Oogenesis

Posted on

Oogenesis – Pada penjelasan materi atau makalah sebelumnya contohsoal.co.id telah menjelaskan mengenai materi Osmosis Adalah secara jelas tentunya. Maka kali ini contohsoal.co.id akan membahas materi, makalah dan artikel mengenai Oogenesis secara jelas, dimulai dari Pengertian, Proses, Tahapan, Fungsi dan Gambar. Berikutlah ulasan materi atau makalahnya.

Oogenesis
Oogenesis

Pengertian Oogenesis

Oogenesis ialah bentuk reproduksi wanita yang proses pembentukannya melalui sel telur. Karna ovariumlah sel telur terjadi dalam peroses pembentukannya. Kemudian Ooganisis melakukan peroses kepada sel diploid (telur ibu) atau Oogonium mengalami kenaikan menjadi primer oosit diploid.

Gambar Siklus Oogenesis
Gambar Siklus Oogenesis

Sistem Oogenesis terbentuk dari beberapa macam spesies yang menghasilkan generatif serta melingkupi beberapa sel telur yang belum matang. Ada lima tahapan mamalia yang harus sel telur lewati dalam perjalanan pematangannya, yakni melalui Oogonium, primer oosit, sekunder oosit, ootid dan ovum.

Sebagian besar spesies akan menghadapi perjalanan reproduksi dari seksual. Kemudian sel telur atau ovum hanya menyimpan sebagian bahan genetik dari pribadi dewasa. Karna itu reproduksi bisa terjadi ketika gamet dari jantan mengawini ovum dari betina. Sementara sperma menyimpan sebagian bahan genetik dari pribadi yang matang. Maka embrio yang disusun atau dihasilkan atas fertilasi sehingga dapat terisi bahan genetik secara lengkap, kemudian setengah dari sperma dan setengahnya dari sel telur.

Setelah pembahasan pengertian diatas, maka selanjutnya akan kami terangkan mengenai proses, tahapan dan fungsi dari oogenesis dibawah ini.

Proses Oogenesis

Proses Oogonium dari sel inti yang berasal dari sel telur ada dalam folikel dan ada dalam ovarium. Selanjutnya terjadinya oogonium karna menjalani mitosis pembelahan, sampai-sampai berubah menjadi primer oosit yang memiliki empat puluh enam kromosom. Kemudian primer oosit akan mengalami meiosis sampai-sampai membuahkan dua sel berupa anak yang ukurannya sama.

Untuk ukuran yang besar dar Sel anak tadi disebut sekunder oosit sehingga memiliki haploid. Sekunder oosit memang memiliki ukuran yang sangat besar dari pada primer oosit, karna skunder oosit mempunyai sitoplasma. Kemudian roses dari polar selanjutnya dapat membelah diri lagi yang dari sel anak yang berukuran kecil.

Baca Juga :  Tulang Pipih

Tahapan Oogenesis

Tahapan selanjutnya sekunder oosit melepaskan tuba ovarium untuk berangkat mengarah ke tuba fallopi. Apabila sekunder oosit sudah dibuahi oleh sperma, maka terjadi proses meiosis pembelahan tahapan ke 2. Sampai-sampai tahapan tersebut mengalami atau menghadapi degenerasi. Sebaliknya apabila tak melakukan kejadian fertilasi, maka kejadian menstruasi atau peredaran oogenesis di ulang lagi secara cepat.

Apabila terjadi meiosis pembelahan tahapan ke 2. Sekunder oosit akan berubah karakter ke haploid dengan memiliki dua puluh tiga kromosom (ootid). Saat itu ovum bersama induk nukleus akan melebur menjadi 1, berarti disaat perkembangan mencapai final, maka menjadikan kematangan pada sel telur. Sehingga peroses sel telur keluar disebut juga evolasi.

Evulasi sendiri hanya memiliki 1 sel telur yang matang dan hidup bisa mencapai waktu 24 jm. Apabila sel tersebut tidak dibuahi, maka yang bisa terjadi ialah sel telur dapat mati ketika menstruasi.

Setelah pembahasan tahapan dan proses oogenesis diatas, selanjutnya pembahasan mengenai proses oogenesis pada hormon dibawah ini.

Fungsi Oogenesis

Pada fungsi oogenesis ini terdapat pada hormon yang berpengaruh pada perosesnya oogenesis ini, dapat diuraikan atau dijelaskan dalam beberapa keterangan berikut dibawah ini.

Fungsi Progesteron

Gambar Hormon Progesteron
Gambar Hormon Progesteron

Fungsi dari hormon Progesteron ini dapat mengatur perkembangan endometrium atau dinding rahim, sehingga dengan hormon ini dapat menjaga atau mengatur menstruasi secara baik.

Fungsi Estrogen

Gambar Hormon Estrogen
Gambar Hormon Estrogen

Fungsi dari hormon Estrogen ini memberi perkembangan dan pertumbuhan pada payudara wanita dan berkaitan juga pada kehamilan. Saat kondisi hormon sestrogen estradiol normal. Untuk peredaran haid, Kadar darah haid wanita tentunya berbeda-beda atau tidak sama. Kadar ini bisa menjadi rendah apabila wanita telah menopause.

Fungsi Luteinizing Hormone (LH)

Gambar Hormon LH
Gambar Hormon LH

Fungsi dari hormon LH ini memusatkan pada peredaran menstruasi secara baik perbulannya. LH juga dapat membuahkan sel telur pada ovum.

Fungsi Follicle Stimulating Hormone (FSH)

Gambar Hormon FSH
Gambar Hormon FSH

Fungsi dari hormon FSH ini berpengaruh pada peningkatan hormon estrogen pada wanita. Serta membuka kematangan dan pertumbuhan pada folikel pada ovarium. Sedangkan hormon ini dihasilkan dari gonadotrop. Untuk Pria Fungsi dari hormon FSH dapat memelihara dan mengatur pembentukan atau perubahan pada sperma. Hasil FSH yang tinggi sesudah menopause dan sedikit saat kecil atau tidak menopause.

Baca Juga :  Otot Lurik

Demikianlah atas pembahasan materi, makalah dan artikel ini, semoga dapat memberikan penjelasan dan manfaat bagi pembaca. Sampai bertemu dipembahsan yang akan datang, terimaksih telah berkunjung di artikel kami.

Jelaskan Pengertian Oogenesis ?

Oogenesis ialah bentuk reproduksi wanita yang proses pembentukannya melalui sel telur.

Sebutkan Proses Oogenesis ?

Proses Oogonium dari sel inti yang berasal dari sel telur ada dalam folikel dan ada dalam ovarium.

Sebutkan Tahapan Oogenesis ?

Tahapan selanjutnya sekunder oosit melepaskan tuba ovarium untuk berangkat mengarah ke tuba fallopi.

Baca Juga:

Jaringan Epidermis
Jaringan Parenkim
Jaringan Meristem