai alat pernapasan

Pada daun, adabukaan-bukaan, yang digunakan usebagai alat bernafas.

Proses mutasi

Sebagai proses mutasi, ini berarti bahwa daun daun adalah titik di mana cairan muncul dalam bentuk tetesan.

Macam-macam Jenis Daun

Daun Berduri

Daun duri terkandung dalam berbagai bentuk, yang umum. Daun duri termasuk spesies tanaman konifer yang berbeda seperti pinus, cemara, laurel, dll. Tanaman berduri biasanya memiliki stomata cekung. Di mana seharusnya itu membantu mencegah kekeringan?

Daun Sejajar

Selanjutnya, bentuk daun yang berbeda adalah paralel. Daun paralel adalah daun dalam bentuk tulang dalam garis paralel. Di setiap ujung tulang, daun paralel menyatu. Umumnya ditemukan di daun pita dan di garis, yang memiliki tulang daun memanjang besar di tengah. Sementara tulang lainnya lebih kecil, mereka semua tampaknya memiliki arah yang sejajar dengan tulang utama. Anda akan menemukan bentuk daun paralel ini di jagung, rumput, daun tebu, daun padi dan daun kelapa.

Baca Juga :  Fungsi Kelenjar Cowper

Daun Melengkung

Daun melengkung yaitu daun yang memiliki bentuk garis melengkung, dengan ujung tulang daun saling menyerupai. Nah, daun dengan tipe tulang daun melengkung ini dapat ditemukan pada daun kembang sepatu, daun ubi, Genjerblättern dan daun sirih.

Daun Menyirip

Bentuk daun ini ialah daun dengan bentuk tulang berbulu seperti pada barisan ikan. Daun berbulu ini diatur dengan baik dari batang ke ujung ekstremitas. Anda akan menemukan daun berbulu di pohon-pohon Kuweni, buah-buahan bintang, durian, jambu biji Dersono, kacang mede, jambu biji, daun mangga dan tulang daun rambutan.

Daun Menjari

Tanaman berdaun memiliki bentuk daun dengan tulang daun besar dan bentuk jari-jari tangan. Salah satu bentuk daun yang mirip dengan tangan manusia. Kalian akan menemukan daun dengan bentuk tulang ini di singkong, pepaya, kapas dan sebagainya.

Contoh Daun

Berikut keterangan contoh daun berduri, menjari, menyirip, sejajar dan melengkung di bawah ini:

Pohon Singkong (Menjari)

daun singkong
daun singkong

Daun pohon singkong termasuk daun yang tersebar, di mana ada beberapa cabang di setiap batang. Oleh karena itu jari-jari adalah cabang-cabang dari cabang atau yang disebut daun, yang terdiri dari Menjari. Jika Anda melihat cabang daun singkong, mereka diperkuat dan disirip.

Bentuk daun singkong (daun menjari) antara lain:

  • Melebar atau memanjang layaknya seperti jari jemari.
  • Memiliki struktur tulang.
  • Tangkai yang kecil dan bercabang.

Pohon Gandung (Melengkung)

daun gandung
daun gandung

Pohon Gadung tergolong umbi-umbian, meskipun mereka kurang begitu di lirik. Tunas menghasilkan umbi-umbian yang dapat dimakan tetapi bisa beracun apabila dalam pengolahannya secara tidak benar, sehingga menimbulkan efek muntah dan rasa pusing.

Bentuk daun gandung (daun melengkung) antara lain:

  • Memiliki warna hijau.
  • Ditumbuhi duri-duri halus.
  • Daunnya berselang -seling dan menjalar.

Pohon Kaktus (Berduri)

kaktus
pohon kaktus

Kaktus ialah sukulen-sukulen yang dapat menyerap dan menyimpan air dalam jumlah besar. Karena mereka hidup di daerah kering seperti gurun, kaktus memiliki daun yang berubah menjadi duri. Dan duri ini berguna untuk mengurangi penguapan air melalui daun.

Bentuk pohon kaktus (daun berduri) anatara lain:

Baca Juga :  Sel Hewan : Pengertian, Organel, Fungsi, dan Struktur (Lengkap)
  • Memliki duri.
  • Berwarna hijau.
  • Memiliki daun seperti bantalan.
  • Menghasilkan bunga seperti oval dan berwana kuning.

Pohon Pandan (Sejajar)

pandan
daun pandan

Tumbuhan ini ialah mampu mengeluarkan aroma wangi pada setiap daunnya, pohon ini sendiri sangat nudah untuk di jumpai. Dikarnakan pohon ini biassanya berada di pekarang rumah atau halaman liar seperti di selokan dan sebagainya.Daun pandan sendiri biasa digunakan untuk aroma wangi pada makanan salah satunya pada pembuatan kue atau nasi.

Bentuk daun pandan (daun sejajar) antara lain:

  • Berwarna hijau.
  • Daun yang rapat atau berurutan.
  • Memiliki akar tunggang dan besar.
  • Panjang mencapai 60cm.

Pohon Jambu (Menyirip)

jambu biji
daun jambu

Ada begitu banyak pohon jambu di setiap benua atau negara, hanya saja di wilayah indonesia ini dapat kita jumpai pohon jambu biji dan jambu air. Daun jambu sendiri di namakan daun menyirip, karna daunnya percis menyerupai sirip ikan.

Bentuk daun jambu (Mmenyirip) antara lain:

  • Memiliki akar tunggang.
  • Memiliki cabang akar yang kecil.
  • Memiliki batangyang besar.
  • Daub berbentuk jorong.

Demikianlah materi kali ini yang dapat di sampaikan, semoga materi yang senantiasa contohsoal.co.id paparkan dapat memberikan pemahaman dan bermanfaat bagi sobat semua.

Jelaskan jenis daun ?

Daun Berduri, Daun Sejajar, Daun Melengkung, Daun Menyirip dan Daun Menjari

Coba rincikan bentuk pohon kaktus ?

Memliki duri.
Berwarna hijau.
Memiliki daun seperti bantalan.
Menghasilkan bunga seperti oval dan berwana kuning.

Sebutkan jenis daun sejajar ?

entuk daun yang berbeda adalah paralel. Daun paralel adalah daun dalam bentuk tulang dalam garis paralel. Di setiap ujung tulang, daun paralel menyatu.

Baca juga artikel di bawah ini: