Rasi Bintang

Posted on

Rasi Bintang – Materi makalah pembahasan kali ini mengenai rasi bintang beserta pengertian, macam, rangkaian, kontelasi dan daftarnya, namun dipertemuan sebelumnya kami telah membahas mengenai ciri-ciri bintang. Baiklah langsung aja mari kita simak bersama penjelasannya dibawah ini.

Pengertian Rasi Bintang

Pada kelompok kumpulan dari bintang yang membentuk suatu pola tertentu dan letaknya juga berdekatan disebut Rasi Bintang ataupun Konstelasi Bintang.
Di belahan bumi selatan rasi yang terkenal, yaitu Rasi Pari/Gubug Penceng/Crux, Centaurus/Lanjar Ngirim, Argo, Rasi Canis Mayor, Rasi Virgo, Rasi Leo, dan Rasi Scorpio/Kalajengking. Di belahan bumi utara rasi yang terkenal, yaitu Rasi Lyra, Rasi Biduk/Ursa Mayor, Rasi Orion, Rasi Taurus, dan Rasi Pleyedes/ Lintang Wuluh/Bintang Tujuh.

Macam-Macam Rasi Bintang

Dalam memudahkan membaca nama dari rasi bintang yang banyak tersebut biasanya digunakan lambang abjad dari Yunani, maupun tanda-tanda astronomis untuk planet ataupun juga rasi bintang.
Adapun tanda-tanda astronomis ialah simak sebagai berikut.

Rangkaian Rasi-Rasi Bintang (Zodiak)

Rasi rangkaian ialah merupakan suatu lajur lingkaran rasi yang mepunyai lebar 16 terletak sepanjang ekliptika.Bulan dan planet besar serta matahari  berada di lingkaran zodiak ini. Adapun dari zodiak ini dibagi menjadi 12 bagian(tanda zodiak atau house), masing-masing tanda itu berjarak ± 30 dari tiap tanda zodiak(house) yang mempunyai nama yang sesuai dengan konstelasi bintang terdapat di daerahnya. Zodiak artinya gambar binatang-binatang kecil seperti berikut.
  1. Rasi Aries – Ram – bintang hamai
  2. Rasi auurus – Bull – bintang sapi jantan
  3. Rasi Gemini – Twins – bintang kembar
  4. Rasi Cancer – Crab – bintang mingkara
  5. Rasi Leo – Lion – bintang singa
  6. Rasi Virgo – Virgin – bintang mayang
  7. Rasi Libra – Scales – bintang neraca
  8. Rasi Scorpius – Scorpion – bintang kala
  9. Rasi Sagitarius – Archer – bintang pemanah
  10. Rasi Capricornus – Goat – bintang judai
  11. Rasi Aquuarius – Watter Bearer – bintang dawi
  12. Rasi Pisces – Fish – bintang hut

Konstelasi Bintang Penting

Ursa Mayor (Beruang Besar atau Biduk)

Pada bola antariksa di sebelah utara terdapat konstelasi bintang Ursa Mayor ,yang mana terdiri dari 7 buah anggota. Adapun penggunaan konstelasi bintang tersebut ialah untuk menentukan arah utara, dengan cara menghubungkan bintang β Ursa Mayoris dengan bintang α Ursa Mayoris. Garis khayal ini kita teruskan sampai memotong horizon. Lalu kemudian pada titik potong dari hasil garis ini dengan horizon itulah letak titik utara.

Crux  atau Southern Cross

Konstelasi Bintang Crux (Pari, Gubuk Menceng, Salib atau Southern Cross).Adapun penggunaan Konstelasi bintang ialah  untuk menemukan arah selatan, yaitu dengan cara menarik garis khayal antara bintang γ Cruxis dengan bintang α Cruxis. Garis khayal ini diperpanjang sampai memotong horizon. Adapun titik potong antara perpanjangan garis dengan horison inilah terdapat letak titik selatan.

Ursa Minor (Beruang Kecil)

Di utara ada sebuah konstelasi bintang yang rupanya hampir mirip Ursa Mayor, namun hanya bentuknya lebih kecil, disebut Ursa Minor. Kelompok bintang ini mempunyai 7 buah anggota. Yang mana Salah satunya ialah bintang α Ursa Minoris disebut juga bintang Polaris, sebab letaknya tepat di atas titik Kutub Utara.Adapun kegunaan Polaris ialah agar dapat menentukan suatu petunjuk arah utara dan mencari letak lintang serta menentukan lebar geografis di sebelah utara equator. Misalnya, bintang Polaris tampak 40 di atas horison, maka tempat pengamatan tersebut terletak pada 40 LU.

Orion

Konstelasi bintang Orion sangat luas dan terang. Misalnya, α Orionis (Betelgues) dan β Orionis (Rigel). Di tengah-tengah kelompok bintang tersebut terdapat 3 buah bintang, yaitu:
  • δ Orionnis (atau: delta orionis)
  • ε Orionis (baca: epsilon orionis)
  • ζ Orionis (baca: zeta orionis).

Pegasus

Kuda Pegasus merupakan nama hewan mitologi Yunani atau kuda terbang. Yang mana menurut ceritanya pada mitologi Yunani, Pegasus merupakan anak dari Medusa setelah kepalanya dipenggal oleh Perseus. Kuda Pegasus memiliki tugas yang sangat penting bagi Dewa-Dewa di Olimpus, yakni membawa senjata petir milik Zeus, Dewa Petir sekaligus Raja Para Dewa.

Baca Juga :  Satuan Liter - Pengertian, Konversi, Tangga dan Contoh Soal

Dapat kita lihat bentuknya hanya setengah tubuh kuda . Rasi bintang Pegasus nampak di belahan langit utara. maka apabila ingin menyaksikan rasi bintang ini,  anda harus mencarinya di langit bagian utara.

Leo

Rasi bintang Leo digambarkan dengan wujud singa. Leo dapat Quipperian lihat di langit sebelah utara. Seperti Cancer dan Hydra di sebelah baratnya, Virgo dan Coma Berenices di sebelah timurnya, Crater di sebelah utara, dan Leo Minor, Ursa Mayor, serta Lynx di sebelah selatannya masih bersandingan dengan rasi ini

Terdapat sebuah fakta yang sangat menarik pada bintang Leo ini ialah yang mana ia mempunyai 92 bintang. Kemudian dari jumlah yang ada tersebut  terdapat 13 bintang yang mempunyai  planet sendiri. Kumpulan bintang yang merupakan rasi terterang dalam susunan Leo ialah seperti, Alpha Leonis atau Regulus, Beta Leonis atau Denebola, Gamma Leonis atau Algieba, dan Delta Leonis ataus Zosma.

Pada lambang singa yang dijadikan lambang dari rasi bintang Leo kaitannya ada dengan mitologi Yunani. yang mana pada dasarnya singa itu mempunyai kulit yang sangat kuat sehingga tidak dapat dilukai.

Hydra

Pada kita saksikan yang mana bentuk dari rasi ini hampir  seperti ular yang panjang. Karena Ukurannya yang sangat panjang oleh sebab itu Hydra dinobatkan sebagai rasi bintang terbesar yang ada di langit bumi sebelah selatan. Yang kepal Hydra terdapat di sebelah selatan Cancer, sedangkan pada ekornya ada di antara rasi bintang Centaurus dan Libra.

Yang termasuk bagian dari bbintang ini ialah bintang Alphard. Mungkin setelah Mendengar nama itu tentu kamu langsung terasosiasikan dengan salah satu kendaraan mahal besutan Toyota, bukan? Anda benar, mobil mewah mengambil nama dari bintang Alphard.

Daftar Rasi Bintang

Adapun pendapat para ahli astronomi modern bahwa mengenai rasi bintang telah diakui oleh International Astronomical Union (IAU) pada tahun 1992.

Berikut merupakan daftar rasi bintang tersebut:

  1. Andromeda
  2. Antlia
  3. Apus
  4. Aquarius
  5. Aquila
  6. Ara
  7. Aries
  8. Auriga
  9. Boötes
  10. Caelum
  11. Camelopardalis
  12. Cancer
  13. Canes Venatici
  14. Canis Mayor
  15. Canis Minor
  16. Capricornus
  17. Carina
  18. Cassiopeia
  19. Centaurus
  20. Cepheus
  21. Cetus
  22. Chamaeleon
  23. Circinus
  24. Columba
  25. Coma Berenices
  26. Corona Australis
  27. Corona Borealis
  28. Corvus
  29. Crater
  30. Crux
  31. Cygnus
  32. Delphinus
  33. Dorado
  34. Draco
  35. Equuleus
  36. Eridanus
  37. Fornax
  38. Gemini
  39. Grus
  40. Hercules
  41. Horologium
  42. Hydra
  43. Hydrus
  44. Indus
  45. Lacerta
  46. Leo
  47. Leo Minor
  48. Lepus
  49. Libra
  50. Lupus
  51. Lynx
  52. Lyra
  53. Mensa
  54. Microscopium
  55. Monoceros
  56. Musca
  57. Norma
  58. Octans
  59. Ophiuchus
  60. Orion
  61. Pavo
  62. Pegasus
  63. Perseus
  64. Phoenix
  65. Pictor
  66. Pisces
  67. Piscis Austrinus
  68. Puppis
  69. Pyxis
  70. Reticulum
  71. Sagitta
  72. Sagittarius
  73. Scorpius
  74. Sculptor
  75. Scutum
  76. Serpens
  77. Sextans
  78. Taurus
  79. Telescopium
  80. Triangulum
  81. Triangulum Australe
  82. Tucana
  83. Ursa Major
  84. Ursa Minor
  85. Vela
  86. Virgo
  87. Volans
  88. Vulpecula
Baca Juga :  Kata Penghubung
Demikianlah materi pembahasan mengenai rasi bintang beserta pengertian, macam, rangkaian, konstelasi dan daftar kali ini, semoga artikel ini dapat bermanfaat serta dapat menambah ilmu pengetahuan kita bersama.