Simbiosis Komensalisme

Posted on

Simbiosis Komensalisme – Perlu diketahui bahwa terdapat berbagai macam simbiosis pada suatu ekosistem diantaranya yaitu simbiosis mutualisme, simbiosis komensalisme, simbiosis amensalisme, simbiosis parasitisme.Dalam pelajaran kita kali ini khusus untuk membahas tentang Simbiosis Komensalisme Beserta Pengertian, Contoh, Gambar dan Penjelasan

Simbiosis Komensalisme
Simbiosis Komensalisme

Di dalam suatu ekosistem, tentu saja ada berbagai jenis komponen biotik dan abiotik yang saling berinteraksi. Hubungan antara komponen biotik dan abiotik dalam suatu lingkungan tentunya akan menciptakan simbiosis. Di mana ada berbagai macam simbiosis di bidang biologi itu sendiri, mulai dari saling menguntungkan hingga manfaat hanya satu pihak.

Pengertian Simbiosis Komensalisme

Simbiosis adalah interaksi antara berbagai jenis makhluk hidup di tempat tertentu dan pada waktu tertentu, yang terkait erat. Kata simbiosis berasal daripada bahasa Yunani, “sym” berarti “dengan” dan “biosis” berarti “hidup”.

Pengertian simbiosis komensalisme adalah interaksi antara dua makhluk hidup, dari mana satu organisme mendapat manfaat, sedangkan organisme lain tidak dirugikan atau pula diuntungkan. Ini berarti bahwa satu makhluk hidup mendapat manfaat darinya, sedangkan makhluk hidup lainnya tidak terpengaruh.

Beberapa contoh dari simbiosis komensalisme adalah interaksi antara ikan Remora dan hiu, anggrek dan pohon mangga, ikan badut dan anemon laut, tumbuhan siri dan tanaman inang lalu bakteri pembusuk yang ditemukan di usus manusia.

Contoh Simbiosis Komensalisme

Terdapat berbagai contoh simbiosis komensalisme yang terjadi pada sekeliling kita. Di bawah ini adalah contoh simbiosis komensalisme dalam berbagai ekosistem yang terdapat di darat dan laut, serta proses interaksi dan penjelasan lengkapnya.

Hubungan antara Sirih dengan Inangnya

Sirih dengan Inangnya

Tanaman sirih memiliki nama latin Piper Betle, sejenis tanaman yang sering ditemukan di lingkungan sekitar kita. Tumbuhan ini adalah contoh dari simbiosis komensalisme. Dalam hal ini, tanaman sirih tumbuh dengan mereplikasi dan beradaptasi dengan tanaman yang mereka tempati atau tanaman inang mereka.

Tujuan berikutnya dari tanaman sirih adalah untuk mendapatkan sinar matahari yang cukup untuk fotosintesis untuk dilakukan pada tanaman. Ini tentu membawa manfaat tambahan bagi tanaman sirih, tetapi tidak berpengaruh pada tanaman inang.

Hubungan antara Ikan Remora bersama dengan Ikan Hiu

Ikan Remora bersama dengan Ikan hiu

Ikan remora (Echeneida sp) memiliki interaksi yang baik dengan hiu (Carcharhinus longimanus). Di mana di lautan luas ikan Remora, yang biasanya hidup berkelompok, akan tetap berada di dekat hiu. Tujuan menjaga ikan Remora di hiu tidak untuk dimakan oleh ikan yang lebih besar dari ini. Juga untuk mendapatkan lebih cepat makanan yang berasal dari sisa makanan hiu.

Dalam situasi ini, hiu tidak mendapat manfaat dari kehadiran ikan Remora dan tidak merasa terganggu. Kedekatan hiu dengan ikan Remora biasanya diamati secara teratur oleh loon.

Hubungan antara Ikan Remora bersama dengan Ikan Pari

Ikan Remora bersama dengan Ikan Pari

Jika diskusi pertama adalah interaksi antara ikan Remora dan hiu, maka diskusi kali ini adalah interaksi antara ikan Remora dan ikan pari. Ketika hiu memiliki ikan Remora di sekitarnya, ikan Remora di dekat ikan pari tetap lebih dekat dengan langkah menggunakan sirip punggung mereka, yang berfungsi sebagai perangkat hisap.

Dalam hal ini, misalnya, ikan pari mendapat makanan, kemudian juga mendapat makanan ikan Remora, tetapi itu berasal dari sisa-sisa pakan ikan pari. Seperti hiu, kedatangan ikan Remora tidak membahayakan atau mengganggu ikan pari.

Baca Juga :  Usus 12 Jari

Hubungan antara Paku Tanduk Rusa bersama dengan Inangnya

Tanaman paku tanduk rusa adalah tanaman yang unik, kecuali jika dilihat dari faktor bentuk daun, hal ini memiliki efek menjadikan beberapa orang tanaman hias untuk menanam pekarangan tempat mereka tinggal. Tentu saja, ketika kurang lebih diamati di lingkungan kita, pertama-tama kita melihat tanaman cacing rusa, yang melekat erat pada pohon inang.

Dalam hal ini, kuku bera memiliki karakter yang mirip dengan anggrek, yaitu, mereka melekat atau melekat pada pohon dengan objek untuk mendapatkan sinar matahari yang lebih baik dan bahan lain untuk fotosintesis.

Meskipun tanaman ini terikat pada pohon, itu tidak membahayakan tanaman yang didudukinya, karena tidak menghilangkan tanaman yang didudukinya dari cadangan makanan apa pun.

Hubungan antara Anggrek dengan pohon mangga

Anggrek dengan pohon mangga

Tanaman anggrek tumbuh dan berkembang dengan menempel pada pohon mangga. Fungsinya adalah anggrek menerima sinar matahari, air, dan zat untuk melakukan proses fotosintesis.

Anggrek diuntungkan dengan menyerap sinar matahari, air dan zat anorganik dari kulit kayu, sedangkan pohon mangga tidak rusak atau bahkan diuntungkan oleh keberadaan tanaman anggrek.

Hubungan antara Tumbuhan paku dengan tumbuhan jati

Paku Tanduk Rusa bersama dengan Inangnya

Tumbuhan paku menempel pada tanaman jati. Intinya adalah tumbuhan jati bisa mendapatkan sinar matahari.

Keuntungannya dicapai oleh tanaman matahari, sedangkan tanaman jati tidak mencapai efek oleh tanaman kuku.

Hubungan antara Anggrek dengan pohon randu

Pernahkah Anda melihat anggrek yang hidupnya di pohon yang sama dengan pohon kapuk? Jika Anda sudah melihatnya untuk pertama kalinya, itu adalah sesuatu yang sangat sering terjadi, karena interaksi antara keduanya adalah contoh dari komensalisme simbiotik. Dimana dalam masalah ini tanaman anggrek menempel pada pohon kapuk seperti tanaman rusa-willow.

Tanaman anggrek mendapat manfaat karena mereka bisa mendapatkan sinar matahari dalam posisi yang lebih baik. Ini membuat proses fotosintesis lebih optimal. Sementara pohon kapuk yang menempel di tanaman anggrek tidak menimbulkan kerugian atau untung. Karena tanaman anggrek tidak mengambil apa-apa dari pohon kapuk.

Hubungan antara Tumbuhan sirih dengan inangnya

Biasanya tanaman sirih mengikuti tanaman inangnya. Ini dilakukan untuk mendapatkan sinar matahari untuk melakukan proses fotosintesis tanaman.

Tanaman sirih mendapat manfaat dari sinar matahari, sedangkan tanaman inang tidak rusak, meskipun ini tidak berguna.

Hubungan antara Ikan badut dengan anemon laut

Ikan badut yang hidup di antara tentakel anemon laut dilindungi dari pemangsa. Anemon melepaskan zat beracun yang dapat melukai ikan lain di sekitarnya. Namun, ikan badut tidak terpengaruh karena kulit mereka mengeluarkan lendir pelindung.

Keuntungan dicapai oleh ikan badut, yang dilindungi terhadap predator, sedangkan anemon laut sudah dirugikan dan tidak dirugikan.

Hubungan antara Udang dengan timun laut

Udang dengan timun laut

Udang biasanya naik teripang. Tujuannya adalah untuk memenangkan sisa-sisa teripang.

Keuntungan dibuat oleh udang dalam bentuk sisa makanan, sementara teripang juga tidak menghasilkan untung atau rugi.

Hubungan antara Ikan goby dengan bulu babi

Ikan-goby-dengan-bulu-babi

Ikan Goby bersembunyi di antara celah-celah landak laut beracun. Fungsinya melindungi tubuh ikan gobi kecil dari serangan yang merusak.

Gobi akan mendapat manfaat dari melindungi mangsanya, sementara babi tidak akan berpengaruh pada untung atau rugi mereka …

Hubungan antara Ikan pilot dengan penyu

Ikan pilot dengan penyu

Ikan uji dan kura-kura juga membentuk interaksi yang bermanfaat bagi satu pihak dan netral bagi pihak lain. Ikan uji biasanya hidup di dekat kura-kura untuk mengumpulkan sisa makanan dan memakan parasit yang ditemukan di kura-kura.

Tentu saja, manfaat yang diperoleh pilotfish dalam bentuk sisa makanan tidak penting, sementara keberadaan pilotfish tidak berpengaruh pada penyu.

Hubungan antara Serigala emas dan harimau

Simbiosis ini juga dapat terjadi antara dua karnivora, yaitu harimau dan serigala emas, yang dikenal sebagai canis atau serigala emas. Serigala emas, yang telah berpisah dari kawanannya, mengikuti harimau dari belakang sehingga ia dapat melacak sisa-sisa mangsa harimau.

Serigala emas mendapat manfaat dari sisa-sisa mangsa yang dia makan sementara harimau tidak terpengaruh, karena porsi makan habis.

Hubungan antara Cacing pipih dan kepiting

Hubungan antara cacing pipih dan kepiting adalah simbiosis yang dapat ditemukan pada ekosistem perairan. Cacing pipih menempel pada kepiting untuk mendapatkan sisa makanan pada kepiting.

Baca Juga :  Sendi Peluru

Maka dapat dikatan cacing pipih disini akan mendapatkan suatu manfaat dari asupan makanan, sementara pada kepiting tidak akan pula dirugikan ataupun diuntungkan.

Hubungan antara Katak dan pepohonan

Katak menggunakan dedaunan dan bagian pohon lainnya untuk perlindungan dan mencari perlindungan saat hujan atau angin topan.

Keuntungan dibuat oleh katak yang mencari perlindungan sementara pohon itu tidak terpengaruh sama sekali.

Hubungan antara Kalajengking tanpa sengat dan kumbang besar

Pseudoscorpions atau kalajengking yang tidak mempunyai sengat berbisa berinteraksi dengan kumbang besar. Biasanya, kalajengking bersembunyi di balik sayap kumbang besar tanpa menyengat. Ini digunakan sebagai perlindungan bagi predator.

Keuntungannya dicapai pada kalajengking yang tidak mempunyain sengatan, pada sisi yang lain kumbang besar tidak pula terpengaruh oleh keberadaan kalajengking tanpa sengatan tersebut.

Hubungan antara Puffin dan kelinci

Umumnya, puffin akan menggunakan lubang kubur yang dibuat oleh kelinci. Puffin akan menggunakannya sebagai tempat istirahat.

Puffin mendapat manfaat dari tempat peristirahatan, sementara kelinci tidak dirugikan atau tidak diuntungkan.

Hubungan antara Burung kuntul dan hewan ternak

Contoh simbiosis dari komensalisme di darat adalah interaksi antara burung kuntul pemakan serangga dan ternak. Keberadaan kawanan ternak juga akan menggerakkan serangga. Kuntul kemudian dapat berburu serangga ini.

Keuntungan dibuat oleh burung kuntul ini dengan menerima mangsanya tanpa mempengaruhi hewan ternak sama sekali.

Hubungan antara Rayap dengan protozoa berflagella

Protoza berflagella hidup di saluran pencernaan rayap dan mencerna selulosa dari kayu menjadi molekul karbohidrat yang lebih mudah dicerna.

Protoza berflagella akan mendapat manfaat dari interaksi ini karena memberikan perlindungan di tubuh rayap, sementara rayap tidak terpengaruh oleh apa pun.

Hubungan antara Bakteri pembusuk pada usus manusia

pada simbiosis komensalisme juga dapat dilihat dalam tubuh manusia, yaitu pada penguraian bakteri dalam usus manusia. Bakteri yang membusuk hidup di usus besar manusia dan menyerap zat makanan yang tidak dicerna oleh tubuh manusia.

Bakteri mendapat manfaat dari menelan zat makanan yang tidak dicerna, sementara manusia tidak memiliki kendali apakah untung atau rugi.

Hubungan antara Rhizobium sp dengan kacang-kacangan

Bakteri Rhizobium sp hidup di sel-sel akar legum dan membentuk bintik-bintik kecil pada akar.

Bakteri Rhizobium sp diuntungkan karena bercak pada akar adalah cara bakteri menyerap makanan dan nitrogen sementara tanaman polongan tidak memiliki efek.

Hubungan antara Tumbuhan Paku dengan Tumbuhan Jati

Tumbuhan paku yang menempel pada tumbuhan jati ini sama dengan dua contoh sebelumnya. Dimana tumbuhan paku menempel pada tumbuhan jati untuk sinar matahari untuk melakukan fotosintesis untuk bertahan hidup.

Tumbuhan jati itu sendiri, yang berfungsi sebagai titik ikatan, pasti tidak akan mendapatkan apa pun dari tumbuhan paku.

Hubungan antara Anggrek dengan Pohon Randu

Pernahkah Anda melihat anggrek yang hidupnya di pohon yang sama dengan pohon Randu? Jika Anda pernah melihatnya, itu adalah hal yang sangat alami, karena hubungan antara keduanya adalah contoh simbiosis dari komensalisme. Di mana dalam hal ini, tanaman anggrek menempel pada pohon Randu seperti tanaman stagweed.

Tanaman anggrek menerima manfaat seperti penempatan sinar matahari yang lebih baik dan percepatan fotosintesis. Sementara pohon Randu yang diliputi oleh tanaman anggrek tidak terasa dirugikan atau dirugikan, tanaman anggrek tidak mengambil apa pun dari pohon Randu.

Ada berapa macam simbiosis pada suatu ekosistem ?

Terdapat 4 macam diantaranya yaitu simbiosis mutualisme, simbiosis komensalisme, simbiosis amensalisme, simbiosis parasitisme.

Apa yang dimaksud simbiosis ?

Simbiosis adalah interaksi antara berbagai jenis makhluk hidup di tempat tertentu dan pada waktu tertentu, yang terkait erat.

Berasal dari manakah kata simbiosis tersebut ?

Kata simbiosis berasal daripada bahasa Yunani, “sym” berarti “dengan” dan “biosis” berarti “hidup”.

Demikianlah pembahasan mengenai simbiosis komensalisme yang mencakup ekosistem yang berada di darat dan laut serta hubungan antara sesama makhluk hidup seperti halnya konsumen(Hewan), produsen(tumbuhan) sampai pengurai(bakteri). Demikian dan sekian penjelasan di atas semoga bermanfaat