Perbedaan DNA dan RNA

Posted on

Perbedaan DNA dan RNA -. Setelah sebelumnya contohsoal.co.id telah menerangkan materi tentang Fungsi Mikrotubulus Maka dipertemuan kali ini akan kembali contohsoal.co.id sampaikan materi tentang perbedaan DNA dan RNA secara lengkap besert fungsi, struktur, persamaan dan gambar. Nah untuk lebih jelasnya, mari simak ulasan di bawah ini.

Pengertian DNA dan RNA

Perbedaan DNA dan RNA
Perbedaan DNA dan RNA

Apa yang dimaksud dengan DNA atau deoxyribonucleic acid) atau asam deoksiribosa nukleat? yakni merupakan salah satu jenis biomolekul yang menyimpan serta menyandi semua instruksi genetika dari setiap organisme yang di dalamnya terdapat sangat banyak jenis virus berupa asam nukelat di dalam sel makhluk hidup.

Pada DNA tersusun dari sebuah materi yang membentuk kromosom-kromosom dan sebuah informasi genetik yang berada dan tersimpan dalam tubuh makhluk hidup.

Pengertian RNA

Apa yang dimaksud dengan RNA (ribonucleic acid) atau disebut dengan asam ribonukleat? yakni merupakan suatu molekul polimer yang terlibat dalam berbagai peran biologis dalam mengkode, dan dekode, serta regulasi, kemudian ekspresi gen.

Selanjutnya pada RNA juga merupakan sebuah makromolekul yang berperan sebagai tempat menyimpan dan juga menyalurkan informasi genetik.

Struktur RNA

Perbedaan DNA dan RNA
Perbedaan DNA dan RNA

Dan RNA juga merupakan polinukleotida, akan tetapi pada ukurannya jauh lebih pendek dibandingkan polinukleotida penyusun DNA.

Sebab pada RNA hanya tersusun dari satu rantai. Sedangkan pada gula pentosa yang menyusun RNA ialah merupakan suatu gula ribosa. Selanjutnya untuk basa nitrogen yang menyusun RNA ialah:

  • Purin yang tersusun atas adenin dan guanin
  • Pirimidin yang tersusun dari sitosin dan urasil, sedangkan pada RNA dibentuk oleh DNA di dalam inti sel.

Struktur DNA

Apa itu Asam deoksiribonukleat atau disebut DNA? yakni merupakan suatu persenyawaan kimia yang sangat penting dalam makhluk hidup, yang berperan dalam mengantarkan keterangan genetik dari sel khususnya atau dari setiap makhluk hidup dari satu generasi ke generasi berikutnya.

Dimana DNA juga merupakan suatu jenis polimer nukleotida ganda yang berpilin atau disebut dengan (double heliks). 

Kemudian pada setiap nukleotida tersusun dari satu gugus phospat, dan satu basa nitrogen, serta satu gula pentosa.

Kemudia pada gula pentosa yang menyusun DNA tersebut terdiri dari gula deoksiribosa yang kekurangan satu molekul oksigen.

Baca Juga :  Cnidaria

Seperti yang sudah dijelaskan diatas bahwa basa nitrogen yang merupakan penyusun DNA terdiri dari purin dan pirimidin.

Yang mana purin tersebut terdiri dari adenin dan guanin, sedangkan pada pirimidin tersusun dari sitosin dan timin. 

  • Dari msaing-masing DNA terdiri atas dua rantai polinukleotida yang berpilin atau disebut (double heliks).
  • Kemudian pada setiap nukleotida terletak pada bidang datar yang membentuk seperti anak tangga, lalu pada phospat ia membentuk ibu tangganya.
  • Kemudian dari kedua rantai polinukleotida akan saling dihubung dengan ikatan hidrogen pada tiap-tiap pasangan basa nitrogennya.
  • Selanjutnya padabBasa purin yang selalu berkaitan dengan basa pirimidin, dan merupakan sebuah pasangan yang tetap. Pada adenin (A) yang di dapat dari kelompok purin yang kerap disandingkan dengan Timin (T) sedangkan dari kelompok pirimidin, dimana guanin (G) kerap di sandingkan dengan Sitosin (S) dan membentuk kelompok pirimidin.

Perbedaan DNA dan RNA

  • Pada basa nitrogen yang terkandung di dalam DNA akan disusun oleh purin yang juga berasal dari susunan Guanin (G) dan Adenin(A) serta pada pirimidin yang juga masih berasal dari susunan Cytocine(C) dan Timin (T).
  • Kemudian pada DNA memiliki sebuah rantai yang panjang dan juga ganda serta berpilin atau disebut (double helix), sedangkan pada RNA hanya mempunyai rantai tunggal dan juga pendek.
  • Pada DNA biasanya bisa ditemukan di bagian kloroplas, mitokondria, dan nukleus. Sedangkan pada RNA sendiri bisa ditemukan di bagian ribosom (r-RNA), lalu sitoplasma (t-RNA), dan kemudian di nukleus (m-RNA)
  • Pada DNA berperan dalam mewariskan sifat serta mensintesis protein. Namun Sedangkan pada RNA sangat berperan hanya untuk mensintesis protein.
  • Di dalam komponen gula yang menyusun DNA ialah Deoksiribosa Namun sedangkan gula yang merupakan penyusun RNA yakni Ribosa.
  • Kemudian susunan DNA ialah gugus asam amino rantai ganda, sedangkan RNA yakni gugus asam amino rantai pendek.
  • Pada umumnya DNA mempunyai bentuk yang panjang membentuk membulat, Dan sedangkan RNA pendek dan berbentuk tipis.
  • Kemudian kadar pada DNA bersifat statis atau tetap /tidak berubah sebab tidak dapat terpengaruh oleh adanya aktivitas sintesis protein maupun genetis., namun sedangkan kadar pada RNA tidak berubah sebab adanya aktivitas sintesis protein.
  • Pada DNA mempunyai bentuk seperti pita spiral ganda, namun sedangkan pada RNA berbentuk pita tunggal.
Baca Juga :  Vertebrata (Hewan Bertulang Belakang)

Persamaan DNA dan RNA

Dna dan RNA merupakan bahan yang berasal dari asam nukleat dan keduanya memiliki tulang punggung yang terbuat dari gula fosfat kompleks.

Asam nukleat ini berperan penting dalam memberikan dasar kimia untuk membagikan keterangan pada semua sel makhluk hidup.

Keduanya juga memiliki sifat fisik dan kimia yang sama karena keduanya memiliki ikatan yang sama melalui jembatan fosfodiester pada bagian mononukleotida.

Secara bersama-sama, fungsi DNA dan RNA akan menjadi struktur penting dalam pembentukan gen dalam setiap mahkluk hidup, mulai dari bersel tunggal hingga bersel banyak.

  • Bahan yang sama-sama merupakan asam nukleat
  • Keduanya sama-sama tersusun oleh nukleotida      
  • Dari keduanya sama-sama mempunyai tulang punggung dengan berupa gula fosfat kompleks
  • Kemudian pada keduanya mempunyai 4 tipe basa nitrogen

Fungsi DNA dan RNA

  • Mengantarkan materi genetika dari generasi sebelumnya ke berikutnya
  • Mengamati kehidupannya baik secara langsung maupun tidak
  • Kemudian digunakan sebagai auto katalis atau menggandakan diri
  • Selanjutnya digunakan sebagai heterokatalis atau melakukan sintetis terhadap senyawa lain.

Fungsi RNA

  • Digunakan sebagai tempat penyimpan informasi
  • Digunakan penghubung antara DNA dan protein dalam proses ekspresi genetik sebab diberlakukan terhadap organisme hidup
Sebutkan perbedaan antara DNA dan RNA?

Yakni terdapat pada komponen gula penyusunnya dimana DNA disusun oleh Deoksiribosa , sedangkan RNA yakni disusun oleh Ribosa

Sebutkan Persamaan antara DNA dan RNA?

Dari keduanya sama-sama mempunyai tulang punggung dengan berupa gula fosfat kompleks

Apa yang dimaksud dengan RNA atau asam ribonukleat ?

yakni merupakan suatu molekul polimer yang terlibat dalam berbagai peran biologis dalam mengkode, dan dekode, serta regulasi, kemudian ekspresi gen.

Apa yang dimaksud dengan DNA atau deoxyribonucleic acid atau asam deoksiribosa nukleat?

yakni merupakan salah satu jenis biomolekul yang menyimpan serta menyandi semua instruksi genetika dari setiap organisme yang di dalamnya terdapat sangat banyak jenis virus berupa asam nukelat di dalam sel makhluk hidup.

Demikianlah materi pembahasan kali ini mengenai perbedaan DNA dan RNA, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi sobat semua.

Artikel Lainnya :