Lari Jarak Menengah

Posted on

Lari Jarak Menengah – Pada penjelasan materi atau makalah sebelumnya contohsoal.co.id telah menjelaskan mengenai materi Lari Jarak Jauh dan lari jarak pendek secara jelas tentunya. Maka kali ini contohsoal.co.id akan membahas materi, makalah dan artikel mengenai Lari Jarak Menengah secara jelas, dimulai dari Pengertian, Teknik, Sejarah, Nomor dan Peraturan. Berikutlah ulasan materi atau makalahnya.

Lari Jarak Menengah
Lari Jarak Menengah

Pengertian Lari Jarak Menengah

Lari jarak menengah ialah merupakan cabang olahraga lari yang berbeda dengan lari jarak jauh dan lari jarak pendek. Karna cabang olahraga ini memiliki cabang lari nomor 800 meter dan nomor 1500 meter.

Atlet Lari
Atlet Lari

Untuk lari jarak menegah sendiri sangat mengandalkan pernapasan yang baik, koordinasi tubuh yang baik dan kekuatan otot kaki. Olahraga ini sendiri termasuk cabang atletik dan sudah banyak digemari masyarakat luas, sehingga untuk olahraga ini sudah sering diikut sertakan setiap tahunnya baik dalam setiap event atau perlombaan seperti misalnya internsaional (olimpiade), aseia games (sea game), nasioanal dan lokal.

Setelah pembahasan diatas selanjutnya akan membahas mengenai jenis, Teknik, Sejarah, Nomor dan Peraturan yang akan dibahas di bawah ini.

Peraturan Lari Jarak Menengah

Berikut ada beberapa peraturan yang sudah ditetapkan oleh Federasi Lari Internasional sedunia atau IAAF. Peraturan ini harus dipahami betul oleh para atlet supaya tidak dapat melakukan kesalahan saat berada didalam perlombaan atau lintasan. berikut ini beberapa peraturannya dibawah ini.

  • Dilarang menggunakan obat-obatan atau doping. Apabila para atlet ada yang terbukti memakai doping maka langsung didiskualifikasi.
  • Selama dalam lintasan pelari dilarang untuk keluar jalur. Apabila atlet keluar jalur dari lintasannya maka langsung dikeluarkan atau didiskualifikasi.
  • Atlet tidak boleh memasuki lintasan atlet lari lainnya. Apabila atlet memasuki lintasan atlet lari lainnya maka langsung dikeluarkan atau didiskualifikasi.
  • Atlet tidak boleh melakukan kesalahan sebanyak tiga kali saat memulai start. Apabila atlet melakukan kesalahan yang sudah ditetapkan dalam peraturan maka atlet akan langsung dikeluarkan atau didiskualifikasi.
  • Atlet tidak boleh menggangu atlet lainnya karna dapat mengganggu kosentrasi lawan. Apabila atlet terbukti mengganggu atlet lainnya maka secara otomatis langsung dikeluarkan atau didiskualifikasi.
  • Untuk start terluar jalur atau lintasan berada didepan, karna supaya jarak antara atlet sama saat melwati tikungan.
  • Atlet diperbolehkan berpindah jalur apabila sudah melwati tikungan pertama atau breakline.
  • Sebelum melintasi tikungan pertama para atlet harus tetap berada diposisi lintasan atau jalurnya sendiri-sendiri.
  • Ada beberapa isyarat untuk memulai perlombaan seperti wasit melakukan aba-aba bersedia, siap dan mulai atau menembakan pistol sebagai tanda bahwasannya perlombaan dimulai.
  • Untuk nomor jarak 800 meter atlet harus berjongkok saat berada digaris start, sebagai acang-acang ingin memulai perlombaan. Untuk nomor jarak 1500 meter atlet harus berdiri saat berada digaris start, sebagai acang-acang ingin memulai perlombaan
Baca Juga :  Pengertian Administrasi Adalah : Beserta Ciri, Jenis, Tujuan dan Fungsinya

Inilah beberapa peraturan yang dapat dibahas, selanjutnya akan membahas mengenai tekniknya. Berikut ulasannya dibawah ini.

Teknik Lari Jarak Menengah

Berikut Ada beberapa teknik yang dapat dipahami dan dikuasai dari seorang atlet lari, Karna dengan teknik inilah yang nantinya dapat memudahkan seorang atlet untuk melakukan pergerakan saat berlari. Berikut Ulasannya dibawah ini.

Teknik Saat Awalan

Teknik Saat Awalan
Teknik Saat Awalan

Untuk teknik ini atlet lari nomor 800 meter, atlet menggunakan teknik awalan dengan berjongkok saat berada digaris start, sebagai acang-acang ingin memulai perlombaan. Untuk atlet lari nomor 1500 meter, atlet menggunakan teknik awalan dengan berdiri saat berada digaris start, sebagai acang-acang ingin memulai perlombaan

Berikut cara melakukan tekni start nomor 800 meter.

  • Posisi kaki yang terkuat berada di posisi depan dan ditekuk.
  • Lutut dari kaki yang terkuat diposisikan disamping belakang kaki yang sebagai tolakan.
  • Jarak Kedua kaki sejauh antara satu kepalan tangan.
  • Kedua tangan diletakan dibelakang start.

Berikut cara melakukan Tenik start nomor 1500 meter.

  • Kosentrasi penuh sambil mendengarkan aba-aba dari wasit.
  • Kepala diangkat kedepan.
  • Posisikan tangan sambil mengepal dan sembari dirilexskan.
  • Posisi badan dicondongkan kearah depan.
  • Posisi badan direndahkan sembari kaki menekuk kedepan.
  • Stu kaki diposisikan bergeser kebelakang dengan jarak 2 sampai 4 kepalan.
  • Kaki dibuka selebar bahu.

Teknik Saat Berlari

Teknik Saat Berlari
Teknik Saat Berlari

Saat atlet ingin memulai berlari, usahakan untuk tidak langsung menggunakan kecepatan penuh. Yang perlu diperhatikan saat berlari ialah atlet harus mengatur pernapasan dengan baik dan Fokus terhadap kecepatan yang konstan supaya atlet ketika berlari tidak mudah cepat kelelahan.

Berikut ada beberapa teknik yang dapat dibagi menjadi enam saat berlari.

  1. Saat mendengar intruksi dari wasit ketika dimulainya perlombaan, maka dengan sigap atlet bergerak berlari.
  2. Rilexskan anggota badan sembari diposisikan tegak lurus, agar supaya tidak mudah cepat lelah ketika berlari.
  3. Fokuskan mata untuk tetap memandang kedepan.
  4. Lengan kedua tangan diayunkan sembari mengikuti irama langkah kaki.
  5. Saat mengayun usahakan lengan tidak melebihi batas bahu dan tidak melebihi pinggul saay mengayun kebelakang.
  6. Saat mendarat posisi lutut diusahakan untuk tidak melebihi dibagian pinggul serta ketika mendarat gunakan tumit sebagai tumpuan kakinya.

Teknik Saat Ditikungan

Teknik Saat Ditikungan
Teknik Saat Ditikungan

Saat atlet akan melintasi tikungan, yang perlu atlet lakukan ialah menstabilkan tubuh dan kecepatan larinya.

Berikut ada beberapa teknik yang dapat dibagi menjadi empat saat ditikungan.

  1. Ambil lintasan sebelah kiri ketika mendekati tikungan.
  2. Posisikan kepala dan tubuh miring kesebelah kiri.
  3. Agar tetap stabil saat berada di tikungan, lengan tangan mengayun mengikuti pergerrakan pada tubuh.
  4. Fokuskan pandangan mata untuk tetap ke arah depan.
Baca Juga :  Contoh Teks Eksplanasi

Teknik Saat Finish

Teknik Saat Ditikungan
Teknik Saat Ditikungan

Berikut ada beberapa teknik yang dapat dibagi menjadi tiga saat mencapai finish.

  1. Saat atlet mendekati garis finisi, gunakan kecepatan lari dengan maksimal.
  2. Jangan mengurangi kecepatan lari dan pandangan mata tetap fokus ke depan.
  3. Condongkan bagian bahu ke depan saat akan menyentuh garis pita atau garis finish.

Inilah beberapa teknik yang dapat dibahas, selanjutnya akan membahas mengenai sejarah. Berikut ulasannya dibawah ini.

Sejarah

Menurut pakar sejarah lomba lari ini sudah ada pada jaman dahulu, dimana awal mulanya berasal dari negara yunani. Pada masa itu terjadilah perang antara kedua negara yaitu antara negara persia dan yunani untuk mempertahankan wilayah yaitu dikota marathon. Setelah yunani menang atas persia dan berhasil mempertahankan wilayahnya, maka mengutuslah salah satu prajuritnya untuk menyampaikan kabar kepada penduduk di kota athena dengan jarak yang sangat jauh yaitu 42 KM.

Atlet Lari
Atlet Lari

Kemudian prajurit tadi sampai ditujuan lalu menyampaikanlah apa yang sudah terjadi dan diraih dari parapasukannya yang telah berhasil mengalahkan pasukan musuh dan berhasil memenangkan peperangan serta mempertahankan wilayah negaranya tersebut. Setelah menyampaikan pesan itu dalam beberapa jam kemudian prajurit tadi meninggal dunia. Sebagai tanda penghormatan atas perjuangan prajuritnya tersebut maka pemimpin negara tersebut mengadakan suatu acara perlombaan lari ditahun 776 sebelum masehi.

Cabang olahraga lari sendiri mulai diperlombakan diera modern berawal dikota Athena dan Panathinaikos pada tahun 1896. Kemudian dengan berjalannya waktu cabang olahraga lari ini mulai berkembang hingga ke seluruh dunia dan sudah mulai banyak masyarakat menyukai olahraga lari ini. Serta sudah banyak diikutsertakan dalam ajang olimpiade, aseia games (sea game), nasioanal dan lokal.

Demikianlah atas pembahsan makalah, materi dan artikel mengenai lari jarak menengah ini, semoga dengan dibahasnya mengenai materi ini dapat memberikan manfaat dan pemahaman bagi pembaca. Samapai bertemu di pembahsan materi,makalah dan artikel selanjutnya. Trimakasih.

Ada Berapa Cabang Nomor Dalam Lomba Lari Jarak Menengah ?

nomor 800 meter dan nomor 1500 meter.

Jelaskan Pengertian Lari Jarak Jauh ?

Untuk lari jarak menegah sendiri sangat mengandalkan pernapasan yang baik, koordinasi tubuh yang baik dan kekuatan otot kaki.

Ada Berapa Teknik Dalam Lari Jarak Jauh ?

Teknik awlan, teknik berlari, teknik ditikungan dan teknik saat finish.

Baca Juga:

Lempar Lembing
Lompat Galah
Lompat Jauh