Planet Jupiter

Posted on

Planet Jupiter – Materi makalah menegenai planet jupiter beserta pengertian ciri, struktur,masa ,asmostfir, suhu dan faktanya, namun dipetemuan sebelumnya kami sudah membahas mengenai Planet Uranus. Baiklah langsung aja mari kita simak ulasan dibawah ini.

Pengertian Planet Jupiter

Nama Jupiter dalam bahasa Arab dikenal sebagai Mustari, atau dalam bahasa Sanskerta disebut Wrespati. Planet ini merupakan yang terbesar dalam tata surya, yaitu lebih besar dibanding bintang lainnya. Volumenya 1.300 kali volume Bumi. Garis tengahnya 142.860 km.
Planet ini mempunyai daya tarik gravitasi 2,65 kali daya tarik pada bumi. Jadi, jika berat kalian sekarang 50 kg, di Jupiter berat kalian akan menjadi 2,65 kali, yaitu lebih dari 130 kg. Jupiter sebagian besar terdiri atas gas-gas hidrogen (H2), helium (He), metana (CH4), dan amoniak (NH3).
Sebagai planet terbesar, Jupiter memiliki massa kira-kira sebesar 2/3 dari seluruh massa dalam tata surya kita di luar matahari, atau kira-kira 320 kali lebih besar dari massa Bumi kita. Jupiter memiliki kepadatan yang relatif kecil, yaitu kurang dari kepadatan air dan berat jenisnya lebih kecil dari berat jenis air.
Info Geografi!
Jupiter adalah planet yang ukurannya terbesar pada susunan Tata Surya. Jika kita bayangkan Jupiter sebagai wadah, maka ia mampu menampung sebanyak 1310 planet seukuran Bumi. 

Ciri-Ciri Planet Jupiter

planet yupiter
planet yupiter
Secara umum, ciri-ciri planet atau karakteristik planet Jupiter adalah sebagai berikut.
Jarak Jupiter ke matahari ±778 juta km
Garis tengahnya adalah 142.600 km
Rotasinya adalah 9 jam 50 menit
Revolusinya adalah 11,9 tahun (±12 tahun bumi)
Jupiter terdiri dari cairan hidrogen, amoniak, helium dan methan (BJ = 1,33, sedangkan BJ air = 1)
Jupiter mempunyai atmosfer, tetapi gerakannya sangat lambat dibuktikan dengan adanya noda-noda pada Jupiter yang kelihatan tetap, tidak berpindah tempat
Atmosfer terbentuk dari zat amoniak dan methan
Formasi-formasi awan yang tampak pada ban ekuatornya terdiri dari gas-gas yang berkondensi (mengental atau mengembung)
Terdapat zat air, zat arang, dan zat lemas yang dapat bersenyawa sehingga menjadi methan dan amoniak karena temperatur yang amat rendah (-140oC)
Diameter Jupiter adalah 11x diameter bumi
Permukaannya adalah 120x luas bumi
Tak ada kehidupan karena atmosfernya bertemperatur -140oC
Jupiter mempunyai 67 satelit alami

Struktur Planet Jupiter

Struktur planet Jupiter yang akan dibahas di sini meliputi permukaan, komposisi, struktur dalam, cincin, massa dan gravitasi, medan magnet, atmosfer, suhu, cuaca dan iklim planet Jupiter. Berikut ini penjelasan lengkapnya.
Permukaan Planet Jupiter
Pada permukaan Jupiter setelah diteliti oleh para ahli terdapat noda atau disebut dengan bintik merah besar (great red spot) merupakan sabuk awan besar yang berbentuk lonjong dan selalu menyelimuti permukaan. Adanya bintik merah ini diduga terjadi karena gangguan pada atmosfer Jupiter .
Permukaan Jupiter tersusun atas hidrogendan helium dalam bentuk cair atau gas sehingga Jupiter tampak seperti bola gas raksasa. Maka sebab itu yang mana pada planet ini dapat memantulkan lebih dari 70% cahaya matahari yang diterimanya. Luas permukaan planet Yuipiter adalah 120 kali luas permukaan planet Bumi.

Cincin Planet Jupiter

Namun bukan hanya planet Saturnus dan Neptunus yang mempunyai cincin akan tetapi Jupiter juga memilikinya. Cincin pada planet ini merupakan cincin yang tipis. Adapun pada cincin itu tersusun atas 3 bagian :
  • Cincin halo
  • Cincin utama
  • Cincin gossamer
Cincin-cincin ini terbuat dari material debu. Sehingga memungkinkan bahwa cincin bagian ini tersusun atas material yang terlempar dari satelit Adrestea dan Metis.
Hingga materi-materi tersebut mengorbit Jupiter . Lalu selanjutnya pada materi ini akan lebih dipertebal dengan hasil tubrukan satelit lain.

Massa dan Gravitasi Planet Jupiter

Jupiter merupakan planet terbesar yang terdapat pada tata surya. Dari hasil perkiraan yakni 318 merupakan massa pada planet ini kali lebih besar dibandingkan dengan massa planet bumi. Hal ini menunjukkan bahwa planet Jupiter memiliki massa sekitar 1,8986 × 1027 km3. Kerapatan massanya sekitar 1330 kg/m3. Pada permukaannya planet jupiter mempunyai kecepatan gravitasi 2,4 kali lebih besar dari percepatan gravitasi bumi. Berarti bahwa gravitasi di Jupiter sekitar23,52 m/s2.

Atmosfer Planet Jupiter

Jupiter merupakan planet terbesar di tata surya, begitu pula dengan atmosfernya. Atmosfer Jupiter juga merupakan atmosfer planet yang terbesar yang terdapat dalam tata surya. Ketinggian atmosfer Jupiter membentang mencapai 5.000 km. Akan tetapi karena Yupitar adalah planet yang tidak memiliki permukaan maka dasar atmosfernya diperkirakan terletak pada bagian yang bertetekanan atmosfer sebesar 10 bar. Atau diperkirakan sekitar 10 kali dari tekanan permukaan atmosfer bumi.

Suhu dan Iklim Planet Jupiter

Suhu rata-rata di planet Jupiter sekitar -123,5oC. Planet Jupiter memiliki kemiringan sumbu yang relatif kecil. Kemiringan sumbu tersebut adalah 3,13o. Jadi pada planet jupiter tidak mengalami proses perubahan musim yang signifikan jika dibandingkan dengan perubahan musim di bumi atau mars. Akan tetapi hampir setiap waktu di permukaan Jupiter terjadi badai, terutama pada bagian titik besar yang tampak berwarna merah.

Orbit Revolusi dan Rotasi Planet Jupiter

Jarak Jupiter dari matahari sekitar 778.000.000 km atau setara dengan 5,20 SA. Planet ini memerlukan waktu 11,86 tahun untuk mengelilingi matahari dalam satu kali putaran. Sama seperti planet lainnya orbit Jupiter juga berbentu elips, yang terinklinasi sekitar 1,31o jika dibandingkan dengan Bumi. Planet ini memiliki kemiringan sumbu yang relatif kecil hanya sekitar 3,13o. Dengan itulah mengapa Jupiter tidak mengalami perubahan musim yang signifikan.

Satelit Planet Jupiter

Jupiter memiliki 67 satelit alami. Dari satelit-satelit tersebut, diameter 51 satelit tercatat kurang dari 10 kilometer dan baru ditemukan setelah tahun 1975. Empat satelit terbesar Jupiter dijuluki satelit-satelit Galileo, yaitu Io, Europa, Ganymede, dan Callisto.
Satelit-Satelit Galileo
Maka ini yang dapat menyebabkan pada Io mempunyai suatu aktivitas vulkanik, meskipun dari efeknya juga dapat dilihat di permukaan Europa yang secara geologis muda (sehingga menunjukkan terjadinya pelapisan kembali).
Satelit-satelit Galileo dibandingkan dengan Bulan
Nama
Diameter
Massa
Jari-jari orbit
Periode orbit
Km
%
Kg
%
Km
%
Hari
%
Io
3643
105
8,9×1022
120
421.700
110
1,77
7
Europa
3122
90
4,8×1022
65
671.034
175
3,55
13
Ganymede
5262
150
14,8×1022
200
1.070.412
280
7,15
26
Callisto
4821
140
10,8×1022
150
1.882.709
490
16,69
61

Fakta Menarik tentang Planet Jupiter

Berikut ini adalah beberapa fakta yang mengejutkan mengenai planet Jupiter ini, silahkan kalian simak baik-baik uraiannya.
  • Planet Jupiter Terlihat Dari Bumi
Sebagai benda langit tercerah ke 4 di tata surya. Tentunya hanya pada saat tertentu Planet ini bisa dilihat dari bumi
  • Misi Ruang Angkasa
Setidaknya terdapat 8 wahana pesawat ruang angkasa yang telah diluncurkan untuk meneliti planet terbesar di tata surya ini. Pada pemberangkatan pertama ditahun 1973, mengirimkan hasil mengenai material penyusun planet serta fenomena yang terjadi di dalamnya. simak dibawah ini merupakan daftar wahana pesawat ruang angkasa yang diberangkatkan untuk meneliti planet ini.
Nama Wahana
Tanggal Sampai
Jarak Wahana dengan Jupiter
Pioneer 10
3 Desember 1973
130.000 km
Pioneer 11
4 Desember 1974
34.000 km
Voyager 1
5 Maret 1979
349.000 km
Voyager 2
9 Juli 1979
570.000 km
Ulysses
8 Februari 1992
408.894 km
4 Februari 2004
120.000.000 km
Galileo
7 Desember 1995
Masuk ke dalam atmosfer
Cassini
30 Desember 2000
10.000.000 km
New Horizons
28 Februari 2007
2.304.535 km
Juno
4 Juli 2016
4200 km
  • Kehidupan di Planet Jupiter
Menurut para ilmuwan kehidupan di planet Jupiter mungkin saja bisa terjadi, namun bentuk kehidupannya tidak seperti di Bumi. Hal ini karena sedikitnya kandungan air. Kehidupan berbasis air dan amonia kemungkinan dapat berkembang di atmosfernya. Pendapat tersebut berdasarkan kehidupan bawah laut, dimana terdapat hewan-hewan yang mampu bertahan pada tekanan tinggi.
  • Planet Jovian
Planet di tata surya bisa dikelompokkan menjadi 2 kelompok berdasarkan sifat sifat fisisnya. Planet Terrestial yang mana ia merupakan planet suatu yang mempunyai sebuah permukaan dan tersusun dari bebatuan. Adapun mengenai planet Jovian ialah merupakan sebuah planet gas raksasa yang permukaannya tersusun dari  gas seperti planet Jupiter, Saturnus, Uranus, dan Neptunus.
  • Misteri Planet Jupiter
NASA memberangkatkan sebuah pesawat ruang angkasa bernama Juno yakni dalam menguak misteri planet ini. Pada pesawat yang digunakan dalam misi tersebut yakni merupakan pesawat tanpa awak yang butuh waktu 5 tahun untuk mencapai planet raksasa ini.
  • Bintik Merah Besar
Sebelumnya sudah kita bahas mengenai yang mana planet ini sering terjadi badai raksasa karena adanya atmosfernya mempunyai suatu aliran angin yang berbeda. Bintik merah besar pada lapisan atmosfer planet ini yakni diakibatkan oleh badai raksasa tersebut. Dimana bintik merah ini telah diketahui sejak abad ke 17.
  • Memiliki Satelit Terbesar
Satelit terbesar yang ada ditata surya ini ialah terdapat pada planet Jupiter yang diantaranya, satelit Ganymede. Satelit ini mengelilingi planetnya dalam kurun waktu sekitar 7 hari. Namun massanya hanya separuhnya. Pertama kali yang menemukan satelit ini ialah Galileo ditahun 1610, namun nama satelit ini diusulkan oleh Simon Marius.
  • Warna Planet Jupiter
Planet ini mempunyai warna yang terdiri dari oranye dan putih. Yang mana Warna tersebut dihasilkan dar awan yang ada pada atmosfer Jupiter. Perbedaan warna ini menunjukkan bahwa atmosfernya terdiri dari lapisan-lapisan yang berbeda. Pada bagian yang berwarna terang atau putih mengandung unsur amonia. Sementara bagian yang berwarna gelap atau oranye mengandung amonium hidrosulfida.
  • Memancarkan Gelombang Radio
Ditata srya planet jupiter merupakan sebuah yang mempunyai Medan magnet yang paling kuat. yang mana pada kedua kutub planet ini besarnya 14 kali lebih besar dari magnet Bumi. Lalu kemudian terdapat Ion gas hidrogen, oksigen, dan sulfur yang mana telah teronisasi di magnestofer Jupiter hingga membentuk helai plasma.
  • Hujan Meteor
Planet ini juga dijuluki sebagai pembersih tata surya. Sebab terdapat gravitasi pada planet ini sehingga dapat menarik batuan asteroid yang kemudian menghujani planet ini dengan meteor. Hal tersebut disebabkan oleh karena letak lintasan asteroid yang berada di antara planet Mars dan Jupiter.
Demikianlah materi pembahasan planet jupiter beserta pengertian ciri, struktur,masa ,asmostfir, suhu dan faktanya kali ini, semoga artikel ini apat bermanfaat serta dapat menambah ilmu pengetahuan kita semua.

Artikel ContohSoal.co.id Lainnya

: