Nemathelminthes

Posted on

Nemathelminthes – Pada penjelasan materi atau makalah sebelumnya contohsoal.co.id telah menjelaskan mengenai materi Jaringan Epidermis secara jelas tentunya. Maka kali ini contohsoal.co.id akan membahas materi, makalah dan artikel mengenai Nemathelminthes secara jelas, dimulai dari Pengertian, Struktur, Fungsi, Klasifikasi, Manfaat dan Peranan. Berikutlah ulasan materi atau makalahnya.

Nemathelminthes
Nemathelminthes

Apa itu Nemathelminthes ? nemathelmintes atau cacing gilik ialah termasuk jenis hewan triploblastik. Yang hidup di tanah dan perairan laut dan tawar. Cacing gilik juga bisa menjadi parasit apabila masuk pada hewan, tumbuhan dan manusia.

Pengertian Nemathelminthes

Gambar Nemathelminthes
Gambar Nemathelminthes

Nemathelminthes ialah cacing gilik dengan memiliki bentuk Tubuh halus, bulat panjang dan mengilat. Proses pencernaan pada cacing gilik berbentuk pertama mulut, kedua tenggorokan, ketiga usus, dan keempat anus. cacing gilik jantan dan cacing gilik betina memiliki ukuran yang berbeda yaitu ukuran jantan berukuran lebih kecil dibandingkan dengan ukuran betina yang lebih besar. Cacing gilik juga memiliki runcing dibagian ujung kedua tubuhnya.

Saat cacing gilik tengah kawin maka, cacing jantan menggunakan alat penial setae yang dekat dengan bagian anus. Untuk ukuran cacing gilik sendiri mencapai panjang satu meter. Bahasa Nemathelminthes sendiri diambil dari yunani yang artinya Nema: BENANG dan helmintes: CACING.

Setelah pembahasan pengertian diatas, maka selanjutnya akan kami terangkan mengenai Struktur, Fungsi, Klasifikasi, Manfaat dan Peranan dari Nemathelminthes dibawah ini.

Struktur Nemathelminthes

cacing gilik memiliki struktur tubuh licin dibagian luar yang dilindungi kutikula supaya tidak terganggu oelh enzim yang terdapat pada inangnya dan memiliki segmen. Untuk lapisan tubuhnya sendiri dapat dibagi menjadi tiga yaitu Endoderm (lapisan dalam), tripoblastik (lapisan luar) dan Mesoderm (lapisan tengah).

Setelah pembahasan Struktur, maka selanjutnya akan membahas mengenai fungsinya dibawah ini.

Fungsi Organ Nemathelminthes

Berikut ini ada beberapa fungsi yang ada pada organ cacing gilik, yang dapat dijelaskan dibawah ini.

Baca Juga :  Fungsi Uterus

Fungsi Persarafan

Dalam organ pernafasan pada cacing gilik memiliki enam cabang saraf utama dan saraf yang berbentuk cicin mengelilingi esofagus.

Fungsi Sirkulasi

Dalam organ sirkulasi pada cacing gilik secara pertukaran Co2 dan oksigen terjadi sebagai difusi. Yakni karna proses perubahan zat konsentrasi tinggi ke konsentrasi rendah.

Fungsi Reproduksi

Dalam Reproduksi pada cacing gilik saat melakukan perkawinan, proses reproduksinya berupa gonokoris.

Fungsi Eksresi

Dalam Eksresi pada cacing gilik terdiri dua saluran yaitu bermuara dalam bentuk kanal lubang ventral.

Fungsi Pencernaan

Dalam Pencernaan pada cacing gilik terdiri dari mulut, tenggorokan, usus dan anus.

Setelah pembahasan Fungsi, maka selanjutnya akan membahas mengenai Peranan dibawah ini.

Peranan Nemathelminthes

Cacing Gilik tentunya memiliki peran yang sangat merugikan bagi tubuh manusia, hewan dan tumbuhan. Karna cacing gilik akan menjadi parasit sehingga dapat memberikan dampak penyakit yang sangat merugikan bagi manusia, hewan dan tumbuhan.

Setelah pembahasan Peranan, maka selanjutnya akan membahas mengenai Manfaat di bawah ini.

Manfaat Nemathelminthes

Manfaat yang dapat diberikan dari cacing gilik ini ialah sebagai pengurai untuk sampah yang organik dan sebagai penyubur tanah. Tapi kebanyakan dari cacing ini hanya dapat memberikan dampak negatif dan merugikan untuk manusia, tumbuhan dan hewan.

Setelah pembahasan Manfaat, maka selanjutnya akan membahas mengenai Klasifikasi dibawah ini.

Klasifikasi Nemathelminthes

Berikut ini ada dua bagian klarifikasi pada cacing gilik, yang dapat dijelaskan dibawah ini.

1. Nematoda

Gambar Cacing Nematoda
Gambar Cacing Nematoda

Memiliki kutikula berbentuk transparan dan memiliki alat organ reproduksi testis pada jantan dan ovarium pada betina. Usia pada cacing ini juga hanya berkisaran dalam waktu sepuluh bulan. Berikut ada bebrapa anggota pada cacing gilik antara lain.

Cacing Perut (Ascaris lumbricoides)

Gambar cacing perut
Gambar cacing perut

Ialah cacing yang berada diperut tubuh manusia dengan ukuran mencapai diameter 0,5 centi meter dan ukuran panjang 20 sampai 40 centi meter. Cacing ini sendiri hidup di usus halus manusia.

Cacing Otot (Trichinella spiralis)

Gambar cacing otot
Gambar cacing otot

Ialah cacing yang dapat menyebabkan penyakit pada manusia yang disebut dengan trikinosis. Biasanya manusia dapat terserang penyakit ini disebabkan karna mengkosumsi daging yang berisi larva (cacing) pada daging yang dioalah atau dimasak masih mentah atau tidak matang. Ketika cacing ini tumbuh dewasa dan bertelur, maka saat telur mulai menjadi larva dan mengarah ke otot saat itu berubah menjadi kista.

Baca Juga :  Fungsi Membran Plasma

Cacing Kremi (Enterobius vermicularis)

Gambar cacing kremi
Gambar cacing kremi

Ialah cacing yang memiliki ukuran panjang 3 sampai 5 mili meter pada cacing jantan dan 9 sampai 12 mili meter pada cacing betina, dan hidup dalam usus besar manusia. Efek yang dapat diberikan dari cacing ini pada manusia ialah rasa gatal dan geli pada bagian anus, dikarnakan karna cacing betina dewasa bertelur dianus manusia. Ketika rasa gatal itu digaruk, maka langsung dibilas dengan air bersih dan menggunakan sabu. Karna dikhawatirkan telur dapat menyangkut di kuku jari tangan, apabila tangan itu digunakan untuk makan, telur cacing tersebut dapat ikut masuk pada pencernaan. Sehingga dapat menyebabkan infeksi pada usus.

2. Nematomorfa

Gambar Cacing Nematomorfa
Gambar Cacing Nematomorfa

Cacing yang memiliki ukuran 50 sampai 100 mili meter, bahkan pernah ditemukan kasus mengenai cancing ini mencapai panjang 2 meter dan memiliki diameter mencapai 1 sampai 3 milimeter. Cacing ini juga disebut dengan nama cacing bulu kuda dan mempunyai intermedier, alat reproduksinya sendiri terpisah, serta memiliki pencernaan yang sempurna. Biasanya cacing ini sering ditemukan pada tubuh hewan seperti hewan jenis serangga.

Demikianlah atas pembahasan materi, makalah dan artikel ini, semoga dapat memberikan penjelasan dan manfaat bagi pembaca. Sampai bertemu dipembahsan yang akan datang, terimaksih telah berkunjung di artikel kami.

Jelaskan Pengertian Nemathelminthes ?

cacing gilik dengan memiliki bentuk Tubuh halus, bulat panjang dan mengilat. Proses pencernaan pada cacing gilik berbentuk pertama mulut, kedua tenggorokan, ketiga usus, dan keempat anus.

Apa Itu Cacing Nematomorfa ?

cacing ini sering ditemukan pada tubuh hewan seperti hewan jenis serangga. cacing ini mempunyai intermedier, alat reproduksinya sendiri terpisah, serta memiliki pencernaan yang sempurna.

Apa Itu Cacing Nematoda ?

Memiliki kutikula berbentuk transparan dan memiliki alat organ reproduksi testis pada jantan dan ovarium pada betina.

Baca Juga:

Jaringan Pengangkut
Jaringan Meristem
Jaringan Parenkim