Panca Indra

Posted on

Panca Indra – salam sejahtera bagi anda semua, pada waktu sebelumnya, contohsoal.co.id sudah membahas materi Metabolisme Karbohidrat secara jelas. Maka kali ini, contohsoal.co.id akan menyampaikan materi Panca Indra secara jelas baik dari Pengertian, Bagian, Fungsi dan Gambarnya. Baiklah penjelasan panca indra akan di uraikan di bawah ini, selamat membaca.

Panca Indra
Panca Indra

Pengertian Panca Indra

Panca indra ialah merupakan kelima alat indra utama pada bagian manusia, yang berfungsi untuk mengontak reaksi dari luar.

Dari kelima indra itu antara lain telinga sebagai indra pendengar, mata sebagai indra penglihatan, hidung sebagai indra pencium atau pembau, kulit sebagai indra peraba dan lidah sebagai indra perasa atau pengecap.

Panca indra juga bisa diartikan dalam bahasa kontak dan antarmuka, bahkan dikatakan sebagai spiritu dalam bentuk kesadaran diri terhadap di sekitarnya. Agama hindu sendiri mempercayai bahawa ada sebelas indra rasa sebagaimana disebutkan “EKADASA INDRIYA”. Setelah kita membahas mengenai pengertiannya maka selanjutnya kita akan membahas mengenai bagian-bagian indra, diantaranya :

Bagian-Bagian Indra

Lapisan Kulit

Lapisan kulit
Lapisan kulit

Jaringan Ikat Bawah Kulit (Hipodermis)

Hipodermis
Hipodermis

Jaringan ikat bawah kulit ialah dasat kulit jangat, pemisah batas hipodermis. Sebagai penyimpan tempat lemak di tubuh, sehingga di kenal sebagai dinding lemak pada bawah tubuh.

Dinding lemak sendiri berfungsi untuk menjaga dari benda keras saat berbenturan pada dinding lemak dan lemak sendiri berfungsi untuk menjaga suhu pada tubuh seperti menyimpan sumber energi sebagai cadangan dan menyimpan panas.

Kulit Jangat (Lapisan Dermis)

Kulit Jangat
Kulit Jangat

Kulit jangat ialah terurai atas kelenjar keringat, kelenjar minyak, pembuluh darah, ujung-ujung saraf indra dan kantung rambut. Lapisan yang paling kuat ialah pembuluh darah sebab dapat menyimpan +-5% jumlah darah pada tubuh. berikut susunan Kulit Jangat, diantaranya sebagai berikut :

  • Pembuluh darah
  • Ujung saraf indra
  • Kantung rambut
  • Kelenjar keringat
  • Kelenjar Minyak

Lapisan Luar Kulit/Kulit Ari (Lapisan Epidermis)

Lapisan luar kulit ialah memiliki ketebalan +-0,1mm lapisan luar kulit dari ke empat lapisan Epitel. Lapisan luar kulit memiliki ciri tersendiri di setiap lapisannya dan ke empat lapisan itu sendiri tidak memiliki pembuluh darah pada lapisan luar kulitnya. Dari proses suplai dermis maka ia mendapatkan nutrisinya. Berikut ke empat lapisan luar kulitnya:

  • Lapisan basal
  • Lapisan spinosum
  • Lapisan tanduk
  • Lapisan Malphigi
Baca Juga :  Fungsi Sitoskeleton

Indra pencium (Hidung)

Indra pencium
Indra pencium

Indra Pencium atau hidung ialah sebagai alat indra untuk menerima reaksi aroma yang diterimanya baik itu aroma wangi maupun aroma yang tidak sedap. Salah satu penerima hidung saat mencium aroma wangi dari farfum dan aroma tidak sedap dari bebauan, contoh saat mencium aroma bangkai atau bau badan.

Sehingga rangsangan aroma itu di teransfer kepada otak untuk menyaring sumber penciuman tersebut darimana asalanya. Dan apabila Hidung tidak bisa untuk menerima penciuman maka itu terjadi penyumbatan pada hidung yang disebut ANOSMIA, anosmia itu sendiri dikarnakan mengalami gangguan saraf pada rongga hidung, penyakit polip dan penyakit pilek. Berikut bagian-bagian hidung, diantaranya :

  • Rambut halus yang berfungsi sebagai penyaring udara luar
  • Rambut halus yang berfungsi untuk kepekaan atau kesensitifan pada indra pencium
  • Berkumpulnya ujung – ujung sarag penciuman
  • Serat saraf yang berfungsi sebagai penghantar penciuman ke otak kita

Indra Pendengaran (Telinga)

Indra Pendengaran
Indra Pendengaran

Telinga ialah salah satu bagian indra pada tubuh yang guna untuk menerima reaksi atau kontak saat mendengar suara dari luar. Di dalam telinga sendiri terdapat gendang telinga, sebagai perangsang saat mendapatkan sinyal suara.

Namun gendang telinga sendiri memiliki tenkanan apabila menerima gelombang suara dari luar. Jika gelombang itu lebih dari batas ketahanan gedang telinga, maka gedang telinga akan merasakan ngeyut dibagian telinga, bahkan bisa menyebabkan gedang telinga pecah. Batasan tekanan telinga itu ialah 20hz mencapai 20.000hz. Telinga sendiri memiliki bagian-bagiannya antara lain :

  • Telinga Dalam ; berfungsi untuk mentransfer suara kepada otak, yang terdiri dari rumah siput dan jorong.
  • Telinga Luar : terdiri dari daun telinga, yang berfungsi untuk menerima gertaran atau gelombang suara.
  • Telinga tengah : terdiri atas tulang telinga, saluran eustachius dan gendang telinga.

Indra Penglihatan (Mata)

Indra Penglihatan
Indra Penglihatan

Mata ialah guna untuk menerima tangkapan cahaya dari luar yang sehingga bisa melihat di sekitarnya. Mata sendiri ialah suatau alat yang utama pada makhluk hidup baik manusia maupun hewan. Mata sendiri bukan saja hanya memanfaatkan fungsinya pada bola mata, tentu ada peran yang lainnya guna untuk membantu penglihatan seperti ada bulu mata, kelopak mata dan alis mata. Ada bagian-bagian mata yang sebagai salah satu saraf pada mata, antara lain:

  • Retina : berguna untuk menyimpan cahaya di bagian dalam mata.
  • Kornea: berguna untuk penerus penangkapan cahaya masuk dalam bagian mata, dan cahaya di akhiri pada selaput retina atau jala.
  • Badan Bening : berguna untuk melanjutkan transferan cahaya melalui lensa mata.
  • Iris : Terletak pada bagian belakang kornea, dan di tengah iris terdapat celah pupil atau anak mata guna mengatur masuknya pada bagian dalam mata.
  • Lensa : berguna untuk menyimpan cahaya pada mata
Baca Juga :  Sistem Endokrin

Fungsi Indra

Fungsi Indra
Fungsi Indra

Fungsi indra ialah untuk mengontak setiap reaksi yang di berikan kepada setiap bagian-bagian indra tersebut. Dikarenakan dengan fungsi setiap indra itulah maka akan terjadinya efek reaksi pada setiap bagian tubuh. Seperti menerima kontak pendengaran pada telinga, rasa pedas di lidah, rasa gatal di bagian kulit, dan penglihatan di bagian mata.

Demikianlah atas apa yang contohsoal.co.id sampaikan, semoga artikel ini pembaca dapat pemahaman dan mengerti tentang materi panca indra. Sampai jumpa di artikel selanjutnya, sekian dan terimakasih.

Jelaskan fungsi mata ?

Mata ialah guna untuk menerima tangkapan cahaya dari luar yang sehingga bisa melihat di sekitarnya. Mata sendiri ialah suatau alat yang utama pada makhluk hidup baik manusia maupun hewan.

Apa yang dimaksud dengan indra penciuman :

Indra Pencium atau hidung ialah sebagai alat indra untuk menerima reaksi aroma yang diterimanya baik itu aroma wangi maupun aroma yang tidak sedap.

Jelaskan pengertian tentang panca indra ?

Merupakan kelima alat indra utama pada bagian manusia, yang berfungsi untuk mengontak reaksi dari luar. Dari kelima indra itu antara lain telinga sebagai indra pendengar, mata sebagai indra penglihatan, hidung sebagai indra pencium atau pembau, kulit sebagai indra peraba dan lidah sebagai indra perasa atau pengecap.

Baca juga artikel berikut: