Pithecanthropus Robustus

Posted on

Pithecanthropus Robustus –  Setelah sebelumnya ContohSoal.co.id telah membahas materi tentang Meganthropus Paleojavanicus Maka dipertemuan kali ini akan ContohSoal.co.id jelaskan materi mengenai Pithecanthropus Robustus atau yang disebut dengan manusia purba, mulai dari pengertian, penjelasan, ciri dan corak kehidupannya. Nah penasaran bukan.!! yuk langsung aja kita simak ulasannya dibawah ini.

Pengertian Pithecanthropus Robustus

Pithecanthropus Robustus

Apa yang dimaksud dengan Pithecanthropus robustus yakni merupakan salah satu jenis manusia purba yang hidup pada zaman prasejarah (zaman dimana manusia belum mengenal tulisan).

pada jenis manusi purba Pithecanthropus robustus ini kerap dikaitkan dengan ciri Pithecanthropus mojokertensis.Yang mana  Manusia purba ini sangat banyak ditemukan di Kepulauan Jawa.

Menurut perkiraan jenis Pithecanthropus robustus telah hidup pada masa sekitar dua perempat juta tahun yang lalu sampai satu setengah juta tahun yang lalu.

Kemudian dari jenis Pithecanthropus robustus paling banyak ditemukan di daerah Mojokerto, Kedungbribus, Trinil, Sangiran, Sambung Macan atau Kota Sragen, dan Ngandong.

Dari hasil penemuan diketahui bahwa Pitecanthropus mempunyai begitu banyak jenisnya misalnya seperti Pithecanthropus mojokertensis atau disebut juga robustus, soloensis, dan erectus.

Ciri-Ciri Fisik Pithecanthropus Robustus

Pada manusia purba jenis Pitecanthropus robustus ini mepunyai ciri yakni sebgai berikut:

  • Mempunyai badan yang tegap, tetapi tidak seperti perawakan Meganthropus
  • Mempunyai tinggi badan antara 165 – 180 cm
  • Mempunyai gigi geraham dan tulang rahang yang kuat
  • Mempunyai bagian kening yang menonjol
  • Tidak memiliki dagu, tidak seperti jenis manusia purba Meganthropus
  • Mempunyai volume otak yang belum sempurna seperti pada jenis Homo, yaitu sekitar 750 sampai dengan 1.300 cc
  • Tulang pada bagian atap tengkorak berbentuk lonjong dan berstruktur tebal
  • Memiliki alat pengunyah dan mulai memiliki otot tengkuk yang kecil

Sejarah Penemuan Pithecanthropus Robustus

Kata Pitecanthropus sendiri mempunyai arti yakni sebagai manusia kera. Selanjutnya secara umum manusia purba jenis Pitecanthropus ini mempunyai ciri yang diantaranya yakni rahang bawah kuat, tulang pipi tebal, kening menonjol, tulang belakang menonjol dan tajam, tidak berdagu, memakan tumbuh-tumbuhan, perawakan tegap, dan mempunyai perlekatan otot tengkuk yang besar dan kuat.

Baca Juga :  Contoh Konjungsi Temporal : Pengertian Dan Ciri-Cirinya

Pitecanthropus robusstus atau Pitecanthropus mojokertensis ialah merupakaqn suatu fosil manusia purba yang ditemukan pada tahun 1936.

Penemuan fosil manusia purba jenis ini dimana ada seorang yang bekerja di bawah pimpinan para ahli purbakala Dufyjes yang bernama Tjokrohandoro dimasa itu, ia menemukan fosill tengkorak anak-anak di daerah Kepuh, Klagen tepatnya di daerah Mojokerto.

Pada penemuan Fosil ini terdapat dilapisan bawah atau pucangan yang kemudian diberi nama fosil Pitecanthropus mojokertensis atau disebut juga Pitecanthropus robustus.

Fosil ini disebutkan sebagai fosil manusia purba tertua diantara jenis Pitecanthropus lainnya.Kemudian pada Pitecanthropus robustus berasal dari kata pitheciane yang berarti kera, anthropos artinya manusia, dan robusstus yang memiliki arti kuat.

Maka dapat disimpulkan bahwa Pitecanthropus robusstus ialah merupakan suatu manusia kera yang sangat kuat. Secara bahasa Pitecanthropus robustus yang berarti manusia kera yang berukuran besar dan memiliki tubuh yang sangat kuat.

Manusia purba jenis ini awalnya menempati daerah Mojokerto. Dari hasil Penemuan bebrapa fosil wilayah Mojokerto jal inilah yang menjadikan Pithecanthropus robusstus dinamai dengan Pithecanthropus mojokertensis atau disesuaikan dengan daerah yang ditemukannya. Ciri utama dari bentuk fisik yang paling mencolok, yaitu bentuk hidung yang melebar mirip dengan hidung kera.

Corak Kehidupan Pithecanthropus Robustus

  • Tidak mempunyai tempat tinggal.
  • Hidup sendiri atau dengan berkelompok.
  • Mengumpulkan makanan seperti umbi-umbian.
  • Menggunakan kapak genggam untuk berburu hewan.
  • Berlindung didalam goa.
  • Membuat lukisan berupa cap jari tangan dan babi rusa
  • Dalam keadaan terpanah, biasanya menggunakan warna putih, hitam, serta juga merah.
  • maca mercocok tanam

 

 

Demikianlah materi pembahasan kali ini tentang Pithecanthropus Robustus , semoga artikel ini dapat bermnfaat serta dapat menambah ilmu pengetahuan dan wawasan sobat semua.

Artikel Lainnya :