Cara menghitung Dan Contoh Soal Skala Peta

Posted on

Skala Peta – Materi pembahasan kali ini tentang skala. Setelah sebelumnya ContohSoal.co.id telah menerangkan materi tentang Contoh Soal dan Rumus BEP. Baiklah agar sobat mudah memahami, maka simak penjelasan yang sudah ContohSoal.co.id rangkum di bawah ini.

Pengertian Skala Peta

Skala Peta

Pengertian skala peta ialah merupakan angka perbandingan antara jarak peta dan jarak sesungguhnya. Apabila besarnya skala, maka akan semakin jelas juga informasi yang akan muncul di peta tersebut, begitu pun sebaliknya.

Jenis Skala Peta

Pada umumnya Skala biasanya digunakan sebagi penunjuk perbandingan jarak peta dan jarak yang sesungguhnya. Akan tetapi skala bukan hanya mempunyai bentuk angka saja, melainkan berupa grafis. Ada tiga jenis pada peta skala yang harus anda ketahui diantara:

Skala Angka

Yang dimaksud dengan skala angka ialah skala yang berupa angka untuk menunjukkan sebuah perbandingan jarak peta dan jarak yang sebenarnya.

Skala Garis atau Grafis

Skala garis atau grafis termasuk skala yang ditunjukan oleh garis lurus yang selanjutnya dibagi kedalam beberapa ruas. Sedangkan setiap ruasnya menunjukkan bagian sama.

Skala Verbal

Kemudian pada skala verbal ialah merupakan suatu skala yang dinyatakan pada bentuk kalimat ataupun verbal.

Cara Menghitung Rumus Skala Peta

Untuk lebih jelas, kita akan membahas tentang rumus dalam mencari skala dan juga rumus untuk mencari jarak sebenarnya. Di bawah ini ulasannya secara lengkap.

Menghitung Skala Angka

Skala seperti ini digunakan untuk menghitung jarak wilayah yang sesungguhnya dan caranya ialah  dengan memanfaatkan peta. Rumus skala untuk menghitung jarak yang sebenarnya ialah :

Rumus Jarak SesungguhnyaJarak Sesungguhnya=Jarak pada Peta / Skala

Namun sering kali dalam sebuah soal kita diminta untuk mencari skala dari suatu gambar peta. Maka kita bisa menggunakan rumus di bawah ini untuk menyelesaikan soal tersebut.

Baca Juga :  1 Liter Berapa ml
Rumus SkalaSkala=Jarak pada Peta / Skala

Selain itu, Apabila anda ingin mencari jarak yang terdapat pada peta, maka anda bisa menggunakan rumus sebagai berikut:

Rumus Jarak Pada PetaJarak Pada Peta = Skala x Jarak Sebenarnya

Perhitungan Skala Batang

Jika anda ingin tahu cara menghitung skala pada peta jenis batang, maka anda dapat menggunakan ukuran di batang grafis ataupun garis lurus yang berada di bawahnya gambar peta. yang mana jarak ruas ataupun kolom memang sama serta setiap ruasnya mewakili jarak tertentu.

Dan biasanya ada suatu perbedaan yang mendasar diselah skala batang dan skala angka. Apabila pada sebuah peta diperkecil, maka anda tetap akan dapat menggunakan skala batang itu untuk perhitungan tanpa melakukan konversi lebih dulu.

Kemudian pada umunya skala batang dari tiap-tiap mempunyai ruas sebesar 1 cm yang artinya mewakili jarak yang sebenarnya. Contohnya di suatu peta memiliki jarak 1 : 100.000, artinya skala batang memiliki panjang setiap ruasnya ialah 1 cm.

Contoh Soal Menghitung Skala Peta

Cara Mencari Jarak Sebenarnya

Ada sebuah peta yang berskala 1:10.000.000, mempunyai jarak antara kota B dan juga kota A ialah 5 cm. Jadi berapakah jarak sesungguhnya antara kota A dan B?

Jawab:

Jarak sebenarnya = 5 cm : 1 : 10.000.000 = 5 cm × (10.000.000 : 1)
= 50.000.000 cm.
Maka hasil, jarak sesungguhnya antara kota B dan kota A ialah 50.000.000 cm maupun dapat diubah kedalam satuan km sebesar 500 km.

Contoh Soal Menghitung Skala Angka

Jarak diantara kota B dan A pada sebuah peta ialah 8 cm. Namun jarak sesungguhnya antara kota A dan B ialah 160 km. Jadi Berapakah pada petanya skala dengan berdasarkan satuan cm?

Jawab:

160 km = 160.000.000 cm
Rumus Skala=Jarak pada Peta/Jarak Sebenarnya
= 8 cm / 160.000.000 cm
= 1 : 2.000.000
Sehingga, skala petanya ialah 1 : 2.000.000.

Contoh Soal Menghitung Skala Batang

Tentukanlah jarak Desa Mangga dan Jeruk  pada peta dengan menggunakan skala apabila 4 ruas. Adapun setiap satu ruas di peta telah mewakili 1 km.Nah, berapa jarak sebenarnya antara kedua desa tadi?
Oleh sebab pada tiap ruas dipeta telah mewakili 1 km,maka artinya jarak kedua desa ialah: 4 × 1 km = 4 km.

Demikianlah materi pemabahasan ContohSoal.co.id kali ini tentang skala peta, semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat semua.

Baca Juga :  Persamaan Garis Lurus dan Gradien

Artikel Lainnya: