Simbiosis Mutualisme

Posted on

Simbiosis Mutualisme – Perlu kita ketahui bahwa terdapat macam dan bentuk dari simbiosis diantaranya yaitu simbiosis mutualisme, simbiosis komensalisme, simbiosis amensalisme, simbiosis parasitisme. Dalam pelajaran kita kali ini khusus untuk membahas Simbiosis Mutualisme Beserta Pengertian, Teori, Contoh, Gambar dan Penjelasannya

Teori Simbiosis Mutualisme

Simbiosis berasal dari bahasa Yunani συμβίωσις, yang berarti hidup bersama, berasal dari kata-kata σύν bersama/dengan” dan βίωσις hidup/kehidupan“, yang mewakili semua jenis interaksi biologis jangka panjang dan dekat antara dua organisme biologis yang berbeda, baik itu komensalisme, mutualisme atau parasitisme.

Simbiosis Mutualisme
Simbiosis Mutualisme

Organisme yang terlibat, masing-masing disebut sebagai simbion, mungkin dari spesies yang sama atau berbeda. Heinrich Anton de Bary mendefinisikan pada tahun 1879 “organisme berbeda yang hidup bersama”.

Simbiosis dapat bersifat wajib, yang berarti bahwa satu atau kedua simbion sepenuhnya saling bergantung untuk bertahan hidup, atau secara opsional, ketika mereka umumnya dapat hidup secara mandiri.

Pengertian Simbiosis Mutualisme

Simbiosis adalah interaksi antara berbagai jenis makhluk hidup di satu tempat dan pada waktu tertentu, yang memiliki hubungan yang sangat dekat antara dua jenis organisme yang berbeda.

Mutualisme adalah suatu timbal balik interaksi antara dua makhluk hidup yang saling menguntungkan antara satu sama lain.

Maka dapat disimpulkan bahwa pengertian simbiosis mutualisme adalah interaksi antara dua makhluk yang menguntungkan kedua belah pihak. Ini berarti bahwa dalam simbiosis ini dua makhluk hidup yang terlibat saling menggunakan tanpa merugikan siapa pun.

Contoh Simbiosis Mutualisme

Ada banyak contoh simbiosis mutualisme yang terjadi di lingkungan sekitar kita. Mungkin itu karena kita tidak mengerti bahwa kita tidak bisa merasakan interaksi antara makhluk-makhluk ini.

Berikut ini adalah contoh simbiosis mutualisme dan gambar simbiosis timbal balik, bersama dengan penjelasan tentang proses dan interaksi manfaat yang diperoleh makhluk hidup dalam simbiosis ini.

Hubungan antara Buaya dengan Burung Plover

Hubungan-antara-Buaya-dengan-Burung-Plover

Burung memiliki kebiasaan memakan kotoran atau sisa makanan di mulut dan gigi buaya. Tentu saja, buaya juga mendapat manfaat dari kebiasaan ini.

Manfaat diberikan kepada plovers yang menerima makanan gratis. Sementara buaya juga mendapat manfaat dari terbebas dari penyakit mulut karena kotorannya dibersihkan.

Hubungan Burung antara Bangau dengan Kuda Nil

Bangau-dengan-Kuda-Nil

Interaksi antara bangau dan kuda nil juga merupakan contoh simbiosis antara timbal balik. Bangau memakan kutu dan parasit yang ada di belakang kuda nil. Kuda nil tentu mendapat manfaat dari kebiasaan burung bangau.

Keuntungan dibuat oleh bangau yang menerima makanan. Sementara kuda nil juga mendapat manfaat karena tubuh mereka bersih dan bebas dari kutu.

Hubungan antara Burung jalak dengan kerbau

Burung-jalak-dengan-kerbau

Stare duduk di punggung kerbau untuk mencari kuku mereka di kulit. Kerbau juga akan merasa didukung oleh adanya jalak yang memakan kutu di kulitnya.

Manfaat diberikan kepada burung jalak yang menerima makanan dalam bentuk kutu. Sementara kerbau juga mendapat manfaat karena gatal yang disebabkan kutu berkurang.

Hubungan antara Zebra dengan wildebeest

Zebra-dengan-wildebeest

Di sabana Afrika, banyak ternak hidup termasuk zebra dan rusa kutub. Kedua spesies ini dikenal sangat akrab satu sama lain. Kedua kawanan juga sering bermigrasi bersama. Dalam makan, mereka juga sering melakukan pembagian di mana zebra makan rumput panjang dan rusa kutub makan rumput pendek.

Baca Juga :  Rangka Manusia

Sehubungan dengan predator, keduanya juga saling menguntungkan. Wildebeest memiliki naluri yang lebih sensitif, sementara zebra memiliki penglihatan yang lebih tajam. Jika ada predator, keduanya akan saling memperingatkan.

Hubungan Antara Semut Rangrang dan Tumbuhan

Semut-Rangrang-dan-Tumbuhan

Semut yang rangrang sering hidup di pohon. Semut raffles sering mendapat makanan dalam bentuk hama yang tumbuh di daun pohon yang didudukinya, biasanya pohon mangga atau srikaya.

Keuntungan dibuat dari semut rangrang, yang menerima makanan dan bersarang di pohon. Sementara tanaman yang ditempati juga mendapat manfaat dari kepunahan hama yang ada.

Hubungan Antara Tanaman Legum dan Bakteri

Tanaman-Legum-dan-Bakteri

Rhizobium leguminosarum merupakan suatu bakteri yang berguna untuk tanah agar subur dengan cara mengikat nitrogen di udara terbuka. Untuk membuat tanaman legum lebih subur.

Rhizobium tidak hanya mengikat nitrogen tetapi juga dapat menjaga pH tanah stabil, mempertahankan suhu tanah dan mencegah erosi tanah. Sementara bakteri Rhizobium mendapat makanan dari kacang-kacangan.

Hubungan antara Lalat dengan bunga raflesia

Lalat-dengan-bunga-raflesia

Bunga raflesia dikenal sebagai bunga harum dan disebut bunga bangkai. Ini digunakan oleh lalat untuk menetap di bunga Raflesia dan mencari makanan.

Keuntungan dibuat oleh lalat yang menerima makanan gratis. Sementara bunga Rafflesia juga diuntungkan karena dibantu oleh proses penyerbukan oleh lalat.

Hubungan antara Bunga dengan kumbang

Bunga-dan-kumbang

Contoh ini adalah proses yang sama dengan hubungan antara bunga dan lebah atau bunga dan kupu-kupu. Kumbang menerima nektar dan mendukung proses penyerbukan bunga.

Keuntungan dibuat oleh kumbang, yang menerima makanan dalam bentuk madu dan madu. Sementara bunga juga mendapat manfaat dari fakta bahwa proses penyerbukan didukung oleh kumbang.

Hubungan antara Bunga dengan lebah

Bunga-dengan-lebah

Lebah juga mengisap madu dan madu dari kelopak bunga yang membantu proses penyerbukan.

Manfaat diberikan kepada lebah, yang menerima makanan dalam bentuk madu dan madu. Sedangkan bunga juga mendapat manfaat karena proses penyerbukan dibantu oleh lebah.

Hubungan antara Bunga dengan kupu-kupu

Bunga-dengan-kupu-kupu

Kupu-kupu mengisap madu dan madu di kelopak untuk menghasilkan makanan. Prosedur ini juga membantu penyerbukan bunga.

Keuntungan dibuat oleh kupu-kupu, yang menerima makanan dalam bentuk madu dan madu. Sedangkan bunga juga mendapat manfaat karena proses penyerbukan dibantu oleh kupu-kupu.

Hubungan antara Pelatuk dengan Semut

Pelatuk membuat sarang dan bertelur di pohon tempat semut tinggal. Pelatuk mendapat manfaat karena semut melindungi telurnya. Sementara semut diuntungkan karena mereka memiliki perlindungan terhadap predator yang menyerang semut.

Hubungan Antara Anemon Laut dengan Ikan Badut

Ikan ini lebih dikenal sebagai Nemo. Anemon laut memberikan perlindungan terhadap serangan predator seperti memancing kupu-kupu. Sementara ikan badut memakan parasit berbahaya yang menempel pada tentakel anemon laut dan membersihkan anemon dari tanah.

Hubungan antara Petani dengan Burung Hantu

Burung hantu membantu petani membasmi tikus yang menyerang ladang mereka. Sementara burung hantu bisa mendapatkan makanan darinya.

Hubungan Antara Rayap dengan Flagellate

Flagellate melepaskan enzim selulase yang membantu rayap mencerna kayu, meskipun flagellate diberi makan dengan rayap. Jenis flagellum dalam diskusi ini adalah jenis flagellum Triellonympha dan Myxotricha, yang hidup dalam rayap dan dapat membantu rayap mencerna kayu.

Ini karena enzim selulosa dapat melunakkan partikel kayu keras.

Hubungan antara Burung oxpecker dengan zebra

Cacing kremi biasanya memakan kutu dan serangga lain di tubuh zebra. Selain itu, burung peretas betis akan menjadi sinyal bagi zebra ketika predator datang.

Keuntungan diperoleh oleh peretas anak sapi yang menerima makanan dalam bentuk kutu. Sementara zebra juga mendapat manfaat karena rasa gatal di tubuh berkurang dan sinyal diberikan ketika predator seperti harimau atau singa muncul.

Hubungan antara Kantung semar dengan kelelawar berbulu wol

Kelelawar wol biasanya hidup di lokasi yang nyaman di dekat pabrik karung Semar, yang juga bermanfaat bagi kantong Semar.

Baca Juga :  Metabolisme Karbohidrat

Kemenangan dibuat oleh kelelawar bulu wol, yang menjaga habitat yang nyaman. Semartaschen juga mendapat manfaat dari pupuk yang berasal dari kotoran kelelawar kaya nitrogen.

Hubungan antara Semut dengan burung pelatuk

Pelatuk suka membuat lubang di pohon untuk membuat sarang mereka. Sedangkan semut biasanya ditemukan pada tanaman pohon. Keduanya bermanfaat bagi kedua belah pihak. Semut memegang telur pelatuk di pohon, pelatuk melindungi semut.

Pelatuk mendapat manfaat dari telurnya yang dilindungi oleh semut. Tetapi semut juga mendapat manfaat dari perlindungan terhadap pelatuk.

Hubungan antara Kepiting laba-laba dengan tanaman alga

Laba-laba kepiting adalah spesies kepiting Jepang yang hidup di lautan dan memiliki karakteristik kaki panjang. Spesies ini hidup di bidang rumput laut hijau. Biasanya tanaman alga tetap di belakang kepiting laba-laba.

Kemenangan dibuat oleh ganggang, yang menemukan tempat berlindung. Sementara kepiting laba-laba juga mendapat manfaat dari keberadaan ganggang, kepiting laba-laba dapat menyamarkan lingkungan mereka sehingga mereka tidak dikenali oleh predator.

Hubungan antara Kutu daun dengan semut

Kutu daun adalah parasit yang mengisap jus daun. Setelah itu, semut datang untuk menekan bagian belakang kutu, sehingga cairan, yang diproses dalam tubuh kutu, keluar dan dimakan oleh semut. Semut juga membantu kutu daun menemukan makanan mereka dengan membawa mereka ke pohon yang lebih tinggi dan mengandung banyak jus.

Semut yang menerima makanan dari sari kutu mendapatkan keuntungan. Kutu daun juga mendapat manfaat karena mereka dibantu oleh semut dalam mencari makan.

Hubungan antara Kacang-kacangan dengan bakteri rhizobium

Legum membutuhkan tanah nitrogen untuk pertumbuhannya. Kehadiran bakteri Rhizobium di tanah membantu kacang mendapatkan nitrogen.

Manfaat dihasilkan dari polong-polongan, yang memenangkan nitrogen dari Rhizobiumbakterien. Bakteri Rhizobium juga mendapat manfaat dari mendapatkan makanan dari akar polong-polongan.

Hubungan antara Rayap dengan bakteri flagellata

Di tubuh rayap, ada bakteri flagella yang membantu pencernaan makanan ketika rayap memakan kayu. Flagel mengeluarkan enzim selulosa yang melembutkan kayu keras.

Manfaatnya dicapai oleh rayap, yang didukung oleh proses pencernaan makanan. Flagellate juga diuntungkan karena mereka dapat hidup di usus rayap.

Hubungan antara Manusia dengan tumbuhan

Orang dan tanaman saling membutuhkan. Manusia melepaskan karbon dioksida, yang mendukung proses fotosintesis tanaman. Sedangkan oksigen yang diproduksi oleh tumbuhan dihirup oleh manusia.

Tanaman yang mengekstrak karbon dioksida dari manusia akan mendapat manfaat. Manusia juga mendapat manfaat dalam bentuk oksigen, yang dihasilkan oleh proses fotosintesis tanaman.

Hubungan antara Jamur dengan tanaman alga

Jamur melembabkan lingkungan sehingga tanaman ganggang dapat tumbuh dan melakukan proses fotosintesis. Belakangan, jamur juga menjadi bagian dari fotosintesis.

Manfaatnya diperoleh oleh tanaman alga yang dapat melakukan fotosintesis. Namun, jamur juga mendapat manfaat dari mendapatkan makanan dari hasil fotosintesis.

Hubungan antara Manusia dengan bakteri usus halus

Bakteri usus kecil, yang dikenal sebagai Escherichia ecoli, berguna untuk mengurangi pertumbuhan bakteri jahat dan mempercepat proses disintegrasi dalam usus besar.

Keuntungannya dicapai oleh manusia, jika pertumbuhan bakteri jahat berkurang dan proses degradasi dipercepat. Sementara bakteri usus kecil juga mendapat manfaat karena bisa mendapatkan sisa dari usus besar.

Ada berapa bentuk dari simbiosis makhluk hidup ?

Bentuk dari simbiosis diantaranya yaitu simbiosis mutualisme, simbiosis komensalisme, simbiosis amensalisme, simbiosis parasitisme

Berasal dari bahasa manakah simbiosis ?

Simbiosis berasal dari bahasa Yunani συμβίωσις, yang berarti hidup bersama, berasal dari kata-kata σύν “bersama/dengan” dan βίωσις “hidup/kehidupan”

Apa yang dimaksus mutualisme ?

Mutualisme adalah suatu timbal balik interaksi antara dua makhluk hidup yang saling menguntungkan antara satu sama lain.

Demikianlah pembahasan mengenai simbiosis mutualisme yang mencakup ekosistem yang berada di darat dan laut serta hubungan antara sesama makhluk hidup seperti halnya manusia, hewan, tumbuhan, bakteri, jamur dan lainnya. Semoga bermanfaat bagi kita semua.