Ophiuroidea

Posted on

Ophiuroidea – Setelah sebelumnya ContohSoal.co.id telah membahas materi tentang Arthropoda Maka dipertemuan kali ini COntohSoal.co.id akan menerangkan materi masih seputaran ilmu biologi yakni tentang Ophiuroidea  yang akan ContohSoal.co.id jabarkan secara lengkap mulai dari pengertian, famli, fungsi dan gambarnya. Nah agar sobat semua dapat memahami materi kali ini maka mari simak sampe selesai ulasan dibawah ini.

Pengertian Ophiuroidea

Ophiuroidea

Ophiuroidea (Bintang ular) ialah merupakan sekelompok hewan dari filum Echinodermata, yang memiliki hubungan dekat dengan Asteroidea (bintang laut). Mereka berlanjut di dasar laut dengan memakai lengan fleksibel mereka bagi menjadikan sikap yang dibuat.

Bintang ular orang banyaknya mempunyai lima lengan memiliki bentuk seperti cambuk yang panjangnya mampu tiba 60 cm (2 kaki) pada spesimen terbesar.

Berada sekitar 1.500 spesies bintang ular yang hidup sekarang, dan mereka banyakan ditemukan pada kedalaman lebih dari 500 meter (1.620 kaki).

Bintang mengular memiliki cakram tengah yang jelas terlihat dari tangannya panjang sehingga memudahkannya bergerak.. Beberapa spesies ophiuroidea merupakan hewan pemakan suspensi, dan yang lain adalah predator atau pemakan bangkai.

Bintang ular menggunakan lengan mereka untuk bergerak. Mereka, tidak seperti bintang laut, bergantung pada kaki tabung. Bintang laut bergerak dengan menggerakan lengan mereka yang sangat fleksibel dan membuat mereka bergerak seperti ular. Pergerakan mereka mirip dengan hewan simetri bilateral.

Struktur Tubuh Ophiuroidea

Terdapat sebuah kerang dalam pada hewan ini yang terdiri dari lempeng kapur.Yang mana pada Lempeng tersebut mempunyai sendi satu dengan yang lainnya dan terdapat di dalam kulit. Hewan ini juga umumnya mempunyai duri-duri kecil. Duri-durinya berbentuk tumpul dan pendek.
Ophiuroidea

 

  • Stomach : sebagai alat pencernaan.
  • Mulut : tempat menyerap makanan
  • Gonad : Terdiri atas kelenjar kelamin yang berguna sebagai penghasil hormon kelamin.

Peran Bagi Kehidupan

  • Bagaimana jadinya jika di laut tidak ada hewan echinodemata seperti bintang ular
  • Pada sejumlah ahli dalam ilmu biologi membayangkan mungkin di laut akan menjadi limbah raksasa yang penuh dengan benda yang berbau busuk.
  • Bersihnya laut sperti yang ada pada saat ini antara lain merupakan jasa hewan echinodemata
  • Pada hewan ini ialah merupakan suatu pemakan bangkai, sisa dan kotoran hewan laut lainnya.
  • Maka oleh sebab itu pada hewan ini kerap disebut sebagai pembersih laut/pantai.
Baca Juga :  Alat Pernapasan Burung

Karakter ciri Ophiuroidea

  • Hewan ini jenis tubuhnya memiliki 5 lengan yang panjang-panjang.
  • Kelima tangan ini juga bisa digerak-gerakkan sehingga menyerupai ular.
  • Mulut dan madreporitnya terdapat di permukaan oral.
  • Pada hewan initak terdapat amburakal dan anus, sehingga sisa makanan atau kotorannya dikeluarkan dengan cara dimuntahkan melalui mulutnya.
  • Hewan ini hidup di laut yang dangkal atau dalam.
  • Biasanya bersembunyi di sekitar batu karang, rumput laut, atau mengubur diri di lumpur/pasir.
  • Bintang ular sangat aktif di malam hari.
  • Makanannya yakni udang, kerang atau serpihan organisme lain (sampah).

Gambar Ophiuroidea

Ophiuroidea

Ophiuroidea

 

Sistem Organ Dalam Tubuh Ophiuroidea

Sistem OrganKeterangan
Sistem pencernaan makananAlat-alat pencernaan terdapat dalam bola cakram, di mulai dari mulut yang terletak di pusat tubuh kemudian lambung berbentuk kantong. Hewan ini tidak memiliki anus. Dari setiap keliling mulut terdapat rahang yang berupa 5 kelompok lempeng kapur.
Sistem pernapasanPernapasan dilakukanoleh 5 pasang kantong kecil yang bercelah disekitar mulut, alat ini berhubungan dengan saluran alat reproduksi (gonad).
Sistem reproduksiJenis kelamin hewan ini terpisah. Pada hewan ini akan melepaskan sel kelamin kedalam air yang kemudian hasil pembuahannya akan tumbuh menjadi larva mikroskopis yang lengannya bersilia, disebutPluteus. yang kemudian akan mengalami sebauh proses metamorfosis menjadi bentuk seperti bintang laut dan akhirnya menjadi bintang ular.

 

 

 

 

Demikianlah materi pembahasan kali ini mengenai Ophiuroidea , semoga artikel kali dapat bermnafaat bagi sobat semua.

Artikel Lainnya :