Organisasi Sosial

Posted on

Organisasi Sosial – Setelah sebelumnya contohsoal.co.id telah menerangkan materi tentang Mobilitas Sosial Maka pada pertemuan kali ini akan kembali contohsoal.co.id sampaikan materi tentangOrganisasi Sosial – Pengertian, Ciri, Macam, Tujuan dan Contoh. Nah untuk lebih jelasnya bisa sobat simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Pengertian Organisasi Sosial

Organisasi Sosial
Organisasi Sosial

Apa yang dimaksud dengan Organisasi? yakni merupakan suatu wadah untuk berkumpulnya sekumpulan orang untuk melakukan sebuah kerja sama dengan secara rasional dan juga sistematis, terkontrol, dan terpimpin agar dapat menggapai sebuah tujuan tertentu dengan menggunakan sumber daya yang ada.

Secara umum di dalam sebuah organisasi akan menggunakan semua sumber daya tertentu yang dianggap mampuh untuk dapat mencapai tujuan, misalnya seperti; uang, lalu mesin, metode/ cara, lingkungan, kemudian dengan sumber daya manusia, dan lain sebagainya.

Adapun definisi dari sebuah organisasi sendiri di dalam dunia bisnis dapat diartikan sebgai sekumpulan orang yang melakukan penggabungan atau dengan secara bersama-sama agar dapat menggapai apa yang menjadi tujuan komersil.

Seperti misalnya pada sebuah organisasi non-profit, yang mana dalam dunia binis istilah ini biasanya mempunyai struktur yang cukup jelas sebab telah mempnyai budaya kerja.

Maka oleh sebab itu, dimana beda organisasi maka akan berbeda juga struktur dan juga tujuannya.

Tujuan Organisasi Sosial

Organisasi Sosial
Organisasi Sosial

Masih berkaitan dengan definisi dari sebuah organisasi, yang mana tujuan dari organisasi sendiri tak hanya terfokus oleh pencapaian visi dan misi dari suatu perusahaan saja, akan tetapi juga terhadap suatu peningkatan dalam memperoleh penghasilan yang dapat melempaui terhadap biaya produksi. Sehingga dalam hal ini yang menjadi pembeda antara organisasi profit dan non-porift.

Di bawah ini merupakan beberapa penjelasan mengenai tujuan dari sebuah organisasi yakni berikut ini ulasannya:

  • Dapat dijadikan sebagai sebuah tempat dalam melakukan sebuah kerjasama demi mencapai tujuan secara efektif dan efisien.
  • Dapat menambah kemampuan dan juga kemandirian, serta dapat mengolah berbagai sumberdaya yang telah ada.
  • Bisa dijadikan sebagai sebuah tempat wadah terhadap berbagai individu yang ingin mempunyai jabatan, lalu penghargaan, dan juga dalam suatu pembagian kerja.
  • Dapat dijadikan sebagai wadah agar dapat memeproleh atau mencari keuntungan dari kedua belah pihak.
  • Kemudian Organisasi mempunyai peranan yang penting dalam mengolah lingkungan dengan secara bersama-sama.
  • Kemudian dengan adanya sebuah organisasi bisa sangat membantu sejumlah individu agar dapat meningkatkan hubungan sosialisasi dan juga pergaulan serta bisa memanfaatkan banyak waktu luang dengan baik.
  • Dapat diajdikan sebagai sebuah wadah agar dapat mempunyai kekuasaan dan juga pengawasan.
Baca Juga :  Contoh Makalah : Pengertian, Jenis, Ciri yang Baik dan Benar

Tujuan Organisasi Secara Umum

Namun bukan hanya itu saja pada umumnya tujuan dari organisasi sendiri dapat dibedakan kedalam tiga jenis, berikut ini penjelasannya :

Tujuan Organisasi Jangka Pendek

Adapun yang dimaksud dalam hal Ini yakni merupakan salah satu tujuan dari sebuah organisasi yang musti bisa tercapai dengan waktu yang sangat singkat atau cepat dan berkala, pada umumnya waktu yang diperlukan yakni hanya dalam enam bulan hingga satu tahun.

Maka dengan adanya tujuan dari sebuah organisasi dalam jangka pendek ini yang nantinya akan bisa dijadikan sebagai acuan agar dapat menggapai suatu tujuan dalam jangka menengah dan juga jangka panjang.

Kemudian pada periode waktu dari tujuan jangka pendek ini akan disesuaikan dengan periode keuangan dari sebuah organisasi, yang mana penjelasan mengenai per enam bulan atau per tahun yakni yang disebut dengan tujuan operasional.

Misalnya : seperti terjadi kenaikan omset dengan sebesar 30% dalam kurun waktu enam bulan.

Tujuan Organisasi Jangka Menengah

Dalam hal ini menjadi salah satu tujuan dari sebuah organisasi yang musti bisa terpenuhi dalam waktu menengah.

Adapun utnuk Periode waktu yang diperlukan dalam agar dapat mencapa jangka menengah ini ialah sekitar satu hingga tiga tahun.

Adapun tujuan dari sebuah organisasi jangka menengah ini ialah merupakan susunan pencapaian tujuan organisasi jangka pendek atau dikenal juga dengan sebutan tujuan taktis.

Adapun Contoh dari jangka menengah ini ialah misalnya seperti: Adanya suatu peningkatan terhadap pangsa pasar dengan sebesar 20% dalam kurun waktu satu tahun.

Tujuan Organisasi Jangka Panjang

Kemudian selanjutya yamg mana dalam tujuan atau hasil akhir yang ingin diperoleh dari sebuah organisasi yang bisa diperoleh setelah menjalankan misi organisasi.

Untuk Periode waktu yang diperlukan ialah sekitar 3 tahun sampai dengan 5 tahun.

Kemudian untuk meraih tujuan jangka panjang ini jika sudah mengalami keberhasilan dalam mencapai tujuan jangka menengah dab biasanya dikenal juga dengan sebutan tujuan strategis.

Adapun Contoh tujuan organisasi ini ialah misalnya seperti: Menjadi market leader di dalam bidang bisnis waralaba yakni produk makanan dalam kurun waktu 5 tahun.

Ciri-Ciri Organisasi

Di bawah ini terdapat beberapa ciri-ciri dari suatu organisasi :

Terdiri Dari Sekelompok Orang

Di dalam suatu organisasi tentunya mempunyai sejumlah anggota yang mana diantaranya terdiri dari dua orang atau bahkan lebih.

Mempunyai Tujuan

Kemudian yang kedua yang menjadi alasan kenapa sejumlah orang melkukakn kerjasama dan membentuk organisasi ? yakni disebabkan oleh karena masing-masing individu mempunyai tujuan yang sama atau serupa yang berharap agar dapat terwujud. Sehingga dengan adanya tujuan itu, hingga akhirnya dari setiap para anggota di dalam sebuah organisasi akan saling melakukan bahu membahu agar dapat menggapai tujuannya.

Saling Bekerjasama

Agardapat menggapai apa yang menjadi tujuan dari seutau organisasi maka sangat diharapkan agar semua para anggotanya harus saling bisa mekaukan kerjasama.

Baca Juga :  Planet Merkurius

Sebab jika tidak adanya suatu bentuk kerjasama terhadap antar anggota dari suatu organisasi jelas apaun yang menjadi tujuan tidaka kan bisa terealisasi atau tercapai dengan efektif dan efisien.

Adanya Peraturan

Kemudian selanjutnya sudah pasti rasanya semua organisasi mempunyai ketetapan serta peraturan yang diberklakukan.

Sebab dengan adanya peraturan ini yang mana bertujuan agar dapat mengatur dan juga melakukan pembatasan terhadap sumberdaya yang ada agar dapat saling bersinergi ketika sedang dalam sebuah proses untuk mencapai suatu tujuan dan juga membentuk sebuah manajemen yang baik di dalam organisas.

Pembagian Tugas dan Tanggungjawab

Kemudian dalam membentuk suatu peraturan juga tentunya harus dengan disertai oleh adanya pembagian tugas dan juga tanggungjawab yang jelas pada setiap anggota organisasinya.

Dimana dalam pembagian tugas tersebut dapat dikerjakan dengan cara membentuk sejumlah divisi yang sangat bertanggungjawab pada sejumlah tugas dan juga tanggungjawabnya sendiri.

Tipe-tipe Organisasi Sosial

Di bawah ini terdapat beberapa tipe organisasi yang dapat dibedakan menjadi 2 macam yakni sebagai berikut.

Organisasi Formal

Dalam hal ini dimana bentuk dari organisasi formal sendiri dapat ditandai dengan adanya tanggung jawab yang tegas yang dijadikan sebagai landasan dan juga pedoman dalam proses pelaksanaan organisasi tersebut.

Kemudian terhadap kedisiplinan pada setiap para anggota dalam sebuah organisasi yang dapat diukur dengan tingkat kepatuhannya terhadap semua peraturan yang ada dan bersifat resmi.

Maka dalam hal ini, bentuk dari organisasi formal dapat didefinisikan sebagai sebuah organisasi yang berupaya dalam menggapai apa yang menjadi tujuan dengan mentaati segenap ketentuan ketentuan yang resmi (formal).

Namun selain itu dalam Organisasi formal mempunyai ciri-ciri khusus, yakni seperti berikut:

  • Yang pertama sebuah pola dalam komunitas yang relatif cukup
  • Tingkat kedisiplinnan dalam bekerja yang tealh diatur secara resmi
  • Mempunyai organisasi yang jelas
  • Mempunyai kemampuan dan keahlian
  • Dengan adanya tujuan dan juga perencanaan yang jelas.
Apa yang dimaksud dengan Organisasi? 

yakni merupakan suatu wadah untuk berkumpulnya sekumpulan orang untuk melakukan sebuah kerja sama dengan secara rasional dan juga sistematis, terkontrol, dan terpimpin agar dapat menggapai sebuah tujuan tertentu dengan menggunakan sumber daya yang ada.

Apa definisi Organisasi Dalam dunia Bisnis?

yakni dapat didefinisikan sebagai sekelompok orang yang melakukan sebuah hubungan kerjasama atau dengan secara bersama-sama agar dapat menggapai apa yang menjadi tujuan komersil.

Demikianlah materi pembahasan kali ini mengenai organisasi sosial, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat semua.

Artikel Lainnya :