Contoh Soal Mikrometer Sekrup dan Pembahasannya

Posted on

Mikrometer Sekrup – Materi pembahasan kali tentang mikrometer sekrup beserta pengertian,rumus, contoh soal dan cara menggunakannya. Setelah sebelumnya ContohSoal.co.id menerangkan materi tentang Rumus Perpindahan. Baiklah untuk lebih jelasnya simak ulasannya sebagai berikut.

Pengertian Mikrometer Sekrup

Mikrometer Sekrup

Apa itu Mikrometer Sekrup ? ialah merupakan salah satu alat ukur yang bisa digunakan untuk mengukur panjang suatu benda dan mengukur tebal sebuah benda serta mengukur diameter luar sebuah benda dengan tingkat ketelitian mencapai 0.01 mm (10-5 m).

Skala Pada mikrometer

Skala mterbagi menjadi dua jenis yakni:

Skala Utama

Pada skala ini terdiri dari : 1, 2, 3, 4, 5 mm, dan seterusnya yang berada pada bagian atas. Kemudian nilai tengah : 1,5; 2,5; 3,5; 4,5; 5,5 mm, dan seterusnya yang berada dibagian bawah.

Skala Putar atau Skala Nonius

Terdiri atas skala 1 sampai dengan 50. Yang mana pada setiap skala nonius berputar mundur 1kali putaran maka skala utama bertambah 0,5 mm. Maka kesimpulan dari logika itu bisa diperoleh 1 skala putar = 1/100 mm = 0,01 mm

Cara Menggunakan Mikrometer Sekrup

Kemudian di dalam Cara menggunaka mikrometer sendiri sangatlah mudah dan berikut ini Lima Langkah Cara Memakai Alat Ukur yang bisa kalian pelajari sebelum menggunakan alat ini, yakni:

  • Langkah utama yakni pastikan pengunci alat ukur mikrometer dalam keadaan terbuka
  • Kedua lakukan pengecekan apakah poros tetap mikrometer dan poros geser mikrometer saat bertemu dengan skala dan skala nonius utama mikrometer menunjukkan angka nol.
  • Kemudian yang ketiga yakni buka rahang alat ukur mikrometer dengan cara menggerakkan pemutar ke arah kiri hingga benda yang akan diukur dapat masuk ke dalam rahang.
  • Keempat ialah letakkan benda yang akan diukur diantara poros tetap dan poros geser lalu tutup kembali rahang sampai tepat menjepit benda yang akan diukur.
  • Kelima ialah putarlah pengunci mikrometer agar pemutar tidak bisa bergerak lagi setelah itu ukur atau hitunglah nilai panjang, tebal, lebar ataupun diameter suatu benda yang diukur menggunakan alat ukur mikrometer sekrup.
Baca Juga :  Satuan Berat - Pengertian, Rumus, Tangga, konversi dan Contoh Soal

Cara Membaca Mikrometer Sekrup

Pembacaan mikrometer sekrup dilakukan pada dua bagian, yakni di skala utama dan di skala nonius atau Vernier. Pada sleeve dan skala nonius dapat dibaca di bagian thimble.

Mikrometer sekrup

Pada contoh pengukuran di atas, cara membaca mikrometer sekrup tersebut ialah:

  • Untuk skala utama, dapat dilihat bahwa posisi thimble telah melewati angka “5” di bagian atas, dan pada bagian bawah garis horizontal telah melewati 1 strip. 0.5mm. Artinya, pada bagian ini didapat hasil pengukuran 5 + 0.5 mm = 5.5 mm. Pengukuran juga dapat dilakukan dengan prinsip bahwa setiap 1 strip menandakan jarak 0.5mm. Dikarenakan terlewati 5 strip di atas garis horizontal dan 6 strip di bawah garis horizontal, maka total jarak adalah (5+6) x 0.5mm = 5.5mm
  • Pada bagian kedua, terlihat garis horizontal di skala utama berhimpit dengan angka 28 di skala nonius. Artinya, pada skala nonius didapatkan tambahan panjang 0.28mm
  • Maka dari pengukuran  dengan mikrometer tersebut menghasilkan sebagai berikut  5.5 + 0.28 = 5.78mm. Hasil ini mempunyai ketelitian sebesar 0.01 mm

Fungsi Mikrometer Sekrup

Adapun kegunaan Mikrometer secara umum ialah untuk mengukur diameter atau ketebalan suatu benda yang ukurannya kecil. Sebelumnya  sudah dijelaskan, Bahwa alat ini mempunyai kepresisian 10x lipat dari jangka sorong sehingga dapat mengukur benda yang lebih kecil tepatnya pada ketelitian 0,01 mm.

Penggunaan alat ini untuk mengukur panjang benda kurang umum digunakan, karena umumnya panjang benda masih dapat diukur dengan baik di tingkat kepresisian 1 mm dan 0,1 mm, dimana masing-masing tingkat kepresisian dimiliki oleh penggaris dan jangka sorong

Contoh Soal Mikrometer Sekrup dan Pembahasan

Contoh Soal 1

Jika pada suatu pengukuran didapatkan gambar skala utama dan skala nonius sebagai berikut, berapa panjang dari benda yang diukur?gambar

 

Jawaban

Skala utama = 4 mm

Skala nonius = 0,30 mm

Jadi, hasil dari pengukuran =Skala utama+nonius=4 +0,3=4,30 mm

Contoh Soal 2

Perhatikan pada gambar dibawah ini!Dari pengukuran dibawah ini berapakah ketebalan kawat tembaga yang diukur dengan mikrometer sekrup tersebut?

gambar

 

Jawaban

Skala utama = 1,5 mm

Baca Juga :  Contoh Soal Matematika Kelas 2 SD

Skala nonius = 0,30 mm

Maka, hasilnya ialah =Skala utama+skala nonius=1,5+0,3=1,80 mm.

Contoh Soal.3

Perhatikan gambar mikrometer sekrup dibawah ini!gambar

Hitunglah Besar pengukurannya ialah….
A. 1,93mm
B. 3,17mm
C. 3,23mm
D. 3,77mm
E. 4,10mm

Pembahasan nya :
Maka hasil ukur dari= skala utama+nonius=3,50mm+0,27mm=3,77mm

Jawaban diatas ialah : D.3,77mm

 

 

Demikianlah materi pembahasan kali ini tentang mikrometer sekrup, semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat semua.

Artikel Lainnya: