Konduktor dan Isolator

Posted on

Konduktor dan Isolator – Setelah sebelumnya ContohSoal.co.id membahas tentang Gaya Lorenz. Maka materi pembahasan kali ini tentang konduktor beserta pengertian, bahan, contoh dan perbedaannya. Baiklah untuk lebih lengkapnya simak ulasan dibawah ini.

Pengertian Konduktor

Konduktor dan Isolator

Konduktor ialah bahan atau zat yang bisa menghantarkan panas maupun arus listrik, baik berupa zat cair, padat, ataupun gas. Dalam hal ini disebakan oleh benda atau zat tersebut mempunyai sifat yang konduktif.
Konduktor mempunyai sebuah sistem tahanan jenis yang relatif kecil. Ketahanan ini dipengaruhi oleh material atau bahan yang digunakan, dari ukuran bahan, dan besar resistensi yang berbanding terbalik dengan luas penampangnya.
Seperti besi, tembaga, emas, zink dan jenis logam ialah merupakan contoh jenis bahan konduktor.Yang mana apabila semakin tebal kawat tembaga maka semakin rendah pula resistensi tembaganya.
Besar resistensi tembaga tersebut berbanding terbalik dengan besar luas penampangnya. Seperti halnya kawat tembaga panjang memiliki ketahanan yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan kawat tembaga pendek.

Pengertian Isolator

Apa itu isoaltor ? ialah merupakan suatu bahan atau zat yang sulit bahkan tidak dapat menghantarkan panas dan listrik. Isolator dapat disebut penghambat aliran listrik.

Adapun penggunaan isolator ialah untuk memisahkan konduktor tanpa mengeluarkan arus listrik dan sebagai penopang beban.

Bahan konduktor ini juga sering dibuat menjadi alat penyangga kabel transmisi listrik yaang terletak di tiang listrik. Namun bahan yang tergolong pada isolator, tidak semuanya sempurna.

Dalam hal ini disebakan oleh karena isolator masih dapat membawa muatan pada saat aliran listrik dialirkan. Kemudian seluruh benda isolator dapat bersifat konduktif ketika penggunaan voltase besar.

Dengan begitu air akan dialirkan oleh medan listrik melalui atom. Peristiwa inilah yang disebut dengan Breakdown Isolator.

Yang termasuk isolator ialah misalnya, teflon, kaca, kertas, plastik, karet dan sebagainya.
Kedua benda isolator ini digunakan sebagai penyumbat aliran listrik dengan besar voltase menengah (besar volt sekitar ratusan hingga ribuan volt).

Perbedaan Isolator dan Konduktor

Konduktor dan Isolator

Dalam keseharian manusia hidup sebenarnya terdapat begitu banyak bahan dan contoh yang bisa di ambil, akan tetapi kita belum mengetahuinya , apa itu isolator dan apa itu konduktor.

Baca Juga :  Transformator

Nah pada artikel kali ini saya kan membahas tentang apa itu isolator dan apa itu konduktor Simak dibawah ini untuk mengetahui contoh dan bahan konduktor dan isolator

Contoh Bahan Isolator Panas

Bahan yang kerap dipakai untuk membuat alat yang bersifat konduktor dan isolator panas ialah:

  • Logam

Yang pertama ialah panci, penggorengan atau bagian pada setrika yang terbuat dari bahan logam. Ada berbagai jenis logam. Yang banyak digunakan sjenis logam untuk membuat alat tersebut ialah seperti besi, aluminium, dan tembaga. Sebab Logam merupakan sebuah penghantar panas yang baik (konduktor panas).

  • Kaca

Jika ujung sebuah batang kaca dipanaskan, ujung lainnya akan tetap dingin. Dalam hal itu disebabkan  oleh karena kaca tidak menghantarkan panas dengan baik. Kaca merupakan isolator yang baik.

  • Kayu

Berbagai gagang sudip terbuat dari kayu. Hal tersebut bertujuan, agar panas dari minyak goreng tidak menjalar ke tangan kita.

Namun ada juga sebuah sudip yang sepenuhnya terbuat dari kayu. Sebab kayu merupakan suatu penghantar panas yang buruk. (Isolator panas).

  • Kain

Serbet digunakan untuk memegang pegangan panci yang panas. Sebab serbet dan taplak meja semuanya terbuat dari kain yang dapat menahan panas. Karena sifat Kain merupakan pengantar panas yang buruk.

  • Plastik

Pada semua benda yang terbuat dari bahan plastik  yakni guna untuk menahan panas. Misalnya pada sebuah tatakan pada gelas dan pegangan panci semuanya merupakan contoh sebuah benda yang terbuat dari plastik yang tahan panas. Sebab plastik merupakan pengantar panas yang buruk.

Contoh Bahan Konduktor

Setrik

Bahan konduktor yang digunakan berupa logam, yang terdapat di bagian dasar setrika. Oleh karena itu, panas dari sumber panas, misalnya listrik, dapat dipindahkan ke pakaian yang digosok.

Jika bagian dasar setrika berupa konduktor panas, lain halnya dengan bagian paling atas setrika. Bagian ini berupa pegangan setrika.

Kompor Listrik

Selanjutnya pada kompor merupakan konduktor sebab terdapat pada lilitan kawat yang melingkar di dalamnya. Pada saat bahan ini memperoleh panas dari sumbernya, yakni listrik, maka, lilitan kawat tersebut akan menjadi panas bahkan hingga berpijar.

Baca Juga :  Contoh Soal Energi Kinetik dan Rumus Energi Kinetik

Solder

Kemudian pada solder yang mungkin sebagian orang mengetahui cara bekerja alat ini, yang mana dapat digunakan untuk menyolder atau mematri, yakni membuat sambungan pada sebuah komponen elektronika.

Logam yang digunakan untuk mematri ialah bahan konduktor, sehingga dapat menghantarkan panas dari sumber panas.

Peralatan Memasak

Bahan konduktor diperlukan agar dapat menghantarkan panas dari sumbernya sehingga dapat mematangkan masakan.

Thermos

Bahan ini merupakan jenis konduktor yang cukup baik. Bagian luar termos terbuat dari plastik dan gabus. Tujuannya ialah menjaga suhu dalam termos supaya tetap.

 

Demikianlah materi pembahasan kali ini mengenai konduktor dan isolator, semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya:

5.0
01