Simbiosis Parasitisme

Posted on

Simbiosis Parasitisme – Sudah diketahui bahwa terdapat berbagai macam dan bentuk dari simbiosis pada suatu ekosistem yang sudah dijelaskan contohsoal.co.id sebelumnya, diantaranya yaitu simbiosis mutualisme, simbiosis komensalisme, simbiosis amensalisme dan simbiosis parasitisme. Dalam pertemuan kita kali ini khusus untuk membahas mengenai Simbiosis Parasitisme Beserta Pengertian, Contoh dan Gambar Lengkap Dengan Penjelasannya.

Simbiosis Parasitisme
Simbiosis Parasitisme

Pengertian Simbiosis Parasitisme

Parasit adalah organisme yang biasanya menelan makanan dari organisme lain, sedangkan pada organisme makanan yang dicerna biasanya disebut sebagai inang. Jadi apa simbiosis parasitisme?

Parasitisme simbiosis adalah simbiosis yang terjadi antara dua makhluk hidup yang berbeda, tetapi dalam hal ini dapat merugikan dari salah satu pihak dan pihak lain akan mendapat manfaat. Ini berarti bahwa satu makhluk hidup bermanfaat atau akan diuntungkan sedangkan merugikan pada makhluk hidup lainnya.

Secara umum, contoh simbiosis parasit adalah organisme parasit seperti kutu, cacing, jamur, bakteri, parasit, dan lain-lain. Organisme parasit lebih kecil dan mampu berkembang biak lebih cepat. Parasit membutuhkan makhluk lain untuk memakan makanan, atau menjadikannya tempat tinggal.

Dalam contoh-contoh parasitisme simbiotik ini biasanya tidak mengakibatkan kematian organisme yang telah dirugikan. Karena alasan ini, proses makan dalam rantai makanan tidak diklasifikasikan sebagai parasitisme simbiosis. Ini karena organisme parasit juga membutuhkan makhluk hidup lain untuk bertahan hidup.

Contoh Simbiosis Parasitisme

Ada beberapa contoh simbiosis parasitisme yang terjadi di lingkungan sekitar kita. Di bawah ini adalah contoh simbiosis parasitisme di ekosistem darat dan laut yang berbeda, serta proses interaksi, gambar, dan penjelasan lengkap.

Hubungan antara Manusia dengan Cacing Tambang

Manusia dengan Cacing
Manusia dengan Cacing

Cacing tambang terletak di usus dan berbahaya bagi manusia karena menyerap darah di dalam tubuh.

Keuntungan dibuat oleh cacing tambang, yang menerima makanan dengan menelan darah. Sementara orang menderita kerugian dan dapat menyebabkan anemia atau kekurangan darah.

Hubungan antara Cacing Pita Dan Manusia

Cacing Pita Dan Manusia
Cacing Pita Dan Manusia

Cacing pita dapat hidup dalam tubuh manusia dan menerima makanan gratis yang membuat cacing pita menjadi pesta yang mereka inginkan. Sementara orang-orang menderita kerugian karena jus makanan mereka diserap oleh cacing pita, jus ini berguna untuk memperlancar metabolisme tubuh.

Karena itu, orang yang menderita cacingan sering merasa pusing dan sakit. Cacing pita juga dapat menyebabkan penyakit yang biasa disebut sebagai taeniasis dan sistiserkosis.

Hubungan antara Nyamuk dengan Manusia

Nyamuk dengan manusia
Nyamuk dengan manusia

Kita sering diganggu oleh kehadiran nyamuk di sekitar kita. Nyamuk menggigit dan menyedot darah kita. Bahkan jenis nyamuk tertentu dapat menyebarkan penyakit mematikan seperti demam berdarah atau malaria.

Keuntungannya diberikan kepada nyamuk, yang bisa mendapatkan darah dan berkembang biak. Sementara orang dirugikan karena mereka bisa terserang penyakit berbahaya.

Hubungan antara Kutu dengan Hewan

Kutu dengan Hewan
Kutu dengan Hewan

Kutu adalah organisme kecil yang menerima makanan dengan mengisap darah makhluk hidup, termasuk hewan seperti kerbau, kambing, sapi, atau anjing.

Kutu memiliki kelebihan dalam menyediakan makanan dan tempat berlindung, sementara hewan yang sibuk dapat menderita kerugian karena adanya kutu dan gatal.

Hubungan antara Sapi dengan Cacing Hati

Sapi dengan Cacing Hati
Sapi dengan Cacing Hati

Hampir mirip dengan hubungan antara manusia dan cacing pita atau cacing tambang, hubungan antara sapi dan cacing hati adalah contoh parasitisme simbiosis. Spesies cacing hati biasanya hidup di hati sapi dan mendapatkan makanan dari sapi.

Baca Juga :  Otot Jantung

Cacing hati yang menerima makanan dari sapi akan mendapat manfaat. Sementara sapi menderita kerugian karena kesehatannya terganggu dan menyebabkan penyakit.

Hubungan antara Kutu Daun dengan Tumbuhan

Kutu Daun dengan Tumbuhan
Kutu Daun dengan Tumbuhan

Kutu daun, juga dikenal sebagai kutu daun atau kutu daun, adalah serangga herbivora kecil. Mereka hidup berkelompok dan bertindak sebagai hama tanaman. Kutu daun biasanya hidup di tanaman dan merusak tanaman tempat mereka hidup.

Manfaatnya didapat dari kutu daun dalam bentuk jus nutrisi. Sementara tanaman yang dihuni rusak karena diserap oleh kutu daun.

Hubungan antara Kutu dengan Hewan

Kutu adalah organisme kecil yang menerima makanan dengan mengisap darah makhluk hidup, termasuk hewan seperti kerbau, kambing, sapi, atau anjing.

Kutu memiliki kelebihan dalam menyediakan makanan dan tempat berlindung, sementara hewan yang sibuk dapat menderita kerugian karena adanya kutu dan gatal.

Hubungan antara Kutu dengan manusia

Kutu pada manusia biasanya ditemukan di rambut kepala. Kehadiran kutu tentu akan menyebabkan rasa gatal atau tidak nyaman.

Manfaatnya didapat dari kutu karena mereka mendapatkan makanan dan juga tempat tinggal di rambut kita. Sementara orang tentu dirugikan dengan kehadiran kutu.

Hubungan antara Benalu dengan tumbuhan inangnya

Benalu adalah tanaman parasit yang membuat tumpuan pada inangnya. Parasit diuntungkan sementara parasit merusak tanaman inang.

Manfaatnya dicapai oleh parasit dengan menghilangkan air dan mineral dari tanaman inang, karena parasit tidak memiliki akar. Sementara tanaman inang rusak oleh hilangnya air dan mineral untuk fotosintesis dan menghambat pertumbuhan.

Hubungan antara Alang-alang dengan tanaman produksinya

Alang-alang termasuk gulma untuk budidaya tanaman produksi. Namun demikian, daunnya menyebabkan kerugian di fasilitas produksi.

Manfaat diperoleh dengan alang-alang, karena mereka menerima air, mineral dan sinar matahari. Sementara fasilitas produksi dihukum karena mereka bersaing untuk air dan mineral dan dirusak oleh senyawa beracun yang disebarkan oleh alang-alang.

Hubungan antara Tali putri dengan tumbuhan inangnya

Interaksi kedua manfaat tanaman putri, tetapi merugikan tanaman inang. Princess twine menempel pada inangnya untuk mencari makanan karena Princess twine tidak mengandung klorofil.

Manfaatnya diperoleh dengan mempertahankan tanaman tali putri yang melekat pada tanaman inang untuk bertahan hidup. Sementara tanaman inang rusak oleh keberadaan tali puteri ini.

Hubungan antara Kelelawar vampir dengan hewan mamalia

Kelelawar vampir atau kelelawar vampir adalah jenis kelelawar penghisap darah yang biasanya menghisap darah mamalia yang ditemukan. Untuk alasan ini, interaksi kelelawar vampir dengan mamalia adalah contoh parasitisme simbiosis.

Keuntungan dibuat oleh kelelawar vampir yang menyedot darah mangsa mereka. Sementara mamalia yang basah oleh darah mereka tentu saja dirugikan.

Hubungan antara Bunga rafflesia arnoldi dengan inangnya

Bunga Rafflesia arnoldi menjadi bunga langka yang ditemukan di wilayah Bengkulu di Sumatra. Ternyata bunga ini adalah parasit yang membahayakan tanaman inang.

Manfaatnya diberikan oleh bunga Rafflesia arnoldi, yang menerima makanan dari fotosintesis tanaman inangnya. Meskipun tanaman inang rusak, hasil fotosintesisnya dari Rafflesia arnoldi.

Hubungan antara Jamur panu dengan manusia

Pernahkah Anda melihat lendir pada manusia? Tinea versikolor adalah jenis jamur berbahaya. Interaksi tinea versikolor dengan manusia juga merupakan salah satu contoh parasitisme simbiosis yang sering kita temui dalam kehidupan sehari-hari.

Manfaatnya didapat oleh jamur cendawan, karena mendapat tempat hidup dan menerima makanan dari protein pada kulit manusia. Sementara orang dirugikan karena menyebabkan gatal dan tidak nyaman.

Hubungan antara Lalat buah dengan buah

Lalat buah adalah jenis lalat yang sering mengelilingi buah. Hubungan antara lalat dan buah-buahan juga melibatkan simbiosis parasitisme. Kehadiran lalat buah merusak buah dan menguntungkan lalat buah.

Keuntungannya adalah lalat buah bertelur dan menghasilkan buah di dalam buah-buahan. Sedangkan kerugiannya adalah karena buah, karena bisa membusuk.

Hubungan antara Tikus dengan manusia/petani

Kehadiran tikus sebagai hama di lingkungan sawah juga dapat membahayakan petani karena mereka dapat menyerang padi.

Keuntungan dibuat oleh tikus karena mereka mendapatkan pakan beras. Sementara petani dirugikan karena mengurangi hasil panen.

Baca Juga :  Paleolitikum

Hubungan antara Jamur rhinosporidium seeberi dengan manusia

Jamur badak, termasuk jamur yang terserang air. Interaksi antara jamur Rhinosporidium seeberi dan manusia juga merupakan contoh parasitisme simbiosis. Rhinosporidium sebeeri biasanya memasuki tubuh manusia melalui kelenjar mata, kulit dan bagian tubuh lainnya.

Rhinosporidium seeberi memiliki keunggulan yang dapat berkembang biak saat masuk ke dalam tubuh manusia. Sementara orang menderita kerugian karena mereka bisa sakit.

Hubungan antara Ikan pearl dengan timun laut

Hubungan Ikan pearl dan ikan timun Laut menguntungkan satu pihak dan merugikan pihak lainnya. Ikan pearl biasanya hidup di membran pernapasan atau di selokan timur laut. Caranya adalah dengan melalui anus dan kemudian pergi ke kloaka.

Ikan mutiara mendapat manfaat dari mengonsumsi gonad dan gonad rumput laut. Sementara teripang dirusak oleh kehadiran ikan pearl di dalam tubuhnya.

Hubungan antara Serangga triatomine dengan manusia

Serangga triatomine adalah jenis serangga yang umum di Amerika Tengah dan Selatan. Hubungannya dengan manusia juga termasuk simbiosis parasitisme. Serangga ini menempel dan menggigit kulit manusia dan dapat menyebabkan penyakit pada orang yang digigit.

Manfaatnya diraih oleh serangga triatomine karena mereka menerima esensi. Sementara orang dirugikan karena bisa terserang banyak penyakit, termasuk gagal jantung, penyakit Trypanosoma cruzi, pembesaran kerongkongan dan pembesaran usus.

Hubungan antara Lintah dengan organisme hidup lain

Lintah juga termasuk organisme parasit yang selalu berbahaya bagi bentuk kehidupan lainnya. Biasanya, lintah hidup di daerah yang lembab. Lintah dapat hidup dengan menyerang makhluk lain dan memegangnya serta menghisap darah mereka juga.

Keuntungan dibuat oleh lintah, yang memiliki tempat tinggal dan makanan. Hilangnya makhluk lain oleh lintah menyebabkan kekurangan darah dan juga dapat menyebabkan kematian.

Hubungan antara Paus dengan teritip

Teritip adalah spesies antropoda yang hidup di laut, terutama di laut dangkal atau gelombang yang kuat. Teritip biasanya hidup di tubuh paus.

Keuntungan dibuat oleh teritip, yang menerima kunjungan. Sementara paus terluka karena teritip yang menyebabkan gatal dan tidak nyaman.

Hubungan antara Triatomine dengan Manusia

Trypanosoma cruzi adalah salah satu penyakit yang disebabkan oleh gigitan serangga Triatomine / Triatome / Triatoma. Serangga ini jarang terjadi di Asia, tetapi terjadi di beberapa daerah besar di Amerika Selatan dan Amerika Tengah.

Pola yang terjadi antara serangga dan manusia adalah bahwa serangga ini tiba-tiba menempel pada kulit manusia dan menggigit seperti semut. Seseorang yang digigit akhirnya menderita gagal jantung, pembesaran kerongkongan, dan pembesaran usus.

Dalam penelitian yang dilakukan oleh beberapa ahli medis, dikatakan bahwa serangan serangga akan terasa bertahun-tahun setelah serangan.

Ini mengarah pada gagasan bahwa serangan serangga ini dianggap sebagai penyebaran baru AIDS. Dalam kondisi seperti itu, orang pasti akan merasa dirugikan karena serangan serangga.

Hubungan antara Keong Emas dan Tanaman Padi

Siput emas menjadi parasit bagi tanaman padi muda yang baru saja ditanam. Siput emas memakan batang tanaman padi sampai habis. Tanaman padi sendiri mati ketika batang dikonsumsi oleh keong emas.

Terapat berapa macam simbiosis pada ekosistem ?

Terdapat berbagai macam dan bentuk dari simbiosis pada suatu ekosistem yang sudah dijelaskan contohsoal.co.id sebelumnya, diantaranya yaitu simbiosis mutualisme, simbiosis komensalisme, simbiosis amensalisme dan simbiosis parasitisme.

Apa yang dimaksud dengan parasit ?

Parasit adalah organisme yang biasanya menelan makanan dari organisme lain, sedangkan pada organisme makanan yang dicerna biasanya disebut sebagai inang.

Apakah oraganisme parasit membutuhkan makhluk hidup lain ?

Iya, Parasit membutuhkan makhluk lain untuk memakan makanan, atau menjadikannya tempat tinggal.

Demikianlah pembahasan mengenai simbiosis parasitisme yang mencakup ekosistem yang berada di darat maupin laut serta hubungan antara sesama makhluk hidup seperti halnya manusia, hewan, tumbuha, kutu, bakteri dan jamur. Demikian dan sekian penjelasan lengkap dari pelajaran kali ini semoga bermanfaat