Planet Merkurius

Posted on

Planet Merkurius – Materi makalah pembahasan kali ini mengenai planet merkurius beserta pengertian, ciri, strukur dan faktanya, namun dipertemuan sebelumnya kami sudah membahas mengenai Urutan Planet. Baiklah langsung aja mari kita simak bersam ulasan dibawah ini.

Pengertian Planet Merkurius

merkurius
merkurius

Merkerius ialah merupakan suatu planet yang berbatu dengan permukaan yang tampak seperti bulan. Planet Merkurius dipenuhi bukit, kawah, dan lekukan-lekukan besar seperti jurang

Pengamatan pertama kali mengenai planet Merkurius dilakukan oleh zaman orang Sumeria pada abad ke-3 sebelum masehi. Kemudian bangsa Romawi menamakan planet ini dengan nama salah satu dewa mereka, yaitu Merkurius. Dalam mitologi Yunani, dewa Merkurius disebut juga sebagai Hermes sedangkan dalam mitologi Babilonia disebut juga sebagai Nabu.
 
Merkurius dikenal dalam bahasa Arab sebagai utarid, dan dalam bahasa Sanskerta disebut Lintang Buddha. Planet Merkurius merupakan planet paling dekat dengan matahari sehingga memperoleh penyinaran matahari dalam waktu yang lama. Matahari dan Merkurius berjarak kurang lebih 57 juta km. Sedangkan jarak dengan Bumi sekitar 92 juta km. Ukurannya hanya 27% dari ukuran Bumi.
 
Jika dibandingkan dengan tarikan kuat matahari, medan gravitasi Merkurius terlalu lemah untuk menahan gas apa pun, sehingga Merkurius tidak memiliki atmosfer. Ini berarti tiada perlindungan terhadap meteor dan komet yang terus berjatuhan di permukaannya dan menimbulkan kawah-kawah.
 
Dari planet ini, matahari tampak dua kali lebih besar daripada kelihatannya dari Bumi sehingga Merkurius terpanggang setiap hari, sedangkan lama satu hari Merkurius sama dengan 88 hari Bumi. Di tengah hari, suhu permukaannya mencapai 430oC, dan di tengah malam (yang lamanya juga 88 malam Bumi) sampai 180oC. Merkurius terlihat di Bumi sebagai bintang sore pada waktu sore dan waktu pagi hari tampak sebagai bintang pagi.

Ciri-Ciri Planet Merkurius

Secara umum, ciri-ciri planet atau karakteristik planet Merkurius adalah sebagai berikut.
Sukar diselidiki karena letaknya dekat dengan matahari.
Rotasinya 59 hari.
Di permukaannya kadang-kadang tampak noda-noda kabur yang berubah-ubah, mungkin saja awan debu.
Temperaturnya 400oC pada bagian permukaan yang disinari matahari, sedangkan pada bagian yang tidak disinari matahari temperaturnya mencapai -200oC.
Merkurius tidak mempunyai atmosfer, tidak ada kehidupan, tidak mempunyai benda pengiring (satelit alam).
Revolusinya (peredaran mengelilingi matahari) 88 hari.

Struktur Planet Merkurius

Struktur planet Merkurius yang akan kita bahas adalah mengenai atmosfer, permukaan, komposisi, struktur inti, medan gravitasi, medan magnet, suhu, cuaca dan iklim di Merkurius. Berikut ini pembahasannya.

Atmosfer Merkurius

Dikarenakan sangat dekat dengan matahari, Atmosfer Merkurius sangatlah tipis, bahkan beberapa ilmuan menyebutkan bahwa Merkurius tidak mempunyai atmosfer. Hal ini disebabkan karena kombinasi panas dan aktivitas matahari dapat mempengaruhi ketebalan atmosfer.
 
Kandungan dalam atmosfer ini antara lain adalah oksigen, natrium, helium dan kalium. Akibat atmosfer yang tipis dan gaya gravitasi yang lemah, Merkurius sangat sering ditabrak oleh komponen seperti asteroid. Maka dalam hal inilah hingga menyebabkan inilah banyak kawah terbentuk di permukaan Merkurius.

Permukaan Merkurius

Merkurius mempunyai luas pada permukaannya sekitar 7,48 x 107 km2. Pada permukaannya banyak ditemukan kawah kawah yang kemungkinan terbentuk karena hantaman asteroid dan benda angkasa lain di planet ini. Kawah terbesar yang pernah diamati diberi nama prokofiev dengan diameter sekitar 112 km.

Komposisi Merkurius

Hasil perhitungan dari massa Merkurius menunjukkan angka sebesar 3.3022 x 1023 kg. Pada planet Merkurius mempunyai kerapatan sekitar 5,430 g/cm3. Planet ini juga mempunyai inti besi dan nikel,yang mana pada intinya merupakan susunan 2/3 dari massa keseluruhan planet. Silikat, magnesium, aluminium, dan kalsium masih merupakan senyawa dan penyusun planet ini.

Struktur Inti Merkurius

Hasil perhitungan kepadatan Merkurius menunjukkan angka 5,43 g/cm3. Kepadatan ini digunakan untuk menduga struktur dalam Merkurius. Kepadatan bumi yang tinggi tercipta karena tekanan gravitasi. Pada planet merkurius mempunyai gaya gravitasi yang jauh lebih kecil, sehingga diduga bahwa inti dari merukius berukuran besar dan kaya akan besi.
 
Ilmuan memperkirakan bahwa intinya adalah 42 persen dari volumenya. Terdapat sebuah matel yang diduga mempunyai ketebalan hinggqa 600 km yang menyelimuti inti Merkurius tersebut. Sedangkan kerak Merkurius mungkin hanya setebal 100 200 km. 

Medan Gravitasi Merkurius

Karena massa Merkurius lebih kecil dari pada bumi, maka gravitasi permukaan Merkurius juga lebih rendah daripada gravitasi di bumi. 

Medan Magnet Merkurius

Pada planet juga mempunyai magnet yang hampir menyerupai dengan bumi, tetapi lebih lemah. Dengan adanya pergerakan besi inti planet sehingga menghasilkan medan magnet. Untuk menemukan kekuatan medan magnet Merkurius, ilmuan pernah mengorbankan alat peneliti yang disebut messenger jatuh dan hancur menabrak Merkurius.

Suhu dan Iklim Merkurius

Suhu pada planet Merkurius pada siang hari mencapai 430o C, sedangkan pada malam hari adalah sekitar -180oC. Tetapi anehnya masih dapat dideteksi keberadaan air pada planet tersebut, sedangkan air seharusnya menguap ketika suhu mencapai 100oC. 

Fakta Menarik Tentang Planet Merkurius

Berikut ini terdapat beberapa fakta yang mengejutkan mengenai planet Merkurius ini, silahkan kalian simak baik-baik uraiannya.
  • Asal penamaan planet merkurius diambil dari nama seorang dewa Romawi yang bertugas pembawa pesan kepada dewa-dewa lainnya. Merkurius juga dikenal dengan nama Hermes pada mitologi Yunani dan Nabu di
  • Babilonia.
  • Merkurius telah dikenal manusia sejak zaman kuno. Diperkirakan planet ini telah disebutkan sekitar 3000 SM oleh orang Sumeria.
  • Pada hitungan 1 tahun di planet Merkurius = 88 hari bumi, dan sehari disana sama dengan 176 hari di bumi.
  • Tidak ada pergantian musim di Merkurius. Planet ini memiliki kemiringan poros terkecil dari pada planet lainnya, dan ini menyebabkan musim yang kurang pada permukaannya.
  • Planet Merkurius ialah planet terkecil di tata surya, diameternya hanya 4879 km, walau begitu planet ini termasuk salah satu dari 5 planet yang dapat dilihat dengan mata telanjang.
  • Setelah Bumi, Merkurius merupakan  planet terpadat kedua.walapunpu bentuknya yang sangat kecil, akan tetapi merkurius sangat padat karena tersusun dari logam berat dan batuan ini adalah salah satu ciri utama planet terestrial.
  • Para astronom tidak menyadari bahwa Merkurius adalah sebuah planet sampai tahun 1543 ketika Copernicus menerbitkan model Tata Surya yang berpusat pada Matahari, sebelumnya banyak yang percaya Bumi adalah pusat tata surya.
  • Planet ini memiliki 38% gravitasi di Bumi. Namun angin Matahari juga membawa gas baru, peluruhan radioaktif dan debu dari mikrometeorit menambah lapisan atmosfer.
  • Dalam masalah Orbit, Merkurius paling elips dibanding dengan planet2 lainnya yang menyerupai lingkaran.
  • Relativitas umum Einstein yang dikemukakan Einstein membuktikan  Anomali orbit Merkurius.
  • Medan magnet planet ini sangat lemah yang kekuatannya hanya sekitar 1% dari medan magnet di Bumi.
Demikianlah materi pembahasan mengenai planet merkurius beserta pengertian, ciri, strukur dan faktanya kali ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat serta dapat menambah ilmu pengetahuan kita semua.
Artikel ContohSoal.co.id Lainnya: