Jenis Jenis Patung

Posted on

Jenis Jenis Patung – Setelah sebelumnya kami telah menyampaikan materi tentang Aliran Seni Lukis. Maka pada perjumpaan kali ini akan kembali kami sampaikan materi tentang Jenis Jenis Patung – Berdasarkan Bentuk, Fungsi dan Penjelasannya. Nah untuk lebih jelasnya simak ulasannya di bawah ini.

Pengertian Seni Patung

Jenis Jenis Patung
Jenis Jenis Patung

Apa yang dimaksud dengan seni patung ? yakni merupakan suatu karya seni rupa yang mempunyai bentuk tiga dimensi, maknanya hasil dari suatu karya tersebut mempunyai volume atau isi.

Dimana seni patung bisa juga disebut sebagai karya seni plastik (palastic art), Makna dari plastik disini yang berrati dapat dibentuk sesuai dengan apa yang diinginkan pembuatnya.

Selain itu seni patung juga biasa dikenal dengan sebuah karya seni yang bentuknya mengandung nilai keindahan.

Misalnya saja seperti patung merupakan jenis karya seni yang pada bentuk biasanya mempunyai makna yang sangat luas, sebab pada hasil karyanya bukan hanya mempunyai bentuk seperti manusia dan hewan saja, namun dapat juga dalam berbentuk apapun selama karya tersebut masih memnuhi kriterianya yakni tiga dimensi dan juga mempunyai volume serta di dalamnya terkandung unsur keindahan.

Kemudian untuk teknik yang biasa digunakan dalam pembuatan salah satu jenis karya patung ini ialah dengan cara memahat.

Yang mana pada tradisi membuat patung pada mulanya berawal dari negara barat, yakni pada masa Yunani kuno, dimana pada ketika itu patung dianggap sebagai salah satu bentuk dari sebuah karya seni yang sangat bernilai. 

Fungsi Patung

Di bawah ini terdapat beberapa fungsi patung dengan berdasarkan tujuan pembentukannya, yakni seperti berikut:

  • Yang pertama Patung Religi, ialah salah satu karya seni patung yang mempunyai unsur dan arti religius, dimana biasanya kerap dipakai sebagai sebuah sarana dalam suatu peribadatan dalam keyakinan tertentu.
  • Yang kedua Patung monumen, yakni merupakan sebuah patung yang pembuatannya dengan sebuah tujuan yakni guna memperingati kejadian yang sangat bersejarah maun sebagai pengenang jasa dari seseorang / kelompok.
  • Yang ketiga Patung arsitektur, Yakni merupakan sebuah jenis karya senia patung yang pembuatannya untuk dijadikan sebagai penunjang dari sebuah bangunan arsitektur untuk estetika atau keindahan.
  • Yang keempat ialah Patung dekorasi, yakni sebuah jenis karya seni yang tujuan dari pembuatannya agar menjadi penghiasa dari suatu bangunan atau agar dapat memberikan keindahan terhadap lingkungan.
  • Yang kelima Patung kerajinan, yakni merupakan salah satu jenis karya seni patung yang biasanya pembuatannya dari hasil karya kerajinan, kemudian hasilnya akan bisa dinikmati keindahannya.
  • Yang keenam Patung seni, yakni merupakan salah satu jenis karya seni yang dibuat hanya supa bisa dinikmati keindahannya saja
Baca Juga :  Teks Cerita Sejarah

Jenis-Jenis Patung

Di bawah ini terdapat beberapa seni patung yang harus kalian ketahui, yang diantaranya ialah sebagai berikut.

a. Relief

Relief
Relief

Jenis karya seni patung ini merupakan salah satu jenis patung tertua, dimana kita bisa menjumpai jenis patung ini dan melihat secara langsung terdapat disetiap dinding candi, bangunan, atau melekat pada benda peninggalan jaman dahulu.

Dimana seni patung Relief termasuk patung yang di bentuk dengan bidang datar dua dimensi.

b. Patung 3 Dimensi

 Patung 3 Dimensi
Patung 3 Dimensi

Yakni merupakan salah satu karya atau patung yang bisa dilihat dari setiap sudut manapun. Dimana pada jenis patung 3 dimensi ini hingga sampai saat ini masih terkenal.

Selain itu seni Patung ini biasanya bisa kita jumpai terdapat pada setiap kuil-kuil hasil peninggalam Yunani kuno, Romawi, dll.

Selain itu bisa dijumpai juga terdapat pada wilayah abad pertengahan, contohnya seperti patung David yang dibentuk oleh salah seorang seniman patung yang sangat terkenal yakni Michaelangelo.

c. Patung Kinetis

Patung Kinetis
Patung Kinetis

Yakni merupakan salah satu seni patung patung tiga dimensi yang bisa bergerak-gerak, sehingga itulah mengapa dijuluki dengan Patung Kinetis.

seni Patung ini dapat melakukan pergerakan dengan didukung oleh tenaga mesin, tenaga air, maupun tenaga angin.

Seperti misalnya patung yang bisa memancurkan/mengalirkan air yang merupakan sebuah inovasi patung kinetis, dengan demikian pada air yang keluar dapat mengalir dengan sangat deras dan kemudian akan mempunyai unsur keindahan.

Bentuk-Bentuk Patung dan contoh Patung

Di bawah ini terdapat beberapa bentuk patung dan contoh patung yang harus kalian ketahui, yakni sebagai berikut:

a. Free Standing

 Free Standing
Free Standing

Yakni merupakan salah satu seni patung yang menampakan hampir dari seluruh bagain tubuh (secara lengkap) dengan posisi tegak berdiri, sehingga itulah mengapa patung ini disebut dengan patung Free Standing.

b. Zonde

Zonde
Zonde

Yakni merupakan salah satu seni patung yang menampakan hampir dari seluruh bagian tubuh, nah per bedaannya dengan patung Free Standing ialah dimana jenis patung Zonde ini tidak dalam posisi berdiri, namun biasanya seperti duduk, tiarap, dan lain sebagainya.

Baca Juga :  Contoh Brosur Simple, Sekolah, Produk, Wisata, Sederhana, dan Ukuran

c. Torso

 Torso
Torso

Yakni merupakan salah satu seni patung yang biasanya hanya menampilkan setengah dari bagian tubuhnya atau secara umumnya dari bagian dada, lalu pinggang, hingga bagain pinggul, maka jenis patung paying Torso ini tidak mempunyai bagian kepala.

d. Boss / Sedada

Boss / Sedada
Boss / Sedada

Yakni merupakan jeniis patung yang hanya menampakan setengah dari badan saja, seperti muisalnya dari bagian kepala sampai dengan bagian dada saja.

e. Kepala

Kepala
Kepala

Yakni merupakan jeniis patung yang pada umumnya hanya menampakan bagian kepala sampai leher saja.

Jenis-Jenis Corak Patung

Apabila kita perhatikan dengan berdasarkan bentuk dari seni patung modern saat ini, jadi ada tiga corak yang harus kalian ketahui, yang diantaranya ialah sebagai berikut:

a. Corak Imitatif

Yakni merupakan hasil tiruan dari makhulk hidup (manusia, hewan, dan tumbuhan). Dimana pada hasil bentuknya patungnya hampir menyerupai dengan bentuk fisik baik itu segi anatomi, proporsi, dan geraknya.

b. Corak Deformatif

Yakni merupakan sebuah corak yang sudah banyak mengalami perombakan /perubahan dari bentuk aslinya, yang secara umum diubah kedalam bentuk baru hal ini sesuai berdasarkan imajinasi dari pembuatnya.

c. Corak Non-Figuratif / Abstrak

Yakni merupakan sebuah corak yang telah banyak menyimpang dari wujud aslinya. Yang mana pada Corak Non Figuratif biasanya bisa sangat dipengaruhi oleh aliran kontruksi.

Media dan Teknik Membuat Patung

a. Bahan seni patung

1. Bahan Lunak

Yakni merupakan sebuah bahan yang biasanya digunakan untuk membuat suatu seni patung yang mempunyai tekstur yang sangat empuk sehingga akan sangat mudah di bentuk. Seperti Misalnya tanah liat, clay, plastisin, sabun, dll.

2. Bahan sedang

Yakni merupakan sebuah bahan yang digunakan untuk membuat patung yang mempunyai tekstur tidak begitu keras secara umum berupa kayu, seperti misalnya kayu mahoni, randu, waru, dll.

3. Bahan keras

Yakni merupakan sebuah bahan yang digunakan dalam pembuatan seni patung yang mempunyai tekstur keras dan sangat berat, seperti misalnya berupa batuan, namun ada juga dari bahan jenis kayu tertentu.

Seperti misalnya penggunaan batu granit, lalu batu marmer, kemudian batu andesit, kayu jati, kayu sonokeling, dan lain sebagainya.

b. Beberapa alat yang digunakan dalam membuat seni patung

  • Butsir
  • Meja putar
  • Pahat
  • Palu
  • Cetakan,
  • Kakatua
  • Sendok adonan

Demikianlah materi pembahasan kali ini menegnai Jenis Jenis Patung – Berdasarkan Bentuk, Fungsi dan Penjelasannya, semoga ulasan ini bermanfaat terima kasih.

Baca Juga :