Metamorfosis Belalang

Posted on

Metamorfosis Belalang – Apa itu metamorfosis ? nah sebelum kita masuk kepokok pembahasan, pada materi sebelumnya sudah kita bahas mengenai Taksonomi dan Tingkatannya. Materi kali ini akan membahas mengenai Metamorfosis pada belalang,Untuk lebih lengkapnya simak penjelasannya berikut ini.

Pengertian Metamorfosis

Metamorfosis Belalang
Metamorfosis Belalang

Metamorfosis adalah ? perubahan atau pertumbuhan biologi terjadi pada Hewan hidup berawal dari telur hingga menjadi dewasa secara sempurna dengan mengalami perubahan pada bentuk anatomi, morfologi maupun fisiologis.Pertumbuhan dan diferensiasi sel baik secara radikal maupun dinamik membuat adanya perubahan secar fisik

Menurut penjelasan Secara singkat metamorfosis yang merupakan“Proses perkembangan biologi yang melibatkan perubahan bentuk struktur maupun perubahan fungsi organ-organ tubuh makhluk hidup.”

Tahapan Metamorfosis

metmofosis
metmofosis

Secara umum terjadinya Metamorfosis yakni dengan fase yang berbeda, seperti telur, larva, pupa juga nimfa. Berikut merupakan penjelasan mengenai telur, nimfa, lava, pupa juga imago.

Tahapan Telur

Belalang

Yang menjadi cikal bakal makhluk hidup yakni terdapat pada Sel telur betina, Pada saatnya akan berubah menjadi zigot setelah melalui proses pembuahan oleh spermatozoa pejantan. Telur yang sudah dibuahi akan diletakan oleh Hewan betina pada tempat yang sesuai dengan perkembangan calon anaknya.

Tahapan Nimfa

BelalangBentuk hewan muda ini disebut Nimfa yang menyerupai rupa dewasa akan tetapi ukurannya lebih kecil. Pada masa ini terdapat beberapa bagian organ yang belum tumbuh. Bentuk nimfa hanya ada pada metamorfosis tidak sempurna.

Tahap Ketiga Belalang Dewasa

Belalang

Apabila proses penetasan telur telah selesai selanjutnya mereka akan menjadi larva atau hewan muda. Pada Fase ini hanya terjadi pada jenis metamorfosis amfibi dan serangga. Pada larva sebelum ia dewasa sangatlah berbeda dengan awalnya.

Contohnya larva nyamuk atau jentik nyamuk sangat berbeda dengan nyamuk dewasa.

Macam-Macam Metamorfosis

Jenis metamorfosis

Tidak semua makhluk hewan bermetamorfosis, contoh beberapa hewan yang bermetamorfosis diantaranya adalah kupu-kupu, nyamuk, tawon, lalat, ngengat, semut, lebah kutu, kumbang, belalang, kecoak, capung, kepik, rayap, jangkrik dan masih banyak yang lainnya. Pada hewan yang bermetamorfosis dapat dibagi lagi menjadi dua jenis yaitu hewan yang mengalami metamorfosis sempurna (holometabola) dan metamorfosis tidak sempurna (hemimetabola). Berikut penjelasan lengkapnya.

Baca Juga :  Fungsi Plastida

Metamorfosis Tidak Sempurana (Hemimetabola)

Metamorfosis atau dengan kata lain hemimetabola. Yang menjadi Karakteristik dari matamorfosis tidak sempurna ialah ada pada perubahan bentuk tubuhnya antara fase nimfa dan fase imago terlihat tidak mencolok.

Metamorfosis Sempurna (Holometabela)

Metamorfosis sempurna dapat dibedakan pada perubahan bentuk tubuh pada serangga dengan perbedaan yang sangat terlihat antara fase larva dan fase imago (dewasa). Tahapan metamorfosis hewan yang mengalami metamorfosis sempuran melalui 4 tahapan. Keempat fase tahapan tersebut adalah

  • Telur,
  • Larva,
  • Pupa/kepompong, dan
  • Imago (hewan dewasa).

Ciri-ciri metamorfosis tidak sempurna yakni:

  • Adanya Perubahan bentuk tubuh yang tidak mecolok  hanya ada sedikit perbedaan pada fase nimfa dan fase imago.
  • Tidak mengalami fase pupa/kepompong.

Contoh Metamorfosis Sempurna dan Tidak Sempurna

contoh
contoh

Berikut merupakan contohnya:

Contoh metamorfosis tidak sempurna

  • Belalang tahapan metamorfosis belalang yakni telur – nimfa – imago (belalang dewasa).
  • Kecoa Tahapan telur – nimfa – imago (kecoa dewasa).
  • CapungTahapan  telur – nimfa – imago (capung dewasa).
  • Jangkrik Tahapan metamorfosisnya melalui telur – nimfa – imago (jangkrik dewasa).

Metamorfosis Sempurna:

  • Mempunyai perbedaan bentuk yang sangat jauh berbeda yaitu antara fase pupa dan fase imago.
  • Pasti melalui fase pupa atau kepompong.

Contoh metamorfosis sempurna

  • Katak Tahapan telur – kecebong – katak muda – imago (katak dewasa).
  • Nyamuk Urutan telur – larva/jentik – pupa – imago (nyamuk dewasa).
  • Kupu-Kupu Tahapan  telur – larva – pupa – imago (kupu kupu dewasa)
  • Lalat Tahapan telur – larva – pupa/kepompong – imago (lalat dewasa).

 

Demikianlah Materi Metamorfosis – Belalang, Nyamuk, Lalat, Sempurna dan Tidak Sempurna kali ini,Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan dapat menambah pengetahuan serta wawasan kita semua.

Artikel contohsoal.co.id Lainnya:

Baca Juga :  Jaringan Palisade