Sifat Benda Padat

Posted on

Sifat Benda Padat – Setelah sebelumnya kita membahas tentang Perubahan Fisika. Maka materi pembahasan kali ini tentang sifat benda padat beserta ciri-ciri gambar dan contohnya. Untuk lebih lengkapnya sobat bisa lihat ulasanya dibawah ini

Pengertian Benda Padat

Sifat Benda Padat

Benda padat ialah merupakan suatu benda yang mempunyai volume dan bentuknya tetap, tidak berubah-ubah. Benda ini bebentuk padat dan solid yang memiliki struktur kuat, erat serta kaku.

Adapun artian menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesai), definisi benda padat ialah benda yang sangat penuh hingga tidak berongga, penuh sesak, rapat serta mempunyai isi dan bentuk yang tetap.

Zat Padat

Gambar Zat padat

Definisi Zat Padat ialah suatu materi yang memiliki bentuk dan volume (ruang  yang ditempati zat padat, cair atau gas) tertentu. Terdapat dua cara utama partikel-partikel zat padat bisa tersusun yakni dalam baris-baris teratur yang rapi atau dalam susunan yang tidak menentu.

Zat padat yang partikel-partikelnya tersusun dalam baris-baris yang teratur dan rapi disebut Kristal. Contoh Kristal yaitu sebagian logam, intan, es, dan Kristal garam.

Zat padat yang partikel-partikelnya tidak tersusun secara teratur ataupun rapi disebut amorf. Zat padat amorf biasanya memiliki tekstur mengilat atau elastis. Contoh zat padat amorf yaitu lilin, kaca, karet, dan plastik.

Karena partikel-partikelnya tersusun  sangat dekat dan menyatu, zat padat tidak dapat dimampatkan dengan mudah serta tidak bisa dikecilkan dengan menekannya.

Pada zat padat, partikel-partikel individu tidak bergerak dengan cepat untuk mengalahkan gaya tarik-menarik antar partikel. Partikel-partikel tersebut bergetar namun terikat rapat di tempatnya.

Contoh Benda Padat

Contoh Zat Padat

Benda Padat
Kayu

Kapur

Batu

Lilin

Pasir

Stirofom
TanahKaca
BesiKaret
TembagaBambu
KoinEmas
KeramikSendok
PakuBeras
TulangJagung
Baca Juga :  Momen Inersia

 

Sifat Benda Padat

Sifat Benda Padat

Jenis benda padat juga memiliki sifat dan ciri-cirinya. Lantas , apa saja sifat-sifat pada benda padat ?

Berikut ini penjelasan sifat-sifat benda padat yang meliputi ciri-ciri dan karakteristik benda padat secara umum yang dapat diamati.

  • Berbentuk Padat

Benda padat pasti memiliki bentuk yang padat. Dalam hal ini menjadi sifat benda padat yang paling utama. Objek benda padat bersifat nyata dan asli, artinya benda padat dapat dilihat, disentuh, dirasakan dan dapat dibawa secara nyata.

  • Tidak Dipengaruhi Wadahnya

gambar

Bentuk benda padat tidak bisa dipengaruhi oleh wadahnya. Benda padat tidak akan pernah  bisa mengalami perubahan  jika benda tersebut dipindahkan, tidak menyerupai bentuk yang lain saat ditempatkan di dalam sebuah ruang.

Misalnya ialah menyimpan buku, pensil atau penghapus di dalam tas, maka bentuk benda padat tersebut akan tetap.

  • Memiliki Volume Yang Tetap

Salah satu sifat benda padat lain adalah memiliki volume tetap. Selain bentuk yang tetap, volume pada benda padat juga tetap dan tidak berubah. Volume benda padat akan selalu tetap meski wadahnya berubah-ubah, artinya volume benda padat tidak dipengaruhi oleh wadahnya.

  • Menempati Ruang

Benda padat menempati ruang artinya terdapat ruang yang ditempati oleh setiap benda padat. Ruang yang dimiliki oleh benda padat meliputi panjang, tinggi dan lebar. Tiap benda padat ini pasti akan menempati ruang.

Misalnya ialah sebuah batu bata jika dimasukkan kedalam air maka batu tersebut akan menempati ruang sesuai dengan ukurannya.

  • Bisa Diubah Dengan Perlakuan Tertentu

gambar

 

Meskipun memiliki bentuk yang tetap, namun pada beberapa jenis benda padat juga bisa diubah bentuknya dengan perlakuan tertentu. Contohnya yaitu :

  • Besi yang bisa ditempa menjadi berbentuk keris atau cangkul.
  • Balok kayu bisa diolah menjadi perabotan rumah tangga.
  • Kertas yang disobek menjadi kecil-kecil.
  • Piring yang dibanting hingga pecah.
  • Kaca yang diolah menjadi berbagai bentuk.
  • Jarak Antar Partikel Sangat Rapat

Jarak antar partikel penyusunnya cenderung sangat rapat. Pada sebuah benda padat terdiri dari partikel-partikel yang tersusun sangat dekat dan rapat satu sama lain.

  • Susunan Partikel Teratur

Selain jarak antara partikel yang rapat, sifat pada benda padat juga memiliki susunan antara partikel yang teratur. Hal inilah yang menyebabkan bentuk benda padat tetap.

  • Gaya Tarik Partikel Kuat

Pada setiap benda terdapat gaya tarik antara partikel. Pada benda padat memiliki gaya tarik antar partikel yang sangat kuat. Partikel pada sebuah benda padat tidak dapat bergerak bebas karena adanya tarik partikel yang sangat kuat tersebut.

Baca Juga :  Contoh Soal Hukum Pascal

Perubahan Wujud Benda Padat

Perubahan wujud benda Padat

Benda padat dapat berubah wujud menjadi zat lain seperti benda cair atau benda gas.

  • Benda Padat ke Cair ( Mencair)

Perubahan wujud benda padat menjadi cair disebut mencair. Benda padat ini berubah menjadi benda cair disebabkan oleh energi panas.

Contohnya : coklat mencair ketika terkena panas atau es batu yang mencair ketika dikeluarkan dari lemari es.

  • Benda Padat ke Gas (Menyublim)

Perubahan wujud benda padat menjadi gas disebut menyublim. Perubahan benda padat menyublim ini dipengaruhi oleh energi panas.

Contohnya : kapur barus yang disimpan pada sebuah lemari akan habis lama-kelamaan.

 

 

Demikianlah materi pembahasan mengenai sifat benda padat kali ini. semoga bermanfaat.

Artikel Lainnya: