Konsep Pemasaran

Posted on

Konsep Pemasaran – Setelah sebelumnya kami telah menyampaikan materi tentang Emiten Adalah Maka pada perjumpaan kali ini akan kembali kami sampaikan materi tentang Nah untk lebih jelasnya simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Konsep Pemasaran

Konsep Pemasaran
Konsep Pemasaran

Apa yang dimaksud dengan pemasaran ? yakni merupakan suatu aktifitas /kegiatan manusia yang bertujuan agar dapat memuaskan keperluan dan keinginan dengan melalui suatu proses yang dikenal dengan sebutan pertukaran.

Selain itu definisi lain yang menerangkan bahwa pemasaran ialah merupakan suatu proses sosial dan manajerial yang terjadi pada individu atau kelompok dengan individu maupun kelompok lainnya supaya mereka bisa mendapatkan apa yang sangat diperlukan dan diinginkannya dengan melalui sebuah sistem penawaran, penciptaan, dan pertukaran dalam bentuk segala sesuatu yang dianggap bernilai.

Sedangkan tujuan dari pemasaran ialah agar dapat memahami kebutuhan dan keinginan konsumen terhadap produk atau jasa yang dinilai sesuai dengan apa yang diperlukan konsumen, sehingga nantinya produk atau jasa yang diinginkan itu dapat laku terjual dengan sendirinya.

Inti Konsep Pemasaran

Di dalam sebuah perusahaan, biasanya aktifitas pemasaran menjadi salah satu aktifitas pokok yang dalam setiap harinya harus dilakukan oleh perusahaan agar dapat menjaga dan mempertahankan kelangsungan hidupnya. Maka oleh sebab itu perusahaan harus memiliki suatu konsep yang bagus.

Di bawah ini ada beberapa yang menjadi konsep dasar dalam pemasaran yang harus kalian ketahui yang diantaranya ialah sebagai berikut :

  • Keperluan, Permintaan, dan keinginan.
  • Produk.
  • Nilai, budaya, dan kepuasan.
  • Pertukaran, transaksi, dan hubungan.
  • Pasar.
  • Pemasaran dan pemasar.

Kebutuhan (Needs)

Apa itu Kebutuhan ? Pengertian kebutuhan ialah merupakan bawaan dasar biologis yang dimiliki oleh semua insan dan tidak dapat direkayasa terhadap pemasar, sebab bersifat internal.

Misalnya saja seperti keperluan mengenai sandang, pakan, tempat tinggal, rasa aman, apresiasi, dan lain sebagainya.

Keinginan (Wants)

Kemudian mengenai pengertian keinginan ? ialah merupakan sebuah hasrat akan pemuas tertentu atas apa yang menjadi kebutuhan yang lebih mendalam.

Biasanya kebiasaan orang Indonesia ialah butuh makan nasi, jagung, dan memiliki keinginan dalam mengenai pakaian yang menadi tren misalnya model batik yang biasanya kerap digunakan/dikenakan untuk menghadiri pesta kondangan dan berbagai acara pesta lainnya, serta mengenai pakaian yang santai yang biasa dipakai untuk jalan-jalan.

Baca Juga :  Fungsi Permintaan

Permintaan (Demands)

Apa yang dimaksud dengan Permintaan? yakni merupakan suatu hasrat/keinginan terhadap suatu produk yang spesifik yang mana dalam hal ini biasanya sudah didukung adanya kemampuan dan kesediaan untuk membeli dan memilikinya.

Misalnya saja seperti, maraknya orang saat ini yang memilki sebuah keinginan membeli mobil baru, namun hanya sedikit orang saja yang mampu membeloi dan memilikinya.

Dimana mereka tidak memiliki kemampuan apabila harus mengukur keinginan dengan kemampuan daya beli yang terbatas.

Produk

Apa yang dimaksud dengan Produk? yakni merupakan segala sesuatu yang bisa ditawarkan agar dapat memberikan kepuasan apa yang menjadi kebutuhan dan keinginannya.

Jenis Produk ini sangat banyak sekali misalnya seperti, konveksi kaos, sepatu, sepeda, jaket dan lain sebagainya. Selain itu dalam ini juga meliputi jasa.

Jasa

Apa yang dimaksud dengan Jasa ? yakni merupakan setiap aktifitas yang ditawarkan dari salah satu pihak terhadap pihak lain yang pada dasarnya tidak memiliki wujud dan tidak juga dapat menyebabkan seseorang mempunyai sesuatu. Misalnya seperti: Tukang cukur, travel, layanan perbankan dll.

Nilai, Budaya, dan Kepuasan

Dalam hal ini yang menjadi konsep dasar yang dapat diberlakukan ialah nilai pelanggan atau customer value. Dimana seseorang akan memilih peringkat produk yang dianggap bisa memenuhi apa yang menjadi kebutuhannya.

Selain itu Nilai juga menjadi estimasi seorang pelanggan tentang kemampuan total suatu produk agar dapat memberikan kepuasan terhadap apa yang dibutuhkannya.

Pertukaran, Transaksi, dan Hubungan

Apa itu pertukaran? yakni merupakan sebuah uapay agar dapat memperoleh sesuatu baik berbentuk suatu produk ataupun jasa yang diinginkan dari seseorang atau sebuah lembaga dengan memberikan suatu penawaran sebagai gantinya. Nah untuk melakukan pertukaran ini dibutuhkan sejumlah syarat yang diantaranya ialah

  • Harus ada dua belah pihak yang ingin melakukan pertukaran.
  • Terhadap Kedua belah pihak harus memiliki sesuatu yang dianggap bernilai kepada pihak lain.
  • Dari Kedua belah pihak bisa melakukan sebuah komunikasi dan kemudian saling menyerahkan berang.
  • Pada Kedua belah pihak harus memiliki kebebasan berpendapat baik untuk menerima atau justru menolak penawaran tersebut.
  • Pada Kedua belah pihak masing-masing harus memiliki keinginan terjadinya proses pertukaran.
Baca Juga :  Elastisitas Permintaan

Apabila kesepakatan sudah terbentuk, maka pada saat itu juga sudah terjadilah proses transaksi nah pada proses transaksi inilah yang menjadi sebuah dasar dari pertukaran yakni pertukaran nilai yang berlangsung antara kedua belah pihak.

Nah dari keterangan diatas merupakan sebuah sifat pemasaran transaksi (transaction marketing) dan juga merupakan salah satu bagian atas relationship marketing.

Pasar

Kemudian mengenai Pasar yang mana dalam hal ini terdiri dari seluruh pelanggan potensial yang mempnyai kebtuhan dan keinginan tertentu.

Selain itu mereka juga mempunyai kemampuan dan bersedia untuk ikut turut serta di dalam berlangsungnya proses tukar menukar untuk menutupi segala keperluan dan keinginan. Selain itu terdapat 5 tingkat yang menjadi pengertian pasar yakni:

  • Pasar Potensial (Potential Marketing)
  • Pasar yang Tersedia (Available Market)
  • Pasar Tersedia yang Memenuhi Syarat (Qualified Available Market).
  • Pasar yang Dilayani (Served Market atau Target Market).
  • Pasar Penetrasi (Penetration Market).

Perencanaan Strategi Pemasaran

Dalam merencanakan sebuah Strategi Pemasaran (Marketing Strategy) ialah merupakan sebuah tahapan atau proses agar bisa menentukan target pasar dengan menerapkan strategi bauran pemasaran yang terkait di antaranya ialah seperti berikut:

1. Target Market

Apa itu target market yakni merupakan sekelompok pelanggan homogen atau pasar yang semuanya ingin dilayani dan ditanggapi segala apa yang menjadi permintaan oleh suatu perusahaan.

2. Bauran Pemasaran (Marketing Mix)

Apa yang dimaksud dengan ? yakni Merupakan bermacam variabel yang telah diatur oleh perusahaan ntuk tujuan agardapat memuaskan target market tersebut.

Pada Marketing Mix ini ialah merupakan suatu klaborasi ata perpadan dari empat variabel atau kegiatan yang menjadi inti dari sistem pemasaran perusahaan.

Misalnya seperti : produk, struktur harga, aktifitas promosi dan juga sistem saluran distribusi.

Dari berbagai variabel marketing mix di atas nantinya dapat dfngsikan sebagai sebuah landasan dalam mengambil atau merancang sebuah strategi agar usaha bisa mendapatkan kedudukan yang sangat strategis dipasar.

Demikianlah materi pembahasan kali ini mengenai konsep pemasaran, semoga ulasan ini dapat bermanfaat bagi sahabat semua.

Baca Juga :