Pengertian Akuisisi

Posted on

Pengertian Akuisisi Adalah – ialah pandangan situasi di mana perusahaan membeli sebagian besar atau bahkan seluruh saham perusahaan lain.

Kali ini contohsoal.co.id akan memberikan pelajaran mengenai Pengertian Akuisisi Adalah. Dimana pelajaran ini akan dikupas secara jelas, dengan berdasarkan Pengertian, Data, Biaya, Tujuan Dan Klasifikasi

Pengertian Akuisisi

Pengertian Akuisisi adalah pandangan situasi di mana perusahaan membeli sebagian besar atau bahkan seluruh saham perusahaan lain. Karena sebagian besar saham sudah dimiliki oleh perusahaan pembelian, semua kendali atas perusahaan lain akan ambil kuasanya.

Pengertian Akuisisi

Sementara itu, menurut Kamus Bisnis, merupakan aktivitas penyimpanan daftar. Artinya, disaat melakukan akuisisi, perusahaan memakai setidaknya 52% saham perusahaan yang di target. Dengan demikian, perusahaan pembeli dapat memiliki kontrol penuh atas perusahaan yang sahamnya dibeli lebih dari setengahnya.

Pengertian akuisisi Adalah, menurut pakar Muhammad Arsad kesepakatan antara dua pihak. Dalam transaksi ini, ada pembeli yang menerima aset yang dimiliki oleh penjual dan menjadi pemilik.

Pembeli dapat menjadi pemilik yang sah dengan membeli semua atau sebagian besar properti yang dimiliki oleh penjual, dalam hal ini perusahaan target.

Sementara itu, berdasarkan penyajian Pernyataan Standar Pelaporan Keuangan atau PSAK, adalah perebutan aset perusahaan oleh pembeli atau pengambilan. Dengan demikian, kendali atas perusahaan yang diambil sepenuhnya ditransfer ke pembeli.

Mengingat penjelasan di atas, dapat disimpulkan adalah persetujuan perusahaan yang oleh pembeli atau pemilik perusahaan yang di ambil kendali alihnya dan dapat berupa organisasi publik atau swasta.

Menurut Para Ahli

  • Adre Sukmayadi
    Akuisisi merupakan transaksi di mana pembeli (perusahaan) menerima sebagian atau seluruh aset atau bisnis penjual (perusahaan), atau seluruh atau sebagian saham atau surat berharga lain dari penjual, jika transaksi dilakukan berdasarkan perjanjian antara pembeli dan penjual.
  • Faris Al Farisi
    Definisi akuisisi adalah transaksi yang terjadi antara dua pihak di mana pembeli akhirnya menerima dan menjadi pemilik sebagian besar atau seluruh kekayaan penjual.
  • Standar Pelaporan
    Arti akuisisi adalah pengambilan kepemilikan perusahaan oleh pembeli (pengakuisisi), sebagai akibatnya kendali dialihkan ke perusahaan yang diakui atau diambil.
  • Mandala Putra
    Yang dimaksud dengan akuisisi adalah penggabungan dua perusahaan di mana perusahaan yang mengambil membeli bagian dari saham perusahaan yang diakuisisi, sehingga kendali atas manajemen perusahaan yang diambil dan dialihkan ke perusahaan yang mengakuisisi, sementara kedua perusahaan terus beroperasi sebagai badan hukum independen. badan hukum.
  • Vahuni Meri
    Akuisisi adalah pengambilalihan perusahaan melalui pembelian saham atau aset perusahaan, dan perusahaan yang tetap ada.
  • Michelle Bagel
    Yang dimaksud dengan akuisisi adalah pengambilan atau pembelian perusahaan lain dengan membeli mayoritas saham dari perusahaan target.
Baca Juga :  Struktur Teks Eksposisi

Data Akuisisi

Suatu Cara Kerja Siste Data Akuisisi

Setiap data penguji halnya memakai suatu sistem komputer untuk membaca data dan mengujinya dari awal hingga selesai. Proses analisis data ini di uji menggunakan suatu sistem yang disebut akuisisi data. Sistem akuisisi data ini adalah konversi sinyal analog ke nilai digital, yang kemudian dapat diproses.

Dalam pengumpulan data ini tentu saja mencakup beberapa komponen, seperti sensor, untuk mengukur parameter fisik yang selanjutnya akan dikonversi menjadi sinyal listrik. Sirkuit untuk menyesuaikan sinyal, yang berfungsi untuk mengubah sinyal sensor sehingga dapat dikonversi ke nilai digital. Sedangkan program yang mengelola pengumpulan data menggunakan bahasa pemrograman umum seperti BASIC, C, Fortran, Java, Lisp, dan Pascal.

Data Akuisisi

Sedangkan program perangkat keras yang digunakan untuk mengumpulkan data menggunakan COMEDI. Aplikasi API open source ini dirancang untuk mengakses dan mengontrol semua aktivitas pengumpulan data. Menggunakan aplikasi COMEDI ini, Anda dapat menjalankan program yang sama, bahkan jika pada sistem operasi yang berbeda, seperti Windows dan Linux.

Pengumpulan data adalah bentuk pengukuran suatu objek, seperti intensitas cahaya, suhu, tekanan gas, gaya, dan lainnya. Semua hal ini dapat diperoleh dari sensor yang dipasang selama pengujian.

Sistem bekerja, sensor yang dipasang selama pengujian akan mendeteksi objek yang diukur. Hasil penemuan ini nantinya akan diubah menjadi sinyal listrik. Sinyal listrik ini kemudian akan dikonversi ke bentuk tegangan dan didigitalkan menggunakan digital to analog converter (ADC).

Beberapa Jenis Sensor Yang Digunakan Untuk Mendapatkan Nilai Objek Yang Diukur:

  • Cahaya, gunakan sensor foto
  • Temperatur menggunakan resistensi termometer, termokopel, termistor
  • Akselerasi dengan Accelerometer
  • Tekanan dan gaya menggunakan transduser piezoelektrik dan strain gauge
  • Offset dan Posisi menggunakan Potensiometer LVDT
  • Kelembaban dengan Elektroda pH

Biaya Akuisisi

Biaya akuisisis merupakan biaya untuk memperoleh polis yang akan ditanggung oleh perusahaan asuransi dengan klien disaat membeli polis asuransi jiwa untuk menerima fasilitas polis tersebut, biaya ini biasanya digunakan untuk membiayai kegiatan perusahaan dan termasuk pembayaran biaya agensi. Biaya ini lumayan besar dan cukup lama, akan tetapi tidak selalu dibebankan selama 5 tahun dari premi asuransi klien dengan persentase yang lebih rendah setiap tahun.

Selain Biaya Perolehan Pelanggan, Ada Beberapa Hal Juga Yang Telah dikenakan, termasuk :

  • Biaya asuransi – ini adalah biaya berbasi aktual untuk manfaat yang diterima, setelah itu perusahaan asuransi membayar perusahaan reasuransi (Reas). biaya ini akan berubah nilainya setiap tahun ketika orang yang diasuransikan bertambah tua.
  • Biaya administrasi adalah biaya administrasi akun yang dibebankan setiap bulan.
  • Biaya awal deposan / pengisian, biaya awal ketika menempatkan deposan / pengisian.
  • Nilai investasi adalah nilai manajemen investasi.

Karena biaya akuisisi cukup tinggi di tahun pertama dan kedua, biaya asuransi dan administrasi pertama-tama akan dikurangi oleh perusahaan asuransi dan akan dikurangkan mulai dari tahun ketiga.

Baca Juga :  Contoh Iklan Baris : Pengertian, Jenis, Fakta dan Opininya

Akuisisi Tujuan

Saat melakukan akuisisi, tentu saja, ada tujuan yang harus dicapai oleh para pemakai kepentingan ini. Secara umum, berikut meupan tujuannya:

Perlindungan pasar

Persaingan bisnis yang cukup sulit adalah salah satu alasan akuisisi. Disaat suatu organisasi ingin memperkokoh tempat atu posisinya di pusat pembelanjaan harus, diyakini bahwa akuisisi pesaing melindungi pasar yang ingin dikontrolnya.

Akuisisi produk tertentu

Salah satu cara untuk mengembangkan bisnis perusahaan dapat dengan membuat produk baru. Disaat suatu organisasi lain menciptakan suatu produk yang berkualitas dan diharapkan, produk ini dapat dibeli untuk pengembangan lebih lanjut.

Memperkuat bisnis inti

Pengambilalihan perusahaan lain yang bergerak dalam bisnis yang sama pada akhirnya akan memperkuat bisnis inti perusahaan, sehingga menjadi lebih kuat dan lebih besar.

Tambahkan Sinergi perusahaan

Sebagai aturan, akuisisi dilakukan untuk meningkatkan laba atau nilai tambah dari perusahaan yang terlibat dalam proses akuisisi, bagus akuisisi dan akui.

Memperluas pangsa pasar

Pengambilan dapat sering kali digunakan karena perusahaan ingin memperluas pangsa pasarnya, karena perusahaan yang diakuisisi sudah memiliki pangsa pasar yang cukup besar.

Klasifikasi Akuisisi

Gelobalnya, akuisisi bisa dan mudah diklasifikasikan berbagai dalam 2 golongan utama, yaitu, berdasarkan pada objek pengambilan atau bentuk dasar, dan berdasarkan pada jenis bisnis. Mengacu pada definisi akuisisi di atas, jenis-jenisnya adalah sebagai berikut:

Berdasarkan Formulir Dasar Atau Obyek Akuisisi

  • Konsolidasi atau Penggabungan Penggabungan adalah proses penggabungan dua atau lebih perusahaan ketika nama perusahaan baru dibuat sebagai hasil merger.
  • Akuisisi saham adalah pembelian saham di perusahaan baik secara tunai atau penggantiannya dengan sekuritas lain. Misalnya, obligasi atau saham lainnya.
  • Akuisisi aset adalah pembelian aset perusahaan, yang tujuannya adalah untuk mencegah kemungkinan pengambilan oleh pemegang saham minoritas perusahaan.

Berdasarkan Jenis Bisnisnya

  • Pengambilalihan horizontal adalah pengambilalihan perusahaan target yang memiliki lini bisnis yang sama untuk meningkatkan pangsa pasarnya. Dengan kata lain, akuisisi ini akan membunuh perusahaan pesaing sebagai pesaing dalam produksi dan pemasaran.
  • Secara vertikal merupakan pengalihan suatu perusahaan yang masih berada dalam rantai atau tingkatan produksi yang sama, yang tujuannya adalah untuk memastikan pengadaan dan penjualan bahan.
  • Pengambilan oleh konglomerat merupakan pengalihan suatu kelompok organisai lain yang tidak terkait dengan perusahaan penyerap, bagus pandangan Vertikal maupun horizontal. Tujuan dari pengambilalihan ini adalah untuk mendukung perusahaan pengambilalihan dan memperkuat keadaan kelompok portofolio perusahaan.

Demikianlah sobat yang dapat kami sampaikan materi pelajaran ini. Semoga dengan apa yang telah kami sampaikan dalam artikel ini, dapat memberikan pemahaman serta bermanfaat untuk sobat semua. AMIN.

Baca Juga: