Membran Sel

Posted on

Membran Sel – Setelah sebelumnya contohsoal.co.id telah membahas materi tentang Fungsi Nukleus Maka pada kesempatan kali ini akan contohsoal.co.id paparkan secara detail materi tentang membran sel beserta pengertian, fungsi, sifat, komposisi dan komponennya. Nah untuk lebih jelasnya sobat bisa simak ulasannya di bawah ini.

Pengertian Membran sel (dinding sel)

Membran-Sel
Membran-Sel

Apa yang diaksud dengan membran sel atau dinding sel? yakni merupakan suatu fitur yang dimiliki oleh manusia yang berfungsi sebagai dinding pemisah antara lingkungan dalam sel dengan lingkungan luar sel.

Fungsi Membran Sel

Pada membran sel ini merupakan hasil dari penyususnan atas senyawa lipoprotein dan protein serta pada lemak ini mempunyai sifat yang berbeda, dimana protein mempunyai sifat hidrofiliki sedangkan lemat bersifat hidrofobik. Maka oleh sebab itu membran sel memiliki sifat selektif permeable.

  • Menjaga bagian sel dan memberikan bentuk bagi sebuah sel
  • Membran sel dapat menjadi media komunikasi antar lingkungan dalam sel dengan lingkungan luar sel
  • Bekerja untuk proses penyaringan terhadap zat – zat yang akan masuk atau keluar dari sel.
  • Biasa digunakan untuk reseptor terhadap rangsangan yang ditujukan bagi sebuah sel.
  • Bisa digunaka sebagai tempat berlangsungnya berbagai reaksi kimia.

Struktur dan Komposisi Kimia Membran Sel

Struktur Membran Sel
Struktur Membran Sel

Bentuk dri struktur membran sel ini mirip seperti lembaran tipis yang tersusun dari molekul lipid, karbohidrat , protein, kolesterol dan kerangka membran (sitoskeleton).

Pada membran sel ini mempunyai sifat yang cukup dinamis dan asimetris.

  • Membran sell bersifat dinamis sebab mempunyai sebuah struktur seperti air sehingga sangat memungkinkan untuk molekul lipid dan protein dapat bergerak.
  • Kemudian membran sell ini juga bersifat asimetris sebab pada komposisi protein dan lipid di bagian luar tidak sama dengan komposisi di bagian dalam sel.

Fosfolipid

Molekul – molekul penyusun membran sel akan saling bergabung dan menyatu sedemikian rupa sampai menjadi sebuah bentuk lapisan fosfolipid rangkap (ganda).

Disebut lapisan fosolipid ganda sebab mempunyai dua bagian yang sifatnya saling bertolak belakang, yakni daerah bagian kepala mempunyai sifat hidrofilik (yakni bisa berinteraksi dengan air) dan juga pada bagian ekor yang mempunyai sifat hidrofobik yakni sebaliknya).

Baca Juga :  Usus 12 Jari

Protein Membran

Selanjutnya pada protein membran. Terdapat dua jenis protein pada lapisan fosfolipid, yakni protein integral (yakni merupakan suatu protein yang terbenam dan menembus lapisan fosfolipid) dan kemudian protein perifer (yakni suatu protein yang melekat pada lapisan luar fosfolipid ).

Pada Protein integral ini pada umumnya berguna untuk proses transpor molekuk yang masuk dan juga kelauar sell,Dan pada protein perifer mempunyai fungsi sebagai tempat melekatnya hormon atau enzim.

Glikolipid dan Glikoprotein (Karbohidrat)

Apa itu Glikolipid? yakni merupakan suatu molekul karbohidrat yang menempel pada lemak sedangkan glikoprotein ialah merupakan suatu molekul karbohidrat yang melekat pada protein.

Kemudian Glikolipid dan glikoprotein ini mempunyai fungsi sebagai suatu tanda pengenal bagi sell.

Setiap orang dan setiap sell memiliki susunan glikolipid dan glikoprotein yang berbeda.

Sehingga dengan demikian apabila ada sel asing yang masuk ke dalam tubuh, maka sistem imun yang terdapat di dalam tubuh akan dengan langsung merespon dan bereaksi kepada sell tersebut.

Kolesterol

Selanjutnya pada kolesterol ini terletak pada bagian di dekat kepala fosfolipid.

Fungsi kolesterol ini yakni guna melindungi keseimbangan fosfolipid dalam kondisi apapun.

Apabila Pada saat dalam keadaan panas, maka kolesterol tersebut bisa menghambat pergerakannya agar fosfolipid tidak menjadi terlalu cair.

Sedangkan apabila dalam kondisi suhu yang dingin, jadi pada fosfolipi dapat menahan untuk sementara sebuah interaksi terhadap lemak sehingga mebuat membran lemak tidak terjadi pembekuan.

Kerangka Membran (Sitoskeleton)

Pada dasarnya kerangka membran ini bukan merupakan salah satu bagian langsung dari membran sell, namun mereka saling berikatan pada bagian dasar protein integral.

Kemudian berikut ini merupakan sejenis sitoskeleton utama, yakni mikrofilamen, mikrotubulus dan juga fillamenintermediet.

komponen membran sel

Kemudian pada permukaan luar setiap sell dibatasi oleh selaput halus dan elastis yang disebut membran sell.

Pada membran ini mempunyai sebuah peranan yang penting untuk mengaontrol atau mengatur isi sell, sebab setiap apapun bahan yang masuk maupun keluar harus melewatinya.

Maka dengan peranan membran sell mencegah masuknya zat-zat tertentu dan memudahkan masuknya zat-zat yang lain.

Selain membatasi sel, pada membran plasma juga membatasi berbagai organel-organel dalam sell, misalnya seperti vakuola, mitokondria, dan kloroplas.

Baca Juga :  Kebudayaan Pacitan

Pada Memmbran plasma ini mempunyai sifat diferensial permeabel, dan juga mempunyai pori-pori yang disebut dengan ultramikroskopik yang dapat dilalui zat-zat tertentu.

Pada ukuran pori-pori ini dapat menentukan kapasitas maksimal molekul yang dapat melalui membran.

Selain besar molekul, faktor lain yang mempengaruhi masuknya suatu zat ke dalam sell yakni seperti muatan listrik, jumlah molekul air, dan daya larut partikel dalam air.

Pada membran sell ini terdiri dari dua lapis molekul fosfolipid (lemak yang bersenyawa dengan fosfat). Bagian ekor dengan asam lemak yang bersifat hidrofobik (nonpolar)

Namun pada , komponen protein biasanya berada di membran tapi dengan posisi yang tidak sama.

Beberapa protein terletak periferal, sedangkan yang lain tertanam integral dalam lapis ganda fosfolipid.

Dari sebagian protein yang terdapat pada membran yakni merupakan suatu enzim.

Sifat Membran Sel

Di bawah terdapat beberapa jenis yang merupakan sifat membran sell, yakni sebagai berikut:

Impermeabel

yakni merupakan suatu sifat membran yang tidak mengizinkan zat apapun di luar sell untuk masuk ke dalam sell.

Semipermeabel

yakni merupakan suatu kondisi dimana hanya zat tertentu yang dibutuhkan oleh sell yang dapat masuk ke dalam sel. Biasanya sell normal memiliki sifat semipermeabel.

Permeabel

Yakni merupakan suatu sifat dimana semua zat bisa melewati membran ini agar dapat masuk ke dalam sell.

Dan biasanya sifat ini hanya dimiliki oleh membran sell yang rusak atau hampir mati sehingga sell tidak dapat bertahan hidup. 

Apa itu Membran Sel?

Yakni merupakan suatu fitur yang dimiliki oleh manusia yang berfungsi sebagai dinding pemisah antara lingkungan dalam sel dengan lingkungan luar sel.

Apa itu Glikolipid?

yakni merupakan suatu molekul karbohidrat yang menempel pada lemak sedangkan .

Glikoprotein Adalah?

Yakni merupakan suatu molekul karbohidrat yang melekat pada protein

Demikianlah materi pembahasan kali ini mengenai membran sel, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat semua.

Artikel Lainnya :