Contoh Kelompok Sosial

Posted on

Kelompok Sosial -Dalam pelajaran sosiologi, kita mengenal adanya Kelompok Sosial. Pelajara tentanng kelompok sosial ini erat kaitannya dengan sifat manusia, kenapa ? karena manusia disebut sebagai makhluk sosial. Selain berinteraksi sosial, manusia juga membentuk berbagai macam kelompok kelompok sosial demi tercapainya suatu kepentingan dan tujuannya masing-masing. Namun sebelum kita bahas lebih lanjut lagi, dipertemuan sebelumnya sudah dibahas mengenai Contoh Kearifan Lokal. Baklah mari langsung aja simak berikut ini terdapat pembahasan mengenai kelompok sosial beserta pengertian, ciri, macam, syarat dan contohnya.

Pengertian Kelompok Sosial

contoh kelompok
contoh kelompok
Pengertian kelompok sendiri ialah merupakan suatu kumpulan individu yang berinteraksi satu sama lain, yang mempunyai pekerjaan yang berhubungan, serta berinteraksi.
Sedangkan pengertian kelompok sosial ialah merupakan kumpulan dari berbagai individu yang memiliki pola perilaku tertentu dan berinteraksi saling berhubungan antara satu dengan yang lainnya, sehingga diantara mereka timbul perasaan bersama serta mempunyai hubungan yang erat.
gambar
gambar

Fungsi Dari Setiap Kelompok Sosial

  • Sarana bagi para individu untuk melakukan berbagai hal
  • Untuk memenuhi kebutuhan pada individu yang tergabung dalam suatu kelompok tertentu
  • Membantu mengembangkan diri dan perspektif individu
  • Meningkatkan produktivitas dan semangat dari masing-masing individu
  • Mempersiapkan akan wadah atau tempat untuk seluruh individu yang tergabung di dalamnya
  • Menyatukan anggota dengan pemikiran atau tujuan yang sama

Berbagai Bentuk Kelompok Sosial

Kelompok sosial terbagi menjadi berbagai macam bentuk. Yang pertama adalah kelompok sosial primer dan sekunder.

  • Kelompok sosial primer
  • Kelompok sosial sekunder
  • Kelompok sosial formal
  • Kelompok sosial informal

Tujuan Kelompok Sosial

  • Mengoordinasi dan menjembati kesenjangan sosial yang muncul alam kelompok
  • Memberikan informasi penting kepada anggota kelompok
  • Menumbuhkan dan mengembangkan karya anggota
  • Menginformasikan atas semua hasil kerja dari tiap anggota kepada kelompok lain atau masyarakat luas
  • Memberikan kepuasan dalam bentuk materil atau imateril kepada anggota kelompok
  • Menciptakan kejelasan tujuan untuk memenuhi kebutuhan anggota kelompok
  • Mengarahkan anggota kelompok untuk menjadi pribadi yang diharapkan
    Menampung aspirasi anggota kelompok

Syarat Kelompok Sosial

Syarat dari terbentuknya sebuah kelompok sosial, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi dalam pembentukan kelompok sosial, dalam formal antara lain yaitu sebagai berikut :

  • Setiap anggota kelompok harus mempunyai kesadaran bila dirinya ialah bagian dari sebuah kelompok yang bersangkutan.
  • Adanya sebuah kesamaan faktor yang dipunyai setiap anggota kelompok yang bersangkutan sehingga membuat hubungan satu sama lainnya semakin bertambah erat. Beberapa persamaan ini bisa meliputi persamaan nasib, persamaan tujuan, persamaan kepentingan, persamaan fisik, persamaan ideologi, dan persamaan-persamaan lainnya.
  • Adanya sebuah struktur kaidah, serta pola perilaku-perilaku tertentu.
  • Kelompok sosial mempunyai sebuah sistem dan berproses.
  • Adanya sebuah hubungan timbal balik sesama anggota kelompok lainnya.
Baca Juga :  Contoh Teks Hikayat Singkat

Jenis-Jenis Kelompok Sosial

Macam kelompok sosial berdasarkan pada ada tidaknya organisasi hubungan sosial antara kelompok, dan kesadaran, yaitu sebagai berikut :

Kelompok Statis

Kelompok statis merupakan sebuah kelompok yang bukan organisasi, tidak terdapat hubungan sosial dan kesadaran jenis di antara individu dalam kelompkok tersebut.

Kelompok Kemasyarakatan

Kelompok kemasyarakatan merupakan sebuah kelompok yang didalamnya terdapat sebuah persamaan tetapi tidak memiliki organisasi dan hubungan sosial di antara anggotanya.

Kelompok Sosial

Kelompok sosial merupakan sebuah kelompok yang anggotanya memiliki kesadaran jenis serta berhubungan dengan satu sama lain, akan tetapi tidak terikat dalam suatu ikatan organisasi.

Kelompok Asosiasi

Kelompok asosiasi merupakan sebuah kelompok yang anggotanya memiliki kesadaran jenis dan persamaan kepentingan pribadi serta kepentingan bersama.

Faktor Pembentuk Kelompok Sosial

Dalam sosiologi ada istilah yang namanya Homofoli, artinya kecenderungan individu untuk mengasosiasikan dirinya dengan individu lain berdasarkan pada kesamaan atau kemiripan karakter. Karakter yang dimaksud memiliki cakupan luas. menjalin interaksi dan membuat kelompok komunitas sepatu roda. Kelompok tersebut terbentuk atas kesaamaan hobi bersepatu roda.

berikut merupakan faktor yang membelakangi:

  • Keyakinan akan perlunya bersatu.
  • Harapan bersama yang dihayati oleh para anggota kelompok.
  • Ideologi yang mengikat seluruh anggota.
  • Kesadaran bahwa dirinya merupakan bagian dari kelompok.
  • Visi yang menjadi panduan hidup bersama.

Contoh Kelompok Sosial

gambar
gambar

Berikut ini merupakan contohnya:

Contoh Kelompok Blogger Indonesia

Merupakan kelompok yang didalamnya terdapat berbagai individu yang berasal dari background yang berbeda, namun sama sama memiliki satu tujuan yaitu menjadi blogger sejati. Oleh karena itu individu didalamnya saling berkomunikasi dan berinteraksi untuk berbagi informasi dalam pencapaian tujuan bersama tersebut.

Contoh Kelompok Belajar Sekolah

Kelompok belajar sekolah pada umumnya didirikan oleh para pelajar, baik itu siswa maupun mahasiswa. Mereka sama – sama memiliki keinginan untuk dapat mempelajari pelajaran. Kelompok belajar tersebut biasanya muncul disebabkan karena adanya mata pelajaran sejenis, sekolah sama, waktu yang luang sama.

Contoh Kelompok Ibu – Ibu Pkk

Kelompok ini merupakan suatu kelompok kumpulan ibu-ibu Gerakan Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga atau(PKK). Setiap anggota memiliki tujuan yang sama yaitu mensejahterakan keluarga. Ibu – ibu berkumpul berbagi tips, berbagi informasi, bekerja sama, dsb untuk dapat mencapai tujuan tersebut.

Baca Juga :  Administrasi Perkantoran

Contoh Kelompok Sekunder

Adapun contoh lainnyaadalah Partai Politik yang menjadi bagian daripada suatu Lembaga Politik. Jenis kelompok sosial ini adalah kelompok sosial skunder yang tidak wajib untuk diikuti akan tetapi sesuai dengan keinginnannya, jika seseorang ingin mendapatkan jabatan di pemerintahan seperti Gubernur, Bupati, DPR, dan lainnya maka mengikuti Partai Politik adalah hal yang wajib.

Contoh In-Group

Anggota RW, contoh selanjutnya mengenai kelompok sosial dalam masyarakat adalah nggota RW atau RT di kalangan masyarakat. Jenis kelompok sosial ini merupakan kelompok sosial in group yaitu memberikan tanda anggota kepada seluruh anggota masyarakatnya, namun khusus pada masyarakat yang berada di lingkungan RW atau RT tertentu.

Contoh Kelompok Paguyuban

Paguyuban Masyarakat Cirebon, contoh lainnya mengenai kelompok sosial dalam masyarakat adalah paguyubanan cirebon. Yang hampir ada disetiap wilayah di Indonesia. kelompok sosial berupa paguyuban ini terbentuk karena adanya persamaan antara masyarakat satu dengan lainnya, persamaan yang ada diakibatkan karena adanya persamaan tempat wilayah (orang-orang yang berasalh di Cirebon).

Contoh Kelompok Informal

Kelompok yang terdapat pada suatu sekolah, misalnya ketika seseorang berada pada lingkungan sekolah pasti setiap kelas di sekolah terdapat persatuan kelompok, persatuan ini beragam namanya. Contohnya saja adalah asteroid (anak ipa dua). Maka bisa disimpulkan bahwa jenis kelompok sosial ini merupakan sebuah kelompok yang informal.

Contoh Kelompok Primer

Keluarga, disadari ataupun tidak keluarga adanya bagian daripada kelompok sosial dalam masyarakat. Hal ini didasarkan pada kebutuhan setiap orang dalam mendapatkan pendidikan pertamakalinya dalam keluarga. Jadi tidak menjadi hayal jika keluarga merupakan bagian dari kelompok sosial yang primer.

Contoh Kelompok Formal

Koperasi Desa merupakan salah satu dari jenis kelompok sosial yang terdapat dalam masyarakat. Kelompok sosial ini termasuk dalam kelomok sosial formal yang memiliki peraturan dan ketentuan untuk bergabung, menambung, atau pengelolaannya. Peraturan yang ada dalam kelompok sosial ini tentusaja harus di taati oleh seluruh anggota dalam masyarakat yang mengikutinya.

 

Demikianlah materi kelompok sosial beserta pengertian, ciri, macam, syarat dan contohnya kali ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat serta dapat menambah ilmu pengetahuan kita semua.

Artikel ContohSoal.co.id Lainnya: