Kloroplas

Posted on

Kloroplas – Materi pembahasan kali tentang kloroplas lengkap beserta pengertian, fungsi, cara kerja, ciri dan manfaatnya. Namun pada pertemuan sebelumnya ContohSoal.co.id juga telah menerangkan materi tentang Jaringan Tumbuhan Nah untuk penjelasan lebih lengkapnya mari simak ulasan berikut ini.

Pengertian Kloroplas

Kloroplas

Kloroplas atau Chloroplast ialah merupakan sebuah plastid yang mengandung klorofil . Pada kloroplass terdapat keberlangsungan suatu fase terang dan gelap dari fotosintesis tumbuhan.

Pada kloroplass ii hampir terdapat di semua tumbuhan, Namun pada umumnya tidak dalam semua sel. Apabila ada, maka tiap sel dapat memiliki satu sampai banyak plastida.

Pada tumbuhan tingkat tinggi umumnya berbentuk cakram (kira-kira 2 x 5 mm, kadang-kadang lebih besar), tersusun dalam lapisan tunggal dalam sitoplasma tetapi bentuk dan posisinya berubah-ubah sesuai dengan intensitas cahaya. Pada ganggang, bentuknya dapat seperti mangkuk, spiral, bintang menyerupai jaring, seringkali disertai pirenoid.

Cara Kerja Kloroplas

pada kloroplass dapat di istilahkan sebagai sebuah pabrik yang menggunakan tenaga sinar matahari.  Yang mana ia dapat menyerap energi sinar dan menggunakannya dalam mereduksi karbondioksida hingga membentuk karbohidrat seperti pada pati yang membebaskan molekul oksigen (O2).

Sel tumbuhan fotosintetik mengandung kloroplass dan mitokondria, kloropllas berfungsi sebagai pabrik tenaga pada keadaan terang dan mitokondria dalam keadaan gelap, pada saat orrganel ini mengoksidasi karbohidrat yang dihasilkan oleh pada fotosintesa pada siang hari.

Rangkaian reaksi fotosintesis pada umumnya bisa dibagi menjadi dua bagian utama, yakni reaksi terang (sebab memerlukan cahaya) dan gelap (tidak memerlukan cahaya tetapi memerlukan karbon dioksida).

Bagian dalam kloroplass mengandung DNA , RNAs, ribosom, stroma (tempat terjadinya reaksi gelap), dan granum. Dan kemudian pada granum sendiri yakni terdiri atas membran tilakoid (tempat terjadinya reaksi terang) dan ruang tilakoid (ruang di antara membran tilakoid).

Baca Juga :  Arthropoda

Fungsi Dan Manfaat Kloroplas

Sebagai Tempat Fotosintesis

Pertama Fungsinya pada tumbuhan ialah sebagai tempat fotosintesis. Adapun proses fotosintesis dilakukan oleh tumbuhan untuk membuat makanannya sendiri. Reaksi fotosintesis terjadi pada membran internal dalam organel.

Sebagai Organel Penghasil Energi

Kemudian merupakan sebuah tempat terjadinya fotosintesis, maka otomatis organel ini juga berfungsi menghasilkan energi bagi tumbuhan. Yang mana ia dapat mengkonversi sinar matahari, air dan karbondioksida menjadi makanan dan energi bagi tumbuhan.

Ciri Ciri Kloroplas

  • Kloroplass memiliki diameter sekitar 5 sampai 10 μm
  • Kloropllas tersebar pada cairan sitoplasma
  • Secara struktural, kloroplas memiliki membran rangkap

Struktur Kloroplas

Berikut ini ialah struktur kloroplass pada sel tumbuhan beserta fungsinya.

Kloroplas

Membran Luar

Membran luar dalam struktur kloroplass merupakan membran yang sangat permeabel. Fungsi membran terluar ialah mengatur keluar masuknya zat, baik zat padat maupun zat cair.

Ruang Antar Membran

Ruang antar membran merupakan bagian kloroplass yang menjadi pembatas atau penghalang antar membran dalam dan membran luar. Fungsi ruang antar membran ialah untuk memisahkan membran luar dan membran dalam, tebalnya kira-kira 10 cm.

Membran Dalam

Apa itu Membran? ialah  merupakan salah satu bagian struktur dari kloroplass, yang mempunyai fungsi yakni untuk pembatas atau penghalang antara stroma dan sitosol.

Stroma

Apa yang dimaksud dengan Stroma? ialah merupakan sebuah bagian membran dalam yang membungkus cairan kloroplass. Dan mempunyai yakni sebagai tempat terjadinya reaksi gelap fotosintesis yang berupa amilum “pati”.

Tilakoid

Tilakoid merupakan salah satu bagian membran dalam pada kloroplass, fungsi tilakoid ialah sebagai tempat terjadinya reaksi terang serta berperan dalam menangkap cahaya matahari guna proses fotosintesis.

Granum

Granum ialah bagian yang beruapa kumpulan tilakoid yang bertumpuk-tumpuk seperti uang logam. Fungsinya iaalah tempat berlangsungnya reaksi terang fotosintesis.

DNA Plastisa

APa yang dimaksud dengan DNA Plastid?ialah merupakan suatu bagian kloroplass yang termasuk gen pembawa sifat pada plastida. Dan mempunyai fungsi yakni untuk replikas kloroplas dan pembelahan sel kloroplas.

Ribosom

Apa yang dimaksud dengan Ribosom? ialah merupakan salah satu bagian dari membran dalam yang terdapat pada kloroplass. Dan mempunyai fungsi yakni sebagai sintesis protein.

Baca Juga :  Jaringan Gabus

Plastoglobula

Apa yang dimaksud dengan Plastoglobula? ialah merupakan suatu senyawa kimiawi yang terkandung di dalam kloroplas  tumbuhan.Yangmana pada senyawa ini tersusun atas lipid yang berbentuk globul.

Amilum/Pati

Apa yang dimaksud dengan Amilum atau pati? ialah merupakan suatu produk yang dihasikan dari fotosintesis tumbuhan. Yang mana apabila sebuah tumbuhan melakukan sebuah proses fotosintesis dan hasilnya akan disimpan dalam bentuk amilum atau pati.

Fungsi Utama Kloroplas

Nah mungkin sobat ContohSoal.co.id belum mengerti mengenai fungsi utama kloroplas? yakni merupakan sebuah tempat fotosintesis pada tumbuhan.

Yang mana Semua bagian tumbuhan tersebut berwarna hijau ,dan termasuk batang hijau dan buah yang belum matang,  Namun pada daun menjadi tempat yang paling utama dalam berlangsung nya fotosintesis hampir dari sebagian besar tumbuhan.

Diperkirakan hampir terdapat setengah juta kloroplas tiap mili meter persegi pada permukaan daun. Kemudian Warna yang terdapat pada daun berasal dari klorofil atau pigmen.

Energy cahaya yang diserap klorofil ini lah yang menggerakkan sintesis molekul makanan dalam kloroplas. Kloroplas ditemukan terutama dalam sel mesofil, yaitu jaringan yang terdapat didalam bagian dalam daun.

Karbondioksida masuk kedaun, dan oksigen keluar, melalui pori mikroskopik yang disebut stomata (tunggal, stoma;bahasa yunani, berarti mulut).

Air yang diserap oleh akar dialirkan kedaun melalui berkas pembuluh. Daun juga menggunakan berkas pembuluh untuk mengirimkan gula keakar dan bagian-bagian dari tumbuhan yang tidak berfotosintesis.

Demikianklah materi pembahasan kali ii tentang kloroplas, semoga artikel kali dapat menginspirasi dan bermanfaat bagi sobat semua.

Artikel Lainnya :