Manfaat Batu Bara

Posted on

Manfaat Batu Bara Dalam Kehidupan Sehari-Hari – Setelah sebelumnya ContohSoal.co.id membahas materi tentang Batuan metamorf Maka dipertemuan kali ini ContohSoal.co.id akan menerangkan materi tentang manfaat batu bara bagi kehidupan sehari-hari. Nah baiklah mari langsung aja simak ulasan dibawah ini.

Pengertian

Manfaat Batu Bara

Apa yang dimaksud dengan Batu bara? ialah merupakan hasil tambang yang termasuk kedalam kelompok sumber daya alam(SDM) nonhayati, yakni sumber yang dapat diusahakan kembali keberadaanya dan dapat dimanfaatkan secara terus menerus.

Selain Batubara, yang termasuk SDM nonhayati lainnya yakni misalnya seperti air,angin, sinar matahari dan hasil tambang.

Pada umumnya, batubarra ialah batuan sedimen yang dapat terbakar, terbentuk dari endapan organik, Misalnya seperti pada endapan dari sisa tumbuhan dan terbentuk melalui proses pembatubaraan unsur pembentuk utamanya yakni terdiri dari oksigen dan hidrogen.

Selain merupakan hasil tambang yang termasuk kedalam SDMM nonhayati dan batuan sedimen yang dapat terbakar. batu juga ialah merupakan sebuah batuan organik yang mempunyai sifat kimia dan kimia kompleks yang dapat ditemukan dalam berbagai bentuk.

Fungsi Batu Bara

batu bara merupakan salah satu sumber daya alam yang mempunyai fungsi yang sangat berati bagi kehidupan sehari=hari. Beberapa Fungsinya yang perlu diketahui ialah:

  • Sebagi bahan bakar Untuk berbagai macam industri
  • Sebagi sumber energhi pembangkit Listrik
  • Meningkatkan Perekonomian

Sifat Batubara

Sifat batubarra banyak ditentukan dari kelas atau peringkat batubara yang ditemukan dalam proses penambangan. Beberapa sifar juga dikenal dari jenis sifat kimia dan sifat fisik batubara.

Sifat Batubara Jenis Antrasit

  • Warna hitam sangat mengkilat dan kompak
  • Nilai kalor sangat tinggi, kandungan karbon sangat tinggi.
  • Kandungan air sangat sedikit.
  • Kandungan abu sangat sedikit.
  • Kandungan sulfur sangat sedikit.
Baca Juga :  Passing Grade IPB

Sifat Batubara Jenis Bitumine / Subbitumine

  • Warna hitam mengkilat, kurang kompak.
  • Nilai kalor tinggi, kandungan karbon relatif tinggi.
  • Kandungan air sedikit.
  • Kandungan abu sedikit.
  • Kandungan sulfur sedikit.

Sifat Batubara Jenis Lignit (brown coal)

  • Warna hitam, sangat rapuh.
  • Nilai kalor rendah, kandungan karbon sedikit.
  • Kandungan air tinggi.
  • Kandungan abu banyak.
  • Kandungan sulfur banyak.

Manfaat Batubara Dalam Kehidupan Sehari-hari

Dibawah ini ialah terdapat  beberapa manfaat batubara yang perlu kita ketahui.

1. Sumber Tenaga Pembangkit Listrik

Yang mana ketahui bahwa batubarra termasuk salah satu bahan bakar utama pada pembangkit listrik di beberapa negara seperti China, India, Australia, Jepang, Jerman dan beberapa negara lain.

2. Industri Produksi Baja

Pada dasarnya peranan batubarra terhadap Sebuah industri yang memproduksi baja bergantung sepenuhnya pada ketersediaan sumber batubara.

Yang mana diketahui bahwa baja  berfungsi dalam kehidupan kita seperti berbagai macam perlengkapan industri yang terbuat dari baja, produk kesehatan seperti perlengkapan kesehatan, peralatan pertanian, model transportasi dan berbagai macam produk lain yang membutuhkan baja.

3. Bahan Bakar Cair

Batubara ternyata juga bisa dirubah dalam bentuk bahan bakar cair dan sangat efektif untuk menggantikan bahan bakar minyak.

4. Industri Produksi Semen

Kemudian fungsi lainnnya yakni Batubarra menjadi salah satu bahan bakar utama dalam memproduksi semen. Seperti yang telah kita ketahui bahwa semen ialah merupakan salah satu material dalam pembuatan produk kontruksi seperti rumah, gedung atau produk lain.

5. Industri Produk Aluminum

Batubara menjadi bahan bakar yang mendukung industri aluminum. Yang mana diperolehnya bahan ini yakni sebagai hasil sampingan dari proses oksidasi besi pada industri baja.

6. Batubara Menghasilkan Produk Gas

Kemudian pada batubaara yang masih terdapat di dalam tanah ternyata juga dapat menghasilkan gas secara langsung. Dalam penggunaan pada proses ini yakni dari sebuah teknologi canggih untuk mengambil gas yang dihasilkan oleh batubara murni.

7. Industri Pabrik Kertas

Selajutnya dalam sebuah industri, yang mana baatubara menjadi bahan bakar yang saqngat penting dalam menjalankan sebuah pabrik kertas. Dimana bahwa kertas terbuat dari komponen utama berupa sel serat dari kayu.

Baca Juga :  Kode Etik Guru

8. Industri Bahan Kimia

Kemudian pada baatubara yang sudah melalui beragam proses bisa menghasilkan industri sampingan yang ternyata berguna untuk kehidupan manusia.

Dalam penggunaan yakni untuk memproduksi beberapa bahan lain seperti cairan fenol dan benzena. Produk ini penting untuk beberapa industri kimia.

9. Industri Farmasi

Kemudin peran yang paling penting pada bbatubarayakni dalam industri farmasi. Dari beragam jenis produk kimia yang diperoleh dari olahan sampingan batubara bisa menjadi bahan utama dalam produksi obat-obatan.

Berbagai macam bentuk bahan kimia telah melewati proses pemurnian dengan teknologi canggih sehingga bisa dimanfaatkan menjadi obat-obatan. Industri ini telah melewati berbagai macam sertifikasi sehingga sangat aman untuk mendukung produks farmasi.

10. Produksi Bahan Metanol

Kemudian dalam jenis metanoln ini menjadi salah satu bahan bakar cair yang sangat penting untuk menggerakkan berbagai macam industri.

11. Produksi Naftalen

Naftalen ialah merupakan slah satu jenis bahan kimia cair khusus yang didapatkan dari hasil olahan batubara. Ini merupakan hasil kedua dari pengolahan batubara dalam bentuk bongkahan.

12. Produksi Fenol

Selanjutnya pada Fenol yang mana pada jenis ini menjadi salah satu produk bahan bakar minyak yang didapatkan dari hasil pengolahan batubara.

13. Produksi Benzena

Pada jenis bahan bakar cair ini ialah merupakan salah satu Benzena komponen yang sangat penting dalam menggerakkan transportasi dunia.

14. Produksi Garam Amoniak

Garam amoniak dihasilkan dari sebuah industri pengolahan batubara. Yang mana pada gas atau uap yang dikeluarkan dari oven untuk menampung kokas menghasilkan garam amoniak.

Produk ini penting untuk menjadi bahan khusus dari beberapa industri kimia seperti pupuk pertanian atau produk bahan kimia lain.

Nah demikianlah materi pembahasan kali tentang manfaat batubara, semoga artikel kali ini  dapat bermanfaat bagi sobat semua.

Artikel Lainnya :