Struktur Daun

Posted on

Struktur Daun – Setelah sebelumnya ContohSoal.co.id telahb membahas materi tentang Struktur Akar Maka diperetemuan kali ini ContohSoal.co.id juga akan menerangkan materi tentang struktur dau beserta pengertian, penjelasan, jenis, bagian dan fungsinya.Nah untuk lebih jelasnya mari simak ulasan dibawah ini.

Pengertian Daun

Struktur Daun

Secara umum daun mempunyai warna hijau karena mengandung suatu zat hijau daun atau klorofil, Daun merupakan salah satu bagian dari organ tumbuhan yang tumbuh dari ranting.

Pada warna hijau pada daun itu memiliki fungsi utama yakni untuk penangkap sebuah energi dari suatu cahaya matahari untuk proses fotosintesis.

Daun juga ialah merupakan suatu organ yang sangat penting bagi sebuah tumbuhan dalam kelangsungan hidupnya sebab tumbuhan juga merupakan suatu organisme autotrof obligat yang harus memasok suatu kebutuhan energinya sendiri melalui sebuah konversi cahaya matahari menjadi energi kimia.

Fungsi Daun

Selain berfungsi sebagai tempat fotensintesis, daun juga mempunyai beberapa fungsi lain yakni:

  • Sebagai tempat respirasi. Daun memiliki stomata yang bertugas sebagai alat respirasi. Pada tumbuhan tertentu sistem respirasi tumbuhan dibantu oleh lentisel yang berada di batang
  • Sebagai alat reproduksi vegetatif. Reproduksi vegetatif merupakan proses perkembang biakan aseksual (tanpa kawin) dan tanpa campur tangan manusia, contohnya pada tumbuhan cocor bebek.
  • Sebagai tempat berlangsungnya transpirasi. Transpirasi merupakan proses penguapan yang terjadi saat tumbuhan kekurangan maupun kelebihan air. Bagian daun yang berfungsi untuk mengurangi penguapan adalah lapisan kutikula ada pada permukaan daun.
  • Sebagai tempat untuk proses gutasi. Proses gutasi adalah proses pengeluaran air pada tumbuhan. Proses ini biasanya terjadi pada malam hari.

Struktur Bagian Daun

Dibawah ini terdapat 2 bagian daun yakni struktur bagian dalam daun dan bagian luar daun.

Struktur Bagian Luar Daun

Berikut ini terdapat 3 struktur bagian luar daun, antara lain:

  • Pelepah daun tersebut berfungsi meletakkan daun pada cabang.
  • Tangkai daun tersebut berfungi untuk mengaitkan cabang atau tangkai dengan helai daun.
  • Helai daun ialah salah satu bagian terpenting kebanyakan daun karena tersebut mempunyai fungsi utama daun yaitu sebagai sel fotosintetis yang paling berpengaruh bekerja. Bentuk helai daun sangat beragam macam ada yang tipis ataupun tebal.
Baca Juga :  Cephalopoda

Struktur Bagian Dalam Daun

Adapun struktur dalam atau struktur jaringan daun diantaranya:

  • Epidermis

Apa itu Epidermis? ialah merupakan bagian lapisan sel hidup terluar daun. Yang mana pada jaringan ini dibagi menjadi epidermis atas dan bawah. adapun fungsi dari Epidermis daun sendiri yakni untuk melindungi jaringan yang terdapat di bawahnya.

  • Jaringan Mesofil

Selanjunya pada jenis mesofi ini dapat dibagi menjadi 2 yakni jaringan palisade dan spons.

  • Jaringan tiang atau palisade yakni merupakan sebuah jaringan yang mengandung banyak kloroplas yang berperan dalam proses pembuatan makanan. Adapun satu ciri dari palisade ini sendiri yakni pada sel-selnya yang berbentuk silinder dan tersusun rapat.
  • Jaringan bunga karang atau spons yakni merupakan sebuahjaringan yang lebih berongga apabila dibandingkan dengan jaringan palisade dan spons berfungsi sebagai tempat menyimpan cadangan makanan.

Berkas Pembuluh Angkut

Berkas pembuluh angkut ini terbagi menjadi 2 yakniXilem atau pembuluh kayu dan Floem atau pembuluh tapis.

  • Xilem (pembuluh kayu)
    Nah selnjutnya pada jenis pembuluh ini yakni mempunyai fungsi untuk mengangkut air dan mineral menuju daun, sedangkan pada batang, xilem berfungsi sebagai sponsor penegak sebuah tumbuhan.
  • Floem (pembuluh tapis)
    Pada Floem ini mempunyai fungsi yakni guna mengedarkan hasil fotosintesis dari daun ke seluruh bagian tumbuhan.
  • stomata
    Kemudian pada stomata mempunyai fungsi yakni sebagai organ respirasi. Sebab stomata mengambil CO2 dari udara untuk dijadikan bahan fotosintesis dan mengeluarkan O2 sebagai hasil fotosintesis. Stomata terletak di Epidermis bawah
  • Jaringan Tambahan Pada DaunSelanjutnya pada jaringan tambahan didaun yang mana meliputi sel-sel khusus yang umumnya terdapat pada mesofil daun, misalnya sel-sel kristal dan kelenjar.

Jenis-Jenis Daun

Berikut ini terdapat beberapa jenis-jenis daun, yakni sebagai berikut:

  • Daun Skala

Pada skala ini banyak dijumpai pada rizoma, kecil, kasar, daun penjaga yang menanamkan dan menjaga tunas.

  • Daun Penyimpanan

Kemudian pada penyimpanan secara umumnya kerap dijumpai pada tanaman berumbi dan sukulen, daun tersebut berfungsi menjadi sel penyimpanan makanan.

  • Duri dan Sulur 

Selanjutnya pada bagian ini umumnya banyak dijumpai ditanaman barberry dan kacang, daun dibentuk khusus untuk menjaga tanaman ataupun menolong dalam menyangga batang.

  • Duri

Jenis daun duri ataupun jarum tersebut dipunyai oleh beberapa tanaman runjung seperti pinus, cemara, cemara dan pohon salam.

  • Paralel

Daun paralel berserat ialah jenis daun yang mempunyai banyak pembuluh darah. Pada umumnya paralel satu sama lain dan saling terinteraksi literal demi menit, veinlets lurus.

  • Menyirip

Daun jala berserat yang mempunyai pembuluh darah batang dari tangkai daun pokok lalu terbagi menjadi veinlets halus yang lalu bersatu dalam membran yang sukar.

Baca Juga :  Fungsi Usus Halus

 

 

Demikianlah materi pembahasan kali ini tentang struktur daun, semoga artikel kali ini dapat bermanfaat bagi sobat semua.

Artikel Lainnya :