Planet Saturnus

Posted on

Planet Saturnus – Materi makalah pembahsan kali ini mengenai planer saturnus beserta pengertian, ciri, struktur dan faktanya, namun dipertemuan sebelumnya kami telah membahas mengenai Lapisan Bumi. Baiklah langsung aja mari kita simak bersama penjelasannya dibawah ini.

Pengertian Planet Saturnus

saturnus
saturnus
Nama planet Saturnus diambil dari nama dewa Romawi kuno yang suka bertani dan bercocok tanah, yang juga merupakan ayah dari dewa Jupiter. Simbol dari Saturnus ialah arit yang biasa digunakan untuk bertani dan bercocok tanam. Dalam penyebutan planet ini yang mana dalam bahasa Arabnya disebut Zahal dan dalam bahasa Sanskerta disebut Syanaiscara.
 
Saturnus ialah merupakan salah satu planet yang mempunyai panorama yang sangat indah sebab sistem cincin yang melingkarinya. Namun bukan hany itu saja tetapi planet ini mempunyai satelit hingga 18 buah . Cincin Saturnus terdiri dari:
  • Cincin paling luar tebalnya 16.000 km.
  • Cincin tengah tebalnya 36.000 km.
  • Cincin dalam tebalnya 16.000 km.
Di antara cincin terdapat celah yang terdiri uap air yang membeku dan disebut celah casini.
Info Geografi!
Ahli astronomi yang bernama Cassini, yang pertama kali mengetahui bahwa di Saturnus terdapat lebih dari satu cincin, juga merupakan ahli astronomi pertama yang mengemukakan teori mengenai susunan cincin Saturnus. Selain memiliki cincin, Saturnus juga memiliki 18 satelit, 2 di antaranya adalah Titan dan Phoebe.
Jarak rata-rata Saturnus dari matahari adalah 1,428 × 109 km, atau sekitar 91/2 kali jarak Bumi dari matahari. Saturnus menyelesaikan orbitnya sekali setiap 291/2 tahun. Jarak Saturnus dari Bumi diperkirakan mencapai sekita 1,197 × 109 km sampai 1,645 × 109 km, suatu variasi yang belum cukup untuk menyebabkan perbedaan besar dalam kecerahan kedua planet tersebut.
 
Volume planet Saturnus hampir 750 kali volume Bumi, luas daerah permukaannya lebih dari 80 kali daerah permukaan bola Bumi. Kepadatan Saturnus sangat rendah hanya sekitar ¼ kepadatan air, jauh lebih rendah dari kepadatan planet lainnya di dalam sistem tata surya.
 
Saturnus memiliki atmosfer yang tebal, tersusun atas hidrogen, helium, amoniak, dan metana lebih banyak. Temperatur permukaannya 180oC. Planet raksasa yang besarnya sembilan kali Bumi ini memiliki 18 satelit dan lebih dari 1000 cincin yang melingkarinya, yaitu berasal dari satelit yang meledak kemudian berubah menjadi abu.

Ciri-Ciri Planet Saturnus

Secara umum, ciri-ciri planet atau karakteristik planet Saturnus adalah sebagai berikut.
Pada kutubnya memipih setengah dari jari-jarinya
Kecepatan rotasinya adalah 10 jam 14 menit
Revolusinya adalah 29,5 tahun
Sumbunya berdiri dengan sudut 60o pada bidang peredaran tahunannya (sumbu Bumi 661/2o)
Cincin-cincin konsentris yang mengelilinginya ditemukan oleh Huygens
Cincin-cincin itu terdiri dari bulan yang amat kecil dan beredar secara konsentris dengan kecepatan 15-20 km/detik, berisikan butir-butir yang berbedabeda besarnya, mulai dari butir-butir sebesar debu sampai bongkah-bongkah berpuluh ton
Sekali setiap tahun cincin itu menghilang dari mata peninjau (tahun 1921)
Saturnus mempunyai 17 satelit yang besar-besar, seperti Titan (terbesar), bahkan hasil pengamatan Voyager I dan II (1981), Saturnus mempunyai 22 satelit
Temperatur di permukaan Saturnus adalah -150oC
Jarak rata-rata dari matahari adalah 1.427 juta km
Garis tengahnya adalah 120-200 km
Berat jenisnya adalah 0,75 (berat jenis air = 1)
Massanya ± 95x massa Bumi

Struktur Planet Saturnus

Struktur planet Saturnus yang akan kita bahas di sini meliputi bagian atmosfer, inti planet, medan gaya, dan cincin planet Saturnus. Berikut ini penjelasan lengkapnya.

Atmosfer Planet Saturnus

Bagian luar atmosfer Saturnus terbuat dari 96,% hidrogen dan 3% helium, 0,2% metana dan 0,02% amonia. Atmosfer pada planet Saturnus terdapat sedikit kandungan dari asetilena, etana dan fosfin.

Inti Planet Saturnus

Inti Planet Saturnus mirip dengan Yupiter. Pada Planet ini mempunya sebuah inti yang terdapat pada pusatnya dan temperaturnya sangat panas yakni mencapai 15.000 K. Adapun inti Planet Saturnus sangatlah panas dan meradiasi sekitar 21 atau 2 kali lebih panas daripada jumlah energi yang diterima Saturnus dari Matahari.

Medan Gaya Planet Saturnus

Saturnus mempunyai suatu medan gaya alami yang lebih lemah dari Yupiter. Adapun medan gaya dari planet Saturnus ini unik dikarenakan porosnya simetrikal, tidak seperti planet lainnya.
 
Info Geografi!
Adakah Kehidupan di Titan?
Titan, bulan terbesar di antara 18 bulan Saturnus, merupakan satu-satunya bulan di tata surya yang memiliki atmosfer. Namun, belum ada bukti kehidupan di bulan ini. Suhu permukaan Titan kira-kira 178oC, membuat air tetap beku. Kehidupan mungkin akan ditemukan di dalam laut karena suhunya lebih tinggi.

Cincin Planet Saturnus

Saturnus memiliki 18 cincin. Cincin-cicin besar Saturnus, mulai dari yang paling luar sampai ke yang paling dalam, ditunjukkan dengan huruf E, F, A, B, C dan D. Karakterisik dari cincin-cincin Saturnus tersebut antara lain sebagai berikut.
  • Cincin A merupakan cincin yang tercerah nomor 2. Lebarnya 16.000 km dan diameter luarnya 273.000 km. Mungkin tebalnya tidak lebih dari 100 km. Di dalam cincin inilah timbul divisi Encke yang sempit, yang terdiri atas bermacam-macam cincin kecil.
  • Cincin B merupakan cincin yang tercerah. Lebarnya 26.000 km dan diameter luarnya 235.000 km. Penelaahan Voyager menunjukkan bahwa cincin B terdiri atas barangkali 300 cincin kecil, masing-masing mungkin tersusun dari 20 sampai 50 cincin lebih kecil.
  • Cincin C adalah cincin krep atau cincin kain kasa. Cincin ini dipisahkan dari cincin B dengan jarak hanya sekitar 1.600 km. Lebarnya 18.500 km dan diameter luarnya 196.000 km.
  • Cincin D adalah yang tersuram dari seluruh cincin yang ada di Saturnus. Cincin ini adalah perluasan dari permukaan Saturnus ke tepi dalam Cincin C.

Satelit Planet Saturnus

Berikut ini adalah beberapa contoh satelit alami yang dimiliki oleh planet Saturnus beserta nama penemunya.
  • Mimas adalah satelit alami Planet Saturnus yang ditemukan pada tanggal 17 September 1789 oleh Willian Herschel
  • Enceladus adalah Satelit alam Saturnus terbesar ke 6, ditemukan pada tahun 1789 oleh willian Herschel juga.
  • Dione, ini adalah satelit alam Planet Saturnus yang ditemukan pada 1684 oleh Giovani Domenico Cassini juga.
  • Rhea ini adalah nama satelit alami Saturnus yang diambil dari mitoogi Yunani juga.
  • Titan adalah sebuah satelit alami dari Planet Saturnus yang terbesar dan ukurannya lebih besar dari pada planet Merkurius.
  • Lapetus adalah satelit alami Planet Saturnus yang terbesar ketiga di Saturnus, ditemukan oleh Giovani Domenico Cassini pada tahun 1671.

Rotasi dan Orbit Planet Saturnus

Dari Matahari, orbit planet Saturnus terletak lebih jauh dari orbit planet Yupiter. Saturnus memiliki laju rotasi yang cepat, sama seperti Yupiter. Planet ini berotasi sekitar 10 jam sehingga Saturnus menjadi rata, paling rata di antara semua planet anggota Tata Surya.
Jarak antara Matahari dan Saturnus lebih dari 1,4 milyar km, 9 kali jarak antara Bumi dan Matahari. Periode orbit Saturnus adalah 29,46 tahun. Saturnus tidak merotasi dalam rata-rata yang  konstan. Periode rotasinya tergantung dengan kecepatan rotasi gelombang radio yang dikeluarkannya.
 
Penglihatan terbaik untuk mengamati planet Saturnus adalah berada atau dekat dengan oposisi konfigurasi planet ketika planet tersebut berada dalam elongasi 180o. Karena hal ini maka muncul berlawanan terhadap matahari.

Fakta Menarik tentang Planet Saturnus

Berikut ini ialah beberapa fakta yang mengejutkan mengenai planet Saturnus ini, silahkan kalian simak baik-baik uraiannya.
  • Saturnus Merupakan Planet Yang Memiliki cincin
Planet yang mempunyai cincin misalnya seperti jupiter, uranus dan neptunus. Namun hanya saturnus yang mempunyai cincin yang lebar dan juga sangat jelas.
  • Cincin Saturnus Terbuat Dari Batuan Meteorit
Jumlah dari pada meteorit ini sangatlah banyak dan tidak terhitung jumlahnya, selain meteorit yang berupa batu, ada juga meteroit yang berupa es. 
  • Terdapat Angin yang  Bergerak Lebih Cepat Dari Angin Tornado
Jika angin tornado diBumi hanya berkecepatan maksimum 483 km/jam. Maka disaturnus bisa mencapai 4 kali lipat, tepatnya 1800 km/jam. Dilihat dari kecepatan tersebut maka apapun yang dilewatinya pasti akan rata dengan tanah.
  • Planet Saturnus Berbentuk Lonjong
Karena rotasi yang sangat kuat dan cepat membuat daerah katulistiwa menggelembung sedangkan daerah kutup semakin gepeng. Bayangkan saja kecepatan rotasinya hingga 6200 mil per jam, lebih cepat dari Bumi.
  • Awan Hexagonal di kutub Utara Planet Saturnus
Berbentuk segienam dengan diameter tiap sisinya mencapai 13800 km. Banyak spekulasi mengenai terbentuknya awan ini. Beberapa ilmuwan menganggapnya sebagai pola aliran gelombang tetap di atmosfer.
Demikianlah materi pembahasan mengenai planet saturnus beserta pengertian, ciri, struktur dan faktanya kali ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat serta dapat menambah ilmu pengetahuan kita semua.