Retikulum Endoplasma

Posted on

Retikulum Endoplasma – Setelah sebelumnya contohsoal.co.id telah menerangkan materi tentang Esofagus. Perlu diketahui bahwa keseluruhan dari sel eukariotik memiliki organel yang mana pada umumnya biasa disebut dengan retikulum endoplasma atau menurut istilah bahasa inggris disebut Endoplasmic Reticula.

Maka pada pembahasan kali ini kita akan membahas mengenai retikulum endoplasma beserta pengertian, fungsi, struktur, komposisi dan gambar lengkap dengan penjelasannya.

Pengertian Retikulum Endoplasma

Retikulum endoplasma adalah organel dalam bentuk kumpulan kantung, seperti membran tubular, kandung kemih, dan kantung pipih, yang merambat dalam sitoplasma sel eukariotik. RE adalah bagian dari sel yang terdiri dari sistem membran. Lubang / saluran berfungsi untuk membantu pergerakan zat dari satu bagian sel ke sel lainnya.

Sekitar RE adalah bagian dari sitoplasma, yang disebut sitosol. RE itu sendiri terdiri dari ruang kosong yang ditutupi dengan membran setebal 4 nm (nanometer, 10-9 meter).

Membran ini berhubungan langsung dengan penutup kuman. Ada ribuan ribosom di bagian-bagian tertentu dari RE. Ribosom adalah tempat di mana proses pembentukan protein dalam sel berlangsung. Bagian ini disebut sebagai RE kasar.

Sementara bagian dari RE yang tidak ditutupi oleh ribosom disebut sebagai RE halus.

Fungsi Retikulum Endoplasma

Fungsi retikulum endoplasma bervariasi tergantung pada jenisnya. Jaringan endoplasma adalah potongan-potongan kecil jaringan yang menyebar secara bebas di antara membran di seluruh sitoplasma, membentuk saluran pengangkutan bahan. Jalur ini biasanya dikaitkan dengan ribosom (titik merah) yang terdiri dari protein dan asam nukleat atau RNA. Partikel-partikel mensintesis protein dan menerima instruksi tentang RNA.

Dengan demikian, peran RE adalah untuk mendukung sintesis protein dan untuk mengarahkan materi genetik antara nukleus dan sitoplasma, dan untuk bertindak sebagai alat pengangkut zat dalam sel itu sendiri.

Di bawah ini adalah fungsi retikulum endoplasma yang dapat dijelaskan:

Fungsi Sintesa

Sintesis protein ini dilakukan bersama-sama dengan ribosom, di mana protein yang dilepaskan dimasukkan ke dalam Kavit RE.
Sintesis lemak: RE bertanggung jawab untuk sintesis lemak, membran mengandung sistem enzimatik yang bertanggung jawab untuk pemanjangan dan saturasi asam lemak.

  • Sintesis Glikoprotein : Protein yang disintesis oleh REG dapat dikaitkan dengan gula. Sintesis glikoprotein ini disebut glikosilasi. Dimulai dengan REG dan berakhir di AG.
  • Membran Sintesis : Sistem membran ini sangat berbeda ketika fosfolipid dan protein disintesis dari pembentukan membran sel.

Fungsi Penyimpanan

RE menyimpan dan memekatkan zat yang berasal dari lingkungan ekstraseluler, bahkan dari lingkungan intraseluler.

Fungsi Detoksifikasi

Membran RE (hati dan ginjal) mengubah molekul beracun menjadi molekul tidak beracun sebelum dihilangkan oleh organisme. Detoksifikasi terjadi misalnya oleh Hydroxylosi.

Fungsi Transportasi

Elektron berkat sistem transfer ekstra mitokondria (sitokrom P4; o, sitokrom BS).

Zat yang disebabkan oleh rentang sel di semua sel dari ruang perinuklear ke lingkungan ekstraseluler.

Selain itu, retikulum endoplasma memiliki fungsi sebagai berikut:

  1. Karena merupakan tempat penyimpanan kalsium, kalsium dikeluarkan dari RE ke dalam sitosol saat kontrak sel
  2. Netralkan racun (detoksifikasi) seperti RE yang ada di sel hati.
  3. Ubah protein yang disintesis oleh ribosom untuk mendistribusikannya ke kompleks Golgi dan akhirnya mengeluarkannya dari sel. (RE kasar)
  4. Pengangkutan molekul dan satu bagian sel ke bagian sel lain (RE kasar dan RE halus)
  5. Menyintesis lemak dan kolesterol, ini terjadi di hati (RE Kasar dan RE Halus)
  6. Berfungsi untuk mendukung sintesis protein dan penyaluran materi genetik antara inti dan sitoplasma.
  7. Ini memiliki fungsi menjadi kalsium, yang kemudian diekskresikan dar RE dan kemudian diarahkan ke sitosol.
  8. Bekerja sebagai transportasi untuk zat yang terkandung dalam sel-sel ini.
  9. Memainkan peran penting dalam pembentukan kerangka tulang.
  10. Bertanggung jawab atas pengangkutan protein dan karbohidrat ke organel lain, termasuk lisosom, aparatus Golgi, membran plasma, dan lainnya.
  11. Membantu pembentukan membran nukleus selama pembelahan sel.
  12. Memberikan permukaan yang diperbesar untuk respons seluler.
Baca Juga :  Lumut Hati

Jenis – jenis Retikulum Endoplasma

Dalam retikulum endoplasma ada 3 jenis, penjelasannya sebagai berikut:

Retikulum Endoplasma Kasar

Pada permukaan retikulum endoplasma kasar adalah bintik-bintik yang ribosom. Ribosom ini berperan dalam sintesis protein. Dengan demikian, fungsi utama retikulum endoplasma kasar adalah tempat untuk sintesis protein.

Tujuan retikulum endoplasma kasar adalah untuk mengisolasi protein dan mengangkutnya ke bagian lain dari sel. Sebagian besar protein ini tidak diperlukan dalam jumlah besar sel dan biasanya dikeluarkan dari sel. Contoh protein ini adalah enzim dan hormon.

Retikulum Endoplasma Halus

Retikulum eendoplasma halus tidak memiliki bintik ribosom pada permukaannya. RE halus terlibat dalam sejumlah proses dari metabolisme, salah satunya pada sintesis lipid, konsentrat kalsium, detoksifikasi/penawar racun dari obat – obatan , metabolisme karbohidrat dan tempat perlekatan reseptor pada protein membran sel

Tujuannya untuk membuat lemak dan steroid. Sebagian besar daripada kumpulan sel yang terdiri dari RE halus hadir di bagian – bagian organ, misalkan pada hati. RE mempunyai struktur yang mirip seperti kantung berlapis-lapis. Karung ini disebut Cisternae.

Retikulum Endoplasma Sarkoplasmik

Sarcoplasmic Endoplasmic Reticulum adalah jenis khusus dari RE halus yang ditemukan pada otot-otot halus dan bergaris.

Apa yang membedakannya dari RE halus adalah adanya protein di situs molekul halus retikulum endoplasma, sedangkan RE sarkoplasma digunakan untuk menyimpan dan memompa ion kalsium dan memainkan peran khusus dalam memicu kontraksi otot.

Struktur Retikulum Endoplasma

Retikulum endoplasma dibagi menjadi dua kategori, yaitu RE kasar dan RE halus.

Kedua jenis dari RE membentuk sistem membran yang menutupi ruang. Bagian dalam membran disebut lumen atau ruang cisternal, dan area di luar membran disebut ruang sitololik.

RE kasar adalah organel terikat-membran yang berlanjut dari kantong datar yang disebut cysterna.

Retikulum endoplasma kasar

Pada permukaan kasar RE adalah bintik-bintik yang ribosom, sehingga membran tidak terlihat bersih. Ribosom ini berperan dalam sintesis protein. Dengan demikian, fungsi utama RE mentah adalah situs untuk sintesis protein. RE kasar memiliki struktur karakteristik di mana setiap foil terdiri dari 2 membran sel, yang kemudian menjadi satu di tepi setiap sel. Membran ini dibatasi oleh tas berbentuk tas.

Retikulum endoplasma kasar

Pada Gambar di atas, RE kasar tampaknya terikat pada retikulum endoslasma. Ini menyebabkan tekstur RE memiliki tekstur kasar.

Retikulum endoplasma halus

Berbeda dengan RE kasar, RE halus tidak memiliki bintik ribosom di permukaan. RE yang halus dibentuk dari labirin dengan saluran yang halus dan saling berhubungan dan infiltrasi ke semua sitoplasma. Fungsi RE yang disempurnakan dalam beberapa proses metabolisme, yaitu sintesis lipid, metabolisme karbohidrat dan konsentrasi kalsium, detoksifikasi obat dan lokalisasi reseptor yang melekat pada protein membran sel.

Retikulum endoplasma halus

Pada Gambar di atas, RE terlihat halus. RE sama sekali tidak terikat oleh ribosom, sehingga teksturnya tetap halus.

Baca Juga :  Burung Pipit

Struktur Penyusun Retikulum Endoplasma

Secara umum, membran RE adalah model mosaik cair. Perbedaan pada membran plasma adalah ketebalannya, membran RE lebih tipis dari membran plasma.

Rasio protein terhadap lemak lebih tinggi (struktur lebih stabil daripada membran plasma, membran RE memiliki sifat cair lebih sedikit) dan konsentrasi kolesterol lebih rendah daripada membran plasma.

Analisis kimia mengungkapkan bahwa membran RE terdiri dari 30% lipid dan 70% protein. Sebagian besar lipid adalah fosfatidilkolin. Membran RE mengandung lebih sedikit glikolipid dan kolesterol daripada membran sel.

Sedangkan protein membran dari membran endoplasma umumnya berupa glikoprotein yang memiliki berat molekul (BM) sekitar 10.000 hingga 20.000 dalton. Dengan teknik pembekuan pembekuan dan sitokimia, dapat dilihat bahwa beberapa protein ini adalah enzim dan rantai transfer elektron.

Enzim yang terkandung dalam membran RE sangat bervariasi, termasuk glukosa-6-fosfatase atau nukleosida fosfatase dan cosyltransferase. Glukosa-6-fosfatase atau nukleosida fosfatase adalah enzim yang didasarkan pada metabolisme asam lemak, sintesis fosfolipid dan steroid.

Sementara itu, glikiltransferase adalah enzim yang terlibat dalam sintesis glikolipid dan glikoprotein. Isi lumen RE adalah cairan yang mengandung sejumlah holoprotein, glikoprotein, dan lipoprotein.

Isi lumen RE sangat bervariasi dengan jenis sel dan kondisi Physilogissel. Misalnya, RE plasmosit (sel plasma) mengandung imunoglobulin, fibroblas RE mengandung rantai protokol dan enzim hidrolase

Perbedaan RE Kasar dan RE Halus

Dilihat berdasarkan Proporsinya

Proporsi RE halus sangat kecil dibandingkan dengan ER kasar. RE murni terjadi terutama dalam sel-sel yang secara aktif terlibat dalam sintesis dan metabolisme lipid. Itu dapat dilihat dengan jelas di hati, ovarium, testis, otot, dll.

Dilihat berdasarkan Fungsinya

Riculum endoplasma kasar terutama bertanggung jawab untuk sintesis protein dan jenis rentan yang terlibat dalam sintesis dan metabolisme lipid. RE halus juga merupakan tempat untuk penyimpanan dan transportasi.

Dilihat berdasarkan penampilan

Perbedaan utama antara keduanya adalah dalam hal penampilan. Tipe kasar memiliki permukaan bergelombang, sedangkan RE halus memiliki permukaan halus. RE kasar terdiri dari struktur yang saling berhubungan dan longgar yang terlihat seperti disk yang disusun dalam baris reguler. RE halus seperti jaringan tubular yang saling berhubungan.

Hubungan antara RE Kasar dan RE Halus

Secara morfologis, RE kasar dan RE halus berbeda, tetapi retikulum endoplasma halus umumnya berasal dari RE kasar dan kemudian dari pengembangan RE halus.

Perkembangan RE Kasar RE Halus berfungsi sebagai penetral Phenorbarbitalgift (detoksifikasi).

Enzim detoksifikasi diproduksi dalam RE kasar, sehingga perkembangan retikulum endoplasma kasar lebih awal daripada retikulum endoplasma halus, sehingga retikulum endoplasma halus dan retikulum endoplasma kasar memiliki hubungan fungsional.

F.A.Q

Apakah istilah bahasa inggris dari RE ?

Menurut istilah bahasa inggris disebut Endoplasmic Reticula.

Terdapat berapa jenis RE ?

Dalam RE ada 3 jenis yaitu, RE Kasar, RRE, RE Sarkoplasmik.

Dapat dilihat dari apa saja perbedaan antara RE kasar dan RE halus ?

Dapat dilihat dari 3 aspek yaitu, Dilihat berdasarkan Proporsi, Fungsi dan penampilannya.

Demikianlah pelajaran kita kali ini mengenai retikulum endoplasma beserta pengertian, fungsi, struktur, komposisi dan gambar lengkap dengan penjelasannya. Demikian dan sekian penjelasan di atas semoga bermanfaat bagi kita semua. Aamiin